Antara Kurang Tidur dan Kematian

Posted on
  • Wednesday, February 9, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Barangkali menjadi hal yang jamak, di tengah tuntutan gaya hidup masyarakat kota yang dinamis, sehingga kita dituntut untuk kerja keras, sehingga mungkin harus mengurangi saat-saat memejamkan mata alias tidur. Mungkin hal itu berlaku bagi mereka yang workaholic, atau yang harus mendapatkan kerja malam, atau bahkan kondisi keluarga yang mengharuskan setiap saat harus tidur terlalu malam dan bangun di dini hari. Juga para penderita insomnia.

    Namun harap diingat bahwa kebiasaan kurang tidur, dalam hal ini kurang dari enam jam setiap harinya dapat meningkatkan resiko kematian akibat serangan jantung atau stroke. Para ilmuwan telah mengklaim bahwa kecenderungan untuk menunda waktu tidur akan memiliki resiko kesehatan yang sangat serius.

    Para peneliti telah menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam dalam sehari hampir 50 persen mengalami kecenderungan serangan jantung dan 15 persen lebih mengalami stroke. Para ilmuwan tersebut percaya bahwa mereka yang mengalami kurang tidur akan terganggu keseimbangan dua hormone kunci yaitu ghrelin dan leptin yang mengendalikan nafsu makan. Orang yang kurang tidur akan mengalami kecenderungan untuk makan lebih banyak sehingga akan cenderung mengalami obesitas, sehingga beresiko pada tekanan darah tinggi dan dan gangguan jantung, yang akan mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

    Peneliti dari Universitas Warwick mempelajari pola tidur dari hampir 475.000 responden di delapan negara termasuk Inggris, Jepang, Swedia, Jerman dan Amerika Serikat. Dalam penemuan yang dipublikasikan dalam European Heart Journal tersebut mereka menyebutkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam akan mempunyai kecenderungan untuk terkena serangan jantung sebanyak 48 persen dan 15 persen meninggal karena stroke.

    Menurut Profesor Francesco Cappuccio orang yang kurang tidur akan mengalami penurunan kadar leptin dalam darah, sehingga akan mengakibatkan rasa tidak puas setelah makan. Dan pada saat yang sama hal itu diikuti dengan kenaikan kadar ghrelin yang merangsang nafsu makan kita sehingga membuat kita akan selalu merasa lapar. Namun demikian juga tidak dianjurkan untuk tidur terlalu banyak karena tidur lebih dari sembilan jam setiap hari juga tidak baik bagi kesehatan badan. (reff: dailymaik.co.uk/ill: cartoonstock.com)

    41 comments:

    CORETAN HIDUP said...

    Memang menyiksa bagi orang2 yang menderita penyakit insomnia ini. Oleh karena itu, kita wajib bersyukur kpd Tuhan masih diberi kesehatan shg dapat tidur dengan lelap

    kos said...

    iya tuh memang nyiksa banget kalau tak bisa tidur..apalagi insomnia

    Qori Reader said...

    kalau tidur jangan lupa berdoa, juga jadikan tidur kita menjadi lebih berkualitas misalnya, tidur ditempat yang benar, pikiran rilex saat tidur. dan lain-lain.

    kalau saya tidur sih 4 jam kalau malam, terus siangnya tidur 2 jam, jadi seimbang aja.

    Eks said...

    kalau kebiasaan tidur antara jam 11 sampai 12 malam, itu insomnia bukan ya??? soalnya saya belum bisa tidur kalau belum jam segitu...

    saka hero said...

    kalau untuk usia gimana sob ? ane juga jarang tidur on time. Paling tidur 6 jam / hari

    Gaphe said...

    Emang kalo ngelangkahi jadwal biologis yang seharusnya bisa bikin penyakit. Manusia kan bukan makhluk nocturnal..

    ngomong-ngomong soal hrmon leptin dan ghrelin, itu dua hormon yang dulu saya belajar : mempengaruhi mood makan seseorang. Dan dua-duanya bekerja berlawanan.

    Mimi Taria said...

    masya'alloh,,,tak pernah menyangka kalau ternyata Berbahaya banget dampaknya bagi penderita insomnia,,,
    makasih banget infonya ya bang,,,mesti harus hati2 nich agar gak kena insomnia,,,

    Popi said...

    ah yang bener nih Mas, kurang tidur bikin serangan jantung? perasaan sodara saya yg kemarin kena serangan jantung justru tukang molor!

    IbuDini said...

    Kurang tidur sangat menyiksa, pertama ketka bangun pagi, dan ke 2 disaat jam kerja pasti ngantuknya tidak bisa tertahankan.
    Terkadan saya juga begitu...suka mengalami susah tidur jadi ujung2nya jam 11 malam baru bisa tidur atau malah lebi...

    jumialely said...

    saya salah satu calon korbannya

    gawat gawat

    julianusginting said...

    untungnya saya blm pernah tuh mengalaminya sob...sampe saat ini tdr saya enak2 aja..hehe

    Ellious Grinsant said...

    Hihihih, kebetulan nih saya suka kurang tidur akhir-akhir ini, dan lagi kalo tidur baru mulai jam 3 pagi dan bangunnya bisa jam 9 pagi, hihihihi... gak sehat banget tidurnya.

    Muhammad A Vip said...

    saya dulu sering tidur seharian, tapi juga sering gak tidur sehari semalam. gak pake aturan memang.

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    wah kalau dikaitkan antara kurang tidur dan kematian ini sangat relaitiv mas menyyikapinya karena sering juga mendapatkan argumentasi bahwa imsonia yang berlebihan ini memberikan efek akhir yang membahayakan yakni kematian dan kayaknya saya belum mendengar pasti apakah riset tersebut benar,bagus mas postingannya,maaf saya telat lagi

    Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

    wihhhh....jadi pengen cepat2 malam trus tidur...hehehehe

    Penghuni 60 said...

    waduh, kalo aku tidurnya brp jam ya?
    mmm, kurang dari 9 jam tuh...
    bs gawat nih!

    Theatre 61 said...

    aku sih tidur kalo ngantuk aja.. kalo blm ya tetep gak bs tidur... hehe

    bd said...

    berarti harus disiplin waktu nih, kapan tidur, kapan bangun, kapan solat? hehe

    Sang Cerpenis bercerita said...

    wah,s aya sering kurang tidur nih, tapi gak insomnia sih

    Nova Miladyarti said...

    saya dah sebulan belakangan tidur telat terus. Jadi takut juga nih, takut2 kesehatan menurun:(

    attayaya_puisi said...

    kurang tidur mbikin kecapekan, kalo diterusin ya bisa modar,
    tubuh perlu istirahat

    BeBek said...

    Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya :)

    saya juga termasuk seorang Kalong women alias punya kebiasaan mulai melakukan kegiatan di malam hari sehingga sering kurang tidur... :(

    Teras Info said...

    Wah...harus luangin waktu buat tidur nih,...
    biar lebih awet umur...he..he...

    terimakasih banyak atas infonya, Mas..

    Manajemen Emosi said...

    Kurang tidur memang bisa berakibat fatal yo mas...tanpa disadari oleh kebanyakan orang

    Firaun NgebLoG said...

    bagusnya klo tidur itu berapa jam/hari gan?...

    Masbro said...

    Saya sedang tidak bisa tidur nih Mas. Ngamen di blog ini aja ah..jreeeng,,hehe...

    Tip Trik Facebook said...

    seperti aku sob kurang tidur

    Ladyulia said...

    ya ampun
    pacar saya suka begadang
    wah wah
    masti diingetin nih dia

    julianusginting said...

    sobat..ada award buat sobat http://julianusginting.wordpress.com/2011/02/11/award-stylist/
    silahkan dijemput ya...
    salam

    attayaya_puisi said...

    sehat itu mahal ya
    mpe harus mempertaruhkan nyawa

    Zan Insurgent said...

    wah...kalo tidur paling cepat juga jam satu pagi,soalnya kalau belum jam segitu juga belum mau merem ni mata...

    TuSuda said...

    Disamping kuantitas tidur penting juga menjaga kualitas tidurnya.

    wits said...

    idealnya memang tidur itu 8 jam..

    MJ said...

    Pernah baca, orang lebih cepat mati tanpa tidur, daripada tanpa makan. serem memang yach,, semoga saja kita tidak termasuk penderita insomnia itu..

    julie said...

    bener banget kebanyakan tidur pun gak baek
    kekurangan tidur pun gak baek
    jadi yang sedang2 saja ya joe
    :D

    iam said...

    Bener banget nih. Tidur memang malah mempercepat kematian. Hii serem >.<

    advertiyha said...

    bener banget dan aku percaya, kalo kurang tidur bisa menyebabkan kematian, Kakekku meninggal karena insomia mas.. :(

    moga kita selalu diberkahi kesehatan... :)

    TUKANG CoLoNG said...

    duh kapok deh.. ga mau lagi telat tidur.. :-S

    NIT NOT said...

    wah gimana kalo yang sering kerja malam kayk aku nie....waduh alamak.... :)

    Brigadir Kopi said...

    aw aw 5 tahun lebih saya jarang tidur 3 jama sehari dan malam pun saya lalui seakan nikmati hidup ..

    resiko kematian? hanya sebuah misteri saja bro hehehe nice artikel bro..

    oh iya ditunggu follow baliknya biar bisa komen2an dan sambung silaturahmi ...

    Huda Tula said...

    adugh... saya sering banget kurang tidur. kalau tidur juga kadang ga nyenyak.... :'(

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger