5 Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Menerima Pekerjaan

Posted on
  • Wednesday, July 16, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Mendapatkan pekerjaan idaman bukan sesuatu yang mudah di jaman dengan persaingan ketat seperti ini. Sebab lapangan kerja yang tersedia seringkali tidak sebanding dengan orang yang akan mengisi jabatan tersebut. Namun setelah lolos serangkaian seleksi dan wawancara bukan lantas kita bisa langsung menerima pekerjaan tersebut. Karena ada hal-hal yang harus dipertimbangkan masak-masak sebelum menerima suatu pekerjaan:

    Kompensasi. Apakah kita cukup dengan gaji yang diterima berdasarkan tanggung jawab pekerjaan dan tugas yang akan diemban nantinya? Selain itu harus dipertimbangkan juga nantinya jenjang atau kenaikan gaji yang akan diterima jika sudah menerima jabatan itu. Uang bukanlah segalanya, tapi pasti merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan.

    Kontribusi terhadap perusahaan. Apakah kita merasa seperti telah berkontribusi pada perusahaan saat ini? Apakah pekerjaan itu akan membuat suatu perbedaan? Semua karyawan tentu ingin merasa karyanya dihargai dan diapresiasi dan itu memberikan kontribusi untuk bisa bekerja lebih giat lagi. Berdasarkan hal tersebut ada dua cara perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan kayawan yaitu dengan membuat mereka merasa lebih dihargai dan dengan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk berkontribusi di luar tanggung jawab saat ini.

    Rekan kerja. Apakah kita akan mendapatkan rekan kerja yang baik atau tim yang solid? Ketika wawancara dengan perusahaan baru, apakah kita mendapatkan kesan baik tentang bagaimana mereka akan memperlakukan kita di tempat kerja? Sebab kita akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan rekan-rekan kerja dari pada yang dilakukan dengan keluarga, maka kita harus memastikan bahwa kita suka dan menghormati orang-orang di pekerjaan tersebut.

    Iklim perusahaan. Apakah iklim kerja perusahaan tersebut cocok dengan kepribadian, gaya kerja, nilai-nilai dan moral? Jika tidak, apakah ada pekerjaan di tempat lain yang lebih cocok? Kita akan menghabiskan sebagian besar waktu di tempat kerja, jadi penting untuk mengetahui apakah iklim kerja perusahaan cukup baik dengan keyakinan kita.

    Jenjang karir. Apakah kita memiliki kesempatan untuk melanjutkan mengikuti pelatihan atau pendidikan di luar pekerjaan yang dapat membantu lebih maju dalam karir? Ataukah kita memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan promosi? Akankah ini berlanjut jika pindah ke pekerjaan lain? Menilai apakah kita punya peluang untuk berkembang akan membuka pintu baru saat kita berganti pekerjaan nanti. (ref: businessnewsdaily.com/ill: cio.com)

    32 comments:

    Abdur rahman said...

    ke 5 hal ini memang harus dipertimbangkan ya gan, sebelum kita melangkah lebih jauh.

    Firman Ardyansyah said...

    ya, betul sekali pengalaman pun bisa dimasukan :)

    Yessi dian said...

    Setuju, tetapi untuk freshgraduate mungkin gak semua pertimbangan di atas sepenuhnya bisa dipenuhi.. Lebih utamanya punya pegangan dulu untuk ngasah pengalaman dan kompetensi.. Tambahan pendapat dari saya :)

    Budi Smart said...

    bisa dijadikan bekal setelah melamar pekerjaan nih. makasi infonya...

    ririn said...

    pertama memang gaji ya mas, jadi apakah pekerjaan tsb layak tidak kalau dapat gaji segitu :D

    Ahmad Fathoni said...

    Kompensasi yang paling utama, hehe

    Ficri Pebriyana said...

    iya mas betul sekali,
    kita juga harus saling menguntungkan ya mas dengan perusahaan tersebut...

    #walidin_wall said...

    pemikiran yang sangat bagus untuk dibaca..
    semoga artikel ini bisa masuk di google search dan banyak dibaca oleh banyak pencari kerja.

    Uda Awak said...

    Kompensasi menyangkut kesejahteraan. Kesejahteraan akan mempengaruhi semangat dan gairah serta produksi kerja. Terima kasih atas inspirasinya...

    webctfatimah said...

    Assalaamu'alaikum wr.wb....

    5 hal di atas memang perlu dipertimbangkan terutama yang disangkutkan dengan peluang melanjut pelajaran. namun untuk memastikan rekan kerja yang harmoni memang sukar selagi kita belum berkolaborasi dengan mereka dan diterima kerja di sana.

    Salam Ramadhan yang mulia dari Sarikei, Sarawak. :)
    SITI FATIMAH AHMAD

    Beby Rischka said...

    Jadi panduan buat aku nih, Bang.. :)

    mang yono said...

    Kelima Pertimbangan diatasa bisa dijadikan bekal untuk memulai melamar pekerjaan ya mas

    Seputar Dunia Ponsel dan HP said...

    gaji yang penting bang
    besarnya gaji berapa?

    Obat Sakit said...

    suasana kerja, rekan kerja yang baik akan terasa sangat nyaman. kalo tidak nyaman melakukan pekerjaan berarti terpaksa, dan kalo sudah terpaksa, makan akan selalu hadirlah penyakit yang bisa menyebabkan sakit

    Djangkaru Bumi said...

    kompensansi dan jenjang karir yang lebih menjadi acuan saya.

    Apkbaru said...

    siip mas,, nice artikel...
    salam kenal...
    ditunggu kunjungan baliknya ya.. :D

    febriy said...

    sangat memberikan pengetahuan yang berguna, terutama bagi para pelamar kerja, atau bahkan yang sudah bekerja... kebetulan belum pernah mencoba melamar kerja secara formal di dunia nyata... point terakhir ttg jenjang karir terus menghantui saya yg bekerja secara telecommuting, hhe... :D

    Djangkaru Bumi said...

    Tapi sampai sekarang aku masih menjadi pelamar yang gagal :)

    db-tip said...

    terima kasih banyak infonya mas.
    kunjungi balik ya
    db-tip.blogspot.com

    Amri Evianti said...

    pnting banget pertimbangan diatas, agar kerja bisa nyaman dan saya lebih suka kerja di bidang wirausaha bang lebih puas hehehe

    wongcrewchild said...

    5 hal yang mesti diperhatikan, kerja lebih nyaman

    Mat Gembul said...

    masalahnya, belum ada yang mau ngasih saya pekerjaan.. :3

    ilham efendi said...

    jenjang karir pentingb banget tuh sob, thanks infonya

    heriyanto saputra mandala said...

    kompensasi yang menurut aku paling penting mas, iya tentu semua orang yang bekerja ingin dibayar dengan jumlah yang sepadan dengan apa yang telah dikerjakan :D

    Dian A K said...

    bagus sekali mas infonya, saya sangat setuju sekali.:) (y)
    nomor 5 penting sekali. Bermnfaat mas :D hehehe

    Opung said...

    5 hal ini memang wajib dipertimbangkan sebelum positif memutuskan untuk menerima sebuah pekerjaan. Jangan sampai menyesal setelahnya.

    Blogs Of Hariyanto said...

    selamat lebaran..mohon maaf lahir batin,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    Comtel Cell said...

    itu memang harus dipertimbangkan sebelum menerima pekerjaan yia bos...

    oya, mohon maaf lahir batin yia...

    Intan Sudibjo said...

    kebanyakan orang langsung merasa puas setelah mendengar berita lulusnya dari segala tes, tapi ternyata ada tantangan lain yang lebih nyata setelah itu :)

    Tips komputer said...

    Kalau soal pekerjaan saya masih bingung mau kerja apa :'(

    db-tip said...

    Terima kasih banyak informasiny.
    kunjungan balik saya
    db-tip

    lagu said...

    post analysised anythings are so detail, and with me can finding a suitable job is so difficult, now i can find a job but that is not i want, anythings are so good but will do that until i can .

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger