Sikat Gigi, Dari Tulang Binatang Hingga Ranting Pohon

Posted on
  • Monday, November 1, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Sikat gigi, benda yang setiap hari kita gunakan, mungkin kita menganggapnya sepele saja. Tetapi ternyata sikat gigi ini mengalami perjalanan yang sangat panjang, sebelum menjadi bentuk seperti yang sekarang kita gunakan.

    Bahkan manusia jaman sebelum Masehi sudah mengenal tradisi membersihkan gigi setelah makan. Sekitar tahun 3500 SM suku bangsa Sumeria di Babilonia menggunakan menggunakan duri landak, tulang binatang hingga ranting kayu untuk membersihkan gigi mereka. Sementara bangsa Arab terbiasa membersihkan gigi dengan cara mengunyah ujung batang kayu. Dan mereka biasa menggunakan batang pohon Salvadora persica atau kita mengenalnya dengan siwak.

    Sementara penggunaan bulu untuk sikat gigi diperkirakan dimulai di China sekitar tahun 1600 oleh para kaisar yang terbiasa menggunakan bulu babi dan tulang sebagai pegangannya. Orang-orang Cina ini menggunakan bulu dari leher babi sebagai pengganti sikatnya dan terkadang juga menggunakan bambu sebagai gagangnya. Sementara orang-orang Eropa dan Yunani konon menggunakan kain sutra dan spons untuk membersihkan gigi.

    Sikat gigi dengan bentuk sebagaimana kita gunakan sekarang ini pertama kali dirancang oleh William Addis dari Inggris. Pada tahun 1770 Addis dijebloskan ke dalam penjara karena suatu kasus kerusuhan. Dan di dalam penjara itulah ketika dia sedang membersihkan gigi dengan menggunakan kain, dia terpikir bahwa kain ternyata tidak dapat menjangkau bagian-bagian yang sempit. Ketika itulah dia berpikir untuk menciptakan sikat gigi menggunakan bulu binatang.

    Selepas dari penjara Addis kemudian mendirikan perusahaan sikat gigi yang diberi nama Addis Toothbrush Company pada tahun 1780. Ide Addis itu ternyata kemudian menyebar ke berbagai negara di Eropa yang kemudian menirunya. Tahun 1840 sikat gigi telah diproduksi secara massal di Inggris, Perancis, Jerman, dan Jepang.

    Hak paten untuk pembuatan sikat gigi di Amerika Serikat diperoleh oleh H. N. Wadsworth pada tahun 1857 namun demikian produksi secara massa baru dimulai pada tahun 1885. Ketika itu di Amerika kebiasaan membersihkan gigi setiap hari belum menjadi suatu yang rutin, hingga setelah Perang Dunia II, yang dimulai dari para prajurit yang setiap hari rajin menggosok giginya.

    Pada tahun 1938 sikat gigi berbahan nylon sudah mulai diperkenalkan. Maka penggunaan bulu binatang pun mulai ditinggalkan karena dinilai kurang higienis, selain tidak terlalu bersih dan gampang terlepas. (reff: didyouknow.it; theoriginof.com/ill: didyouknow.it)

    45 comments:

    Muhammad A Vip said...

    sekarang masih banyak yang pakai ranting, seperti siwak. tapi saya belum pernah pakai itu.

    Ella said...

    Jadi teringat Sabda Rasulullah : "Jika tidak memberatkan umatku, maka aku menganjurkan untuk menyikat gigi setiap kali akan sholat" kira-kira begitu isi hadistnya, jadi sikat gigi memang penting bro...

    julie said...

    sikat gigi benda kecil yang berarti besar

    syamsul rijal said...

    bagaimana rasanya ya sikat gigi tulang binatang hingga ranting pohon .......

    thanks sob sdh berkunjung kapan "mampir lagi

    follow....

    John Terro said...

    wekekek ... kalo sikat gigi dari bulu babi ya malah gimana sih gan ... ga malah bersih malah kotor adanya :D

    ReBorn said...

    jadi pengen sikat gigi. ga make bulu babi pastinya. gheheeh.

    debhoy said...

    hiyyyy...bulu binatang? apa ga makin kotor yah giginya :D

    Rizky2009 said...

    penasaran saya tp sayangnya kk g ada gambarnya yah

    sekalian aq follow sob, follow balik yah

    aldy said...

    Mayoritas sikat gigi sekarang berbahan plastik ato sintetis, dan yang sering menggunakan yang berbahan plastik :D

    arie iswadi said...

    Oh gitu toh sejarahnya... nice info.. :)

    juliet said...

    bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi

    TuSuda said...

    dengan pesatnya teknologi, jenis dan model sikat gigipun sudah ada yang bermacam-bacam ya Mas.

    ChugyGogog said...

    Wah ternyata sikat gigi jaman dulu keren keren ya hahaha...gimana tu giginya ga pada rusak sikatnya pake bulu landak...luar binasa,

    WONG SIKAMPUH ngoceh said...

    Ternyata membersihkan gigi sdh ada sejak jaman manusia purba ya sob,aq kira jaman dulu gak memperhatikan hal ginian he...he..

    Tomo said...

    sejak dahulu kala sudah ada tradisi gosok gigi cuma alatnya yang berbeda

    uswah islam said...

    seperti jamannya kanjeng nabi.
    beliau menggosok gigi dengan ranting

    hikmah teladan said...

    berkunjung malam.
    menggosok gigi atau membersihkan gigi jaman sekarang makin mudah.
    dengan sikat gigi dan bahkan ada airnya yang khusus untuk berkumur

    fb said...

    Pake siwak katanya bagus tuh

    Didiet said...

    HISTORY nya sikat gigi

    budiarnaya said...

    Kalau dulu orang sikat gigi pakai tangan dan tanah yach...menarik sekali cerita sikat giginya, terima kasih mas informasinya yang bagus ini

    Qori said...

    sekedar tips saya:

    berkumur dengan air garam adalah salah trik ampuh membersihkan gigi yang berlubang. Cobalah!

    Nurul Azis said...

    Menarik mas, jadi tahu lebih tentang sikat gigi yang biasanya kesehariannya disepelekan.

    vany said...

    wah, saia jd tahu sejarah sikat gigi nih....

    fanny said...

    wah, mengunyah batang pohon?

    Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

    Ketika jaman sekarang sikat gigi makin canggih, sampai yang elektrik atau penggunaan bahan hasil riset njelimet, masih ada produk pembersih gigi semacam tali kecil untuk membersihkan celah gigi. Kemasan dan tempat penjuualannya pun modern qe3

    Muza elbanaf said...

    hmmm...unik juga ya kisah sikat gigi ini.
    Tapi aku salut nih sama Addis, dalam penjara tetapi kreatifitasnya justru muncul dan mengantarkan kesuksesan dirinya.

    catatan kecilku said...

    Sikat gigi dengan menggunakan bulu binatang ? Ih, yg ada bukannya giginya bersih, tapi mulut malah penuh dg rontokan bulu2 binatang... hehehe

    the others.... said...

    Thanks udah bagi2 ilmu tentang sejarah sikat gigi.
    Sungguh, aku baru tahu lho.... ^_^

    Denuzz BURUNG HANTU said...

    bersihin gigi jaman dulu emang udah pake sikat gigi, tapi ada pasta giginya gak ya? ...
    bau mulutnya gimana ? (pertanyaan kurang penting)

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

    TUKANG CoLoNG said...

    artikelnya keren cuman kurang gambarnya aja nie brader

    Masbro said...

    Sikat gigi, ternyata perjalanan sejarahnya lumayan panjang ya...

    TIANSHI Indonesia - Online Support said...

    ......sikat gigi "tidak takut"

    Sisi Lain said...

    jaman sekarang pun masih ada lho sob, orang nyikat gigi pakai ranting. aku pernah lihat (orang Bangladesh)

    Sukadi Brotoadmojo said...

    Dalam perkembangannya, sikat gigi megalami beberapa perubahan, sekarang banyak produk sikat gigi yang berlomba membuat desain sikat yang senyaman mungkin untuk di pakai he.he

    Belantara Indonesia said...

    yg masih ada sikat gigi pake batu bata bahannya, ga tau bagus apa gak...ndak pgn nyoba juga..kwkwkwkwkw....

    Gaphe said...

    walaupun sikat gigi udah ditemuin sejak lama, dan berkembang terus menerus (bahkan sekarang ada yang pake teknologi nyemprot air sendiri loh).. tapi tetep juga masih ada yang males buat sikat gigi yak.. hehehe

    sedjatee said...

    gagang sikatnya tulang binatang
    jangan-jangan bulunya juga dari binatang
    serem aja nih..
    hehehe... btw nice post bro..
    thanks telah berkunjung
    semoga menjadi sahabat seterusnya
    salam sukses..

    sedj

    cucuharis said...

    saya syukuri atas penemuan yang indah itu
    sikat gigi

    Tip Trik Blogger said...

    salam sahabat
    och jadi begitu ya perjalanannya sikat gigi

    Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

    ada yang ada buat mesin sikat gigi pakai baterai jadi tidak perlu gesek pakai tangan

    Zico Alviandri said...

    Dari dalam penjara pun bisa mendapatkan penemuan hebat :)

    Denuzz BURUNG HANTU said...

    Selamat sore, Sahabat ...
    Apa kabar? Semoga tetap berada dalam lindungan Yang Maha Kuasa ... Amin

    Denuzz mau kasih kabar nih, Burung Hantu udah pindah sarang ...
    Datang berkunjung ya, Sahabat ...

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

    joe said...

    sore, wah pindah sarang lagi ya. Semoga betah di sarang barunya...

    bolehngeblog said...

    gak tahu dari apa dibuatnya nih sikat gigi, sebab langsung beli aja dari borma...

    Sugeng said...

    yang pakai bulu babi sekarang sudah jarang namun yang pakai dahan ranting (siwak) sampai saat ini masih banyak ditemukan. :D
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger