Beberapa Hoax Seputar Binatang

Posted on
  • Thursday, April 7, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Tidak seperti hoax yang sering dikeluarkan oleh Google yang hanya bersifat lelucon, beberapa hoax sempat menimbulkan sejumlah kontroversi dan kepanikan publik. Berikut adalah hoax seputar binatang yang sempat menimbulkan perdebatan:

    Loch Ness. Salah satu hoax paling terkenal di abad ke-20 adalah adanya monster Loch Ness di Skotlandia. Loch Ness alias Nessie adalah seekor hewan raksasa yang sempat menimbulkan kontroversi besar. Sebagian orang menganggap hewan ini benar-benar ada, dengan teori yang paling populer menggapnya sebagai seekor plesiosaurus yang tinggal di Danau Loch Ness. Namun demikian para ilmuwan dan ahli sangat percaya bahwa keberadaan monster tersebut hanyalah hoax belaka.

    Semua bermula dari foto yang dibuat oleh Dr.Robert Kenneth Wilson pada 19 April 1934. Foto ini menampakkan sosok monster raksasa dengan menampakkan kepala dan lehernya yang panjang. Dari foto itu sempat berkembang berbagai dugaan tentang apa sebenarnya Nessie ini. Namun, ternyata setelah cukup lama menimbulkan perdebatan berkepanjangan akhirnya diketahui bahwa foto itu hanyalah rekayasa belaka.

    Bigfoot. Bigfoot merupakan makhluk misterius yang berukuran sangat besar, dengan bulu-bulu di seluruh tubuh. Bigfoot dilaporkan ditemukan Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19-an. Dengan melhat ukuran jejak kakinya diperkirakan beratnya mencapai 400 kg. Bigfoot diperkirakan sebagai sisa peninggalan dari zaman purba. Diperkirakan, makhluk tersebut masih hidup di kawasan pegunungan bersalju, seperti di Amerika Serikat dan pegunungan Himalaya.

    Tom Biscardi, CEO dan pendiri BIGFOOT Inc., pada 15 Agustus 2008 menampilkan serangkaian foto yang diklaim sebagai mulut bigfoot pada konferens perss di California. Namun demikian tidak ada bukti konkret yang pernah muncul untuk mendukung penemuan bigfoot tersebut, selain ketika pertama kali diajukan oleh dua orang yang mengatakan mereka menemukan mayat makhluk besar mirip kera dengan tinggi dua meter di hutan Georgia. Namun banyak yang meragukan klaim tersebut setelah keduanya menolak untuk menunjukkan secara persis di mana makhluk tersebut ditemukan.

    Serangan lebah pembunuh. Pada bulan April 1994 warga Arizona sempat dikejutkan oleh adanya selebaran yang memperingatkan mengenai adanya serangan dari lebah pembunuh. Poster tersebut memberitahukan para penduduk untuk tetap tinggal di dalam rumah, sementara para petugas sedang berjuang untuk mengendalikan serangan tersebut. Poster tersebut mengatasnamakan sebuah kantor pemerintah yaitu the Arizona Pest Removal Information Line (For Outside Operations Listings) alias APRIL FOOL! Namun demikian penduduk sempat dikecam ketakutan oleh kabar tersebut dan mengunci diri di dalam rumah.

    Biri-biri penyebab global warming. Tahun 2007, sebuah situs mengumumkan bahwa global warming ternyata tidak disebabkan oleh adanya efek rumah kaca di atmosfir. Namun penyebabnya adalah karena peningkatan populasi biri-biri di New Zaeland. Menurut ilmuwan Ewe Noh-Watt dari New Zealand Institute of Veterinary Climatology, sebuah lembaga fiktif, biri-biri itu berperan dalam pemanasan global dengan cara memantulkan cahaya matahari ke angkasa. (nationalgeographic; Wikipedia/ill: duniamaya.all-forum.net)

    27 comments:

    nia said...

    wah ada-ada saja kerjaan orang iseng

    John Terro said...

    wah ... gila

    Gaphe said...

    haha.. ternyata Nessie cuman rekayasa yak.. padahal dulu saya percaya itu ada loh. secara banyak buktinya, dan bahkan di legenda british.. kisah Nessie ini nggak boleh dilupakan

    i-one said...

    kirain bigfoot beneran ada?
    soalnya mulai kecil,uda heboh banget beritanya,rasanya sampai ada filnya juga

    sedjatee said...

    yang terakhir kayaknya aneh banget
    global warming karena biri-biri, benarkah?

    sedj

    Mbako said...

    tiplak sikelku iku

    Segawon said...

    lagek iso apdet kang,lagek bayaran,hahahaaa, koyo godzila

    Fajar said...

    macem..macem wae..kang...uwong ki yo..

    miwwa said...

    biri-biri penyebab pemanasan global? =__=

    Muhammad A Vip said...

    tapi soal serbuan ulat bulu yang jumlahnya jutaan di sepuluh kecamatan di Probolinggo itu benar lho.

    iksamenajang said...

    Ho ho ho banyak juga hoaxnya ...lucu-lucu pula

    Eks said...

    yang tentang biri-biri, ngga masuk akal banget yaah... :D

    Rawins said...

    susah menilai itu benar apa engga
    kembali aja ke pemikiran masing masing dah..

    Ina said...

    namanya juga usaha siapa tahu ngetop..he..he..

    IbuDini said...

    Jaman sekarang lagi pada cari ketenaran dengan cepat kali ya.

    jumialely said...

    Setahun jumialely [dot] com, dengan penuh penghargaan saya ucapkan Terima Kasih karena sahabat sudah pernah Menorehkan jejak cinta di rumah maya saya. I love You

    joe said...

    selamat atas setahunnya, semoga semakin eksis dan sukses selalu

    Bang Pendi said...

    Sesuatu yang aneh atau diluar kebiasaan serta nalar, kadang sering membuat orang ingin memuaskan rasa ingin tahunya. Seringkali hal itu dimanfaatkan orang2 iseng, untuk sekedar cari sensasi atau popularitas...

    fizer0 said...

    wah2 ada2 aja tuh orang2 yg iseng

    Teras Info said...

    Wah...kirain sya bigfoot itu beneran ada, Mas...
    ternyata hoax ya....hmmm..

    HALAMAN PUTIH said...

    serangan ulat bulu yang di probolinggo itu nyata

    Cay's said...

    emm gitu gan.... bagus gan postingannya... 8 buat agan, nilai dari 1-10. selamat yak

    Masbro said...

    Yang bikin hoax seperti itu pastilah orang yang cerdas, tapi salah mengarahkan kecerdasannya. Eh bukan salah ding, tapi kurang benar hehe,,

    Bunda Loving said...

    uhhhh.....ada2 aja.....

    TuSuda said...

    kelihatannya mereka seperti sedang membuat sensasi saja..

    Lyliana Setianingsih said...

    aku suka film nya BIGFOOT... apa yah judulnya? *lupa*
    dan... biri2 menyebabkan global warming... nice hoax haha... :-D
    Anyway nice share, gan

    ASAZ said...

    kucing garong juga bukan kucing beneran ya

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger