Ramalan Tentang Kiamat dari Masa ke Masa

Posted on
  • Thursday, May 12, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Beberapa waktu lalu sebuah status di Facebook menggelitik saya. Bunyinya begini: ‘Ternyata kiamat tidak jadi tahun 2012, sebab saya tadi membeli susu dan expired date-nya sampai tahun 2013’. Memang sempat beredar hoax mengenai datangnya hari akhir alias kiamat di tahun 2012. Dan jauh sebelum itu, sebelumnya sudah sering beredar mengenai datangnya hari kiamat itu.

    Seperti pada 3 Oktober 1533 Michael Stifel, meminta pada para pengikutnya untuk segera menjual seluruh kekayaannya. Hal ini berkaitan dengan akan datangnya hari kiamat sesuai dengan perhitungan matematis sebagaimana yang dia dapat dari Bible. Dan pada hari yang ditentukan, dia memimpin para jemaatnya untuk naik ke atas bukit dengan harapan agar lebih mudah mencapai surgawi. Dan setelah beberapa jam kiamat yang dia tunggu tidak datang Stifel lalu menuruni bukit dan dia lalu diamankan ke sebuah penjara demi keamanannya.

    Tahun 1914 Charles Taze Russell, yang mendirikan majalah Watch Tower memprediki bahwa Yesus akan berkuasa di bumi pada tahun 1914. Dengan pecahnya Perang Dunia I, sepertinya prediksi akan datangnya hari kiamat seperti mendapat sedikit pembenaran.

    Tahun 1980-an seorang penginjil AS Hal Lindsey percaya bahwa Armageddon akan datang jika 10 negara di Eropa diperintah oleh seorang anti-Kristen. Dia memang tidak pernah menentukan tanggal dari hari akhir dunia itu, tetapi mengisyaratkan bahwa pertempuran terakhir antara yang baik dan yang jahat sudah dekat.

    Pada tahun 1993 David Koresh dan lebih dari 100 orang pengikutnya mengurung diri di sebuah rumah di Texas, menunggu datangnya hari akhir. Mereka kemudian dikepung oleh FBI selama 51 dan berakhir dengan sebuah baku tembak yang menewaskan 76 orang termasuk Koresh.

    Match 1997 anggota sekte Gerbang Surga merasa yakin akan datangnya hari kiamat yang ditandai dengan kemunculan komet Hale-Bopp di bumi. Dan satu-satunya jalan untuk selamat di hari kiamat adalah dengan jalan bunuh diri sehingga jiwa mereka akan terangkut bersama komet tersebut. Akhirnya 38 mayat anggota sekte itu ditemukan tergeletak di sebuah rumah di California pada 26 Maret.

    Tanggal 1 Januari 2000 puluhan sekte Christian meramalkan kedatangan Yesus pada akhir millennium yang bersamaan dengan datangnya kiamat. Diyakini bahwa adanya bug pada computer pada Y2K akan membawa kerusakan pada atmosfir yang akan berakibat pada kiamat. Bahkan Carlos Roa penjaga gawang asal Argentina menolak memperpanjang kontrak barunya dengan sebuah klub Spanyol karena juga yakin akan kiamat itu

    Pada May 2008 sebanyak 35 anggota sekte yang tergabung dalam Gereja Ortodok Rusia Sejati menghabiskan sekitar enam bulan mendekam di dalam sebuah gua untuk mengantisipasi datangnya hari kiamat, sebagaimana yang diprediksi oleh sang pemimpin Pyotr Kuznetsov. Mereka baru mau meninggalkan gua setelah atap gua tiba-tiba runtuh. Dan ironisnya sang pemimpin, Kuznetsov, justru tidak menemani jemaatnya di dalam gua karena diperintahkan oleh pengadilan untuk menjalani perawatan kejiwaan. (Telegraph/ill: morcwuat.cz.cc)

    45 comments:

    Yudi Darmawan said...

    weleh.. weleh..
    kasian banget ya mereka yang percaya hoax itu,
    cuma karena omongan pimpinan sektenya smpe bunuh diri,
    untung di indonesia belum ada yg smpe gitu..

    sedjatee said...

    banyak banget ramalan
    menunjukkan bahwa hanya Tuhan yang tahu saat kiamat
    salam sukses..

    sedj

    Muhammad A Vip said...

    daripada meramal kiamat menurut saya akan lebih baik kalau menikmati kiamat, karena sekarang sedang dalam proses kiamat. hehe

    Aina said...

    hanya Tuhan yang tau kapan datangnya kiamat... banyak2in amal baik aja deh...hehe

    Tiffa said...

    kiamat adalah rahasia tuhan, dan manusia hanya tinggal menunggu saatnya kiamat tnpa pernah tahu pastinya kpn.

    primeedges said...

    ih, apa ya yang dipikiran orang-orang itu? pengikutnya lebih2 lagi...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    tak seorangpun tahu kapan kiamat itu tiba

    Obat Sakit 2011 said...

    kiamat terjadi hanya dengan kehendak Alloh saja.
    Hanya Alloh saja yang tahu
    Namun begitu kita wajib ubtuk mengimaninya
    Ramalan hanyalah ramalan
    dan bisa saja tidak sesuai

    Obat Sakit 2011 said...

    follow 153 done

    Obat Sakit 2011 said...

    146 maksudnya

    harto said...

    yang pasti kiamat pasti datang dan waktubya entah kapan dia datangnya [wallahu alam bis shawab] hanya Allah lah Sang pemilik Jagad Raya ini yang tahu. nah dari sekarang kita bersiap-siaplah untuk perbanyak ibadah, bertaubat untuk bekal nanti diakherat, bila nanti ki-amat datang kita sudah siap akan bekal menuju hari akhir & kekal abadi

    joe said...

    follow u back bro...

    Ami said...

    Yah... Sebagai muslim percaya bahwa hari akhir akan datang.... Kapan, wallahu 'alam

    Ina said...

    Kiamat pasti datang, tapi waktunya kapan hanya Tuhan yang tahu...kita hanya que sera...sera...what ever will be...will be...ya kalo ngga kiamat besar itu datang seenggak2nya kiamat kecil, kematian kita sendiri..yg kita sendiripun tidak tahu kapan.

    warsito said...

    kiamat adalah rahasia Ilahi kita hanya diberi tanda-tanda kiamat tidak bisa meramalkannya

    Tomo said...

    sulit mas kayake meramal kapan kiamat
    memang ada ramalan tapi seringkali mbleset

    Tomo said...

    gagah sekali mas foto profilenya
    ganteng lagi

    iffa hoet said...

    Sudah banyak yang ngeramal dan sudah banyak yang mbeleset pula.
    Kiamat pasti datang kapan saja, yang penting siapin bekal diri karena jasad tak berarti dan berguru pada imam yang salah juga sangat menyesatkan. Pilih guru yang benar agar tak sesat nantinya.

    Tomo said...

    ramalannya selalu tidak tepat iku mas
    sudah pernah aku mendengar ramalam kiamat dua kali tapi ya hanya bohong ternyata he he.

    TUKANG CoLoNG said...

    kiamat itu udah pasti. tinggal masalah waktunya aja kapan. harus selalu siap2 aja dengan cara nabung pahala.(:

    jinggalestari said...

    ngomong soal kiamat ya cukup bilang "wallahu alam" hanya Allah yang tahu.tdk ad seorang pun manusia yg dpt mmprediksi it.ttp sesungguhnya kiamat it sdh trjd.ad 2 kiamat spngathuan sy, kiamat kecil n kiamat besar.n makhluk didunia sdh sring kali mngalami kiamat kecil.jd alangkah baiknya kalo kt sbgai manusia tdk usah memusingkan kpan dtang hari akhir,tp bgaimana kt bs mmpersiapkan diri utk hri akhir trsbut.sdhkah kt punya bekal mnghadap Tuhan.yah, wallahu alam...artikelnya bgus....inspiratif

    Amy said...

    Hanya Tuhan yang bisa menjawab semuanya itu. Manusia hanya bisa mendekatkan diri kepadaNya.

    Ferdinand said...

    Kiamat koQ diramalin... ya pasti meleset, lha wong Manusia cuma Ciptaan koQ gimana bisa dia tau kapan waktunya Kiamat macem2 aja...

    Terakhir aku denger 21 Mei 2011 mau kiamat Sob...

    SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

    ramalan? wooh percaya gak percaya saya O,O

    TuSuda said...

    Pada akhirnya apapun yan terjadi kita hanya berserah diri akan segala Kuasa-NYA.

    PusKel said...

    karena segala hal kejadian alam itu penuh misteri, maka kita hanya bisa pasrah menjalankan segala Kuasa-NYA.

    harto said...

    hari kiamat tidak bisa diramalkan begitu saja oleh seluruh mahluk yang ada di bumi ini, hanya Allahlah Yang Maha Tahu dan Yang Maha Kuasa atas segala kehendak-NYA, kita sebagai hambanya hanyalah bisa patut mengerjakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala apa yang dilarang-Nya, dari sekarang marilah kita banyak2 beribadah dan selalu bertaubat akan kesalahan dan kelalaiam kita.

    Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.

    Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS AL-A’raaf :187)

    “Telah dekat terjadinya Hari Kiamat. Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah” (QS an-Najm : 57-58)

    trims atas infonya, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

    warsito said...

    salam silahturahmi kembali

    Djangan Pakies said...

    hhh kreatif juga status fbnya.
    kalo masalah kiamat, penjelasan pak Harto sudah komplit.

    reza aconk said...

    blog anda bagus>>>

    saya ajungi jempol!!!!



    dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!



    jika bernit liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    maaf telat apa kabar?
    ramalan ini benar adanya kita tunggu saja ya mas hehehe

    narti said...

    semoga kita makin banyak mengumpulkan 'bekal'

    sda said...

    yah, koq status fb-nya gitu? ada2 aja :)

    dee said...

    penjelasan dari Pak Harto lengkap tuh.

    Hendriawanz said...

    artikel yang berat tetapi memang layak dibaca.

    soewoeng said...

    terus kesimpulanya apa bos? jadi kapan? kalo cuti bersama kan hari ini kalo kiamat kapan?

    rezKY p-RA-tama said...

    ya berdoa saja dan kudu siap sama kiamat,
    gak bisa diprediksilah
    otaknya manusia ma yang buat manusia
    jelas beda jauh

    orangefloat said...

    hanya Allah yang tahu kapan kiamat akan datang tapi tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat telah ada

    I-one said...

    Kiamat pasti datang..
    begitu juga kematian
    yang perlu kita tahu adalah sudahkah kita mempersiapkan bekal menghadap-Nya

    Tomo said...

    selamat liburan mas

    copas said...

    VIVAnews - Di saat orang optimistis merancang masa depannya, sekelompok orang pengikut aliran Kristen di Amerika Serikat justru sedang bersiap menghadapi kiamat versi mereka yang diperkirakan datang empat hari lagi, 21 Mei 2011.

    Mereka juga mengajak orang lain ikut panik dengan mengkampanyekan peringatan kiamat melalui papan iklan besar bertuliskan 'Hari Penghakiman 21 Mei" atau 'Akhir Dunia Telah Datang' ke seluruh dunia. Pesan senada juga menyebar melalui Twitter, Facebook, pamflet, dan radio.

    Bahwa kiamat akan datang 21 Mei 2011 berasal dari buah pikiran penginjil radio berusia 89 tahun, Harold Camping. Menggunakan perhitungan matematika ciptaannya sendiri ia menafsirkan ramalan kabur dalam Injil.

    Ini bukan prediksi kiamat pertamanya. Sebelumnya, ia memprediksi hari pembalasan bakal datang pada 6 September 1994 --di mana umat yang percaya terangkat ke surga, meninggalkan manusia-manusia lain yang ditakdirkan mengalami siksaan.

    Namun, tahun 1994 berlalu tanpa ada insiden apa pun. Bumi masih berputar, kehidupan terus berjalan hingga hari ini. Namun, Camping tak menyerah, ia mengeluarkan prediksi kiamat baru --mengutak-atik persamaan versi dia sekali lagi dan lantas menyebut 21 Mei 2011 sebagai akhir dunia.

    Camping mengklaim, setelah sekitar 200 juta umat Kristen diangkat ke surga Sabtu depan, Bumi akan menjadi seperti neraka selama lima bulan --hingga 21 Oktober 2011 nanti, di mana kehidupan benar-benar berakhir.

    Bagaimana ia menemukan perkiraannya itu? Ini perhitungan Camping: dia yakin Yesus disalib pada 1 April tahun 33 Masehi, atau 722.500 hari sebelum 21 Mei 2011. Angka tersebut adalah kuadrat dari 5 x 10 x 17.

    Dalam sistem numerologi miliknya, angka lima merepresentasikan 'penebusan', angka 10 adalah 'kesempurnaan', dan 17 berarti 'surga'. "Lima kali 10 kali 17 adalah sebuah cerita. Di mana Yesus membayar semua dosa-dosa Anda," kata Camping. "Aku terjatuh dari kursi saat menyadarinya."

    Selama beberapa bulan, prediksi Camping mendapat bantuan dari para pemeluk Kristen fundamentalis. Para relawan menyebarkan pesan itu ke seluruh dunia.

    Namun, tak semua pemeluk Kristen percaya prediksi itu. Banyak yang meragukannya. Apalagi dalam Injil Matius, disebutkan, Yesus mengatakan, hari kiamat tak bisa diramalkan.

    Apalagi, kiamat sebelumnya pernah diramal oleh seorang pemimpin kelompok Baptis, William Miller. Kata dia, dunia berakhir 22 Oktober 1844 silam, namun toh matahari masih bersinar terang sampai hari ini.

    Benarkah dunia akan berakhir 21 Mei 2011? Waktu yang akan membuktikan.

    r10 said...

    carlos roa kiper real mallorca saat itu :)

    dia lagi bagus2nya

    hanynizah said...

    lihat aja besok gimana??? kiamat g??? hehehe

    Elsa said...

    aneh aneh aja ya orang tuh
    kenapa pada sok tau soal kiamat
    hehehehe

    oki said...

    Tempointeraktif. Tiga pekan setelah prediksi kiamatnya tidak terbukti, peramal kiamat asal Amerika Serikat, Harold Camping, pekan lalu terserang stroke tingkat menengah. Lelaki 89 tahun ini dilarikan ke rumah sakit dekat rumahnya di Alameda, California.

    Camping yang mengkampanyekan datangnya Hari Akhir lewat Family Radio, memperkirakan kiamat datang pada 21 Mei. Setelah tidak terbukti, ia mengkoreksi ramalannya bahwa jadwal kiamat sebenarnya baru tiba lima bulan lagi. Itu merupakan kesalahan Camping kedua setelah sebelumnya memprediksi Hari Pembalasan datang pada 1994.

    Seorang tetangga Camping yang menolak disebut identitasnya membenarkan pendeta dari kelompok Kristen Evangelis itu dibawa dengan ambulans dari rumahnya ke rumah sakit terdekat. “Ia terkena stroke di bagian tubuh sebelah kanan,” katanya kepada Oakland Tribune.

    Manajer Regional Family Radio Inc., Charlie Menut, meminta semua pihak berdoa bagi kesembuhan Camping. Ia memperkirakan bosnya itu bisa berkhotbah lagi Senin pekan ini. Namun hingga berita ini ditulis, belum ada laporan mengenai kondisi kesehatan peramal kiamat itu.

    Sehari setelah dibawa ke rumah sakit, istri Camping, Shirley, mengungkapkan suaminya mulai pulih. Hanya saja, suaranya masih terganggu.

    Sejumlah pihak menilai serangan stroke yang dialami oleh Camping itu merupakan azab dari Tuhan. “Tuhan dalam Injil menilai dan menghukum. Hukuman itu berlaku bagi para penentang,” kata Erick Thoennes, professor ilmu Injil dan teologi dari Biola University kepada Christian Post. Ia menambahkan azab dari Tuhan juga bisa berlaku bagi sekelompok orang, bangsa, atau gereja.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger