Fakta-Fakta Seputar Mount Everest

Posted on
  • Tuesday, May 20, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Apa terlintas di benak kita pertama kali mendengar kata Mount Everest? Pasti yang terbayang adalah sebuah gunung tertinggi di dunia. Tapi benarkah Mount Everest adalah gunung paling jangkung di seluruh dunia? Yang jelas gunung yang terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet dan puncaknya berada di Tibet ini adalah favorit para pendaki dunia. Berikut adalah fakta-fakta seputar Mount Everest:

    Bukan gunung tertinggi di dunia. Meskipun Gunung Everest adalah titik tertinggi di Bumi dari permukaan air laut, Mauna Kea, yaitu sebuah gunung berapi Hawaii tidak aktif, memegang rekor sebagai gunung tertinggi di dunia. Mauna Kea memiliki ketinggian 4.205 meter (13.796 kaki) di atas permukaan laut, tapi gunung berapi ini memiliki ketinggian 6.000 meter (20.000 kaki) jika diukur dari bawah permukaan air.  

    Gunung paling kotor di dunia. Foto yang tak terhitung jumlahnya dari pada pendaki dalam perjalanan mereka ke puncak Everest hanya mengabadikan keindahan gunung itu, tetapi kita jarang melihat gambar dari apa yang mereka tinggalkan. Everest dikotori dengan tidak hanya mayat pendaki tapi diperkirakan 50 ton limbah, yang ditinggalkan setiap musim. Lereng yang penuh dengan botol bekas oksigen, peralatan pendakian, dan banyak kotoran manusia. Pemerintah Nepal kemudian membuat aturan baru mulai tahun 2014, yaitu masing-masing pendaki harus membawa  8 kilogram (18 pon) ketika mereka turun gunung. 

    Mempunyai banyak nama. Meskipun terkenal dengan nama "Everest," penduduk asli Tibet menyebut Everest dengan nama kuno "Chomolungma" (juga dieja "Qomolangma") selama berabad-abad. Nama Tibet berarti "Dewi Ibu Mountains." Tapi itu bukan satu-satunya nama, orang-orang Nepal mengenalnya sebagai "Sagarmatha," yang berarti "wajah langit," 

    Terus tumbuh. Sebuah tim peneliti menemukan pada tahun 1994 bahwa Everest terus tumbuh sekitar 4 milimeter (0,16 in) setiap tahun. Benua India awalnya merupakan daratan independen yang bertabrakan dengan Asia dan membentuk pegunungan Himalaya, dan lempeng benua masih bergerak untuk mendorong pegunungan yang lebih tinggi.

    Tingginya berbeda. Berapakah persisnya tinggi Gunung Everest? China mengatakan puncaknya pada ketinggian 8844 meter (29.016 kaki), sedangkan Nepal mengatakan 8.848 meter (29.029 kaki).  Itu karena China berpendapat bahwa gunung harus diukur pada ketinggian bebatuan, tidak termasuk salju di bagian paling atas. Tapi kemudian kedua negara mencapai kesepakatan pada tahun 2010, untuk menetapkan ketinggian resmi sebagai 8.848 meter.

    Dua orang mendaki 21 kali. Dua sherpa, Apa Sherpa dan Phurba Tashi, memegang rekor bersama sebagian pendaki Mount Everest. Pasangan ini masing-masing telah berhasil mencapai puncak sebanyak 21 kali. Phurba mencapai puncak dunia tiga kali pada tahun 2007 dan Apa telah berhasil mencapai gunung hampir setiap tahun antara 1990 dan 2011. (ref: listverse/ill: howstuffwork)

    20 comments:

    El said...

    Ya terus masa bawa kotorannya sendiri balik kak joe. Hehehehe

    Elsawati Dewi said...

    gimana ya rasanya menaiki gunung tertinggi di dunia

    Indra Kusuma Sejati said...

    Enak kali ya bisa naik ke Mount Everest di sana, petualangannya sepertinya seru banget kalau bisa ke sana.

    Salam

    Uda Awak said...

    Perbedaan angka dalam menentukan tinggi gunung Mount everest karena tidak menggunakan meteran kali ya mas? Hehehe...Perbedaan perhitungan tiinggi gunung bisa saja terjadi karena ketinggian suatu tempat diukur berdasarkan tekanan udara di tempat itu...

    Jagad Kawula said...

    ingin sekali mendaki gunung satu ini...tapi kapan ya ? :D

    Beby Rischka said...

    Iya bener, aku taunya di Buku Pintar Seri Senior kalo Everest bukan gunung tertinggi di dunia.. Sayangnya karena si Mauna itu ada di dalam laut makanya masih jadi perdebatan ya, Bang :)

    Albarnation said...

    wew gunung bisa tumbuh ya, wah mantap sekali

    Nehandnews said...

    wah ternyata gunung paling kotor mount everest nih yah .

    Nandar said...

    8.848 meter tinggi banget ya.. Butuh fisik yang kuat buat naik everest ini.

    malini said...

    Fakta yang menarik ternyata Everest terus tumbuh sekitar 4 milimeter (0,16 in) setiap tahun. Terimakasih informasinya

    Ficri Pebriyana said...

    diatas gunung katanya dingin ya, padahal lebih dekat ke matahari :D

    Firman Ardyansyah said...

    Indah sekali fotonya, tapi jadi tau nih tentang fakta2nya..
    terimakasih..

    Ahmad Fathoni said...

    wah saya pikir mount Everest gunung tertinggi di dunia, ternyata itu salah ya, terima kasih infonya mas

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    Belum pernah denger soal mount everest ini saya,, akhirnya sekaran sudah denger :-D

    Game Kapuk said...

    Kunjungan malam mas beranda kata

    yanto cungkup said...

    kapan yamas aq bisa mendaki mount everest.ah nanti aja ah dalam mimpi.kwkwkw

    Kang Ucup said...

    rupanya masih kalah tinggi dengan Mauna Kea ya....pengetahuan baru nih bagi saya

    Arie Gond3s said...

    haha ternyata banyak juga ya sisi negatip nya, dan yang di foto cuma yang indah indah aja ya mas, giliran yang buruk di sortir

    Muhammad Lutfi Hakim said...

    Yang menarik itu: disuruh membawa pulang kotoran seberat 8 kilogram, he-he-he.

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    luar biasa ya gunung nya tinggi banget dan ada es nya juga, nggak kebayang kalau bisa sampai dipuncak, pasti kedinginan ya mas :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger