Fakta-Fakta Seputar Kentut

Posted on
  • Saturday, March 1, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Fakta Kentut
    Kentut atau flatulensi adalah peristiwa keluarnya gas dari dalam perut melalui lubang anus. Penyebab keluarnya gas di dalam perut adalah karena gerak peristalik usus sehingga membuat udara terdorong keluar. Gerakan peristaltik dalam usus itu juga yang membuat ampas sisa pencernaan terbuang melalui lubang pembuangan. (Baca juga posting Dari Mana Datangnya Kentut?) Apa saja yang menyebabkan kentut,dan apakah kentut yang bau itu pertanda sakit? Inilah fakta-fakta seputar kentut:

    Permen karet dapat menyebabkan kentut. Setiap kali Anda menelan udara itu dapat menyebabkan kentut. Demikian juga dengan makan atau minum yang terlalu cepat, minuman bersoda, merokok dan mengunyah permen karet dapat membuat Anda sering kentut. Tapi penyebab utamanya adalah masalah pemecahan makanan dalam usus Anda.

    Naik pesawat dapat menyebabkan kentut. Perubahan tekanan udara dapat berpengaruh pada kondisi perut kita. Untuk membantu menjaga gas di dalam perut, perhatikanlah apa yang Anda makan sebelum dan selama penerbangan Anda. Makanan tertentu, seperti kacang-kacangan sebaiknya kita hindari. Bila masih khawatir kita bisa mencoba pakaian yang dilapisi dengan karbon. Ada beberapa merek yang tersedia, dan mereka dirancang untuk membantu menyaring bau kentut.

    Semakin tua semakin banyak kentut. Seiring dengan bertambahnya usia maka system pencernaan akan melambat, khusnya pada orang-orang yang mulai menua. Pada umur itu mungkin akan semakin sering sembelit hal yang menyebabkan sering merasa kentut. Bahkan beberapa obat pencahar yang membantu sembelit juga dapat menyebabkan kentut.

    Berapa kentut yang normal dalam sehari? Normalnya dalam sehari kita kentut 13 – 21 kali. Seringnya bersendawa atau kentut, itu adalah tanda bahwa sistem pencernaan kita cukup sibuk. Tapi jika ternyata kita lebih sering merasa kentut dari hari-hari biasa hal itu kemungkinan besar berhubungan dengan sesuatu yang kita makan. Dan jangan khawatir karena itu tidak berbahaya.

    Kentut yang bau pertanda sakit? Kebanyakan kentut tidaklah berbau tapi jika berbau tidak enak biasanya disebabkan oleh belerang di sistem pencernaan anda dan hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Yang perlu diwaspasari adalah jika diikuti dengan gejala lain seperti sakit perut maka segeralah konsultasikan dengan dokter. Sebab dikhawatirkan telah terjadi infeksi, atau gejala tubuh tidak mampu mencerna laktosa dalam produk susu. Atau Anda bisa memiliki penyakit celiac - masalah pencernaan gluten - yang ditemukan dalam gandum dan biji-bijian lainnya. Dokter mungkin merekomendasikan perubahan diet dan suplemen atau resep obat untuk membantu.

    Makanan mengandung karbohidrat menyebabkan kentut. Setiap orang berbeda dan makanan yang menyebabkan kentut untuk satu orang mungkin tidak sama dengan yang lain. Tapi secara umum, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi menyebabkan lebih banyak kentut.  Sementara secara umum, protein tidak memberikan kontribusi pada kentut, tetapi jika Anda memiliki masalah pencernaan laktosa, gula dalam susu, produk susu akan menyebabkan gas itu.

    Cara mengurangi baru kentut. Jika teman sekantor anda sedang kentut maka cara terbaik untuk menghilangkan aroma tidak sedap itu adalah dengan cara membuka jendela. Dengan membuka jendela akan membiarkan aroma kentut terhanyut dengan udara segara. Sebaliknya dengan menyemprotkan parfum atau menggunakan penyegar udara memang dapat menutupi aroma kentut tetapi mereka tidak mampu menyingkirkan gas itu.

    Olahraga akan mengurangi kentut. Berolahraga akan membantu menyingkirkan setiap udara berlebih di dalam sistem pencernaan. Untuk membantu mengurangi gas itu, lakukan olahraga secara teratur. (ref: webmd/ill: colonialmedical)

    46 comments:

    lilian said...

    duttttt.... bukan saya hehe

    Muya Devoteeshonesty said...

    waduuhh kok permen karet sama naik pesawat bisa menyebabksn kentut..
    baru tahu sekarang ini
    terima kasih telah berbagi seputar kentut hehehee

    Mas Onqi said...

    ternyata banyak juga ya fakta tentang yang namanya kentut ini
    hehehe

    ferdon naibaho said...

    waah, normal nya kentut 13 sampai 21 kali dalam sehari , saya 1 kali dalam sehari belum tentu mas, berarti ada yang salah nih dengan pencernaan saya
    thanks mas :)

    paridah said...

    salam petang selamat berhujung minggu...

    Valentino Febrian said...

    faktanya unik2 ya mas

    blogditter.com said...

    Wiih.. banyak juga ya ternyata penyebab kentut. Menarik! :D

    mandor said...

    pokoknya bukan saya mas yang kentut. Bukan saya, anda bisa menunjuk orang lain tapi jangan saya ya. Saya tidak kentut tadi. Bukan saya kok, kan gan ada buktinya. Not me ... not me .... hahahaha

    Anonymous said...

    ente yg kentut !

    Andi Lutfi Hidayat said...

    wah, kentut yah.. kalau kita yg kentut enak kalau yg isah kentut kita nyesek :D

    Pencerah said...

    kentoot, bisa bikin orang semapoot hhehehe

    Ione Nasition said...

    kentut 13 – 21 kali dalam sehari? Kok gue gak ngerasa, ya?Haha....

    Ahmad Fathoni said...

    nice artikel, apakah menahan kentut bisa menjadi penyakit( satu atau dua kali)...hehe pas ada rapat masa kentut kan harus ditahan...hehehe

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    memang sangat unik ya mas kalau fakta kentut ini di ungkapkan hehehe :D
    tapi memang kentut itu adalah alamiah yang ada di manusia :)

    sarofudin uzumaki said...

    dan kentut itu bikin lega bang hehe

    Yobert Parai said...

    biasanya di rumah sakit juga di tanya tuh pasiennya, gimana udah kentut gak hari ini :D, baru tahu tuh nama lainnya flutalensi :D

    nimda pns said...

    hehehe.. apa jadinya ya bila kita sudah gak bisa kentut lagi?
    syukurlah kita dibekali dengan kentut ini

    dedekusn said...

    Postingan kentut yang keren,
    Kentut memang menyehatkan ya, tapi jika keseringan, bikin polusi hehe...
    Thanks udah berbagi.

    irpan sah said...

    kentut ibarat buah simala kama.. ditahan sakit tapi kalau dikeluarkan bikin bau.. :D

    Blogs Of Hariyanto said...

    setuju banget...memang olahraga bisa mengurangi kentut......keep happy blogging always...salam dari Malassar :-)

    Marnes Kliker said...

    semakin tua semakin banyak ya kentutnya hehehe....

    Tersexy said...

    Selamat malam sobat. Maaf baru bisa berkunjung karena sibuk sekolah sobat.
    Artikelnya sangat bermanfaat sob tentang fakta kentut ini. Terus terang saya sering kentut sob soalnya sering masuk angin hehehe. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

    aldino.sya said...

    hehehehe...ane kalo byk makan telur...gak berenti kentut...melebihi batas normal Sob...! heheh..apalagi, kalo dimaen maenin..dibuat irama..bisa ane buat irama dangdut juga sob..

    Mohammad Robih said...

    Sebenernya males bahas beginian. Berhubung pengetahuan jadi baca ada deh hehe..

    Heri Assidiqi said...

    Satu lagi, kentut juga bisa membatalka wudu :D

    Valentino Febrian said...

    banyak banget kentutnya

    Iskandar Dzulkarnain said...

    ada2 saja :D
    nambahin lagi, ga bisa kentut, harganya mahal :P

    Hayardin Putra said...

    selamat malam Mas, sepertinya Point terakhir yang harus saya lakukan untuk mengurangi bau Flatus karena saya orangnya paling malas olahraga...

    irpan sah said...

    maaf gan joe.. tadi komentar agan di blog saya ikut ke hapus.. soalnya agan berkomentar pada komentar yang mengandung link hidup.. maaf ya.. :)

    Khaira Hisan said...

    nice share gan.. :) walaupun memalukan, tapi itu hal yang alami ya

    handri setiawan said...

    info nya sangat berguna mas salam sukses

    Dieqy Dzulqaidar said...

    buset, kentut yang bau pertanda sakit? baru tau ._.

    Mawan Cradlez said...

    pantes dulu pas naik pesawat serasa pengen kentut saja,hehe

    Akhmad Muhaimin Azzet said...

    Dalam sehari normalnya kentut paling sedikit 13 kali to...
    brarti kalo kentutnya hanya 5 kali kurang normal yaa...

    richo muhayatur said...

    baru tau ane, heheheh:)

    rhey bond said...

    Tfs bang joe ;)

    nunu said...

    Owalaaaah baru tahu kak joe

    Jagad Kawula said...

    tiuuut..... klo saya banyk kentutny klo lg masuk 'aiiin :)

    Indra Kusuma Sejati said...

    Ternyata ada batas ambang normal dan abnormal untuk jmlah kentut ya Kang ? Hm,,,,, :D

    Salam

    Mohammad Robih said...

    Hehe dari kemarin topiknya masih ini hehe

    Mawan Cradlez said...

    kentut menyebabkan kantuk.. :D

    Free Game and Software said...

    masih seputar kentut nih mas/..ditunggu atikel berikutnya

    mang yono said...

    waw keren mas, kalau bersiul bisa mengurangi kentut ndak ya, khan bersiul buang air keluar hehehe

    comtel cell said...

    saya ga baca ah... baca judulnya aja udah ngakak apalagi faktanya, hehehe.......

    handri setiawan said...

    wah asal jangan kentut didepan presidan aj mas

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kentut ini memang hal alamiah ya mas, tapi kalau kentut di sembarang tempat bisa bikin malu :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger