Mengenang Nokia Waltz, Ringtone Paling Populer di Dunia

Posted on
  • Monday, April 7, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Bagi anda penggemar ponsel Nokia, jika saya menyebut ringtone ‘Nokia Waltz’, mungkin hanya sedikit yang tahu, tapi jika Anda mendengarkan langsung pasti akan kenal ringtone tersebut. Sebab ringtone itu begitu popular dan menjadi trade mark bagi produsen ponsel Nokia. Apalagi jaman dulu saat belum ada smartphone, Nokia begitu merajai dunia ponsel.

    Tahun ini menandai ulang tahun ke-20 'Nokia Waltz' yang merupakan ringtone paling terkenal dunia. Meski sekarang sudah jarang dipakai oleh para pemilik ponsel, namun pada puncak kepopulerannya, Nokia Waltz konon diperdengarkan dua miliar kali sehari atau sekitar 20.000 kali per detik.

    Lagu ini merupakan penggalan dari komposisi karya Francesco Tarrega, seorang gitaris Spanyol (21 November 1852 – 15 December 1909), dengan judul asli Gran Vals (Great Valse). Tahun 1993, Wakil Presiden Eksekutif Nokia, Anssi Vanjoki, memperkenalkan kompisisi tersebut kepada Lauri Kivinen yang merupakan karyawan di Nokia. Mereka berdua yang kemudian memilih-milih potongan bagian yang akan digunakan sebagai ringtone untuk Nokia.

    Pada tahun 1994, yaitu 2 tahun setelah Nokia Telecommunication Oy berdiri, meluncurlah penggalan dari komposisi yang kemudian kita kenal sebagai Nokia Waltz. Ringtone yang juga disebut sebagai Nokia Tune diluncurkan pada produk Nokia 2110.

    Bila masih penasaran, inilah ringtone yang legendaries itu:

    Sejak saat itulah, selama hampir 20 tahun berturut-turut , melodi ini telah menjadi 'default ' ringtone pada setiap ponsel Nokia. Hal ini telah menjadikan Nokia Waltz menjadi salah satu merek dagang musik paling terkenal di dunia dan pada saat-saat kejayannya diperkirakan kita semua mendengar melodi ini sekitar satu miliar kali sehari. Tapi sekarang seiring dengan surutnya kejayaan Nokia, ringtone itu sudah mulai jarang terdengar. (ref: Telegraph)

    34 comments:

    Fikrismea said...

    Rington ini nih yang paling banyak Didengerin ,, hehe ya gak gan

    Budi Smart said...

    wah saya belum pernah pake nokia, jadi belum tahu ringtone ini. hehe

    zachflazz said...

    wah ntar dulu, saya masih terpukau sama iklan lego di wall blog ini.

    Alan Tirta said...

    mantap nih ringtone gan :D enak di dengar

    Kang Yusup said...

    Ini ringtone yg bunyi waktu hpnya awal dihidupkan ya ?

    Kang Ucup said...

    sampai sekarang saya masih pake :)

    Dhicomp said...

    Sampai sekarang kami masih menggunakan Kang di Nokia

    MaYa KayLa said...

    udah lama g pake nokia,,,
    ternyata lagu legendaris

    Pri Enamsatutujuh said...

    Smp sekarang kl ada bunyi ringtone ini pasti bilangnya "Nokia tuhhh..."

    Purnomo Jr said...

    sy jg dulunya pencinta hp ini :)

    nunu said...

    Hihi iya tahu suaranya tapi enggak tahu namanya wkwkkwwk nostalgilaaa

    Della said...

    Aku gk perlu ngeklik yutupnya, begitu dibilang nokia waltz, langsung tau ringtone mana yang dimaksud :D

    irvan robiansyah said...

    jadi kagnen nih saat-saat pakai hp nokia dulu, masih kecil banget :))

    wongcrewchild said...

    Nostalgia...

    Alldent Darzunt said...

    sampai sekarang saya masih pake NOKIA :D

    Rocky Paparang said...

    jadi ingat masa lalu nih, nokia hp pertama gw dan emang nih ringtone udah populer dari dulu. nice info gan

    duniaely said...

    keren ya ringtonenya :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kebetulan saya pakai hape nokia, tapi nggak pakai ringtone itu soalnya sudah bosen hehe :D

    Mas Nady said...

    Sekarang saya pake hp nokia dan pake ringtone ini juga mas hehehe

    Ahmad Fathoni said...

    keinget masa lalu, ringtone yang bersejarah

    Agus kompac said...

    Baru tau saya sob. Sekalian Ringtone d hp ku mau ganti sama Waltz.trims

    Beby Rischka said...

    Kangeeen kali sama nada dering iniiii :D
    Ngga nyangka umurnya uda 20 tahun, Bang. Hahah..

    Anthonie E. Pratama said...

    saya baru tahu versi fullnya mas, saya dulu juga suka menggunakan ringtone waltz nokia ini :)

    Saud Karrysta said...

    Sangat Khas denger Ring tone itu Mas Joe
    Dan saya sang terpaforit sekali sampe sekarang saya
    Masih pakai lho. makasih yah Mas atas infonya :)

    Aldino Akmel said...

    ringtone nokia dulu :D nostalgia nih..

    Ione Nasition said...

    wow, baru tahu kalau ini karya Francesco Tarrega

    Pakde Cholik said...

    Saya dulu gonta-ganti ringtone, sekarang malah lebih banyak pada posisi silent karena banyak SMS masuk
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    Herdoni Wahyono said...

    Saya mulai memakai ponsel merek Nokia sekitar tahun 2004. Merek ini memang begitu terkenal dan mendunia pada saat itu. Nada ringtonenya begitu khas dimana nada ketika saya menerima SMS masih saya ingat sampai sekarang. Kenangan yang tak terlupakan tetap terekam di alam bawah sadar kita. Begitu pula dengan Nokia Waltz ringtone paling populer di dunia. Namun tampaknya 'hukum alam' tetap berlaku dimana semua 'produk' yang dihasilkan manusia pasti akan mengalami yang namanya 'lahir-hidup-mati'. Ada masa kejayaannya namun kemudian berangsur-angsur redup dan akhirnya 'mati'. Dunia begitu dinamis, berkembang, dan terus maju. Produk-produk baru dan inovatif terus bermunculan di dunia ini. Terima kasih Nokia.

    Salam cemerlang!

    Mas Onqi said...

    Memang ringtone ini sangat populer ya gan

    Khai♥Rin : anies said...

    first time sy dgr ringtone adalah lagu melly goeslow - jika

    Ope said...

    lama gak pake nokia, lama juga gak denger ringtone ini

    Dzaky Farras N said...

    Namanya nokia walts toh, ane udah sering banget denger nih ringtone tapi tetap aja gak tahu namanya. Sampai sekarang juga kadang masih ane dengerin.

    Kisah Foto said...

    Sayang, sekarang Nokia udah ganti nama setelah dibeli Microsoft :)

    voucher online said...

    udah lama gga pake hp nokia ,,

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger