Fakta-Fakta Seputar Sikat Gigi

Posted on
  • Wednesday, April 30, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Sikat gigi, sebelum menjadi bentuk yang seperti sekarang ini melewati proses yang sangat panjang. Jaman dahulu, manusia primitif sudah mempunyai kesadaran untuk membersihkan gigi dengan alat seadanya, mulai dari ranting pohon hingga duri, atau bulu landak. (Baca juga: Sikat gigi, daritulang binatang hingga ranting). Jaman sekarang seiring dengan semakin berkembangnya teknologi berbagai inovasi terus berkembang. Berikut adalah fakta-fakta seputar sikat gigi yang mungkin belum Anda tahu:

    Bentuk. Jika Anda ingin memilih sikat gigi, mana yang lebih baik, sikat gigi listrik dengan kepala yang memutar atau sikat manual tradisional persegi panjang? Banyak dokter gigi percaya bahwa keduanya sama-sama baik jika digunakan dengan teknik yang tepat, tapi review oleh lembaga kesehatan nirlaba Cochrane Collaboration menemukan bahwa selama periode tiga bulan, sikat gigi dengan kepala bulat dan kepala berputar  menghapus  11 % lebih plak dibandingkan sikat manual.
     
    Ukuran. Tidak ada sikat gigi yang cocok untuk semua orang. Namun perlu diingat bahwa sikat berukuran besar dapat melewatkan penumpukan plak di tempat-tempat yang sempit antara gigi dan daerah yang sulit dijangkau di belakang. Untuk menentukan ukuran yang tepat adalah yang penting sikat gigi bisa menjangkau dan membersihkan semua bagian gigi. 

    Bulu. Jika membeli sikat gigi baru mala pilihlah yang berbulu lembut atau ekstra lembut. Banyak orang keliru dengan mengatakan bahwa sikat berbulu keras lebih baik karena bisa menghilangkah plak lebih keras. Tapi sikat dengan bulu keras kurang fleksibel, tidak bisa menekuk dengan baik, sehingga tidak bisa mencapai wilayah di bawah gusi dan di antara gigi yang paling membutuhkan pembersihan. Selain itu bulu yang kerasa berpotensi melukai gusi. Sebuah studi pada tahun 2011 di Journal of Periodontology menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan bulu yang kaku mengalami peningkatan 11 % gusi berdarah setelah delapan minggu.

    Pegangan. Kecuali memang karena faktor kenyamanan di tangan, gagang sikat gigi yang bagus dan mewah tidak berpengaruh pada seberapa baik dan efektif dalam membersihkan gigi.

    Waktu untuk mengganti sikat gigi. Menurut American Dental Association, lebih dari 40 persen orang Amerika tidak tahu kapankah waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi. Banyak orang masih menggunakan sikat gigi yang sama selama enam bulan atau bahkan setahun. Padahal jika dipakai lebih lama dari 4 bulan bulu menjadi kurang efektif menghilangkan plak, partikel makanan, dan bakteri yang menyebabkan peningkatan risiko untuk gigi berlubang dan penyakit gusi. (ref: Huffington Post/ill: glorysurgery.com).

    51 comments:

    cecep yudi arifin said...

    Sikat Gigi diciptakan oleh seorang Narapidana William Addis...
    dengan menggunakan tulang yang diberi lubang kecil lalu ditaru bulu-bulu hewan dan dilem..
    pertamax..

    IQROZEN said...

    Sy jarang sikat gigi, wah jd harus rutin lh neh. Salam kunbal dari negeri s3berang.

    Marnes Kliker said...

    wah selama ini berarti saya salah dalam memilih sikat gigi nie, saya cenderung lebih memilih bulu sikat gigi yang agak keras ternyata harus yg lembut ya :)

    Beby Rischka said...

    Untung selama ini selalu pake sikat gigi yang bulunya lembut, kalo keras giginya malah ngilu

    Nophi said...

    Aku baru tahu waktu yang tepat mengganti sikat gigi, selama ini kalau masih enak dipakai dipakai terus sampai rusak :p

    Firman Ardyansyah said...

    Baru tau nih fakta sikat gigi.. terimakasih mas

    Irvan Robiansyah said...

    oh begitu yah faktanya tentang sikat gigi..
    Nice Share gan! :D

    Adi Pradana said...

    Dahulu Nabi Muhammad, membersihkan gigi dengan bersiwak...

    fitri anita said...

    biasanya sikat gigi diganti 3 bulan sekali..mampir kesini jadi ingat kalaui sudah terlewat waktu untuk ganti sikat gigi, nice share..

    Haris Luqman Hakim said...

    dari dulu saya beli sikat gigi enggak sedetail ini. saya kira hasilnya sama aja tapi ternyata berbeda.

    Muroi El-Barezy said...

    wah sering sikat gigi tiap hari, tapi ga kepikiran tentang sikat gigi nih hehe...trims infonya

    Munawir Alfikri said...

    Ihh saya baru liat gan sikat gigi kayak gambar di atas itu

    Idah Ceris said...

    Kalau sya masih nyaman menggunakan yang manual. Tiga bulan sekali gantinya. :D

    Fathoni Muhammad said...

    kalo saya nggak peduli banget sih, untuk ukuran atau bentuknya. Pokoknya, saya pakai yg standard aja..

    HAM DAN said...

    sikat gigi wajib gan :D menjaga sih

    nunu said...

    Saya belum pernah mencoba sikat gigi bulat. Btw kak jo lama juga ga kelihatan

    Heri Assidiqi said...

    Saya kalo bulunya belum habis suka dipakai terus, wah ternyata harus sering ganti ya :)

    zachflazz said...

    nah kan jadinya saya tau riwayat sikat gigi. termasuk yang dari bulu landak segala. nanti saya kasih tau anak saya nih Mas, makasih ya

    Mechta said...

    hihi... aku termasuk yg baru tahu waktu mengganti sikat gigi.. trims yaa... :)

    ysalma said...

    katanya dengan siwak lebih baik untuk gigi daripada yang modern sekarang.

    Ahmad Fathoni said...

    sikat gigi yang baik tu berapa kali dalam sehari, dan waktu yang baik tu kapan?

    SunDhe said...

    Dhe adalah orang yang sangat hobi ganti sikat gigi, hahahaha.. bahkan bisa 2bulan sx ganti :D

    Ficri Pebriyana said...

    apapun sikatnya, yang penting sikat gigi... hehe :D

    RoqRockie said...

    jadi ternyata sikat gigi dengan kepala bulat dan berputar, yang lebih efektif dalam menghilangkan plak ya

    Ririn Cute said...

    wah saya malah kurang begitu memperhatikan sama sikat gigi mas, tapi saya rutin lho sikat gigi nya agar gigi bisa sehat dan kuat ;)

    Nehand Bjn said...

    Informasi bermanfaat nih mas,beul terkadang saya juga bingung kapan baiknya Waktu untuk mengganti sikat gigi.

    Virlyz Nyzam said...

    Dulu waktu kecil sakit gigi mulu mas...rasanya menyiksa banget deh

    rahadjars said...

    gara2 jarang sikat gigi malem hari jadi bolong deh ini gigi saya
    harus rajin2 sikat gigi nih

    Yudi said...

    Pemakaian sikat gigi saya sepertinya lebih dari empat bulan...
    Hehehe...

    Yobert Parai said...

    Nih harus layak tahu nih yang seperti ini, maksih sob infonya :)

    Blogs Of Hariyanto said...

    saya selalu memilih bulu yang lembut saat membeli sikat gigi...karena aman bagi gusi.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    blogditter.com said...

    Saya jarang beli sikat gigi. Biasanya dapat gratisan pas beli pasta giginya. Hemat, hahaha....

    Kisah Foto said...

    Saya seringnya pake sikat gigi yang bulunya lembut, biar gak lecet gusinya, heheehe :D

    Ranii Saputra said...

    saya lagi seneng sikat gigi nih, hhe
    saya sih ganti sikat gigi kalau bulunya udah melebar aja *apa tuh ya istilahnya* intinya kalau udah gak enak dipake aja..

    Mas Nady said...

    Wah sikat gigi listrik itu seperti apa ya mas.. Kok saya malah baru dengar ya? Apa karena tempat tinggal saya yang telalu plosok. Tapi di televisi saya juga belum perna tau.. Saya sih biasa pakai yang manual mas.

    Mas Nady said...

    Wah sikat gigi listrik itu seperti apa ya mas.. Kok saya malah baru dengar ya? Apa karena tempat tinggal saya yang telalu plosok. Tapi di televisi saya juga belum perna tau.. Saya sih biasa pakai yang manual mas.

    comtel cell said...

    jadi, waktu ganti sikat gigi maksmal 4 bulan yia bos...
    kalo saya biasnya malah 2 bulan bos, hehehe....

    duniaely said...

    habis sikat gigi nih

    adelays.com said...

    Salam kenal dari Adelays,
    Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah :
    says share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

    TUKANGCOLONG said...

    saya tiap malam lebih sering tidak gosok gigi :S

    HennyFaridah.Name said...

    Memang sih, gak semua ukuran sikat gigi tidaksama bagi semua orang. trus biar kecil juga belum tentu bisamenjangkau semua bagian. itulah yang namanya memerlukann penggunaan yang cair dengan cara dikumur.

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    kunjungan sore mas,,

    Yos Beda said...

    Waktu untuk pergantian sikat gigi kalau saya biasanya ketika bulu sikatnya bentuknya udah ngga lurus/kenceng lagi :)

    Tips Kesehatan said...

    waktu yang tepat saat sikat gigi itu dua hari sekali senelum tidur dan sesudah makan.
    kondisi sikat gigi juga sangat perlu, ganti sikat gigi yang bagus itu minimal 3 bulan sekali

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    alhamdulillah belum pernah sakit gigi saya mas, semoga aja gigi kita selalu sehat ya, karena kalau sakit nggak enak banget rasanya ;)

    Pudja Kusumah said...

    yang penting sikat gigi sesudah makan n cara menyikat giginya yang betul hhe...

    zachflazz said...

    tes, koq susah komen di posting terbaru ya

    Ehwansah Jailani said...

    kalau saya sih.. sikat gigi kalau sudah hancur baru ganti.. heheh... :)

    Oyo Sukarya said...

    model-model sikat gigi beragam ya mas, apalagi buat anak2,,lucu2 sehingga disukai anak2, anak sy jg jadi rajin gosok gigi...

    MotivasiAne said...

    Ow ternyata itu sejarah sikat gigi wow sekali ya ..

    isnawan said...

    Sikat gigi saya sekeras batu. jadi patah gigi saya.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger