Kolang Kaling, Pelengkap Buka Puasa

Posted on
  • Sunday, August 29, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Setelah seharian bekerja dan puasa, tibalah saatnya berbuka. Dan buka puasa terasa lebh nikmat dengan segelas kolak atau es buah dengan kolang kaling.

    Kolang kaling yang dalam bahasa belanda disebut glibbertjes adalah buah dari pohon aren. Aren sendiri adalah tumbuhan palma dan dapat mencapai 25 m. Diameter dapat mencapai 65 cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk. Daunnya majemuk menyirip, seperti daun kelapa, panjang hingga 5 m dengan tangkai daun hingga 1,5 m. Anak daun seperti pita bergelombang, hingga 7 x 145 cm, berwarna hijau gelap di atas dan keputih-putihan oleh karena lapisan lilin di sisi bawahnya.

    Buah aren yang disebut kolang kaling memiliki 2 atau 3 butir inti biji yang berwarna putih tersalut batok tipis yang keras. Buah yang muda intinya masih lunak dan agak bening. Kolang kaling pada setiap 100 gram mengandung 93,8 % kandungan air. Juga mengandung 0,89 gr protein 4 gr karbohidrat dan memiliki kandungan serat 0,95 %.

    Selain menyegarkan, menurut Wikipedia, kolang kaling juga bermanfaat membantu memperlancar saluran pencernaan manusia. Selain itu kandungan karbohidratnya juga memberikan rasa kenyang pada kita.

    Namun di balik rasa dan teksturnya yang kenyal, ternyata diperlukan tahapan yang cukp rumit untuk mengolahnya. dimulai dari memetik dari pohonnya, kemudian kolang-kaling dibakar hingga hangus. hal ini untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang biasanya menempel pada kulit buah dan rasanya sangat gatal.

    Biji kemudian direbus untuk beberapa jam. Setelah itu biji dikupas dari kulitnya dan kemudian direndam lagi dalam larutan kapur untuk beberapa hari. (gambar: simplekitchen.wordpress.com)

    44 comments:

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    bagus sekali jadi pingin buatnya ..wah susah belinya di china jehehhe...

    joe said...

    minta dikirimi dari indonesia saja he he....

    krupukcair said...

    cara bikinnya nggak di tulis secara detail ni????

    genthokelir said...

    mantap dan seger hehehe jadi pengen bikin untuk nanti sore ... met puasa yah bagi semua yang menjalankan

    TuSuda said...

    padahal cara pengolahannya rumit juga ya Mas, yang kami tahu, seringkali kolang kali ini tinggal dicampur menjadi pelengkap menu es buah, tambah mak nyus rasanya...

    Puskel said...

    kandungan gizinya bagus ya Mas, banyak mengandung serat, bisa memperlancar fungsi pencernaan usus.

    inge / cyber dreamer said...

    nggak tau kenapa yah... aku koq nggak terlalu suka ma kolang kaling >.<

    mending mik dawet hehe...

    Bali Villas said...

    Saya juga suka kolang-kaling, apalagi kalo dicapur dengan es buah, hemm.. menyegarkan sekali.
    Bali Villas Bali Villa

    Imtikhan said...

    wah mantap sob buat buka, jadi kepingin nich

    buwel said...

    wah ternyata kesukaan buwel tuk buka puasa bergizi ya, thanks neh infonya...

    ا شين said...

    Muatab Kolang kalingnya...

    Bangauputih said...

    kalau bikin es buah buat berbuka, si putih bening ini harus ada baru es buahnya komplit, hehe

    Inuel said...

    kolang kaling itu gatal kulitnya :D, di deket rumahku desa ada pohonnya, dan getahnya gatal, tapi enak waktu di makan haha

    j4j said...

    kolang kaling rasanya kelenyes-kelenyes gimana...!!!

    orang kampung said...

    hmmm jadi ingat masa kecil dikampung halaman nih sob, saia lumayan mahir untuk mengolahnya.. malahan pernah saya nangis semalaman suntuk akibat gatel kena getahnya nih buah..
    tengkyu sudah mengenangkan saya akan kampung halaman..

    Kedai Obat said...

    Wah, pecinta makanan juga ya?? hebaring.. salam kenal

    riFFrizz said...

    hmm, saya merasa kurang lengkap buka puasa saya tanpa kolang kaling yang kenyal kenyal itu !!

    TUKANG CoLoNG said...

    gambarnya makin tambah bikin ngiler..:-q

    sawali tuhusetya said...

    kolang-kaling memang termasuk minuman favorot saya dan keluarga selama ramadhan, mas. terima kasih infonya,

    Elvindinata said...

    kalo ini di kasih satu magkok mau satu panci,,ahahhahaa... favorit ane dari dulu sob,hihihi

    ndop said...

    besok mau ngasih duwit ke ibu ah, buat beli kolang kaling, wekkkeke..

    Gaphe said...

    humm. sedap tuh fotonya keliatannya.. paling cocok kolang-kaling alias buah atep itu dimasak ama kolak ubi atau campur ama es kelapa. Kalo dimasak lain kek es campur saya malah nggak suka. *keraas*

    Sudinotakim said...

    Makanan yang mantap...cocok utk buka puasa sore ini..he..he

    ekopras said...

    aku suka nih kolang-kaling, sedapnya berbuka dengan kolang kaling

    joanna said...

    wahh enaknyaaa..kolang kaling memang bikin seger apalagi berada di dalam es campur..hmm ;)

    dian said...

    Jadi terbayang ibu kos kemarin memasak kolang-kaling sampai aromanya keluar kemana-mana.
    Aduh... jadi pengen cepat sore nih :)

    Fatimah said...

    ada resepnya kah?

    julie said...

    gak suka kolangkaling :(

    Muhammad A Vip said...

    Karena nggak ada rasanya saya nggak terlalu suka kolang-kaling, tapi kalau menyimak ada manfaatnya juga rasanya tak salah memakannya walau kadang bingung, kok barang seperti ini banyak yang doyan.

    windflowers said...

    segernyaaa...heheh..jd pngen bikin...tar ah..sore..hihihi..

    attayaya jadi anak smp said...

    aku suka kolang kaling manisssss

    Fajar said...

    kolang kaling memang menyegarkan om..

    Camajuyas said...

    sedap betul itu kolang kaling...cleguuk..

    bintangair said...

    nyamm...nyamm...
    mau lagi dunk....
    *nyodorin mangkuk*

    febriyanto said...

    enak, apalagi dibuat kolak.... kalo jaman saya SD dulu suka ama yang namanya sate kolang-kaling... :D
    derita pas buatnya ga seindah rasanya......

    ARUS RASYID said...

    Jadi kandungan kolang-kaling itu sebagian besar air ya? Tapi kok kenyal banget kalau dimakan. Ah biarlah. Yang jelas sy suka kolang-kaling, apalagi kalau udah dibikin manisan...sedappppp....

    catatan kecilku said...

    Kolang kaling... aku suka itu.. hehehe

    Keping Hidup said...

    kolang kaling kalau dimakan agak kenyal kadang2 langsung ditelan :D

    tomo said...

    kolang kaling ini uenak tenan mak nyus kawand

    tomo said...

    thanks atas doanya ya

    masndol said...

    mantap resepnya jadi pengen nyoba deh

    masndol said...

    mantap resepnya jadi pengen nyoba deh

    7 taman langit said...

    kolang-kaling
    sajian nikmat untuk buka puasa

    takuya said...

    kolang kaling.. hmm.. untung-untungan sih, kadang ada yg kalo digigit keraass, kadang ada yg rasanya asem, huhuhu..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger