Profesi-Profesi yang Paling Menimbulkan Stress

Posted on
  • Wednesday, May 21, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Seperti apa profesi impian kita? Barangkali profesi yang bergaji besar dan kerjaan yang enak. Tapi, percayalah, tidak ada yang seperti itu. Dalam arti tidak ada pekerjaan enak dengan gaji besar. Sebab gaji besar biasanya juga disertai dengan kerja yang berat dan stress yang tinggi juga. Berikut adalah profesi-profesi yang paling banyak menimbulkan stress:

    Personel militer. Sebabnya sudah pasti, sebab jika mereka dikirimkan ke suatu wilayah konflik, mereka akan jauh dari keluarga di rumah. Apalagi jika daerah tempat bertugas itu sangat berbahaya sehingga kadang mereka harus mempertaruhkan nyawa. Ini tidak mengherankan bahwa banyak tentara, pelaut atau penerbang yang harus menjalani terapi stres pasca penugasan.

    Polisi. Apakah mereka bekerja untuk polisi di daerah, di kota besar atau patroli jalan raya aparat penegak hukum memiliki salah satu pekerjaan yang paling stres di sekitar. Setiap kali ada panggilan masuk, polisi harus selalu siap, bahkan di tengah malam sekalipun. Polisi lalu lintas juga harus selalu siap di jalan raya, saat orang-orang sedang bersiap mudik menjelang lebaran. 

    Guru. Banyak orang berpikir bahwa guru adalah pekerjaan yang mudah, tapi kenyatannya tidak. Profesi guru selalu mendapat sorotan dari masyarakat, selain itu mereka selalu tertekan dengan perilaku siswa serta nilai yang harus meningkat setiap tahunnya. Selain itu guru juga tidak mendapatkan bayaran yang cukup, bila dibandingkan dengan profesi lain dengan persyaratan pendidikan yang sama

    Pekerja medis. Mereka yang bekerja di rumah sakit, perawat, dokter dan lain-lain sering merasakan tekanan saat menjalanksn  pekerjaan mereka yang melelahkan. Mereka yang bekerja praktek sering merasa tertekan saat melihat banyak pasien yang mengantri, pasien yang komplain atau rewel dan kadang-kadang merasa tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

    Wartawan. Dalam beberapa tahun terakhir, pekerjaan wartawan menjadi semakin stres karena dua alasan. Salah satunya adalah bahwa wartawan surat kabar, bersama dengan media berita lain sering menghadapi kritik dari publik yang intens. Yang lain adalah bahwa bisnis surat kabar sedang berjuang untuk beradaptasi dengan era internet. Banyak wartawan baik kehilangan pekerjaan atau khawatir tentang kehilangan pekerjaan mereka. Selain itu wartawan selalu berurusan dengan deadline yang ketat, nara sumber yang sulit dicari, ataupun atasan yang selalu menekan. Wartawan di daerah konflik bahkan seringkali harus menjadi korban kekerasan.

    Corporate executive. Para pekerja kerah putih tampaknya adalah dambaan semua orang tapi tidak semua orang tahan dengan stressnya. Mereka harus bekerja dengan jam yang panjang sehingga waktu istirahat sedikit. Mereka bersaing dengan perusahaan lain dan rekan sendiri. Tenaga penjualan misalnya, dia berada di bawah tekanan konstan untuk membawa bisnis yang lebih. Seorang pimpinan perusahaan harus mencoba untuk menjaga banyak orang dengan kepentingan yang berbeda, dari pemegang saham hingga karyawan. (ref: howstuffwork/ill :)

    30 comments:

    walidin_wall said...

    setuju dangan isi di atas.
    profesi yang paling santai, ngeblog ya bos.

    IrmaSenja said...

    ibu rumah tangga juga profesi yg rentan dgn stress #Eh :))

    El said...

    Guru emang tanggung jawabnya besar kak joe. Apalagi guru yang pegang tingkatan tertinggi kelas 6 kelas 9 dan 12 stress minta ampun pas ujian. Kalau muridnya sukses yang dpt nama kepsek tapi kalau jeblok yang disalahkan guru atau walikelasnya

    paridah said...

    buat kerja dgn relaks jgn stres sgt...

    Ahmad Fathoni said...

    usul gan, blogger gimana?

    Muroi El-Barezy said...

    yang enak berarti jadi wiraswasta ya sob, bebas hehe...

    Yono Karyono said...

    yang enak itu jadi wiraswasta sambil ngeblog ditemani secangkir kopi hangat sob ehehhe... terus ada sampingan Dollarnya lagi ehheeh

    Elsawati Dewi said...

    pekerjaan apa pun kalau kita menjalaninya dengan terpaksa ujungnya pasti stress :D

    Muhammad Lutfi Hakim said...

    Saya juga pernah membaca berita bahwa banyak dari tentara Amerika yang bunuh diri karena melihat ketidakmanusiawian peperangan di Iraq.

    yanto cungkup said...

    kalau saya mah wiraswasta saja mas,jadi nggak ada yg mengekang.hehehe

    Mas Nady said...

    sepertinya wartawan deh mas yang bisa bikin setres hehehehe :D

    Jagad Kawula said...

    profesi saya guru, dan alhamdulillah saya selalu baik2 sj :)

    Yobert Parai said...

    Menurut saya sih semua profesi memiliki tingkat stress Mas, tinggal bagaimana cara mengimbanginya aja biar gk terlalu stress :D

    Indra Kusuma Sejati said...

    Enak mah jadi blogger yang bisa menghasilkan ya, dan itu merupakan profes yang baru menanjak loh..... :D



    Salam

    Idris Lasi said...

    kerja paling enak t ya freelance, kaya nulis,ngblog,,
    tp kalo kerjanya tidur doank, susah juga t.. :)

    ysalma said...

    makanya guru dan perawat termasuk pekerjaan paling mulia bagi seorang wanita,
    nge-blog masuk kemana ya?

    Seputar Dunia Ponsel dan HP said...

    nyari kerjaan jangan yang bikin stres sob,
    ngeblog saja agar tidak stres

    Obat Sakit said...

    profesi guru ini banyak yang mengeluh apalagi kalau mau ada ujian

    Purnomo Jr said...

    Yang pertama deh kayakbya
    yg paling menantang dan sring nimbilin stress ;)

    Mechta said...

    profesiku bkn salah 1 dari 6 profesi di atas... tapi kok tetep stres ya? hehe.... dinikmati wae laah :)

    ilham efendi said...

    blogger ga masuk gan haha

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kebanyakan profesi diatas memang bikin stress ya mas, karena ada tekanan dari atasan dan harus ikut semua aturan, kalau pengusaha sepertinya jarang yang stresss ya :D

    Beby Rischka said...

    Semuanya bikin stress.. Hihihi.. :p Bahkan ngeblog, kalo ngga bisa dapet ide buat bikin postingan. :D

    Cilembu thea said...

    jadi kuli lapangan jalan raya macem saya mah jauh dari setres ya....kerjanya nyantey sih

    george pisan said...

    mending jadi petani ajah rezekynya halal 1000%

    Oyo Sukarya said...

    kerja di produksi pesanan ekspor kadang bisa bikin stress jg mas, produksi harus segera katanya sudah ditunggu kontainer dan date line pengiriman yg tidak boleh telat

    Qori Reader said...

    mahasiswa yang dikejar deadline skripsi juga menimbulkan stress, mas..

    wihikan mawi wijna said...

    Apapun pekerjaannya pasti stress. Yang bawahan stress karena dapat tekanan dari bos. Sedangkan yang atasan juga stress karena mikir gimana biar bisa bayar gaji karyawan, soalnya klo karyawannya ngga ada yang mau kerja, atasan makin stress, hahaha.

    george pisan said...

    aku ingin pekerjaan yang diridhoi Allah

    Aldi Rahman said...

    ternyata profesi yang menimbulkan stress banyak juga, termasuk guru

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger