Bahayanya Jika Sering Menahan Kencing

Posted on
  • Monday, March 10, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Kadang perasaan ingin buang air kecil menjelang tidur terasa menjengkelkan, apalagi jika kamar mandi terletak cukup jauh, sehingga jika tak terlalu kebelet mungkin bisa ditahan hingga keesokan harinya. Tapi tahukah, kebiasaan menahan kencing, jika dilakukan terlalu sering bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan.

    Umumnya kandung kemih manusia bisa menampung air seni sekitar 300 – 500 ml. Namun, tak harus menunggu hingga penuh, saat kandung kemih kita terisi urine sebanyak 150 – 200 ml saja sudah ada perintah ke otak yang mendorong kita untuk timbul rasa ingin ke belakang.

    Jika semakin lama kita menahan perasaan ingin buang air kecil itu, maka akan semakin banyak juga urine yang akan ditampung di dalam kandung kemih. Ketika kandungan air kemih mencapai volume 500 ml akan membuat dinding melar dan menipis. Pada kondisi ini, jika kandung kemih terlalu sering melar akibat menampung volume urine maksimal akan mengakibatkan kandung kemih tak mampu lagi memompa urine. Akibatnya aka nada sisa urine di dalam kandung kemih. Sisa urine ini akan mengendap dan sangat mungkin endapan itu akan menjadi batu. 

    Selain itu sisa-sisa urine di dalam kandung kemih juga bisa menimbulkan infeksi pada saluran ginjal dan kandung kemih. Dan kemungkinan terbentuknya batu di kandung kemih lebih banyak terjadi pada kaum pria, disebabkan saluran pembuangan air kecilnya lebih panjang dibanding wanita.

    Tak ada waktu yang pasti kapankah seseorang yang sering menahan kencing itu akan mengalami resiko di atas. Tapi seseorang yang terlalu sering menahan kencing biasanya akan mengalami resikonya setelah enam bulan. Sementara resiko timbulnya batu di kandung kemih akan terbentuk setelah satu tahun.

    Batu yang sudah kadung terbentuk di kandung kemih satu-satunya jalan untuk mengeluarkan adalah dengan cara dioperasi. Namun bila belum timbul pembatuan, seseorang yang mengalami pelebaran dinding kandung kemih dapat dinormalkan dengan cara terapi. Jadi daripada harus mengalami resiko tersebut, yang terbaik adalah segera ke toilet begitu terasa, sebab menahan buang air kecil bukanlah kebiasaan yang baik. (ref: Intisari/ill: aliexpress)

    53 comments:

    lilian said...

    pertamax huhu

    baho punya said...

    kejadian seperti di atas sering ketika dalam perjalanan menggunakan bus, ternyata kalau menahan terlalu lama menyebebkan penyakit ya fatal, thanks mas :)

    bang baho said...

    waah, saya pernah itu nahan buang air kecil
    bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya yaa mas
    terima kasih mas sudah berbagi inforrmasi :D

    paridah said...

    batu di dalam salur kencing sangat sakit n x menyelesakan eloklah hindari drpd perkara2 yg menyebabkannya..

    Nunu said...

    Biasanya aku nahan kencing pas di mol, ogah aja pakai tisue,,, baru kalau mol nya pakai air langsung ngetap deh #eh

    Ahmad Fathoni said...

    bahaya ya ternyata menahan kencing, perlu di hindari nih kebiasaan ini. terima kasih ya informasinya

    Ione Nasition said...

    gara2 nahan kencing, operasi jalan keluarnya, waduhh...

    Indri Lidiawati said...

    kalau kencing ditahan terlalu lama dan kemudian dikencingkan biasanya berakibat perut sakit krn kandung kemihnya marah ya mas, hehehe :D

    Ninda said...

    duh nahan pipis bahaya banget ya ternyata

    Purnomo Jr said...

    Kalo di dalem bus...
    Yg sering orang alami ..sampe nahan nya ya mas :)

    Yos LF said...

    Wihhhhh ngeri juga ya, kadang saya juga sering menahan pipis alasannya ya malas dalam hati pasti ntar ntar ntar ujungnya udah terlalu sakit baru saya kencing. thanks buat artikelnya sangat bermanfaat. silahkan mampir di blog Lombok 7og4nk bebas sara bebas pronografi isinya info wisata menurut saya sangat bermanfaat untuk di bagi. terimakasih

    MaYa KayLa said...

    Baahaya juga mas,,,,

    denif said...

    Waduuuh, ga berani2 lah mas, kadang kalo lg asik ngapin gtu kan ditahn mas meh buang air kecil...:(

    Ade Fitriani said...

    aduh bahaya juga ya mas..
    jadi takut nih kalo nahan kencing itu bahaya ....
    thanks ya mas udah share .. :)

    Elsawati Dewi said...

    yang saya tahu sih, bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.. ih serem banget kalo baca penjelasan ilmiahnya, pokonya sebisa mungkin kalau ingin buang air kecil harus segera dibuang.

    Yahya Doank said...

    Waaaaaaaah ternyata sangat berbahaya menahan kencing... Artikelnya bermanfaat sob. Makasih

    Ikhsan Iskandar said...

    wah mengerikan juga ya, dampak dari nahan kencing, saya sering melakukan hal ini jika sedang ada diperjalanan, kedepannya lebih baik saya akan kencing dijalanan daripada harus nahan kencing :)

    Intan Panjaitan said...

    Ada yang bilang bisa berakibat penyakit kencing batu...

    benar gak?

    Beby Rischka said...

    Sayangnya toilet umum di sini kurang bersih Bang, bahkan di dalem Mall. Makanya banyak yang masih suka nahan pipis. :(

    jenx indah said...

    Iya sih mas kalau nggak kebelet banget kalau malam memang malas..ternyata sangat berbahaya....harus hati-hati mulai dari sekarang

    Launna said...

    Thank you for your comment on my blog... have a wonderful day:-)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    untung saja saya nggak pernah nahan mau pipis soalnya pasti bikin penyakit ya mas :)

    Indra Kusuma Sejati said...

    Harus hati-hati nih ya agar tidak selalu menahan kencing. Lebih baik bisa di siasati deh dengan mencegah dari pada mengobati.

    Salam

    Muroi El-Barezy said...

    Wah ngeri jug a akibatnya yah sampai harus dioperasi segala
    Trims infonya sob

    Ruly Jenar Nakula said...

    Kalau saya sukanya nahan bayar utang !!

    Beranda Kata said...

    haha... ntar didatangi debt collector lho....

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    harus berhati-hati kerana mungkin ada infeksi dan penyakit batu karang (kencing batu)..

    Agustinadian Susanti said...

    setujuuu.. saya juga kadang kalau pas tidur suka kebelet vivis... sampe kebawa mimpi masuk kamar mandi mau vivis ga bs bisa ternyata saya lagi kebelet ke toiletbeneran hahaha

    kiki said...

    ngerii.. sya sering sekali nih gan menahan kencing soalnya takut ama air, dirumah airnya dingin banget soalnya kyk es.. brr.. mencoba berubah deh daripada menyesal kemudian

    rachmat said...

    lumayan fatal jga tuh efeknya ya gan klo udah resikonya jadi kencing batu... harus merubah kebiasaan buruk nih bagi yang suka nahan

    Arie Gond3s said...

    ngri juga ya mas ternyata akibat dari menahan kencing ini, harus diperhatikan dengan seksama ni mas,, thks atas info kesehatannya mas sangat bermanfaat ni

    Euisry Noor said...

    Berbahaya efeknya ya. Memang waktunya dikeluarkan, kalau ditahan malah jadi penyakit...

    Mas Onqi said...

    makasih infonya mas
    jadi tahu sekarang

    oyo sukarya said...

    ada solusi biar tidak kecing saat naik bus, sebelum naik bis jangan minum dulu, terus alihkan pikiran dari toilet/kamar mandi, mau coba

    handri setiawan said...

    iwah salah satu pos yang paling bermanfaat untuk kita semua semoga makin sukses mas

    Index Apk said...

    wuih, ternyata bahaya banget ya mas...

    Anthonie E. Pratama said...

    wah bahaya nih kalau terlalu sering menahan kencing, makasih infonya mas sangat bermanfaat buat menambah wawasan :)

    Senyum Syukur said...

    sangat bahaya ya..
    makasih atas infonya..

    RumahJurnalku said...

    Tapi bolak-balik ke kamar mandi memang kadang agak merepotkan, akhirnya jadi punya kebiasaan menahan-nahan buang air kecil.

    Cilembu thea said...

    hiyah emang kalau keseringan nahan kencing...lama kelamaan bisa jadi batu, kalau banyak seh lumayan bisa untuk ng'bangun rumah...luah ini batunya cuman sebiji doangan ge'...;o)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    menahan kecing memang bikin penyakit ya mas. Tapi kalau mau kencing ya sebaiknya di atur, jangan sampai kencing di sembarang tempat :D

    irpan sah said...

    Saya juga pernah denger gan ada orang yang meninggal karena menahan kencing terlalu lama.. ternyata karena ia terlalu lama menahan kencin terjadi infeksi di saluran kencicngnya.. infeksi inilah yang menyebabkan orang tersebut meinggal..

    Ngatemin Rosok said...

    Aku dah ngalami kena kencing batu gara-gara sering nahan kencing...... saran dokter agar operasi suruh nyiapkan uang 14 juta. Ditengah ngumpulkan uang batunya keburu keluar sendiri. Tipnya cuma minum air putih sebanyak2nya dan tiap pagi buat lari-lari. Tentunya ada peran herbal.

    Kisah Foto said...

    Bener gan, dulu saya sering menahan kencing gara2 keasyikan lagi melakukan hal yang menarik dll, sekarang udah berubah :)

    Sunandar said...

    Astaga.. makasih mas buat infonya, bermanfaat sekali.. mampir ya http://nandarious.com

    Erick Dozzis said...

    waduch,,_
    ngeri juga ya,,_
    padahal sering banget aku tuch,,_
    terima kasih info nya kang.

    Website kesehatan said...

    Terimakasih sob informasi tentang bahaya menahan kencing.

    Javas said...

    Yang ditahan2 emang bahaya gan :) apalagi kencing tapi paling sebel kalo lagi diperjalanan & naek bis umum ke luar kota :) kadang toiletnya bikin ga nyaman makanya suka ditahan2 atau kalau pas naek pesawat & pas sampe bandara toiletnya penuh terpaksa deh nahan2 dulu :)

    Richo A. Nogroho said...

    Menyeramkan efek buruknya. saya jadi ingat Pak Lek, beliau pernah dioperasi gegara kena kencing batu, sebabnya juga seperti itu, mas. seringkali menunda untuk kencing. baca artikel ini makin membuat saya mawas diri, makasih :)

    Nehand Bjn said...

    masalah sepele tapi efek yang ditimbulkan luar biasa gan,jadi takut nahan2 kencing lg. . .

    mahfud ti-c said...

    terima kasih uda bagi-bagi pengetahuan,,,,
    sungguh-sungguh sangat bermamfaat

    Mesin Kasir said...

    berawal dari malas, tapi efeknya membuat kita menderita.
    #ngeriiii

    tas branded batam said...

    bikin aq berpikir...
    selama ini banyak yang aq lupakan ..
    dengan adanya artikel ini saya sadar kalo banyak hal - hal yang sudah saya lupakan..
    makacih maz buat artikelnya...

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger