Tips Menabung dan Mengelola Keuangan

Posted on
  • Saturday, April 5, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Kebanyakan orang mengidentikkan kekayaan dengan kepemilikan rumah atau mobil mewah. Dan menjadi kaya adalah impian semua orang tanpa terkecuali, tapi sayangnya tidak semua orang beruntung bisa menjadi kaya. Menabung barangkali tidak akan serta merta membuat kita menjadi kaya, tapi setidaknya dengan menabung dan pengelolaan keuangan yang baik tidak akan membuat hidup kita bangkrut. Berikut adalah tips untuk menabung dan mengelola keuangan yang baik:

    1.       Menekan pengeluaran. Jika Anda memiliki kebiasaan untuk menghabiskan uang bulanan di luar kemampuan, maka Anda tidak sendirian. Menurut survei dari sekitar 52% dari orang doyan belanja, kebanyakan menggunakan uang dari tabungan untuk menutupi pengeluaran dan sebanyak 22% bergantung pada kartu kredit. Menghabiskan semua uang bulanan bukanlah merupakan cara untuk menjadi kaya. Mulailah dengan menghitung kembali pengeluaran di setiap bulan, dan cek di pos-pos mana kita dapat berhemat dan mulai membuat anggaran bulanan yang memungkinkan untuk membayar tagihan dan berinvestasi dalam rekening pensiun atau dana darurat.

    2.       Tidak mempunyai tabungan. Menurut survey persentase jumlah rata-rata tabungan pribadi  di Amerika Serikat adalah 4,9% dari pendapatan, suatu jumlah yang sangat sedikit. Padahal menabung harus menjadi prioritas jika Anda ingin mengumpulkan kekayaan. Menambung bias dimulai dengan membuat  dana darurat. Setelah dana darurat kita dapat mengarahkan sejumlah kecil untuk tujuan lain seperti membeli rumah atau membayar untuk kuliah.

    3.       Jangan terlalu banyak hutang. Hutang ada kalanya diperlukan demi untuk kesuksesan finansial, seperti membeli real estate atau memulai suatu usaha. Namun harus diingat skema pembayaran jangan sampai memberatkan dan juga peruntukan hutang itu jangan sampai untuk tujuan konsumtif.  Baca: Syarat-syarat jika ingin berhutang.

    4.       Membuat rencana keuangan. Tanpa rencana yang jelas dan pasti, maka keinginan menjadi kaya akan tampak seperti sebuah mimpi saja. Tanpa rencana keuangan adalah salah satu penyebab kita overspending dan tidak bias menabung. Seperti kata pepatah seseorang yang gagal untuk membuat rencana sesungguhnya dia sedang merencanakan kegagalan. Menyusun rencana keuangan mungkin adalah suatu pekerjaan sulit dan tampak membosankan, tetapi itu adalah suatu keharusan jika kita ingin kaya.

    5.       Harus punya dana darurat. Para ahli mengatakan bahwa kita memerlukan setidaknya enam bulan dari penghasilan untuk disimpan dalam keadaan darurat. Dalam hidup setidaknya kita memiliki beberapa jenis jaring pengaman untuk mengatisipasi keadaan darurat.

    6.       Jangan terlambat memulai. Sama seperti memulai suatu latihan rutin, bagian yang paling sulit untuk menabung adalah memulai. Bahkan jika kita memiliki utang, penghasilan kecil, atau sedang banyak biaya, kita tetap harus menabung meski hanya sedikit.

    7.       Berhentilah mengeluh. Bagaimana sulitnya hidup, jangan pernah mengeluh. Hidup tidak akan berubah dengan mengeluh dan banyak alasan. Sebaliknya justru kita harus merubah kebiasaan non-produktif dan berkonsentrasi pada bagaimana mengubah dan kemudian melakukannya!

    8.       Berpikir tentang hari esok. Barangkali memang tidak menyenangkan berpikir tentang pensiun dan segala macamnya. Meskipun demikian, pada akhirnya itu harus dilakukan. Masalahnya adalah bahwa godaan untuk berbelanja selalu menghantui. Maka sebaiknya singkirkan pikiran: belanja sekarang dan pikir saja nanti tapi mulailah dengan pola pikir: menabung sekarang dan kaya kemudian.  (ref: livespan/ill: oivietnam).

    40 comments:

    Ione Nasition said...

    sampai sekarang belum punya dana darurat, yang paling susah dilaksanakan adalah menekan pengeluaran

    Blogs Of Hariyanto said...

    terlalu banyak hutang, itu yang membuat kita kadang kerepotan mengatur keuangan kita..apalagi kalau tidak punya tabungan.......Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    nunu said...

    Iya kalau nabung selalu kepakai terus kak joe

    nunu said...

    Iya kalau nabung selalu kepakai terus kak joe

    irvan robiansyah said...

    bagus gan tips nya, bisa saya terapin nih :D

    Syaifurrahman said...

    Wah perlu banget ni mas tipsnya, semoga entar bisa nabung juga mas.

    Index Apk said...

    ane malah gk pernah nambung mas...hehe

    Index Apk said...

    blogwalking pagi menjelang siang mas

    Abu Sayfana said...

    Sangat setuju dengan point 7, mengeluh bukan solusi, good post :)

    Alldent Darzunt said...

    wih makasih mas tipsnya.. hehe, saya orang nya ya termasuk boros.. munkin dengan tips ini saya bisa jadi tidak boros lagi :)

    Ahmad Fathoni said...

    terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat nih untuk kedepanya

    Siti Hartoyo said...

    mantap,, lanjutkan sharingnya ya

    Aninda said...

    terima kasih banyak tips nya. sangat bermanfaat

    SmuaInfo said...

    Kalau pengeluaran sedikit lebih gampang bisa cepat nabing, tapi kalau pengeluaran banyak ya ngutang sob :D

    Indra Sukmawan said...

    kalau menabung saya sudah di ajarkan oleh orang tua saya sejak kecil, jadi untuk hidup hemat atau menyisihkan sedikit uang yang dikasih orang tua untuk ditabung itu sudah jadi kebiasaan saya :)

    Cilembu thea said...

    wah..ngga semudah yang dibayangkan ternyata mengelola keuangan ya...apalagi buat saya yang kembang kempis, hutang menumpuk, debkolektor maen kerumah udah kaya dirumahnya sendiri....gimana coba?

    Andrekocak Blog said...

    Mantap gan :D !
    Postingan Berguna Bngt

    Kumpulan Cerita Dewasa Terbaru

    comtel cell said...

    yia bos, berpikir hari esok atau masa depan memang sangat baik dalam mengelola keuangan, tapi bukan berarti kita harus pelit yia bos, hehehe...

    dafhy said...

    Saran nomor tujuh nih yang ngena banget. Banyak dari kita yang mudah mengeluh. Padahal kalau hanya mengeluh apa iya nasib bisa berubah? :-)

    blogditter.com said...

    Saya skrg lagi nabung, meskipun susah payah. Ngumpulin uang utk dana darurat, paling tidak sampai 6 bulan dari penghasilan, hehe....

    Dhicomp said...

    Suka dengan point 7 kang. Terimakasih atas tips ini teman

    Heri Assidiqi said...

    Kadang lebih besar pasak dari pada tiang, bukan karena salah mengelola tapi karena pendapatan yang sangat minim :)

    Beby Rischka said...

    Aku nabung justru buat beli sesuatu Bang, ngga kepikiran buat dana darurat.. :(

    Zakaria A . T yuwono said...

    kalo ane.. suka yang no 5 gan :)
    dana darurat wajib bgt :D

    Oyo Sukarya said...

    ternyata kita sebaiknya punya dana darurat ya Mas, kalau terjadi musibah tak terduga tdk pontang panting nyari pinjaman, sip mas artikelnya

    Richoku said...

    Tiap hari saya usahakan nyisihkan untuk ditabung dicelengan, tapi gak bisa langsung dipakai untuk dana darurat. harus bongkar celelngan, sayang, hihihi. tapi memang perlu, untuk jaga-jaga.

    Blogs Of Hariyanto said...

    berpkir tentang hari esok..itu sanga penting karena berarti berpikir tentang masa depan....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    M. Fathur Rosiy said...

    Hi,
    Mau CD Original One Direction? Atau pulsa cuma-cuma? Yuk ikuti giveaway perdana saya di http://gebrokenruit.blogspot.com/2014/04/giveaway-take-me-home.html
    Ajak teman-temanmu sebanyaknya dan menangkan hadiahnya! Jangan sampai kelewatan ya.... #GATakeMeHome

    Informasi Perumahan Yogyakarta said...

    HEMAT bikin cepat kaya sob :)

    dadan0793 said...

    wah thx gan shrenya,,,jadi nambah ilmu nih,,,heheheh

    handri setiawan said...

    tips nya sangat bermanfaat mas,sekalian silahturahmi lama tidak berkunjung

    kiki said...

    mksi ya gan pencerahannya solanya ane akhir2 nih lagi down banget gara2 omzet yg sempat diujung dunia.. yang penting tetap berpikir positiv dan jangan mengeluh ya gan :D

    rachmat said...

    iya sih mas namanya kayak itu takdir, tapi klo orang yang emang kodratnya sederhana dan mengimpikan kaya pasti harus berjuang dan melakukan kiat2 diatas ya :)

    Ninda said...

    cewek susah menekan nafsu belanja hehee

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah ini bagus mas tips nya agar kita bisa hidup hemat ya. ;)

    Dzaky Farras N said...

    Kalau ane sih simpel gan, memperkecil pengeluaran namun memperbesar pemasukan. Jadi semakin hari, tabungan semakin banyak deh.

    try out online said...

    makasih tips nya , kebetulan saya suka boros kalo liat barang yang unik. hehhe

    Putri said...

    kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    adienesia said...

    tips menabung yang baik, memiliki uang. kalau tidak ada uang, tips ini tidak akan berjalan, hehe.
    saya juga suka tentang perencaan keuangan. menghindari sifat manusia yang lebih ke arah menginginkan sesuatu bukan karena kebutuhan.
    salam kenal mas.

    Big Bobo said...

    Saya setuju , apalagi Jaman sekarang kita bisa mendapatkan Banyak Income dengan menabung dan Mengajak Orang lain menabung http://car3inetworks.com/investasi

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger