Bagaimana Penghapus Pensil Bekerja?

Posted on
  • Tuesday, April 8, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Anda mungkin tidak berpikir bahwa saat ini pensil dan penghapus masih banyak digunakan di dunia meski disebut-sebut kita memasuki era digital dan mobile. Bahkan di negara maju seperti Amerika saja masih menggunakan lebih dari 2 miliar pensil setiap tahun.


    Pensil telah dibuat oleh Nicolas - Jacques Conté yang menemukannya pada tahun 1795 dengan cara mencampur bubuk grafit dengan tanah liat, kemudian membentuk campuran itu menjadi batang-batang, lalu membakarnya. Dengan suatu  perbandingan grafit terhadap tanah liat, ia membuat isi pensil dan menghasilkan gradasi berbagai warna hitam.


    Setelah pensil ditemukan orang mulai berpikir untuk membuat penghapusnya untuk berjaga-jaga jika tulisan itu salah. Dan percaya atau tidak, salah satu dari penghapus yang pertama digunakan adalah roti basah .

    Ketika kita menulis, partikel grafit dari pensil Anda berbaur dengan dan melekat pada partikel dalam serat kertas. Ketika penghapus menggosok-gosok kertas, serat-serat kertas bergesakan dengan penghapus sehingga menjadi serpihan-serpihan. Serpihan-serpihan tersebut selanjutnya menggulung partikel-partikel hitam yang terkumpul menjadi remah-remah kotor yang kemudian kita bersihkan dengan tangan atau dengan cara ditiup. 


    Penghapus menghilangkan tulisan pensil dengan cara mengangkat grafit dari kertas yang sudah kita tulis itu. Saat ini penghapus modern hampir selalu dibuat dari senyawa karet sintetis berbasis minyak bumi, biasanya polyvinyl chloride (mereka tidak lagi terbuat dari karet lateks alam , yang merupakan alergen bagi sebagian orang) . Karena partikel dalam polimer yang membentuk penghapus yang lengket dari kertas , partikel-partikel grafit terjebak dalam penghapus. Beberapa penghapus yang lengket akan menyerap partikel grafit lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih bersih. (ref: How Stuff Works/ill: wonderopolis.org)


    61 comments:

    Hayardin Putra said...

    selamat pagi Sob, hm saya baru tahu ternyata cara kerja penghapus pensil seperti itu, selama ini saya hanya sering menggunakan ke dua alat itu tapi tidak paham cara kerjanya...

    nunu said...

    Sejak TK pakai baru kali ini tau hehhhe

    paridah said...

    tq informasinya baru tahu nih..

    Catatan Harian Irfan said...

    Jadi tahu deh siapa pembuat penghapus dan pensilnya,,,, dulu berpikirnya tinggal pake pake saja

    irvan robiansyah said...

    begitu toh cara kerjanya, baru tahu saya gan.. hehe
    nice share :D

    Dwi Alfina said...

    makasih sob informasinya :)

    Munawir Alfikri said...

    bentuk nya kecil , tapi bisa menghapus ya mas hehe
    hebaat beneerr :D

    Saud Karrysta said...

    Pengetahuan yang sepele namun sangat bermanfaat yah Mas Joe
    Makasih atas info yang membantu ini tentang pensil. salam sukses

    comtel cell said...

    wow... ga terpikir sama sekali tentang cara kerja penghapus pensil, otak si bos emang cemerlang, apapun bisa dijadikan artikel, saya coba request artikel tentang upil bos, di tunggu, hehehe...

    Harum MF said...

    nggk pernah kepikiran sblmnya.. pengetahuan yg bermanfaat,meski sederhana :)

    Ahmad Fathoni said...

    makasih infonya mas, di tunggu postingan selanjutnya

    iGaligo said...

    wah wah saya sudah pensiun jadi mahasiswa baru tahu nih cara kerja penghapus itu

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    pensil dan penghapus sangat berguna sekali ya mas.. saya sekolah juga tidak ketinggalan kalau namanya pensil dan penghapus

    SmuaInfo said...

    tapi kayaknya udah jarang dipake penghapus bawaan dari pensil ini Mas :)

    Rocky Paparang said...

    baru tau cara kerjanya ternyata cukup silmple, nice artikel agan

    Beby Rischka said...

    Aku rasa sih masih banyak yang pake pensil Bang, soalnya TK-SD masih pake pensil kan buat nulis.. :)

    Oh jadi dulu awalnya pake roti basah ya buat ngapus pensil? Sayang juga ya, mending dimakan rotinya. Heheh..

    blogditter.com said...

    Oow... gitu toh.... Saya sekarang udah jarang banget make pensil. Kalau pulpen sih masih sering, hehe....

    Mawan Cradlez said...

    memang tidak jauh antara pensil dan penghapus apalagi disaat sedang melakukang Ujian Nasional :D

    Khai♥Rin : anies said...

    ye ke? sy br tahu ;-)

    Muhammad Luthfi said...

    Jadi keinget masa SD dan TK mas :'(

    Bahtiq rozikin said...

    Wah baru tahu tentang sejarah pensil,ternyata banyak manfaatnya juga,sayangnya saat beranjak dewasa kita agak melupakan pensil ya..

    Muhammad Lutfi Hakim said...

    Jadi, sebelum ditemukannya penghapus, pakai roti basah ya? kalau rotinya basi gimana? :)

    Dedaunan Hijau said...

    baru tahu saya ternyata cerita awalnya seperti itu
    awalnya pakai roti malahan ya hehe
    dari karet ya yang sekarang

    Mas Nady said...

    Wah pake roti basah. Apa nggak malah merusak kertasnya ya mas kalau rotinya basah, baru tau saya mas. Kalau saya sih kalau nggak ada penghapus saya pake karet gelang mas. Hehehehe

    Elsawati Dewi said...

    menarik sekali ya mas pembahasannya, pantas saja kalau kita menghapus terlalu sering permukaan kertas jadi semakin tipis

    Alan Tirta said...

    sama seperti daki berarti ya mas :D menggulung2 klo di gosok

    Dhicomp said...

    Mantap ulasannya Kang, kelihatan sepele tapi penting untuk ilmu pengetahuan. Nice share

    Cupit said...

    waah..
    begitu toh, cara kerjanyaa.. :D
    tapi di Indonesia kayaknya uda jarang yang pakai pensil ya, kakak? :D

    Nehand Bjn said...

    Baru tau sya sob cara kerja penghapus pensil,thanks sob sharing nya.

    duniaely said...

    jd inget masa sekolah

    Heri Assidiqi said...

    Ternyata cara kerjanya seperti itu ya sob... baru tau saya. dulu waktu jaman masih SD kalo ngak punya penghapus biasanya pake karet gelang he,,,

    Indra Kusuma Sejati said...

    Jadi ingat waktu SD Sob, biasa pakai pensil seperti ini. Namun, baru sekarang saya tahu cara kerjanya. he,,he,, he,,,

    Salam

    Ranii Saputra said...

    saya juga masih suka pakai penghapus :)

    ternyata bahannya macem2 ya :D

    Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

    Makasih informasinya sehingga saya mengetahui kebenaran tentang penghapus dan pensil hehe

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    ternyata luar biasa banget ya mas penghapus pensil tersebut. baru tahu saya ;)

    Gulunganpita said...

    info menarik. Saya termasuk pengguna setia pensil sampai saat ini :)

    Virlyz Nyzam said...

    Jadi tau nih mas...ternyata gitu ya sejarahnya

    bhasyr said...

    Pake karet gelang bisa.. Dan oke.

    Mohammad Robih said...

    Menamah wawasan..

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kalau saya sih asal hapus saja mas hehehe :D soalnya ngga paham sama penghapus pensil ;)

    PRofijo said...

    Dulu, saat SD, karena penghapus harus beli dan sering hilang karena terpisah dari pensil untuk mensiasatinya pake karet gelang yang dipasang dipangkal pensil. Murah meriah dan gak gampang ilang :)

    Madu Asli said...

    Makasih gan. setidaknya dengan artikel ini bisa lebih tau cara kerja penghapus pensil

    Haris Luqman Hakim said...

    selama ini cuma tahunya make aja, gak paham bahan apa saja yang di dalam penghapus.
    sekarang aja penghapus udah macem-macem bentuknya, mungkin untuk menarik konsumen juga.

    Devy Indriyani said...

    mantaf sob infonya, walau sekarang zaman tecnology digital yang bisa dikatakan dapat menciptakan yang tidak mungkin,namun keberadaan pensil ini cukup banyak manfaatnya, sehingga kegunaan pensil ini akan selalu hidup sampai kapanpun,

    sungguh luarrrrrrr...biasa

    FEBRI GAMESOFT - www.mas-feb.com said...

    Kunjungan lagi mas

    Mawan Cradlez said...

    pensil itu jadi inget dulu :D

    Ila Rizky said...

    jadi sebenernya kalo kita menghapus tulisan, kertasnya jadi makin tipis karena ada yang terangkat partikelnya ya? kalo aku sendiri sekarang udah ga pernah pakai pensil lagi hehe

    Faisal Fachrureza said...

    Dari dulu taunya make aja, heheeh. Baru sekarang tau cara kerja penghapus pensil sebenarnya :D

    denhanif said...

    waduh, ternyata Roti basah bisa juga ya buat menghapus, ane baru tahu gan..:D

    Dede Thea said...

    Saya baru tahu kalau penemu pinsil itu Nicolas - Jacques pada tahun 1795 .saya rasa yang namanya pinsil sampai kapanpun tetap dibutuhkan Terimakasih Gan atas ifonya.

    san sinichi said...

    makin berkembang penghapus yang dibuat,..
    padahal,, zaman zaman nya saya sekolah sd dulu,, penghapusnya itu paling pake karet yang diiket di pangkal pensil,.. trus,kalau ada yg salah,ntar tinggel gesekin karetnya,..
    walaupun hasil hapusannya gak bagus,dan hitam,.. tapi lumayan lah,..
    hehe,...

    Jagad Kawula said...

    alhamdulillah jadi tahu mengenai sejarah pensil...trimakasih artikelnya :)

    AuL Howler said...

    Baru tau kalo penghapus pernah dari roti basah
    hahaha

    Blogs Of Hariyanto said...

    ternyata yg diserang oleh penghapus itu partikel grafit nya ya, btw-saya baru tahu kalo dulu roti dijadikan penghapus......,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    Mang Lembu said...

    baru tau dari sini kalau ternyata penghapus yang pertama adalah roti basah.
    pengetahuannya jauh dan banyak banget sih kan...
    keren deh ih

    @tukangcolong said...

    perhatian pada sesuatu yang kecil.. good.

    Sunandar said...

    baru tahu nih gan :) terima kasih buat infonya :)

    Kisah Foto said...

    baru tau gan infonya, hehehe :D

    kangdansen said...

    Jarang sekali Kang kita mengetahui cara kerja dari penghapus pensil ini selama ini kita hanya menggunakan tapi kurang tahu cara proses sampai bisa menghapus tulisan pensil dibuku atau kertas kita

    Dwi Puspita Nurmalinda said...

    wah,,pake roti basah ya,,eman sekali mendingan rotinya di makan saja :)

    belajar online said...

    ouh begitu cara kerjanya , menarik juga bacanya .

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger