Origami, Menyulap Kertas Menjadi Karya Seni

Posted on
  • Thursday, September 2, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Dari selembar kertas biasa, di tangan ahlinya dapat disulap menjadi bentuk-bentuk yang menawan. Mulai bunga-bungaan, berbagai macam binatang hingga bentuk-bentuk seperti pesawat, mobil. Itulah seni melipat kertas yang biasa disebut origami.

    Meski identik dengan Jepang, namun tanpa banyak yang tahu, ternyata sejatinya origami ini berasal dari Cina. Yakni pada tahun 105 Masehi, setelah kertas ditemukan di negeri tersebut. Dan baru pada tahun 610 M ketika di Jepang mulai diperkenalkan teknologi pembuatan kerta, maka seni origami mulai dikenal di negeri sakura tersebut. Hanya saja, ketika itu origami tidak diperkenankan menggunakan alat bantu seperti lem maupun gunting, juga tidak diperbolehkan memotong kertas.

    Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang ori yang berarti lipat dan gami yang bermakna kertas. Semula di Jepang origami biasa diperkenalkan pada ritual minum sake, namun pada perkembangannya origami berubah menjadi bagian yang sangat penting pada upacara-upacara adat dan ritual keagamaan.

    Origami bahkan lebih jauh juga digunakan sebagai simbul-simbul perdamaian. Yakni ketika seorang bocah, Sasaki Sadako, yang berasal dari Hiroshima, yang menderita cacat akibat radiasi dari bom atom, saat tentara sekutu meluluhlantakkan Hiroshima dengan bom tahun 1945. Sadako membuat tidak kurang 1.000 origami perdamaian, yang kemudian berhasil menginspirasi dunia.

    Seperti di belahan dunia lain, seni melipat kertas tersebut juga merambah ke Indonesia. Berbagai kursus maupun sekolah origami mulai bermunculan dan mendapat respons dari masyarakat. Origami mendapat tempat di hati masyarakat selain karena nilai estetiknya, tapi juga karena bermanfaat untuk melatih kesabaran, ketelitian bahkan dapat digunakan sebagai alat terapi bagi para lanjut usia.

    Pada anak-anak, origami juga mempunyai dampak yang positif. Yakni melatih motorik anak sekaligus sebagai sarana bermain yang aman dan murah. Selain itu origami juga mengajarkan anak untuk focus, serta disiplin. Juga origami membantu anak untuk mengembangkan imajinya. (sumber: kompas.com; tempointeraktif.com; wikipedia.com; gambar: gbiputera.org)

    39 comments:

    blogger admin said...

    jepang kreatif, kita juga harus bisa

    krupukcair said...

    wah, itu admin sendiri yang koment ya? di muat foto lain hasil origaminya dong....!!

    Camajuyas said...

    wah...origami yanng merah itu mau om...ikan lele yang mahal...

    Fajar said...

    origami...maianan anak khas jepang.. kenapa kita ndak bisa memperkenalkan budaya kita kepada dunia internasional.

    joanna said...

    origami memang kesenian yang indah, dibutuhkan ketelatenan juga..tapi pas di china itu tadi katanya ga boleh memotong kertas, dll..susah juga ya..salut deh buat yg bisa origami.

    joe said...

    krupuk cair:

    itu yang koment bukan admin blog ini kok...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    lucu bentuknya ya

    Me said...

    saia sangat kagum dengan seni origami ini mas

    TuSuda said...

    Ingat masa SD dulu sering bikin origami, sekarang sudah lupa bagaimana caranya ya..

    Manajemen Emosi said...

    Ayo ikutan dalam NASIONALISME BLOGGER CINTA INDONESIA...
    Buktikan RASA NASIONALISME MU.....ikutan yo mas

    febriyanto said...

    orang jepang emang kreatif......, ga salah tu anak2 TK diajarin gtuan gan... :D

    Rubiyanto said...

    keren tuh, kapan ya bisa belajar seni melipat kertas seperti ini

    sawali tuhusetya said...

    saya bener2 baru tahu kalau ternyata origami itu berasal dari cina. banyak orang bilang permainan ini dari jepang. hmm .... saya sepakat banget kalau origami bisa membikin anak2 kreatif, memadukan antara otak kiri dan kanan.

    Sudinotakim said...

    Makasih info ilmu pengetahuannya mas

    Gaphe said...

    Dulu pas kecil saya ingeet banget seneng mainan lipat-lipat kertas, sampe kadang ibu saya marahin saya karena buku tulisnya cepet abis gara2 disobekin buat bikin kapal, pesawat, bola, de el el

    rezKY p-RA-tama said...

    aku minta dunk duitnya,,
    yang merah2 itu,heheh

    CORETAN HIDUPKU said...

    Memang kreatif seni origami jepang ini. Kita pun, harus bisa mencontohinya dengan mencoba kreatifitas yang luar biasa pula.

    TUKANG CoLoNG said...

    itu uangnya bisa kok pake pecahan yg lebih kecil, kan kasian duitnya..:D

    attayaya jadi anak smp said...

    origami ikannya bagus banget
    banyak kebudayaan jepang yg berasal dari china

    Muhammad A Vip said...

    yang di gambar itu asik kalo dibagi-bagi mas.

    exort said...

    pingin banget belajar origami tp gw bukan org yg telaten dan sabaran

    Kedai Obat said...

    Postingan ini mengingatkan saya kembali, tentang seni melipat kertas ala Jepang, Origami.. trims buat artikelnya, informatif..

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    dari kertas ak cm bs bikin perahu2an aja hehee

    masndol said...

    kq bisa cantiq2 gitu yak
    apalagi kertasnya pake duit, mau mau

    bintangair said...

    uwaaaa pengennya belajar melipat kerta lagi..
    udah banyak yang lupa...

    catatan kecilku said...

    Aku akui, bahwa utk urusan melipat kertas, orang2 Jepang adalah jagonya.

    the others.... said...

    Aku gak pandai dalam urusan melipat kertas... :(

    Anggi Zahriyan said...

    Hasil dari kretifitas yang mengagumkan :D

    kosong said...

    koyo iwak tenanan

    FaiS said...

    jadi ingat masa SD ni disuruh buat origami burung tp skrang dah lupa pdhL dLu lincah bnget..

    ekopras said...

    saya suka gambarnya tuh, berapa harganya ikan berduit gitu

    Anonymous said...

    Wah baru tahu nich,origami aslinya dari China...

    trafficsakti said...

    baru tahu nich origami aslinya dari china..

    download film gratis said...

    saya paling banter bisa bikin pesawat, perahu, sama robot thox... salut untuk orang jepang deh.. 4 jempol

    Ima said...

    wah cantiknya....

    firman said...

    ingin sekali belajar, untuk anak2 dirumah

    obat sakit kepala sebelah said...

    sippp trims abis... bermangaat sekali buat saya

    JANTUNG BOCOR said...

    kreatifitas tanpa batas,.,.

    KISTA said...

    info yang sangat bagus sekali gan,.,.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger