Para Pelempar Sepatu Itu

Posted on
  • Tuesday, November 2, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Mungkin 25 Oktober bukan hari baik bagi mantan PM Australia, John Howard. Dalam sebuah acara talk show yang ditayangkan oleh tv Australia tiba-tiba seorang penanya berdiri dan melemparkan dua sepatu ke wajahnya. Si pelempar adalah Peter Gray yang segera diamankan oleh petugas.

    “Ini untuk warga Iraq yang tewas,” teriak Gray. Menurut pemuda itu Howard harus bertanggung jawab atas keterlibatan tentara Australia dalam invasi Amerika ke Irak. Dalam peperangan tersebut memang ribuan rakyat Irak tak berdosa menjadi korban, juga para serdadu Australia yang dikirim ke medan perang.

    Tapi rupanya insiden pelemparan sepatu kepada John Howard tersebut bukanlah kejadian yang pertama. Sebelumnya pada 4 November 2009 seorang mahasiswa Universitas Cambridge melemparkan sepatunya kepada Howard saat memberikan kuliah umum, sambil berteriak “rasis!”.

    Tapi insiden pelemparan sepatu yang paling fenomenal adalah yang dilakukan oleh Muntadar Al-Zaidi pada 14 Desember 2008 lalu. Dalam sebuah jumpa perss dengan wartawan di Irak, mantan presiden AS George Bush saat itu mengatakan bahwa perang belum selesai. Mendengar itu tiba-tiba Zaidi yang berprofesi sebagai wartawan melemparkan sepatunya yang nyaris mengenai kepala Bush.

    Zaidi sendiri lalu diseret dan dipenjara. Selama di dalam bui Zaidi mendapat siksaan yang berat dengan cara disetrum dan dipukuli hingga gigi depannya tanggal. Sementara adegan Zaidi melempar Bush tadi menginspirasi para programmer untuk menciptakan permainan dengan cara melempari wajah Bush. Dan terbukti sukses ribuan orang mengunduh game tersebut di internet.

    Kejadian serupa juga menimpa Perdana Menteri Yunani, George Papandreou pada 11 September lalu. Saat membuka sebuah pameran perdagangan, Sergio Pravazeris melemparkan sepatu ke arahnya. Pria ini menyalahkan kebijakan Papandreou yang memberlakukan pemangkasan anggaran demi memenuhi persyaratan kredit IMF, sehingga sejumlah tunjangan pekerja terpangkas.

    Sementara mantan PM Inggris, Tony Blair juga mengalami kejadian memalukan tersebut dalam sebuah sesi tanda tangan bukunya di Dublin. Dan tak hanya sepatu, pelemparan itu juga disertai dengan telur busuk. Kejadian serupa juga pernah menimpa Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari juga Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

    Peristiwa yang menimpa sejumlah kepala negara dan mantan pejabat tersebut tidak lepas dari kebijakan-kebijakan yang dibuatnya yang terkadang kontroversial. Pada masyarakat di Timur Tengah, sepatu adalah simbol penghinaan paling rendah karena sepatu digunakan sebagai alas kaki. Dalam hal ini para pelempar menganggap bahwa target lemparan mempunyai derajat sama rendahnya dengan alas kaki tersebut. (ref: Jawa Pos/ill: theliberalstore.com)

    45 comments:

    pendarbintang said...

    Ya sudahlah...

    Namanya juga sebel, he he he

    Qori Reader said...

    hmm sekedar nambahin ya...

    kalau dalam budaya arab tuh melempar sepatu merupakan tindakan kebencian yang paling dalam.
    karena apa? sepatu dianggap sebagai tempat kita menginjak-injak sepatu kita.

    Jadi orang yang kita lempari sepatu dianggap orang yg kita injak-injak.

    Mohon dipajang komen ane ya..

    joe said...

    sudah dipajang, dan terima kasih atas tambahannya...

    Wong sikampuh said...

    Menurut aq mereka smua (howard,bush,dll) patut di lempar pake kotoran kerbau ke muka nya.Mereka itu penjahat perang dan musuh umat islam

    hudaesce said...

    Dari Indonesia belum ada nih yang kayak gitu, siapa yang mau Coba jadi Pertamaxxxxxx ???? :lol:

    syamsul rijal said...

    mudah"an di indo tidak ada kejadian seperti itu .....amin

    John Terro said...

    teringat Bush yang dilempar sepatu sampe 2 kali ... dan malamnya udah ada game yang mensimulasikan itu ... wekekek

    btw. blog joe bisa ikutan direpiu ... ikuti kuis besuk pagi di entriku yang terbaru yang muncul jam 4:04 pagi esok hari :D

    TUKANG CoLoNG said...

    obama juga pernah mengalami pelemparan namun menggunakan buku. kenapa para pelempar itu gag dibina jadi atlet aja ya..:)

    joe said...

    kalau Silvio Berlussconi malah dilempar pakai patung sampai hidungnya patah...

    ChugyGogog said...

    Kejadiannya sudah lama tapi memang sangat fenomenal sekali pelemparan sepatu ini...!!

    jangkrik said...

    iya nich,saya pernah nonton video pelemparan sepatu ke mas bush :D

    juliet said...

    ah, untung di Indonesia tidak ada tukang lempar sepatu itu

    inge / cyber dreamer said...

    mungkin karena merasa selama ini aspirasinya kurang begitu didengar sedang seperti mendapat kesempatan untuk menunjukkan bukti kekesalan >.<

    untung aja cuman sepatu, gimana kalo didalemnya ada bomnya hu hu
    *tipikal orang Indonesia, selalu ada untung disetiap kejadian he he*

    Sugeng said...

    Mungkin yang ngetrend sekarang ini memang melempar sepatu, daripada melempar bom kan lebih gawat :D
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Hantu Facebook said...

    mungkin bagi orang2 yg pernah melakukan aksi lempar sepatu terhadap orang2 penting di Dunia ini adalah merupakan jalan pintas, sebab organisasi yg di yakini mampu utk menengahi konflik malah terkesan diam dengan aksi yg lebih brutal.

    adetruna said...

    lantas, merk/harga sepatu menentukan prestise nggak ya? Baik yg dilempar maupun si pelempar *nice topic, good evening.

    Blog Sepakbola said...

    kalo dipikir, para pelempar sepatu ini gila. Tapi, ini bentuk perlawanan yang cukup mempermalukan secra efektif, dan aman :-p

    TuSuda said...

    termasuk aksi supernekad juga ya Mas, beraninya mereka melempar seorang pejabat tinggi negara...

    Putu S said...

    kalau orang sudah kesal, ada saja ulahnya yang nekad banget, tidak mau memandang etika lagi...

    harto said...

    lempar melempar bisa menjadikan suatu tradisi yang memalukan yaaa...

    anna said...

    hehe...
    kalo di Indonesia.. kira2 sasaran yang dilempar sepatu siapa ya?? heheh

    Anonymous said...

    mungkin anggota DPR ya...

    Tomo said...

    Dia mungkin kesal itu kang yo

    John Terro said...

    saya juga seneng lempar kacang ke monyet gan :D

    Catatan Kecil said...

    aksi lempar ini bagian dari kekesalan yang lama terpendam,,,pas ketemu orangnya,,,,langsung meledak tuh emosinya,

    Tip Trik Blogger said...

    menurut si pelempar
    memang dia pantas dilempar sepatu, karena disana saat itu yang ada hanya sepatu.

    mungkin kalau di militeran dilempar BOOM kali

    Zico Alviandri said...

    Biar jadi bahan introspeksi para pemimpin2 itu, juga pemimpin yang sekarang dan akan datang.

    triyantobanyumasan said...

    Di indonesia sebenarnya banyak yang pantas dilempar sepatu, sayangnya di Indonesia orang memakai alas kakinya dr BOM x ya, jd banyak yang nglemparin BOM dan dianggap terorist... *joke ga lucu

    genksukasuka said...

    spertinya itu udah direncanakan dah

    MeriskaPW said...

    amin, makasih mas doanya..!!

    Btw postingannya lucu,, knpa gak skalian dilempar keset aja ya?? kan kset diinjek2 sepatu,, lebih rendah lg dnk.. hehe

    Lozz أكبر said...

    Saya pikir sekali-kali mperlu orang gede dilempar sepatu, biar mereka sadar jika sebenarnya derajat mereka gak jauh beda ma orang kecil.. yah biar mikir lah "napa ya ane dilempar sepatu?"..

    Salam Kenal dari Jember

    ysalma said...

    dilempar sepatu aja, yang dilempar tetap aja merasa melakukan yang terbaik dengan kebijakannya,, tapi sekali-sekali kantongnya para pejabat pemerintah yang dipotong gajinya atau intensif jalan2nya untuk membuat penanggulangan bencana..

    ReBorn said...

    ah, sepatu sekarang harganya mahal. jangan dilempar-lempar. ghahaha.

    Fir'aun NgebLoG said...

    klo saja gw punya kesempatan, ta kempesin tuch si bush punya muka :D wkwkwk....

    attayaya mobil keluarga said...

    hahahaha aku suka mereka melemparkan sepatu itu

    7 taman langit said...

    betul-betul bentuk kekesalan
    ya itulah kejadian berharga

    Ella said...

    di lempar sepatu, yah...pantes lah...kalau mereka di perlakukan begitu.. :-)

    Masbro said...

    Melempar sepatu..cara yang unik untuk mencuri perhatian dunia..

    ummurizka said...

    sebuah ekspresi kekecewaan yang ampuh nyatanya menjadi perbincangan dunia,

    orange float said...

    kenapa ngak dilempari durian aja, sadis....

    Darin said...

    sebuah simbol perlawanan yang sangat menohok.

    sesuatu yg kecil namun berdampak besar :)

    Denuzz BURUNG HANTU said...

    ehm, kenapa harus sepatu ya yg dilempar ...
    pasti sepatu itu sepatu murah, jadi gak masalah maen lempar doang ... kidding
    mungkin orang yg jadi objek lemparan mereka dianggap gak lebih berharga dari sepatu :D

    Cerita Dewasa said...

    Kalau emang ga suka ya mo gimana lagi ^_^

    bolehngeblog said...

    sepatu-sepatu yang telah dilemparkan ke orang-orang terkenal, biasanya memiliki nilai jual yang sangat tinggi...hehehehhe

    oki said...

    pantesan sepatuku ilang

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger