Rahasia di Balik Sebuah Pelukan

Posted on
  • Friday, April 4, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Sebuah pelukan selain membuat kita merasa dilindungi dan dicintai, gerakan memeluk ini ternyata juga menyimpan keajaiban bagi kita. Jadi apakah itu hanyalah sentuhan yang sederhana, pelukan penuh keakraban atau memeluk mesra, ada banyak alasan mengapa kita harus melakukan tindakan itu, merangkul seseorang. Di bawah ini, adalah enam alasan mengapa kita harus memberikan lebih banyak pelukan dengan orang lain:  

    Membuat perasaan lebih baik. Tindakan sederhana dari sebuah pelukan tidak hanya terasa di tangan kita. Ketika kita merangkul seseorang, hormon oksitosin akan dilepaskan, yang membuat kita merasa hangat. Hormon ini juga telah dikaitkan dengan adanya ikatan sosial. Oksitosin adalah neuropeptida, yang pada dasarnya akan meningkatkan perasaan saling percaya dan menimbulkan adanya ikatan. 

    Menurunkan tekanan darah. Hormon-hormon yang dilepaskan dalam tubuh saat kita pelukan tidak hanya menimbulkan perasaan bahagia tapi juga dapat membantu kesehatan fisik kita. Ketika seseorang menyentuh kita, sensasi pada kulit kan mengaktifkan reseptor yang disebut Pacinian corpuscles, yang kemudian mengirimkan sinyal ke saraf vagus, yaitu area otak yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah. 

    Mengurangi ketakutan. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa berpelukan dan sentuhan secara signifikan mengurangi kecemasan seseorang. Studi juga menemukan bahwa berpelukan, bahkan jika itu hanyalah sebuah benda mati seperti boneka Teddy Bear akan membantu menenangkan seseorang yang sedang ketakutan. Sebuah sentuhan interpersonal adalah suatu mekanisme yang kuat bahwa benda-benda yang mensimulasikan sentuhan oleh orang lain dapat membantu untuk menanamkan dalam diri seseorang akan perasaan eksistensial. 

    Baik untuk kesehatan jantung. Merangkul seseorang dapat menghangatkan hati, tetapi menurut sebuah penelitian berpelukan bisa menjadi obat yang baik untuk jantung juga. Dalam sebuah percobaan di University of North Carolina, Chapel Hill, peserta yang tidak memiliki kontak batin dengan pasangan berpelukan ternyata detak jantungnya meningkat 10 denyut per menit, dibanding dengan mereka yang berpelukan dengan pasangannya masing-masing yang hanya meningkat 5 kali per menit. 

    Penting untuk orang dewasa. Menurut para peneliti di Ohio State University, memeluk dan sentuhan fisik menjadi semakin penting seiring pertambahan usia. Semakin tua kita maka akan semakin rapuh kita secara fisik, sehingga kontak fisik menjadi semakin penting bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa perasaan kesepian terutama pada orang tua juga bisa meningkatkan stres dan memiliki efek terhadap kesehatan. Dengan berpelukan dengan seseorang, kita langsung merasa lebih dekat dengan orang itu dan mengurangi perasaan kesepian. 

    Mengurangi stress. Merasa bete? Peluklah seseorang yang dekat dengan kita. Ketika kita berpelukan, kita akan langsung mengurangi jumlah hormon stres kortisol yang diproduksi dalam tubuh kita. Pelukan membuat tubuh kita melepaskan ketegangan dan membuat perasaan menjadi tenang.(ref: Huffington Post/ill: debhathaway)

    33 comments:

    Ahmad Fathoni said...

    belum pernah di peluk, kecuali pernahnya sih dipeluk sama orang tua

    Ione Nasition said...

    duh, ntar meluk orang langsung kena tabok lagi, hehe... kecuali nanti kalau punya, ehhmmm...Istri, hehe...
    untuk pasien tekanan tinggi cocok nih

    Budi Smart said...

    ternyata pelukan juga baik untuk kesehatan jantung ya, baru tahu nih. terima kasih informasinya..

    rhey bond said...

    saya suka pelukan kek teletubis xiiixi

    Muji Suwarno said...

    Sayang, tak ada pacar yang bisa dipeluk. :'(

    Beranda Kata said...

    Gak harus pacar bro, bisa juga istri orang :-D

    Richoku said...

    Untuk kesehatan ada juga. wah, habis ini saya pelukan ah, tapi sama siapa yak, haha. sama guling saja :D

    wongcrewchild said...

    Ntar pulang mau langsung peluk istri ahhh :)

    Fikri smea said...

    Kalo peluk bantal Gulingg sih saya pernah mas hehehehe

    Syaifurrahman said...

    Sepertinya harus cepet nikah ni, supaya pelukannya halal :)

    Thanjawa Arif said...

    apa nggak ada batasan memeluknya dengan siap dengan anak, istri dst

    Pri Enamsatutujuh said...

    Pantesan anak saya skg kl mau tidur ada ritual utk minta dipeluk dulu... h-hee...

    Beby Rischka said...

    Pantesan kalo lagi sedih trus dipeluk itu rasanya menenangkan ya.. Heheh..

    Siti Hartoyo said...

    mantap,, lanjutkan sharingnya ya

    Dwi Alfina said...

    pelukan baik untuk kesehatan yaa, hemm harus lebih sering pelukan nih :v

    eksak said...

    Berpelukaaaaann ...
    Hehehe

    Elsawati Dewi said...

    pelukan itu menyenangkan, tapi kalau sudah besar agak risih aja kalau dipeluk sama mami papi :D

    Pengobatan hipertiroid said...

    Senang berkunjung ke website anda.

    Terimakasih atas informasinya.

    Di tunggu ya informasi selanjutnya.

    Indra Sukmawan said...

    wow, rupanya berpelukan banyak manfaatnya juga ya, mantap banget..

    Ijin follow blog y mas, jangan lupa follbacknya..

    Alldent Darzunt said...

    ternyata pelukan ada manfaatnya juga :D

    Idah Ceris said...

    Yang punya penyakit darah rendah, sangat tidak disarankan untuk berpelukan. :D

    Alan Tirta said...

    wah banyak manfaatnya ya mas, ayo kita berpelukan :D

    Wisata Murah said...

    pantesan kalau bayi itu menangis dan dipeluk ayah atau ibunya kok diam ya,, ternyata Hormon-hormon yang dilepaskan dalam tubuh saat bayi dipeluk bisa membuat nyaman ya ternyata,, thx infonya

    comtel cell said...

    yang pasti bisa menghangatkan badan yia bos, hehehe.....

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    ternyata pelukan mempunya sebuah makna yang mendalam ya mas, jadi jangan asal meluk ;)

    duniaely said...

    wh .. aku suka banget nih meluk Mama mertua, berkali kali deh kulakuakn tiap hari :)

    irpan sah said...

    wah pengen juga gan dipeluk.. pengalaman dipeluk jadi merinding.. :D

    nunu said...

    Asal bukan pohon yang dipeluk om hihihi

    Muhammad Lutfi Hakim said...

    Sama seperti Mbak Eka. Asal jangan asal meluk aja. :D

    tryout online said...

    pelukan mempunyai manfaat juga yah baru tau saya.
    tapi hati hati awas jangan salah peluk, salah peluk nanti yang ada malah jadi musibah :)

    HAM DAN said...

    satu pelukan yang sangat membahagiakan adalah . ketika kita sedang memeluk seseorang yang kita kasihi yaitu ibu :D

    resep makanan said...

    ouhhh begituu ,

    Prisma Try Laksana said...

    Pastinya pelukan membuat kita nyaman, hehe

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger