Inilah 5 Kendaraan Resmi Kepresidenan AS

Posted on
  • Thursday, May 22, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Sebagai orang nomer satu di sebuah negara adikuasa, sudah pasti semua presiden AS mendapatkan fasilitas khusus, termasuk kendaraan kepresidenannya. Kendaraan kepresidenan dilengkapi dengan segala fasilitas untuk kelancaran tugasnya, dan terutama fitur keamanan untuk menjamin keselamatan presiden. Berikut adalah lima kendaraan resmi kepresidenan AS itu:

    Marine One. Marine One adalah helikopter kepresidenan AS yang biasa digunakan untuk mengangkut orang nomer satu di negara Paman Sam itu. Penggunaan helikopter pertama kali untuk transportasi presiden adalah pada tahun 1957, ketika Presiden Dwight D. Eisenhower membutuhkan cara cepat untuk mencapai rumah musim panasnya di Pennsylvania. Karena Air Force One tidak bisa mendarat Gedung Putih atau rumah musim panasnya, Eisenhower memerintahkan stafnya untuk mencari alternatif moda transportasi dan helikopter Sikorsky UH-34 Seahorse yang kemudian dipilih.
     
    Sebagai tindakan pengamanan, Marine One selalu terbang dalam kelompok dengan helikopter yang sama, kadang-kadang sebanyak lima. Satu helikopter membawa Presiden, sementara yang lain berfungsi sebagai pengecoh. Setelah lepas landas helikopter ini mulai bergeser dalam formasi untuk mengaburkan lokasi Presiden. Marine One juga selalu diangkut ke manapun presiden pergi, baik di dalam negeri atau ke luar negeri.

    Cadilac one. Ini adalah mobil resmi yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat. Sejak akhir 1930-an, pemerintah Federal Amerika Serikat telah memilihkan secara khusus kendaraan yang digunakan oleh presiden, yang dilengkapi dengan peralatan canggih untuk komunikasi, fitur kenyamanan dan keamanan yang terjamin. Mobil-mobil buatan Amerika secara tradisional dipilih untuk dijadikan mobil kepresidenan ini

    Mobil juga dilengkapi dengan night vision sehingga bisa berjalan di dalam gelap. Selain itu mobil juga bisa menangkal serangan biokimia, dilengkapi dengan persediaan kantong darah yang disesuaikan dengan golongan darah Presiden, serta disediakan pasokan oksigen.

    Pesawat Cargo kepresidenan. Pesawat yang digunakan sebagai pesawat cargo kepresidenan AS adalah Boeing C-17 Globemaster III yang merupakan pesawat angkut militer yang besar. Boeing C-17 ini menyertai Presiden Amerika Serikat pada kunjungan kepresidenannya baik dalam dan luar negeri. C-17 jga digunakan untuk mengangkut mobil Limousine Presiden dan detasemen keamanan, namun pada beberapa kesempatan C-17 jga digunakan untuk mengangkut Presiden sendiri.

    Ground Force One. Ini adalah sebuah bis khusus yang digunakan untuk mengangkut Presiden AS juga beberapa pejabat pemerintah lainnya. Sebelumnya Secret Service hanya menggunakan bis sewaan untuk presiden ini, sebelum kemudian menggunakan bis khusus yang dirancang dengan fitur keamanan ekstra. Bis ini menelan biaya USD 1,1 juta dan digunakan untuk perjalanan darat Presiden.

    Air Force One. Air Force One merupakan pesawat resmi  kepresidenan AS. Ide untuk menggunakan pesawat militer khusus untuk mengangkut Presiden muncul pada tahun 1943, ketika para pejabat militer AS mengkhawatirkan keselamatan presiden jika hanya mengandalkan penerbangan komersial untuk mengangkut Presiden

    Air Force One yang disebut-sebut sebagai miniatur Gedung Putih ini menggunakan Boeing 747-200B yang memiliki kecepatan hingga 955 kilometer per jam dan mampu menempuh perjalanan hingga 12.700 kilometer tanpa henti, dan memiliki kapasitas bahan bakar maksimum 199.158 liter. (berbagai sumber)

    22 comments:

    kampungjasa Incku said...

    wows kendaraannya jadi kepengen juga mencoba nya :D sepertinya enak kalau dipake

    Agus Setya Fakhruddin said...

    untuk kendaraan mobilnya pakai apa mas ?

    Djangkaru Bumi said...

    Air Force One yang paling keren. benar-benar megah dan super mewah.

    El said...

    taunya air force one kak joe :D

    Munawir Alfikri said...

    Wah .. kayak nya kendaraannya itu sangat keren sekali deh,, coba aja ada gambar nya gan

    doli nafati tela said...

    orang nomor satu, tentu fasilitas dan sarana-nya juga harus nomor satu, right?

    Muhammad Affip said...

    presiden indonesia naik kijang juga sudah cukuplah, gak usah ikut-ikut Amerika

    yanto cungkup said...

    wah mewah banget yah,beda banget dengan presiden indonesia

    YosLF said...

    Wow nice semoga indonesia tambah maju dan bisa punya yang kayak gini. biar indonesia juga di perhitungkan di Dunia

    maryam ishmatullah said...

    Air Force One!

    Jadi inget pilem >_<

    Cerita Dewasa said...

    hahaha keren" ya gan btw kapan Indonesia Punya yang begitu ya T_T

    Cerita Dewasa

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    Waduh,. kendarannya sampe kayak gitu ya

    Beby Rischka said...

    Aku pengen naik Air Force juga jadinya.. Hihihi :p

    depalpiss said...

    wedeh mantap xkalee si Amereika Ini, Indonesia kayanya ... ah sudah.. lah .... tapi banyak film yang di adopsi dari tulisan spt punya sobat di atas terutama ttg keamanan presiden nya, seep trims sharingnya bro salam blogging :)

    Ficri Pebriyana said...

    AS udah pasti lengkap semuanya... (y)

    Mas Nady said...

    wah keren ya mas.. presidennya juga punya bis khusus nih. kalau di indonesia punya bis apa nggak ya presidennya hehehehe

    George Pisan said...

    seandainya kendaraan kepresidenan di Negara kita seperti itu, jadi pengen jadi presiden deh he...

    Aldi Rahman said...

    keren kendaraan resminya, tapi sebaiknya tidak terlalu mewah karena memicu kesenjangan sosial dengan rakyatnya, masa presidennya enak rakyatnya pahit

    Ehwansah Jailani said...

    kendaraan resmi kepresidenan mang luar biasa dah....

    Putri said...

    sepertinya kendaraan itu keren sekali ya

    album riri maysyuri said...

    betul betul keren dan luar biasa ya

    Syuri said...

    jadi pengen nyobain naik Air Force, giman ayah rasanya ^_^

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger