6 Alasan Mengapa Harus Berhenti Merokok

Posted on
  • Tuesday, April 29, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Kecuali bagi pengusaha dan para karyawannya tak ada yang menguntungkan dengan rokok. Merokok jelas-jelas sangat berpengaruh terhadap kesehatan, baik kesehatan diri atau lingkungan. Namun meski sudah mengetahui dampak buruknya para penikmat rokok seakan tak perduli, dan tak bisa hidup seharipun tanpa menghisap rokok. Berikut adalah alasan-alasan mengapa kita harus berhenti merokok: 

    Nikotin dan heroin sama adiktifnya. Jika seorang pecandu rokok merasakan kesulitan saat ingin berhenti merokok, hal itu bukanlah suatu yang mengherankan. Sebab sekitar 80% sampai 90% dari perokok mengalami ketagihan nikotin yang terkandung dalam rokok. Tubuh perokok akan terbiasa dan dari waktu ke waktu, mereka akan mengalami suatu ketergantungan hal yang sama yang terjadi pada orang yang mengalami kecanduan heroin. 

    Rokok menthol lebih aman? Ternyata tidak, sebab rokok mentol menyebabkan kanker, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Kebanyakan rokok di AS memiliki beberapa kandungan mentol di dalamnya, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa rokok yang mengandung menthol malah lebih adiktif. 

    Inilah yang terjadi ketika berhenti merokok. Ketika Anda berhenti merokok, hal-hal baik terjadi dengan cepat. Dua minggu sampai tiga bulan setelah terakhir mematikan rokok, risiko serangan jantung mulai turun dan paru-paru Anda akan bekerja lebih baik. Sepuluh tahun setelah itu, risiko kematian dari kanker paru-paru turun menjadi sekitar setengah dari perokok. Pada 15 tahun setelahnya, risiko stroke dan penyakit jantung adalah sama seperti orang yang bukan perokok lain. 

    Kebanyakan perokok ingin berhenti. Kebanyakan perokok mencoba untuk mengentikan kebiasaan mereka tapi gagal. Hal ini karena mereka sudah kadung kecanduan nikotin yang terkandung di dalam rokok. Hal baik yang dilakukan adalah berkonsultasi dengan dengan dokter tentang upaya untuk berhenti merokok, dan meminta dukungan dari teman-teman, keluarga, dan rekan kerja. 

    Anak-anak yang orang tuanya merokok beresiko berbagai penyakit. Anak-pada lingkungan perokok beresiko untuk mengalami gangguan kesehatan, mulai saluran pernafasan, jantung hingga infeksi telinga. Tidak ada level yang aman dari asap rokok. Asap rokok akan berada di udara selama beberapa jam, dan selama itu pula udara menjadi tidak sehat. Asap rokok sangat berbahaya bagi anak-anak. Anak-anak yang orang tuanya merokok di sekitar mereka juga lebih mungkin untuk mendapatkan bronkitis dan pneumonia. 

    Merokok dapat meningkatkan resiko penuaan. Orang dapat mengatakan bahwa seseorang merokok hanya dengan melihat wajah. Karena rokok dapat membuat kulit menjadi kering, menjadi kurang elastis, dan membuatnya terlihat kusam dan abu-abu. Keriput dapat muncul di sekitar mulut dan mata di awal 30-an dan membuat seseorang terlihat lebih tua. (ref: webmd/ill: thehypnocoach.org).

    46 comments:

    HAM DAN said...

    ambil pertamanya nih mas :D

    tpi saya susah berhenti merokok ini

    Beby Rischka said...

    Hai, Bang Joe.. Lama ngga posting nih? :)
    Iyak, setuju banget kalo ngerokok itu malah lebih banyak negatifnya. *pengalaman*

    Joe Ismail said...

    Iya nih soalnya speedy baru saja eror sehingga harus absen

    Marnes Kliker said...

    Harus punya niatan yang sungguh-sungguh pastinya kalo pengen bisa berhenti merokok, walaupun dah banyak penjelasan tentang bahayanya merokok tapi kalo gak diniatkan dari hati untuk berhenti merokok jujur susah banget, ampe detik nie saya masih belum bisa berhenti merokok mas. Cuma ketika lagi banyak kesibukan biasanya rada berkurang tuh merokoknya, mungkin bisa juga jadi alternatif dengan menyibukkan diri :)

    paridah said...

    salam..kembali dgn artikel yg sangat menarik...

    Jagad Kawula said...

    jujur...saya sedang berusaha untuk memulai rokok, tapi ndak bisa2 ...pusing kalau ngrokok

    Yobert Parai said...

    Benar Mas, merokok memang gk ada baiknya, makasih nih infonya :)

    ferdon naibaho said...

    salah satunya saya ini mas, sudah lama sekali ingin berhenti merokok tetapi sampai sekarang belum terlaksanakan. thanks mas pencerahannya semoga secepatnya saya bisa menghentikannya :)

    Agus Setya said...

    bapak saya perokok berat, kakak dan adik saya perokok berat, saya sendiri yang tidak merokok.
    hehehe

    Elsawati Dewi said...

    alasan saya menghindari rokok karena berdampak buruk ke kulit, soalnya perokok aktif terlihat 3 tahun lebih tua dari umur yang sebenarnya

    Muroi El-Barezy said...

    merokok dapat membunuhmu, kayanya cuma slogan saja ya sob....

    wongcrewchild said...

    gampang berhenti merokok, tinggal kemauan

    made gelgel said...

    sepertinya tidak ada satu pun kelebihan yang ada pada rokok ya, kecuali berdampak pada memberikan lapangan kerja, sungguh dilema sekali, btw saya juga gak merokok hehe

    salam kenal :)

    bimbingan belajar said...

    makasih infonya , memang merokok tidak baik buat kesehatan

    Budi Smart said...

    saya berhenti merokok kalau lagi gak ada yang dibuat beli rokok mas, tapi kalau udah ada ya balik merokok lagi. hehee

    Pri Enamsatutujuh said...

    Ada lagi rokok herbal, pigimane tuh? ???

    Gadingspe said...

    Walau sudahu akan resiko tapi kenapa si perokok masih aja gak mau berenti.. Karena belum terkena batunya kali ya.

    Ahmad Fathoni said...

    Bagi yang belum merokok jangan coba-coba ya? alhamdulilah saya bukan seorang perokok jangan sampai deh

    Della said...

    Suamiku juga bilang berasa lebih sehat setelah berhenti merokok :)

    Imam Fahruddin said...

    rokok akan membunuhmu...perokok adalah orang yang paling egois

    Bintang Baru said...

    sejauh ini sangat ingin berhenti merokok... terlebih memang sangat merugikan dari segala aspek... masih dalam upaya.... semoga berhasil :)

    Cilembu thea said...

    saya kurang setuju dengan poin yang terakhir, buktinya saya perokok tetep terlihat muda selalu deh....;o)

    Indra Kusuma Sejati said...

    Meroko memang merusak kesehatan, jadi bagi yang mau serius berhenti bisa mencoba untuk berhenti meroko ya Kang.

    Salam

    Irfan Student said...

    Ngeroko juga bikin gigi jadi kuning

    ketty husnia said...

    dan merokok merugikan lingkungan sekitarnya mas..lebih parah lo :)

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    untung saya gak rokok mas

    Ficri Pebriyana said...

    Kunjungan pertama nih...
    Alhamdullilah saya bukan perokok mas... :D

    follow back ya...

    Aditya-Web.com said...

    Saya pribadi alhamdulillah sampai usia menginjak kepala dua sama sekali belum pernah memasuki dunia rokok. Alias belum pernah menghisap dan mengetahui bagaiamana rasa dari suatu rokok. Dan semoga ulasan diatas mampu membuat para perokok, setidaknya sedikit demi sedikit menghilangkan kebiasan merokoknya, nice . .

    Wisata Murah said...

    ngeri juga dampak rokok bagi perokok pasif. pantesan sekarang ditempat tempat dilarang merokok

    Mas Nady said...

    tapi sampai saat ini saya belum bisa berhenti loh.. terus gimana ya.? memang untuk berhenti merokok harus ada tekat yang kuat yang bener bener dari hati hehehehe

    oyo sukarya said...

    waduh belum bisa berhenti nih..semoga cepat bisa berhenti

    Bahtiq rozikin said...

    Ane dulu perokok,tapi karena lingkungan ane yang sekarang,ane jadi berhenti merokok,syukur allhamdulillah :D

    Anthonie E. Pratama said...

    wah untung saya nggak ngerokok ternyata bikin ketagihan juga yah mas, makasih info kesehatannya :)

    cecep yudi arifin said...

    dalam asap satu batang rokok, mengandung sekitar 4000 senyawa/zat beracun..

    denhanif said...

    Mas beranda mantap artikelnya, tp maap ya buat semuanya saja. Merokok sudah menjadi candu yg mendarah daging. sangat sulit untuk berhenti sejena.

    Munawir Alfikri said...

    Untuk saya gak perokok hehe

    belajar online said...

    merokok itu rugi. merusak organ dalam dan merusak kantong hehe.. kata peroko si nikmat tetapi tanpa disadari roko telah membuat kalian rugi

    Ririn said...

    merokok memang kurang bagus ya mas untuk kesehatan, dampak negatif nya banyak sekali,jadi buat para perokok, sebaiknya pada tobat deh ;)

    comtel cell said...

    banyak alasan untu berhenti mrokok, tp tetep aja susah bos, saya juga pengin banget berhenti, tp susah banget bos, hm... sedot dulu ah...

    Dikirain said...

    mntap artikelnya ..
    trima kasih sudah berbagi..
    kunjungan baliknya
    http://dikirain.blogspot.com

    Prisma Try Laksana said...

    Orang tua dan kakak saya sangat sering merokok :(

    Riana said...

    kalau mau berhenti merokok, bulatkan niat dulu, kalau setengah-setengah saya yakin percuma.

    Basri Abdullah said...

    Merokok..NO, Sehat Yess !

    ROSIHAN ANWAR said...

    wah mantep nih gan artikelnya semoga yang baca bagi yng perokok cepat berhenti
    http://www.cari-alamat.com/

    berita motogp said...

    WAH, SYA SULIT SEKALI BERJENTI MEROKOK GAN

    Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota said...

    10 tahun yang lalu saya termasuk perokok berat, bisa menghabiskan 3 bungkus rokok sehari semalam, namun sekarang sudah berhenti, rahasianya apa? NIAT, ya itulah rahasianya sehingga saya berhenti merokok, dan Alhamdulillah sejak saya niatkan untuk berhenti merokok 10 tahun lalu tepatnya bulan oktober 2008, sampai hari ini saya belum pernah mencoba mengisap rokok meski 1 batang. Saat ini saya merasa lebih sehat, berat badan sudah naik 15 kg dan saya merasa hidup saya lebih sehat berkualitas. terima kasih

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger