Fakta-Fakta Seputar Kafein

Posted on
  • Thursday, February 27, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • fakta kafein
    Kafein ialah senyawa kimia yang secara alami sering dijumpai pada beberapa bahan tanaman seperti biji kopi, teh, biji kelapa, buah kola dan mate. Kafein pertama kali ditemukan oleh seorang kimiawan Jerman, bernama Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819 dengan nama caffeine yang merujuk pada kopi. Berikut adalah fakta-fakta seputar kafein:

    Kafein itu tidak adiktif. Kafein sebenarnya dianggap sebagai bahan yang aman yaitu stimulan yang menggairahkan sel-sel saraf otak. Kita tidak mungkin menjadi kecanduan kafein jika mengkonsumsi pada takaran yang wajar. Tapi pada porsi yang lebih dan dikonsumsi secara secara teratur, kita mungkin merasa seperti tergantung kepadanya. Sehingga jika tanpanya mungkin mendapatkan sakit kepala atau merasa kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, mual, dan nyeri otot.

    Porsi aman setiap harinya. Takaran antara 200 mg dan 300 mg kafein, atau setara jumlah dalam dua sampai tiga cangkir kopi, dianggap sebagai ukuran yang cukup dan umumnya dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa. (Baca juga: Plus minus minum kopi)

    Kafein mengurangi beberapa macam penyakit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pada konsumsi sedang, kafein dapat membantu mengurangi risiko diabetes, batu empedu, penyakit Parkinson, dan penyakit hati. Meskipun demikian, dokter tidak merekomendasikan konsumsi kafein sebagai alat untuk mengurangi risiko penyakit.

    Wanita hamil harus mengurangi kafein. Beberapa penelitian menghubungkan antara asupan kafein tinggi dengan peningkatan risiko keguguran dan penurunan pertumbuhan janin, tetapi hubungan sebab-akibatnya belum diyakini secara pasti. The Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengkonsumsi kurang dari 300 mg per hari bagi wanita hamil.

    Ibu dapat menularkan kafein melalui ASI. Bayi memang bisa mendapatkan dosis kafein dari susu ibu mereka. Namun menurut American Academy of Pediatrics secangkir kopi pagi tidak membahayakan bayi kita namun bila terlalu banyak kafein dapat menyebabkan masalah, seperti gangguan tidur, gugup, lekas marah, dan kurang nafsu makan.

    Pengaruh kafein bertahan hingga 5 jam. Efek kafein bertahan lama setelah Anda menyelesaikan secangkir kopi. Dibutuhkan hingga 5 sampai 6 jam bagi tubuh Anda untuk menghilangkan efek separuh  kafein dalam secangkir kopi, itulah sebabnya mengapa memnum secangkir di sore hari dapat mempengaruhi tidur Anda. Pada orang yang lebih sensitif terhadap kafein, efek dapat berlangsung lebih lama.

    Overdosis kafein bisa mengakibatkan kematian. Kematian akibat overdosis kafein memang jarang terjadi, namun mereka biasanya disebabkan oleh kejang atau detak jantung yang tidak teratur. Jumlah kafein dianggap overdosis bervariasi pada seseorang tergantung pada usia dan jenis kelamin, tetapi secara umum, dosis lebih besar dari 10 gram dapat berakibat fatal pada orang dewasa. Secangkir kopi rata-rata memiliki sekitar 115 mg kafein, sehingga Anda akan perlu untuk minum lebih dari 85 cangkir untuk mengkonsumsi 10 gram. (ref: webmd/ill: inhabitat)

    41 comments:

    Ione Nasition said...

    Wah, dalam takaran pas...berarti kafein bermanfaat juga ya?

    Muya Devoteeshonesty said...

    Ooohh banyak banget ya manfaat dan juga kekurangannya.
    Oohh 2-3 gelas kopi/ hari itu termasuk ukuran yang pas ya??
    Kupikir itu terlalu banyak karena aku bukan peminum kopi.
    Jadi yaa nggak tau
    Terima kasih telah berbagi

    Ilfen-share said...

    ane penggemar kopi gan , minum bisa sampe 3 gelas perhari , mungkin bakal di kurangin ,
    makasih infonya gan

    Ustadz Muhammad Adam Hussein said...

    Betul mas takaran berlebihan atau konsumsi kafein berlebihan pasti berdampak buruk buat kesehatan.

    Sebaiknya sumber asli yang lengkap ma,s ini kan milik orang

    Heri Assidiqi said...

    Betul ngak sich kalo kafein bisa bikin orang gak bisa tidur ?

    Mahrus Net said...

    Nikmat di pagi hari mas :)

    ketty husnia said...

    kupas donk mas, konsumsi kafein terhadap anak..atau konsumsi tanin (teh) pada anak..penting banget tuh..ngalahkan iklan "s...o" :)

    Haris Luqman Hakim said...

    kalau saya lebih suka minum teh, tapi juga gak sampai jadi tiap hari. kalau lagi pengen aja.

    Uchiha Madara said...

    Bagus infonya gan...

    rie said...

    Alhamdulillah, aman..sebagai penggemar kopi karena dalam sehari hanya minum segelas kopi, tp gak tiap hari juga kok

    Mas Onqi said...

    ternyata kafein bisa mengurangi beberapa penyakit juga ya mas
    harus ikutan minum kopi nie
    hehe

    muhamad riduan said...

    ternyata senyawa kafein tidak hanya ada pada kopi ya mas, tetapi ada juga pada biji kelapa.

    Valentino Febrian said...

    baru denger soal kafien ini

    Elsawati Dewi said...

    jadi ingat beberapa tahun silam pernah saya baca artikel, bahwa kafein dapat mencegah kanker payudara pada wanita. orang yang suka minum kopi mempunya resiko kanker lebih kecil daripada yang tidak.

    Gunawan Eka Saputra said...

    Sebagai pecandu kopi, lega juga bacanya, ternyata bnyak jga manfaat kafein ini...

    Cilembu thea said...

    jangan nakut nakutin segala overdosis kafein ah....sehari ngga ngopi bagaikan ditinggal istri jadi TKW kan...?!...;o)

    Penyuluh Perikanan said...

    kafein ternyata bagus yang penting penggunaannya jangan terlalu banyak ini akan berguna utk kesehatan
    trims sobat atas artikelnya yg bermanfaat

    aldino.sya said...

    jadi ingat dgn teman yg hobi banget minum kopi..sampe2..dia bilang biyar gak makan sob..!, teman ini bisa menghabiskan 4 sampai 5 gelas dlm sehari, apalagi katanya jika dipadukan dgn rokok (maap) wuih...lupa utang, tapi pada point terakhir di atas, ane jd khwatir jg dgn teman ini...ternyat bisa menyebabkan kematian juga ya...!

    Santri Update said...

    WAh baru tahu saya mas.. makasih mas....

    Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan said...

    Ternyata kafein selain berbahaya bagi kesehatan juga memiliki banyak manfaat. saya sendiri pecandu kopi. makasih informasinya

    Marnes Kliker said...

    saya dari jamannya SD udah demen ngopi mas, belajar jadi lebih semangat kalo ditemenin sama segelas kopi, bahkan mau tidur aja saya biasa minum kopi dulu baru deh tidur hehehe

    Ahmad Fathoni said...

    bila digunakan dengan benar ternyata kafein itu baik untuk kita

    Unduh DelapanSatu said...

    Mantap sob... liat gambarnya jadi pengen nyrutup :)

    izin follow ya sob

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    sebaiknya memang kita mengkonsumsi kafein ya mas, tapi secukupnya saja, alias nggak berlebihan :)

    Ibrahim M.Pd.I said...

    JIka terlalu banyak minum kopi katanya bisa bahaya ya mas, soalnya kopi mengandung banyak kafein, apa benar itu? terima kasih

    Rizkyzone.com said...

    istilah kafein rasanya lebih identik ke kopi yah mas joe, asalkan tak berlebihan dalam mengkonsumsinya saya rasa kefein banyak juga manfaatnya, memang sih apapun itu walaupun meski dikatakan baik tapi kalau berlebihan dalam penggunaannya jadi tak baik pula efeknya

    Dede Thea said...

    kalu kita minum kopi dalam dosis yang cukup akan sangat membantu tubuh untuk terhindar dari penyakit lain ( seperti paparan diatas ) tapi kalau melebihi malah membahayakan,Jadi memang benar sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik,,,,,,

    Dadan Rusdan said...

    Wah informasinya sangat menarik dan bermanfaat juga gan,,,, maksih ya atas infonya,,, hehehehehe

    SmuaInfo said...

    baru tahu kalau cafein bisa menyebabkan over dosis juga, untung saya cuma segelas aja sehari, gk kuat kalau harus sampai 85 gelas sob :D

    Ruly Jenar Nakula said...

    saya tidak bisa lepas dari kopi sob .. saya pecandu berat !!

    Obat Sakit said...

    sudah lama tinggalin kopi bang

    Yoni Risqilana said...

    apa benar kafein di kopi mengurangi rasa ngantuk mas bro?
    *nyruput kopi panas

    Djangkaru Bumi said...

    Kalau saya ngopi bisa 6 gelas sehari. Sudah termasuk kecanduan kafein, kalau tidak ngopi terasa ada yang kurang. terimakasih atas sharing ilmu tentang fakta seputar kafein.

    irpan sah said...

    waduh.. kalo saya kurang suka kafein gan.. dan kayanya ga ngefek.. saya habis minum kopi bisa juga langsung tidur.. :D

    Didin said...

    klo saya nggak boleh sering-sering minum kopi gan.. coz punya penyakit mag haha..
    .
    salam kenal ya gan

    Z .u. L said...

    wah bahaya juga kalau sering dan kecanduan minum kopi belebihan..makasi infonya kang

    Nandar Sunandar said...

    baru tahu :o

    Javas said...

    Sy udah pernah baca tentang kafein tapi kalau untuk diabet sepertinya itu kafein kalau ga pake gula diminumnya ya mas :)
    Intinya si semua tidak boleh berlebihan, ada sisi baik dan buruknya ketika berlebihan

    Kisah Foto said...

    Nah saya ini termasuk kopi mania, kopi item tanpa gula, hehehe.. saya sih gak merasa kecanduan, pernah sebulan gak minum kopi nggak papa :)

    Muhammad Lutfi Hakim said...

    Porsi saya minum kopi selama sehari kurang-lebih juga segitu, 2-4 cangkir. Jadi masih aman, ya?

    serba serbi sepatu said...

    kopi juga bisa dapat menghilangkan bau tidak sedap bro. seprti misalnya bau pada sepatu dan bau pada lemari es. Karena dalam kafein mengandung nitrogen yang mendorong karbon untuk membersihkan sulfur dari udara.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger