Tips Untuk Penderita Insomnia

Posted on
  • Thursday, February 13, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Tidur adalah salah satu kebutuhan penting manusia. Seperti juga mesin, tubuh kita membutuhkan istirahat untuk kemudian menjadi segar kembali dan siap beraktifitas seperti sediakala. Namun demikian tidak semua orang bisa menikmati tidur bahkan bagi beberapa orang, tidur adalah sesuatu yang sangat mahal harganya. Beberapa orang mengidap suatu gangguan tidur atau insomnia. Bila Anda adalah salah satu dari mereka yang mengalami kesulitan untuk tidur, berikut adalah tips untuk mengatasi insomnia:


    Jangan tidur siang. Tidur siang membuat keadaan menjadi lebih buruk jika Anda memiliki kesulitan tidur. Tetapi jika memang sudah tidak tahan lagi dan harus tidur siang, tidurlah sebentar saja sekitar 20 menit atau kurang dan sebaliknya dilakukan di pagi hari. Sebab tidur yang dilakukan dalam waktu delapan jam sebelum jadiwal tidur Anda bisa menyabotase tidur malam yang baik.

    Singkirkan jam. Ketika Anda belum juga tertidur dan melirik jam di kamar pada waktu larut malam, itu hanya akan membuat Anda menderita. Karena anda akan terus khawatir khawatir tentang beberapa jam yang tersisa sebelum hari sibuk Anda dimulai


    Perbaiki posisi bantal. Jika Anda terbangun dan merasa lelah dan leher kaku, salahkan bantal Anda. Bantal yang terlalu besar atau terlalu datar bisa menimbulkan masalah. Bantal yang baik harus mempunyai ukuran yang tepat untuk membuat leher Anda dalam posisi sejajar. Untuk posisi miring, hidung harus sejajar dengan pusat tubuh. Tidur dengan leher menekuk sebaiknya dihindari.


    Mengatur ritme tubuh anda.Tidurlah dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Rutinitas ini akan menempatkan otak dan tubuh pada siklus tidur dan bangun yang sehat

    Kurangi kafein. Kopi di pagi hari baik-baik saja bagi kebanyakan orang, tetapi segera setelah siang hati, hindari kafein dalam makanan dan minuman. Kafein mengganggu tidur kita bahkan dalam jumlah kecil yang ditemukan dalam coklat atau permen.

    Makan
    yang tepat di malam hari. Hindari makanan berat dan makanan besar di malam hari, sebab mereka akan berpengaruh pada sistem pencernaan dan membuat sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Beberapa orang melakukannya dengan baik hanya dengan snack di malam hari. Selain itu segala macam camilan harus dihentikan setidaknya satu jam sebelum tidur.


    Atur cahaya. Mulai dua sampai tiga jam sebelum tidur, redupkan lampu di sekitar rumah dan selesaikan pekerjaan apapun. Meredupkan lampu dapat member sinyal pada otak Anda untuk memproduksi melatonin, hormon yang membawa pada tidur. (ref: webmd/ill: silverspring)

    54 comments:

    sarofudin uzumaki said...

    pertamax diamakan :

    saya tidak pernah tidur siang ( alhamdulillah ) dan saya juga tidak imsomnia ( alhamdulillah lagi )

    makasih tambahan ilmu untuk hari ini mas bro hehe

    Indra Kusuma Sejati said...

    Kalau saya pas banget nih....... he,, he, he,,

    Salam

    Pakde Cholik said...

    Saya kalau tidur malamnya sering kancilen (nggak segera tidur)
    Terima kasih tipsnya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    Beranda Kata said...

    wah masak ganteng begini dibilang Jeng, Pak Dhe :-D

    Pakde Cholik said...

    Kirain Kiki itu nama cewek ,kayak Kiki Fatmala, Kiki Amelia
    Maaf ya Mas

    mandor said...

    ini bagus buat saya yang sering gak bisa tidur gara-gara mikirin kerjaan di pabrik

    de nif said...

    Tips ini saya bangt mas...:D thanks infonya...:)

    Payz0 said...

    saya insomnia klo ada TV, klo gak ada TV saya rajanya ngorok...

    Mas Onqi said...

    Ijin nyimak aja gan
    hehehe
    tips yang menarik buat penderita insomnia

    Etika Maria said...

    Kalau sulit tidur, saya biasanya minum susu putih.. Manjur banget loh :)

    paridah said...

    BAGUS TIPSNYA UTK CPT TIDUR...

    seo-paper said...

    thanks banget infonya mass . . .
    saya sering banget tuh susah tidur malam , , ,
    jangan lupa mampir diblog q yaaaa , , ,

    Hafian said...

    terimakasih infonya, bermanfaat sekali :)
    Salam hangat dari Surabaya

    baharudinwahida said...

    tambahan tips gan: Ikutilah sunnah Nabi Muhammad seperti: berwudhu sebelum tidur, menyibakkan tempat tidur, tidur miring ke kanan, baca dzikir-dzikir yang dianjurkan Nabi dll.

    BAS SETUDIO said...

    tapi kebanyakan para blogger nglembur di malam hari jadi disiang harinya pada tiduran mas. hehe

    astri damayanti said...

    terima kasih infonya .... yang sering diabaikan orang adalah tidur yang baik :)

    Gunawan Eka Saputra said...
    This comment has been removed by the author.
    Gunawan Eka Saputra said...

    Pling ssang krangin kafein nie kya'ya, hehehe.. tp d cba Gan...

    Laurencius said...

    Keren tipsnya Gan, dicoba ya biar bisa cepat pules tidurnya

    laili umdatul khoirurosida said...

    nice tips karena saya salah satu penderita insomnia ^^

    Muroi El-Barezy said...

    tips yang bermanfaat sob...makasih sudah berbagi tips insomnia ini...

    Pencerah said...

    makasih tipsnya, sudah hanpir 10 tahun saia mengalami insomnia

    irpan sah said...

    saya setuju gan dengan menyingkirkan jam... karena semakin liat jam semakin susah tidur.. :)

    giewahyudi said...

    Lebih tepatnya sih bukan singkirkan jam, tapi singkirkan hape. Kalau ada hape pengennya twitteran mulu..

    tipsaneh said...

    kalo saya malah orangnya gampang banget ketiduran sob. hehe. ^_^

    Mohammad Robih said...

    Alhamdulilah saya gak insomnia

    yusuf habibillah said...

    thanks gan tipsnya,, biarpun saya tidak mengidap imsonia tapi kadang-kadang ane juga susah tidur,,

    Ini Aku said...

    Setuju yang tentang jam.. ngelirik jam bukan ngitung udah jam segini harus tidur.. tapi ngitung sisa berapa jam tidurku :(

    khasiat daun sirsak said...

    tapi kalo sudah keasikan ngeblog masalahnya bukan susah tidur, tapi lupa tidur hehe

    Mawan Cradlez said...

    saya jarang tidur siang ,masih susah tidur malam mas.. hehe bagaimana itu solusinya :)

    wewengkon sumedang said...

    wah kebetulan ni mas, saya hampir selalu mengalami insomnia ini...jadi besoknya susah konsen kalau sedang bekerja...
    yang paling sulit untuk saya nampaknya mengatur ritme tubuh hehe...
    terima kasih mas atas tipsnya

    Dede Thea said...

    kalau saya sering menerapkan poin terahir yaitu mengatur cahaya lampu ,sehingga akan memudahkan kita untuk tidur,ini yang saya alami loh,

    Arif Rahman said...

    Wah cocok untuk saya ini gan.gara-gar imsomnia jd sering begadang....
    tks infonya..

    Abed Saragih said...

    Saya juga kena imsonia mas semenjak jadi blogger dan sekarang lagi perbaikan cara tidur sehat agar badan ini tetap sehat mas

    Rohis Facebook said...

    klo sy makan dimalam hari bikin tambah ngantuk, cz kekenyangan hehe,,
    makasih infox sob! *smile

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...
    This comment has been removed by the author.
    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    jangan sampai deh terkena insomnia, soalnya nggak enak ya mas :)

    Lusiana T said...

    Heeeeh susah ngilangin insomnia karena stress sejak rumahku dirampok, nggak bisa lagi tidur malam.

    Blog Orng said...

    Makasih gan infonya saya termasuk insomnia

    Baskoro Suryandriyo said...

    kalau aku makan malam jam 9 itu berpengaruh?

    Cilembu thea said...

    udah banyak cara dan metode yang pernah tak coba, bahkan pernah terapi ke dokter di singapura hanya untuk mengatasi tidur menjelang pagi setiap malemnya....ngga ada yang mempan tuh...
    sapah tau tips dari sini bisa bikin tidur dibawah jam 22.00 wib...sapah tau ya...;o)

    Ione Nasition said...

    saya malah gak bisa tidur, kalau lampunya diredupkan T_T

    Marnes Kliker said...

    wah ini dia penyakit yang susah saya atasi, intinya sie karna pola hidup saya yang tak sehat kayaknya...disaat malam menjelang tidur malah terbiasa ngopi dulu hehehe....

    shintaries said...

    kalo saya malah pengennya tidur melulu hehehe di angkot aja bisa mak nyes tau tau ketiduran. Kaya kerja rodi aja, jadi rasanya capek banget.

    Agus Supriyono said...

    Oke menambah pengetahuan saat ini saya belum juga imsonia, masih merasa kecapean jadinya kadang super ngantuk

    Kisah Foto said...

    "Singkirkan jam"

    Wah ini bener, saya sering lho insomnia, trus malah khawatir gara2 liat jam dan makin gak bisa tidur :D

    Prapto Ari Perwira said...

    bisa saya coba ini tips, kebetulan saya kalau malam susah tidur

    Ziant Shady said...

    Makasih tipsnya sob, saya bukannya insomnia, tapi emang cuma ada waktu bebas dimalam hari, soalnya dari pagi sampai sore saya sekolah

    Irfan Gani said...

    Info yang bagus sob :)
    sya sudah pernah melakukan semua aktifitas di atas, namun hasilnya tetap 0 haha
    udah bawaan dari sononya kali ye -_-

    Muhammad Lutfi Hakim said...

    Dari sekian tip yang sampean sampaikan, hanya yang pertama yang manjur. Kadang saya enggak bisa tidur karena suara dengkuran teman sekamar.

    Ina Rakhmawati said...

    info yang menarik, sob.
    bisa aku terapkan klo lg banyak pikiran
    :-D

    Lisa Tjut Ali said...

    postingannya bagus-bagus, blognya sudah saya follow ya

    Beranda Kata said...

    sudah saya follback mbak

    Tahu Tempe said...

    makasih infonya, sangat bermanfaat buat aku yang insomnia tingkat kabupaten, wkwkwk.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger