Tips Menggunakan Soft Lens

Posted on
  • Monday, May 19, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Selain untuk keperluan membantu penglihatan, kadang soft lens juga digunakan untuk bergaya. Soft lens dengan warna tertentu atau, dengan pola tertentu terkadang digemari oleh mereka yang ingin tampil berbeda. Namun demikin perlu diperhatikan juga hal-hal berikut bagi yang ingin membeli atau yang sudah memakai soft lens.

    Berapa lama kita memakai soft lens?  Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak menggunakan soft lens setiap hari. Ada jenis soft lens tertentu yang hanya bisa dipakai setiap hari setelah itu bisa langsung dibuang, bahkan meski masih dalam keadaan yang bagus. Sementara jika kita diharuskan menggunakan soft lens setiap hari, ada baiknya untuk mencopot ketika kita sedang tidur, karena sift lens yang dipakai semalaman dapat meningkatkan risiko infeksi mata.

    Cara memasang soft lens. Mulailah memasang soft lens pada mata yang sama sehingga kita tidak tertukar antara lensa kanan dan kiri. Tempatkan lensa pada ujung jari telunjuk, kemudian tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah tangan dan terus tutup kelopak atas dengan tangan lain. Tempatkan lensa langsung pada iris mata dengan lembut kemudian kedipkan.

    Cara merawat soft lens. Penting sekali untuk selalu menyentuh soft lens dalam keadaan tangan yang bersih, agar kotoran atau kuman tidak menempel. Soft lens dapat dibersihkan dengan ujung jari secara perlahan dan lakukan kira-kira selama 10 - 15 detik, lalu bilaslah dengan larutan pembersih dan gosok kembali dengan ujung jari. Soft lens yang tidak dipakai dapat diletakkan dalam tempatnya, lalu simpan di tempat yang aman.

    Antara soft lens dan olahraga. Kita tetap dapat memakai soft lens ketika menjalankan aktifitas olahraga dan kegiatan lain. Sebab soft lens tidak akan bergerak ataupun jatuh. Selain itu soft lens juga tidak akan menimbulkan efek berkabut dan bisa memberikan penglihatan tepi yang lebih baik. Bahkan jika berenang sekalipun kita tak perlu mencopot soft lens, hanya perlu menggunakan kaca mata kedap air. Sebab jika kemasukan air  soft lens dapat menjadi sulit untuk diambil jika basah

    Menjaga soft lens. Bahkan meskipun sudah menggunakan soft lens, tapi tetap saja sesekali kita menggunakan kaca mata untuk melindunginya. Sebuah kaca mata  hitam dapat digunakan untuk melindungi soft lens dari kerusakan sinar UV. Pilih kacamata hitam yang menghalangi 99% dari sinar UV dan gunakan terutama di bawah sinar matahari, ketika sedang mengemudi atau di tempat yang berair atau pasir.

    Kunjungi dokter mata. Jika Anda berpikir untuk menggunakan soft lens, berkonsultasilah dulu dengan dokter mata. Tanyakan tentang bahan, bentuk, ukuran dan kecocokannya dengan mata. Dokter mata akan dapat menemukan resep yang tepat dan soft lens yang cocok untuk mata Anda. Bahkan jika Anda ingin membeli soft lens secara online, Anda masih perlu untuk bertanya pada dokter mata dulu. (ref: webmd).

    23 comments:

    El said...

    Wew ribet pakai softlen bang mendibg pakai kcamata

    Muhammad Affip said...

    saya nggak bisa membayangkan bagaimana rasanya pakai begituan, pakai kacamata saja tak sanggup

    Obat Sakit said...

    lensa beginian pasti mahal ya bang

    ysalma said...

    saya belum berani pakai soft lens sampai sekarang,
    mending pakai kaca mata aja :)

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    ap gak perih pake soft lens

    totodwiarso.com said...

    Aku blm pernah pake,, ngeri.. Mending pake kacamata aja

    Dede Thea said...

    seumur hidup saya belum pernah pakai yang namanya soft lens gimana rasanya hehehe

    kampungjasa Incku said...

    sepertinya asyik kalau pake ini jadi lebih kelihatan indah nya mata :D

    #Friska

    Jagad Kawula said...

    tips yang sangat bermanfaat untuk para pengguna softlens :)

    MaYa KayLa said...

    belum pernah pakai softlens mas

    Feby Oktarista Andriawan said...

    Gw blm pernah coba sih, tapi bingung aja segitu enaknya kah memakai softlens? Sakit gak sih? Yang jelas ribet.. :D

    Marnes Kliker said...

    Nah ntu buat para wanita biasanya yang menggunakan soft lens, silahkan disimak baik-baik :)

    george pisan said...

    dengan memakai soft lens ini bakalan keliatan makin ganteng aja kayaknya neh gan

    Arie Gond3s said...

    gak kebayang saya mas kalau harus pakai begituan, terkena debu aja rasanya sudah sangat mengganjal di mata, apalagi kalau sampai pakai yang begituan

    Arif Abdurahman said...

    Mau pake soft lens, tapi matanya normal.

    walidin_wall said...

    kaca mata lebih cepat..

    Ahmad Fathoni said...

    tipsnya bermanfaat nih mas, tapi kali ini nyimak aja soalnya mata saya masih normal

    belajar online said...

    terimakasih tipsnya sangat bernmanfaat .

    Beby Rischka said...

    Aku jadi pengen beli soft lens lagi nih. Hihhi.. Bener Bang, pakenya maksimal 8 jam ajah. Kasian matanya ngga bernafas dengan leluasa..

    Taufiq Firdaus A. A. said...

    Kalau saya masih nyaman pakai kacamata, soalnya pake soft lens ribet...

    Konveksi Murah Adro Textile said...

    Banyak yang pake beginian cuma buat gaya juga sih....

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah saya malah belum pernah pakai soft lens, masih suka yang alami saja mata nya hehe :D

    Ibrahim M.Pd.I said...

    terima kasih atas tipsnya ya mas, perlu juga tu dipelajari untuk menjaga-jaga mana tahu istri saya mau pake soft lens :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger