Berbagai Macam Variasi Vegetarian

Posted on
  • Wednesday, March 5, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • macam vegetarian
    Ada yang percaya bahwa salah satu sebab berbagai macam penyakit degenerative ke dalam tubuh adalah konsumsi makanan yang tidak terkendali, khususnya daging dan berbagai macam produk olahannya. Kemudian orang mulai beralih untuk menjadi vegetarian, artinya mereka hanya boleh mengkonsumsi makanan yang berasal dari berbagai macam sayuran atau tanaman. Namun kemudian muncul berbagai macam aliran atau modifikasi dari vegetarian, dengan berbagai aturan-aturannya sendiri. Variasi dari vegetarian itu adalah:

    Flexitarian. Flexitarian berasal dari kata flexible vegetarian yaitu mereka yang makan-makanan dari sayur-sayuran tapi masih mengkonsumsi sedikit daging. Berbeda dengan vetarian murni, para pelaku flexitarian ini masih memberi tolerans bila pada waktu tertentu memakan daging. Misalnya dalam seminggu hanya makan ditemani sayuran sementara di hari Minggu boleh makan daging.

    VB6. VB6 merupakan kepanjangan dari Vegan Before Six, artinya sebelum pukul enam petang kita hanya boleh mengkonsumsi olahan sayuran atau buah. Setelah jam enam kita baru boleh mencicipi lezatnya daging.

    Meatless Monday. Merupakan salah satu jenis vegetarian yang dipopulerkan oleh artis Paul McCartney. Pada Meatless Monday sesuai judulnya tidak boleh mengkonsumsi daging dan segala olahannya pada hari Senin, sementara di hari lainnya boleh.

    Lacto vegetarian. Para pelaku lacto vegetarian ini tidak mengkonsumsi segala macam daging hewan, namun mereka masih meminum susu hewan. Sebab menurut anggapan pelaku aliran ini, susu adalah produk yang bias dikonsumsi dengan tidak menyakiti binatang yang bersangkutan, bias diperoleh tanpa harus mematikan binatang itu.

    Frutarian. Pada frutarian pelakunya hanya makan buah-buahan, biji-bijian ataupun kacang-kacangan yang memang kaya akan vitamin E. Sebenarnya vegetarian jenis ini selain melakukan diet yang sehat tapi juga berguna untuk mempercantik kulit dan awet muda.

    Lacto Octo Vegetarian. Vegetarian jenis ini hamper sama dengan lacto vegetarian, hanya bedanya mereka masih mentolerir makan telur. Alasannya telur belum berwujud hewan.

    Rawist. Rawist adalah sejenis vegetarian yang hanya mau makan sayuran-sayuran yang benar-benar murni, dalam arti tidak diproses, tidak dimasak dan tidak dipanaskan. Pelaku vegetarian jenis ini mengkonsumsi buah, kacang-kacangan, sayuran dan beras yang dihasilkan dari pertanian organic. (ref: Jawa Pos/ill: dietxnutrition.com)

    39 comments:

    ferdon naibaho said...

    ternyata banyak juga jenis vegetarian ini yaa mas, setahu saya vegetarian itu orang yang makan sayaur - sayuran
    thanks mas infonya :)

    Elsawati Dewi said...

    katanya orang-orang yang panjang umur itu kebanyakan vegetarian ya mas. karena mereka cuma makan makanan alami, bebas sama zat pengawet dan bahan kimia lainnya.

    muhamad riduan said...

    Saya kurang suka sayuran mas

    BAS SETUDIO said...

    banyak sekali jenis vegetarian, kalau saya termasuk apa ya?? hehe

    muhamad ratodi said...

    kayanya buat saya yang paling ringan dilakukan yang meatless monday deh..hehehe.. nice info kang :)

    Mas Onqi said...

    info yang menarik mas
    dan ternyata banyak ya jenisnya vegetarian

    Indri Lidiawati said...

    lengkap sekali penjelasan tentang variasi vegetarian mas, makasih sharingnya sangat menambah pengetahuan saya :)

    salam sukses n keep blogging :D

    Andreyan D. said...

    rawist ngeri banget gan. -_- sya mkan sayur aja gk bisa, apalagi sayur tanpa di masak.

    Feb Gemz said...

    kunjungan sore gan.. blognya sudah saya follow.. jika berkenan follback ya
    all-game-software.blogspot.com

    yuniarinukti said...

    Wih banyak juga ya jenis vegetarian.. penjelasannya semacam diktat sekolah yang semakin dimengerti semakin sulit dihapal, dari pada repot menghapal mendingan gak vegetarian-vegetarian ah, bikin pusing haha..
    yang penting aja sudah cukup :D

    Udhy said...

    kalau saya sich flexitarian, solanya masih suka makan daging sekali-kali tapi lama-lama jadi sering banget :)

    Blog Cara Sehatku said...

    Kalo diantara blogger yang koment di atas ne ada gak yang vegetarian. ,,,?

    Ione Nasition said...

    wah, kayaknya saya bisa nerapin yang nomor satu...dan nomor tiga

    JuraganTekno.com said...

    jadi semakin tau saya tentang vegetarian :D

    irpan sah said...

    ternyata banyak ya gan variasi vegetarian.. kalau saya malah sebaliknya... ga suka banget makan sayur.. tapi kalau sediki2 bisalah..

    Virlyz Nyzam said...

    banyak makan sayur sangat bermanfaat untuk kulit

    Mohammad Robih said...

    Untung gak bhas kentut lag hihi

    Rizal Uye said...

    banyak yang hidup sehat harena vegetarian karena makanan nya alami

    mandor said...

    Vegetarian tidak ada masalah dengan zat kimia. Perlu diketahui bahwa sebutir jeruk banyak sekali mengandung zat kimia yaitu Vitamin C dan H2O hahahaha
    Orang yang vegetarian biasanya hidupnya lebih sehat

    comtel cell said...

    kalo ditempat saya vegetarian namanya ijoan bos, hehehe...........

    Ahmad Fathoni said...

    artikel yang bermanfaat gan...thanks informasinya

    ALL Game Software said...

    bentuknya unik yang gambarnya itu mas..

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    ternyata banyak juga ya mas variasi vegetarian itu. Jadi kita bisa tahu ya macam macam nya :)

    aldino.sya said...

    yg jd pertanyaan...apa penyebab dr ini smua sob...!

    Berita Hari Ini said...

    ane nggak sanggup sob kalau makan tanpa nasi hehe soalnya sudah terbiasa makan dan sarapan nasi. Kalau vegetarian kan hanya makan sayur ya sob

    handri setiawan said...

    wah info nya sangat berguna ni mas ijin foto kopi aj

    Heri Assidiqi said...

    Ternyata variasi vegetarian itu banyak sekali ya... makasih sob infonya, sangat bermanfaat :)

    Mazt Feb - ALL GAME SOFTWARE said...

    Kunjungan pagi ma

    rhey bond said...

    saya juga pernah dengar vegan.. apakah sm dgn istilah raw?

    Muhammad Affip said...

    aku sih masih gak tertarik dengan vegetarian. bagiku asal halal oke lah, kuncinya tidak berlebihan

    kiki said...

    wah harus dibuatin jadwal nih ya gan biar bisa pham waktu yg tepat untuk vegetarian :D

    AuL Howler said...

    Kalo aku kayaknya nggak masuk klasifikasi vegetarian manapun deh..
    apa aja dimakan. nggak dibates-batesin
    X))))

    Yahya Doank said...

    Izin nyimak aja sob,,

    heriyanto saputra mandala said...

    ternyata banyak juga jenis-jenis vegetarian, baru tau saya, postingannya nambah wawasan :D

    nunu said...

    Flexitarian lebih friendly... eh meatless monday juga... malah lebih friendly bagi carnivora hahhaha

    Ririn said...

    saya malah nggak pengen jadi vegetarian mas. nanti mlah bisa sakit perut saya gara-gara nggak makan nasi :)

    dicintai said...

    katanya kalau mau diet itu bisa juga menjadi vegetarian ya mas. Sehingga cepat ramping tubuh nya :)

    Kuliner Balikpapan said...

    Baru tau saya macam macam vegetarian. berarti saya bisa masuk di vegetarian juga dong. Before Six

    pia legong bali said...

    wah harus dibuatin jadwal nih ya gan biar bisa pham waktu yg tepat untuk vegetarian

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger