Perjalanan Panjang Evolusi Ponsel

Posted on
  • Wednesday, May 11, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Dalam beberapa tahun terakhir ini kehadiran ponsel telah mampu menggeser gadget yang sebelumnya telah ada. Dan secanggih apapun ponsel akan dengan mudah dimasukkan ke dalam saku sehingga dengan mudah dapat menyertai manusia ke manapun dia pergi. Dan jauh sebelum menjadi seperti sekarang ini ponsel telah melalui perjalanan panjang dalam setidaknya tujuh puluh terakhir ini.

    Perjalanan panjang evolusi ponsel dimulai di tahun 1938, dengan dirakitnya SCR 194 dan 195 sebuah perangkat radio AM portable yang diproduksi oleh US ARMY Signal Corps Engineering Laboratories di Fort Monmouth, New Jersey. Disebut-sebut sebagai "walkie talkie" pertama, perangkat ini beratnya sekitar 25 kilogram dan memiliki jangkauan 5 mil. Alat ini banyak digunakan untuk batalyon infanteri dan komunikasi perusahaan selama Perang Dunia II.

    Pada tahun 1940 selanjutnya datang SCR-300 yang merupakan radio transceiver, yang dikembangkan oleh Motorola untuk militer AS. Kali ini sudah dilengkapi dengan FM radio, dengan bobot tak kurang dari 32 hingga 30 pond dengan jangkauan 3 mil. SCR-300 menggantikan SCR 194 dan 195 dan terjual hampir 50.000 unit yang digunakan pada PD II oleh tentara Sekutu. Tahun 1942 Motorola memproduksi handie talkie pertama untuk Amerika yang diberi label SCR-536. Sebanyak 130.000 unit telah dibuat dan digunakan selama perang. Kembali menggunakan gelombang AM, alat ini menggunaka dua transceiver dengan berat hanya 5 pond dengan jangkauan hanya 1 mil.

    Tahun 1946 Bell System memperkenalkan layanan telepon selular komersial pertama, yang disebut Mobile Telephone System (MTS). Dengan peralatan yang sangat besar, berbobot 80 pond serta dengan jaringan panggilan terbatas dari AT&T. Harganya juga tidak murah yaitu $ 30 per bulan (atau $ 330 jika dikurskan saat ini) masih ditambah biaya per panggilan, biasanya dipakai para awak operator truk dan para jurnalis.
    Tahun 1956 Ericsson's Mobile System A (MTA) memperkenalkan perangkat komunikasi pada mobil. Pertama kali digunakan di Swedia, perangkat ini memiliki berat 88 pond atau setara dengan 300 buah iPhone.

    Tahun 1973 Motorola merilis prototype portable ponsel yang disebut DynaTAC (DYNamic Adaptive Total Area Coverage). Dan 10 tahun kemudian telepon selular Motorola DynaTAC telah tersedia untuk umum, dengan berat di bawah 2 kilogram. DYNATAC bekerja di jaringan teknologi AMPS, yang layanan selular analog generasi pertama, diluncurkan pertama kali di Ameritech di Chicago. Pada tahun 1989 Motorola merilis MicroTAC, yang merupakan ponsel pertama dengan desain flip. Dengan desain ini, Motorola berhasil mereduksi ukuran ponsel saat tidak digunakan. Inilah pertama kalinya ponsel bisa dimasukkan ke dalam saku!

    Kemudian di tahun 1992 Motorola International 3200 menjadi perangkat ponsel pertama yang menggunakan teknologi 2G yang pada tahun 1991 dikenal sebagai GSM. Dan setahun kemudian IBM menjadi smartphone pertama karena menggabungkan ponsel, pager, fax dan PDA. Termasuk di dalamnya kalender, phonebook, jam, kalkulator, email dan game.

    Dan pada periode akhir tahun 90-an perkembangan ponsel ditandai dengan Motorola kemudian meluncurkan ponsel clamshell pertama, Nokia 9000 Communicator yang menyediakan layar LCD serta papan kunci QWERTY yang utuh serta 1999 Kyocera meluncurkan ponsel VP-201 yang merupakan ponsel pertama yang memiliki kamera terintegrasi.

    Tahun 2002 RIM meluncurkan perangkat BlackBerry pertama yang terintegrasi dengan ponsel, 5 tahun kemudian Apple mengenalkan iPhone, sebuah ponsel pintar revolusioner yang menggunakan layar sentuh sekaligus mengadopsi teknologi 3G. Di tahun 2010 HTC EVO adalah ponsel pertama yang menggunakan teknologi 4G dan beroperasi di jaringan WiMAX. (wonderhowto.com/ill: littletechgirl.com)

    25 comments:

    Ami said...

    Hape awal gedhe amat ya...

    tunsa said...

    saya pingin apple.. :-(

    warsito said...

    ane dah pernah punya gan yang merk erikson

    alamendah said...

    (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Jadi teringat hape teman saya dulu. Bentuknya nyaris mirip handy talky.

    John Terro said...

    tapi percuma saja di Indonesia tidak diimplementasikan dengan baik
    buktinya 3G redup suaranya ... ga laku dimasyarakat
    padahal kalo di luar negeri digunakan
    eh di Indonesia akhirnya 3G hanya untuk internetan saja bandwith-nya

    niQue said...

    jadi inget HP pertama saya, N5110,warnanya marun :D itu beli dari uang bonus, sejak itulah cinta Nokaya sampe sekarang :D

    Claude C Kenni said...

    HP jaman dulu guedeee sekaleeeee...bisa buat mukul orang tuh kalo dijalan ditodong...hehe

    AEIDYTHOMERSON said...

    gue jadi keinget hp sama pager bokap dulu :p

    rahad2six said...

    mirip sama hape bokap yg dulu.
    ada antenanya, berat lagi, kalo pake nimpuk pasti puyeng deh :D

    r10 said...

    ke depan ponsel bisa mengalahkan perangkat komputer, sekarang saja laptop mulai terancam smartphone

    Gaphe said...

    bisa juga dilihat sekarang, dulu jamannya hape masih segede radio, sekarang kecil dan tipis-tipis.. dulu, yang namanya tipe clamshell itu ekslusif banget, sekarang yang smartphone touchscreen yang jadi idola.

    what next?

    phonank said...

    Buseeeh... Leluhurnya Ponsel bentuknya kayak Batu Bata, gede banget dah!

    tapi sekarang yaaaa... canggih-canggih banget, dan hampir setiap kalangan pun punya Ponsel!

    malah udah ada kelas-kelasnya

    joe said...

    kalau ingin melihat gambar dan cerita lengkapnya bisa dilihat langsung di sumbernya:

    http://www.wonderhowto.com/news/wonderment/from-backpack-transceiver-smartphone-visual-history-mobile-phone-0127134/

    purwanto said...

    hape sudah berubah fungsi saat ini, bukan sekedar alat komunikasi, tapi sudah ada nilai lainnya : mewakili gaya dan tingkat sosial dan tentu fungsi multimedia yang kian lengkap dapat kita temukan di hp terkini.

    bundamahes said...

    hape saya masih hape jadul kok,bukan blekberi dan sejenisnya ;)

    bdangkal said...

    jadi ingat dengan pertanyaan apakah android boros?

    Jawabannya iya... temanku beli GAL*XY MINI kembali 'dilepas' karena itu tadi...boros dan panas, tidak bisa multi tasking

    Kok di luar topik begini, ya? Hehehe :P

    omiyan said...

    Gadget satu ini telah membaut orang buta dan mau melakukan apapun asala bisa memilikinya terlepas nanti fungsina hanya untuk nelpon dan sms yang penting bisa Update teknologi ...

    hhmmm sungguh dah

    dmilano said...

    Saleum,
    saya juga punya proses evolusi yang panjang sebelum mengganti hp mas, :)
    infonya bagus sbg pengetahuan tentang si hape.
    saleum dmilano

    W i e d e s i g n a r c h said...

    iyah... memang hape awal dengan hape sekarang beda jauh banget...

    aku teringat cerita seorang atasan dahulu yang bercerita ketika ia pertama kali kaya di Indonesia...

    beliau membawa hape kemana2.. dan tahukah? hape itu masih berbentuk boks besar dan berat.... yang jika berdering, seisi gedung bisa dengar seperti halnya telepon biasa itu ^^.. hihihihi

    d3vy said...

    awal2 hape baru ada, bokap pernah punya yg nokia series seri jadul, bentuknya ngga ada bagus2nya ya model2 telepon tanpa kabel gitu, harganya pun fantastik, untungnya fasilitas kantor heuhueheuheu....

    Muhammad A Vip said...

    motorola ternyata dulu hebat, sekarang hanya orang tertentu yang kenal motorola. apakah nokia nanti juga akan tenggelam? konon menurut kabar nokia mulai kalah di eropa barat oleh samsung.

    Anonymous said...

    bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa nokia akan dibeli oleh microsoft, tapi entah bagaimana kebenarannya

    asudomo said...

    wah wah, mulainya sejak 1938? udah lama banget ya

    Elsa said...

    pingin tahu... 50 tahun lagi, ponsel kayak apa yaa....
    gak ada bayangan sama sekali nih

    REFI ALIYEFI said...

    info yang sangat bagus sekali gan,........

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger