Gempa Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Posted on
  • Friday, April 8, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang baru saja menghantam Jepang mengakibatkan gelompang tsunami yang menghantam wilayah pantai negeri matahari terbit tersebut. Berikut adalah beberapa gempa yang mematikan sepanjang sejarah, sebagaimana dicatat oleh Time:

    Gempa Shaanxi, China (1556). Mungkin ini adalah salah satu gempa paling mematikan sepanjang sejarah. Terjadi di Propinsi Shaanxi, China pada tahun 1556 diklaim telah menewaskan sekitar 830.000 jiwa. Mengapa begitu banyak korban jiwa yang menjadi korban tak banyak catatan pada saat itu. Namun demikian, diperkirakan akibat struktur bangunan pre-modern serta adanya longsoran tanah dalam skala massif turut berperan serta. Gempa berskala 8,0 pada skala Richter ini juga menyebabkan wilayah seluar 500 mile tersapu bersih.

    Gempa Tangshan, China (1976). China sekali lagi diserang gempa terdahsyat sepanjang sejarah. Kali ini terjadi di Tanshan pada tahun 1976 gempa ini merupakan sebuah gempa susulan yang terjadi 16 jam setelah gempa yang pertama dengan kekuatan 7,8 skala Richter. Korban tewas akibat bencana itu semula adalah 750.000 namun beberapa saat kemudian direvisi menjadi 250.000 korban jiwa. Diperkirakan revisi korban jiwa itu dilakukan oleh pemerintah China untuk tidak menerima bantuan internasional dalam pasca gempa.

    Gempa Sumatra, Indonesia (2004). Pada 26 Desember 2004 sebuah gempa berkekuatan 9,2 mengguncang bagian bawah Samudra Hindia, kemudian melepaskan energi yang setara dengan 23.000 bom atom. Gempa bumi terbesar dalam 40 tahun ini kemudian menyebabkan gelombang tsunami di Samudra Hindia, mengirimkan serangkaian gelombang setinggi 50 meter menerjang ke pantai tak kurang 11 negara, bahkan sampai ke benua Afrika. Menurut survei Geologi AS, jumlah korban resmi mencapai 227.898 jiwa.

    Gempa Haiyuan, China (1920). Pada 16 Desember 1920 gempa melanda Haiyuan yang tercatat dengan kekuatan 7,8 skala Richter yang menyebabkan sebuah sungai mengalami perubahan arah dan sebuah gunung mengalami longsor. Kerusakan yang terjadi meluas di tujuh propinsi Sujiahe sebuah kota di Xiji County bahkan terkubur dalam tanah. Diperkirakan korban jiwa sebesar 200.000 jiwa, pada gempa yang juga dapat dirasakan hingga di Norwegia.

    Gempa Kanto, Jepang (1923). Menjelang tengah hari tanggal 1 September 1923 sebuah gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengirimkan gelombang yang menghantam wilayah metropolitan di Tokyo – Yokohama. Getaran tersebut merusak bangunan dan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 12 meter. Dan kerusakan tersebut berlanjut hingga hari berikutnya, yang berlanjut menjadi kebakaran. Akibatnya 90 % bangunan di Yokohama dilaporkan hancur dan dua per lima bangunan di Tokyo musnah. Akibatnya separuh dari penduduk kota menjadi tuna wisma dan hampir 143.000 penduduk meninggal. (Time/ill: esrf.eu)

    43 comments:

    Nova Miladyarti said...

    saya jadi ingat gempa yang saya alami di Aceh duluT.T

    Sugeng said...

    Semoga para korban gempa dan tsunami itu diberi ketabahan dalam menjalaninya :(

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    wien said...

    jadi inget lagi gempa jogja 2006...kaget bgt soalnya waktu itu masih tertidur pulas :D

    Masbro said...

    Gempa di Sumatera setara dengan 23.000 bom atom? Wuih..dahsyat..!

    Gaphe said...

    ngeri emang kalo ada gempa. yah, minimal diri sendiri harus siap kalo ada gempa.

    ceritabudi said...

    Informasi yang sungguh menarik, kang...saya kopi isi artikelnya

    makanlagilagimakan said...

    ah ah ah ... sayang sekali gempa tak bisa diprediksi kapan terjadinya ..

    joe said...

    dan semoga tidak terulang lagi sobat...

    joe said...

    cerita budi:

    silahkan jika berguna, sebenarnya di sumber yang aslinya, di Time.com yang disebutkan ada 10, tapi agar tidak terlalu panjang cuma saya ambil 5 teratas saja

    Bunda Loving said...

    Semoga gempa dahsyat terulang lagi di kotaku... karena aku sudah begitu sering mengalami gempa yang cukup besar...( di Bengkulu dan Padang )

    giewahyudi said...

    Yang paling besar yang saya rasakan adalah gempa Padang, 7,9 kalo enggak salah..
    Kenceng banget..

    Itik Bali said...

    hmmm..semoga udah lah bencana2 dahsyat kaya gini
    mengerikan
    kita manusia nggak pernah bisa melawan kuasa Tuhan yang Maha Dahsyat

    sri wijayanti said...

    waduh, indonesia kan juga rawan gempa. serem juga ya..

    ReBorn said...

    wah, susah saya komentar. menurut saya bencana juga takdir, jadi ya terima saja dan yang ga terkena sudah seharusnya membantu.

    TuSuda said...

    Setiap kejadian gempa selalu tidak bisa terduga dimana dan kapan bisa terjadi.
    Semoga kita semuanya bisa tetap waspada sejak dini dan selalu mawas diri.

    Muhammad A Vip said...

    seumur-umur saya belumpernah ngalami gempa yang dasyat yang membikin panik.

    blackdevil said...

    subhanALLAH,.
    begiu bnyk gempa yg uda terjadi.
    k dpn na ntah gempa" pa gee yg akan muncul.
    smg indonesia tdk ada gee gempa yang akan terjadi.
    amin yha rabb

    Noor's blog (inside of me ) said...

    Wah, memang mengerikan!ternyata gempa Aceh, kekuatannya lebih dasyat ya, dibandingkan dengan yang lain...

    Mood said...

    Jadi takut kalo ngedenger ada bencana gempa.

    miwwa said...

    yang China banyak banget yang meninggal ya.. mungkin karena memang penduduknya banyak juga.. :((

    Siti Nurul Falah said...

    ngeri deh kalo udah ngomongin tentang bencana,,

    mila said...

    Kunjungan balik nih :)


    nice info :)
    salam persahabatan yah!!!!!!!!!!

    [L]ain said...

    klo dibandingin sama gempa Aceh sih jelas lebih gede Aceh : 9,1
    tapi klo gelombang tsunami nya lebih panjang Jepang bukan yah? *klo gua ga salah inget*

    jangan sampe ada gempa yang lebih dasyat dari nomer satu itu!
    Ancor...

    uDed said...

    Good info Mas, terima kasih. Mudah2an kita dihindari dari musibah2 seperti ini. Amiiinn

    Papua said...

    Ya Mas, mudah2an kita terhindar dari bencana yang maha dahsyat seperti ini...

    lidya said...

    takut melihat gempa

    mamah Aline said...

    semoga gempa besar yang terjadi di jepang maupun di daerah lain di seluruh dunia tidak terjadi lagi, begitu banyak korban dan juga kerugian material yang ditimbulkan

    Blogger Cerita Dewasa said...

    moga nda ada lagi gempa dimanapun berada ya, serem. He

    Aina said...

    hiii... ngeri,,, moga gak lagi-lagi...

    'Ne said...

    dan Indonesia pasti akan tetep jadi langganan gempa, tapi semoga semakin ke depan bisa lebih waspada lagi agar tidak ada korban jiwa..

    catatan kecilku said...

    Korban gempa sampai lebih dari 8 juta..? Banyak amat...! Pasti gempanya dahsyat banget ya?

    #mumpung diklatnya libur, maka nyempetin mampir kesini

    place to study said...

    Di Madiun jarang kena gempa... kalau di Pacitan sering gempa.

    moenas said...

    semoga bencana dijauhkan dari negara kita indonesia yg tercinta ini ^^

    moenas said...

    brow ane lagi mengelola web yg lain n masih ane proses ya neh ^^
    www.moenasone.com
    www.moenasone.info
    www.moenasone.net
    www.moenasone.co.cc
    butuh suport tak usah koment, tengok aje xixi

    kamal said...

    gempa...semuanya memang bwt kita merinding.. tapi semua itu adalah kuasa Allah...mantap artikelnya"

    SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

    serem banget, semoga tanah air ini bersih dari bencana besar :)
    *amin*

    sob ada tag pertanyaan untuk sobat, silahkan di ambil :))

    Lyliana Setianingsih said...

    semoga yang mengalami bencana apapun selalu sabar dan tabah yah...
    nice share, gan...

    david said...

    gempa emang slalu mematikan ... semoga tdk terjadi lagi, amiin

    Blog Keluarga - Laptop Murah untuk Guru said...

    Jika berdasarkan jumlah korban,,, kita juga harus melihat jumlah penduduk dan waktu terjadinya gempa...

    Di Jepang atau Aceh mungkin yang terbesar,, namun kewaspadaan dan jumlah penduduk yang ebrbeda juga mengakibatkan jumlah korban yang berbeda, dan juga didudkung dengan teknologi yang berbeda.

    Rose said...

    Makasih infonya..

    jumialely said...

    Terima Kasih Mas untuk kehadirannya di 1rst anniversary rumah maya saya, silahkan cinderamata diambil disana untuk dibawa pulang, salam hangat, I love You Friends sudah menceriakan hari saya
    -------------------
    dan bencana yang mematikan itu kita tidak tahu kapan datangnya, kita hanya turut prihatin ikut berdoa dan memberi sedikit, semoga membantu mereka

    BEnar-benar gempa dan tsunami mampu menyapu bersih apa saja

    r10 said...

    gempa china memakan 830 ribu jiwa, banyak sekali

    *blm sempat update mas, lagi sibuk....
    *aku juga rindu ngeblog dan blogwalking

    donny said...

    semoga gak terjadi lagi di indonesia. amin

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger