Mengenal Berbagai Macam Gangguan Pola Makan

Posted on
  • Monday, May 5, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Seiring dengan meningkatnya gaya hidup modern masyarakat perkotaan, diikuti pula dengan perubahan gaya hidup yang menimbulkan berbagai dampak negatif, di antaranya adalah gangguan pola makan atau eating disorder. Meski bisa menyerang siapa saja namun kebanyakan gangguan makan ini menyerang kaum wanita. Berikut adalah beberapa gangguan makan yang umum terjadi:

    Bulimia nervosa. Yaitu suatu keadaan di mana penderita akan memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsinya setelah dia selesai makan. Biasanya bulimia nervosa dipicu oleh keinginan untuk menjadi kurus atau menurunkan berat badan, namun tetap ingin makan dengan porsi yang sama.

    Anoreksia. Berbeda dengan bulimia di atas, anoreksia merupakan suatu ketakutan untuk mempunyai tubuh yang gemuk. Untuk mencapai tujuan mendapatkan berat badan yang ideal tersebut berbagai jalan ditempuh, termasuk memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi dengan sengaja, salah satunya dengan menggunakan obat pencahar. 

    Binge eating. Merupakan gangguan pola makan di mana seorang akan merasa bersalah ketika sehabis makan banyak. Pada binge eating ini seseorang akan makan seperti biasa tapi setelah selesai akan timbul perasaan yang sangat bersalah, karena ketakutan menjadi gemuk.

    Compulsive eating. Penderita gangguan pola makan ini agak unik, karena seseorang biasanya tidak bisa berhenti makan karena terus menerus merasa lapar. Jadi meskipun sudah makan tapi tetap timbul perasaan ingin makan lagi.

    Sindrom makan malam. Orang yang menderita sindrom ini biasanya menunda waktu makan dan hanya makan di malam hari. Jadi karena keinginan untuk menjadi langsing sehingga dia hanya mau makan setelah hari berakhir.

    Pika. Seseorang yang menderita sindrom ini terdorong untuk mengunyah benda-benda yang tidak layak untuk dimakan. Tidak hanya makan, seseorang bisa saja hanya ingin mengunyah atau menjilati suatu barang, misalnya memakan bedak atau benda lainnya. (ref: Kompas/ill: redbrick).  

    37 comments:

    Wisata Murah said...

    istilah Binge eating.ini baru saya dengar,,

    berarti temenku cewek lagi keserang sindrom Binge eating. ini, karena sehabis makan seperti orang kebingungan

    Beby Rischka said...

    Kalo aku picky eater Bang, pemilih kalo makan :(

    fitri anita said...

    makan gak byk teratur kok tetap gemuk ya?? he he ini mah curcol ya

    Indra Kusuma Sejati said...

    Kalau pola makan teratur dan benar maka tubuh kita sehat ya Kang.

    Salam

    Pendar Bintang said...

    Kalau saya sih akan makan kalau laper dan makan makanan yang saya inginkan gak peduli waktu, he he he

    Yobert Parai said...

    Sebelumnya saya cuma tahunya anoreksia saja Mas joe, setelah baca ini ternyata banyak juga jenis gangguan pola makan ini, makasih share nya Mas :)

    Rawins said...

    yang jelas tiap kali habis makan aku terjangkit rasa kenyang
    hihi

    Virlyz Nyzam said...

    Wah kok jadi aneh aneh malahan...gara gara pola makan

    Tiyang Magelang said...

    Saya ingin gemuk tapi nggak bisa kenapa ya?,terkadang eneg lihat nasi jadi malas makan,apa karena sering menunda waktu makan ya

    Labbay Modjo Lelo Idjas said...

    Binge eating sama compulsif. ini cenderung yg saya alami gan. dalam makan

    Rohis Facebook said...

    pika itu aneh... :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah ternyata serem juga ya mas kalau terkena gangguan pola makan ini ;)

    Purnomo Jr said...

    bener juga ya mas
    buat kaum cowo mesti sayang kalo makanan yg udah di makan hrs du keluarin lagi
    cari uang nya juga ndak gampang... soale...hehe

    Aldino Sya said...

    aneh tpai nyata..!, pernah jg liat org yg senang makan bata merah..,.,mungkin enak jg kali ya..:)

    Nia Haryanto said...

    Aku waktu abege pernah jadi bulimia. Ceritanya pengen langsing. Eh... malah masuk rumah sakit gara-gara maag parah. Ngeri bangeeeeet yaaa...

    yanto cungkup said...

    akan lebih lengkap lagi apabila artikel ini ditambahi bagaimana jalan keluarnya mas

    Uda Awak said...

    kadang-kadang saya mengalami bulimia nervosa saat memakan mie instant, mas...

    Tutia Rahmi said...

    sebanyak banyaknya gue makan, gue gak pernah ngerasa bersalah.. gue wanita lemah!! :D

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    Dapat info baru nih mas,, Thanks

    Saud Karrysta said...

    Malam Mas Joe, dengan selalu menerapkan pola makan terartur
    Maka hidup hidup sehat sudah pasti dapat di raihnya ya Mas..?

    HAM DAN said...

    hmmm ... iya nih mas . salah satunya badmood bisa bisa gak mau makan

    Ahmad Fathoni said...

    kasihan yang terkena panyakit pika...makan makanan yang seharusnya tidak dimakan

    Elsawati Dewi said...

    sepertinya.. saya menderita compulsive eating XD

    liannyhendrawati said...

    4 diantaranya mirip ya, intinya ingin kurus.

    Harum MF said...

    tindakan penanganan yg tepat spt apa gan klo kena gangguan makan ini?

    Jagad Kawula said...

    untung saya tidak ada gejala yang menjurus pada gangguan poola makan seperti di atas...trimakasih untuk pengetahuan yang amat berharga ini...salam hangat dan hormat :)

    zachflazz said...

    keponakan saya tuh yang kalo makan selalu dimuntahin kembali. OK lahh, saya ijin ini saya print buat dibaca adik saya ya mas, terima kasihh

    Lidya - Mama Cal-Vin said...

    kalau aku picky :)

    Oyo Sukarya said...

    aneh-aneh pola makan ya Mas,,,baru tahu saya mah

    Ehwansah Jailani said...

    ane sih gak pernah terganggung pola makan ane sob..
    ya kalau waktunya pagi,siang, dan malam ya saya makan sob..

    tapi tengah malam terkadang saya sering makan, karena kecapean ngeblog mulu....

    wongcrewchild said...

    Ada istilah kerennya juga ya... :)

    Mas Nady said...

    wah istilah istilah di atas semuanya saya baru denger mas hehehe katrok banget nih saya... terimakasih mas.. ilmu pengetahuan baru nih buat saya....?

    Ficri Pebriyana said...

    istilah-istilah diatas baru saya dengar, tetapi pengertiannya hampir sebagian saya tau.
    terimakasih infonya mas, sangat bermanfaat... :)

    Dwi Puspita Nurmalinda said...

    oh,,gitu ya,,dan baru paham saya dengan istilahnya :)

    Ririn said...

    gangguan pola makan memang ada banyak ya mas, jadi harus bisa menyikapinya dengan baik ;)
    semoga kita sehat selalu ya ;)

    Prisma Try Laksana said...

    Yang unik adalah binge eating, hehe

    shock yss vario techno 125 said...

    aneh-aneh pola makan ya Mas,,,baru tahu saya mah

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger