Fakta-Fakta Seputar Bitcoin

Posted on
  • Friday, February 14, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • fakta bitcoin
    Bitcoin adalah suatu bentuk mata uang digital yang digunakan untuk alat pembayaran alternatife dalam dunia online. Ide bitcoin adalah dari sosok bernama Satoshi Nakamoto yang diduga adalah nama samaran yang bisa jadi digunakan oleh beberapa orang. Sejak semula ide merancang bitcoin sebagai sistem terdesentralisasi di mana, tak ada satu lembaga yang bisa melakukan kontrol sehingga berpengaruh pada nilai mata uang ini. Seperti flappy bird yang juga sedang fenomenal, berikut adalah fakta-fakta seputar bitcoin:

    Mengapa mata uang digital? Karena tidak ada otoritas pusat, maka orang dari mana pun di dunia dapat bertransaksi secara bebas, tanpa biaya tambahan, tidak ada rekening bank dan dilakukan seketika. Mereka tidak dapat disensor atau uang mereka disita atau dikendalikan, seperti yang terjadi di beberapa negara yang tidak stabil. Kebebasan dari pemerintah itu berarti bahwa aturan bitcoin sepenuhnya diatur oleh pasar, tanpa campur tangan politik apapun.

    Bagaimana bitcoin diperdagangkan? Pada tingkat yang paling dasar, Bitcoins diperdagangkan dari dompet digital satu orang ke orang lain. Analoginya adalah seperti jaringan peer-to-peer seperti file-sharing, di mana jaringan komputer berinteraksi satu sama lain, tidak ada pusat kontrol, dan apa yang mereka berbagi itu bukan file tapi uang.

    Bagaimana kita melakukan transaksi? Pemilik Bitcoin akan memegang semacam dompet digital dan pembeli akan mengirimkan uang ke alamat bitcoin penjual, kemudian keduanya mengeluarkan tanda terima untuk kesepakatan. Karena itu bukan mata uang fisik, Bitcoins dapat dibagi dalam jumlah yang tak terhingga, sehingga pemegang dapat membeli kopi untuk sebagian kecil dari nilai dari bitcoin.

    Bagaimana Bitcoins diciptakan? Bitcoins "ditambang" serupa seperti emas, yang berarti ada pasokan terbatas di dunia. Namun ia bukan berada di dalam tanah, melainkan penambang bitcoin menggunakan komputer yang canggih untuk memecahkan algoritma komputer yang sangat sulit. Setiap kali penambang berhasil memecahkan salah satu puzzle kriptografi ia akan dibayar dalam mata uang

    Bagaimana Bitcoins dihargai? Seperti halnya emas, ada jumlah terbatas Bitcoins di dunia, dengan ambang batas adalah 21 juta Bitcoins dan diharapkan "ditambang" terakhir pada tahun 2140. Hingga saat ini ada sekitar 12 juta yang beredar. Dan sama seperti mata uang tradisional, tarif untuk bitcoin juga didasarkan pada pasokan dan permintaan di bursa global, dan diukur terhadap mata uang lokal. Unit standar representasi disebut BTC, mirip dengan USD. Bitcoins menyimpan nilai fiktif seperti halnya selembar kertas yang kita pegang tertulis di atasnya senilai Rp 100.000.

    Apa yang membuatnya berbeda dari mata uang biasa? Jumlah terbatas Bitcoins dan sistem desentralisasi Bitcoin adalah dua karakteristik utama yang membedakannya dari mata uang yang ada. Tidak adanya intervensi pemerintah pusat berarti tidak ada suatu campur tangan untuk menetapkan kebijakan moneter, di mana bank sentral dapat melepaskan atau membatasi pasokan uang untuk meringankan siklus ekonomi.

    Apakah bitcoin aman? Ada beberapa kendala yang dapat mencegah keberhasilan Bitcoin, di antaranya adalah tentang keamanan, kurangnya regulasi dan sifat transaksi yang anonim. Beberapa pengamat bertanya-tanya apakah adanya apresiasi besar terhadap bitcoin itu adalah suatu sinyal bahwa itu berasal dari para spekulan dan situasi itu bisa meledak pada titik tertentu. (ref: Huffington Post/ill: coindesk.com)

    49 comments:

    sarofudin uzumaki said...

    dan kabarnya pendiri ini di tangkap ya bang

    Mohammad Robih said...

    Ternyata bitcoin mahal ya :)

    Mukhamad Sholikudin said...

    Bitcoins ini gak masuk akal harganya :)

    Nailul Huda said...

    yang beginian saya gak mudeng mas hehe

    Beranda Kata said...

    gak apa-apa, thanks telah berkunjung

    Munawir Alfikri said...

    Wahh..
    kapan yaa saya punya Bitcion :D
    Mau dongg

    Mas Onqi said...

    trus kapan saya punya bitcoin ini, kan jumlahnya terbatas
    ehehehehe

    Hari FDay said...

    Di Rusia, bitcoin ini justru malah di block / tidak di izinkan :)

    Agus Setya said...

    nanti kasusnya sama kayak liberti reserve

    nunu said...

    Tahuku paypal untuk transaksi online, baru tahu bitcoin

    Mas Nady said...

    Saya belum pernah punya bitcoin mas. Biasanya sih pake paypal mas hehehehe

    obat tradisional sipilis said...

    bitcoin mata uang buat transaksi virtual ya mas

    muhamad riduan said...

    saya nggak tau cara main bitcoin ini, padahal katanya bisa untung besar

    irpan sah said...

    kayanya ga aman nih bit coin... ga ada regulasi soalnya.. segala hal yang ga di ataur ya bakalan kacau.. :)

    Ione Nasition said...

    Otakku belum bisa nangkap cara kerjanya

    Muya Devoteeshonesty said...

    Waahh baru dengar ini bitcoin..
    Yeah kalau menurut yg dituliskan diatas bitvpin ini kurang aman

    Yaumil Akbar Firdaus said...

    masih belum ngerti bang agak lemot sayanya hehe
    nyimak aja ah :)

    BAS SETUDIO said...

    ternyata ada yang seperti itu juga ya as. terimakasih infonya . .

    Dhicomp said...

    Ikut nimbrung aja ya Mas, baru dengar nih, nambah pengetahuan buat kami

    Kisah Foto said...

    Woh ini toh mata uang digital yang lagi ngetrend :D

    mandor said...

    saya nyoba-nyoba bitcoin ini. Gak kuwaat, kelamaan, harganya mahal.
    Tapi bener, sistem uang dengan jumlah terbatas dan desentralisasi tidak akan dipengaruhi oleh pemerintah maupun campur tangan politik. Hanya pasar jual beli saja yang mempengaruhinya

    puteriamirillis said...

    Untuk mengambil keuntungan, bagaimana cara kerja coin ini?

    fb said...

    bitcoin ini ternyata juga dinyatakan ilegal namun masih banyak yg memakainya

    Mohammad Robih said...

    Dateng lagi mas jo

    Indra Kusuma Sejati said...

    Bitcon kayanya kurang aman deh Sob. Tapi ga tahu juga sih.

    Salam

    Mohammad Isnaeni said...

    wah transaksinya anonim ya mas .. kalau ada nantinya ada masalah, gak ada yang bisa dimintai tanggung jawab ya mas ..
    btw, perusahaan tambang belum tentu bisa nambang bitcoin ya ... :d

    comtel cell said...

    waduh... sya malah baru tahu nih, hehehe.....

    Yusuf Desktop said...

    wahh,,, bitcoin sekarang mulai banyak diperbincangkan pada banyak blog, jadi sudah mulai populer ya.. tapi saya pernah dengar kalau itu tidak aman

    Mus Djono said...

    Bitcoin bisa jadi alternatif transaksi di dunia maya ibarat emas di dunia nyata gitu baru tahi saya. Tapi aman tidak yah transaksi dengan bitcoin ginih yang tidak ada otoritas yang mengendalikan peredaran gituh.

    post view said...

    ane baru tau nih bitcoin.. yang ane paham USD ama rupiah doank :D

    irpan sah said...

    bisa-bisa semakin mahal nih bit coint karena ketersediaannya yang terbatas.. :)

    Anthonie Eka said...

    sering denger seputar bitcoin ini tapi saya masih takut, takutnya nggak aman entar malah uang kita lenyap, makasih sharingnya sob :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    sekarang memang serba canggih ya mas, ada mata uang digital juga bisa buat belanja :)

    Nucky P.N said...

    saya belum pernah nyoba bitcoin mas tapi thank infonya mas menambah wawasan saya

    Ikhsan Iskandar said...

    sering banget denger tentang bitcoin, tapi gak pernah ngerti apa itu bitcoin, membaca penjelasan diatas saya jadi lebih paham tentang bitcoin. makasih bro buat sharingnya :

    ari.srg said...

    harga bitcoin sekkarang cenderung turun, dulu masuk angka $9xx tapi sekarang sudah ada di $6xx, kalau buat yang mau nimbun ya sekarang ini kesempatan

    heriyanto saputra mandala said...

    wah saya malah baru tau ada yang beginian,juga gk ngerti dengan sistem transaksinya. :D

    Khaira Hisan said...

    semakin canggih saja..

    handri setiawan said...

    bitcoin itu sejenis mlm atau investasi sih mas saya belum tahu soalnya nice pos

    Mohammad Robih said...

    Kunjungan rutin :D

    dua piksel - info gadget terbaru said...

    bitcoins lagi cetar... hehe

    rhey bond said...

    tfs bang joe, baru tau tentang bit coins ini..... hehehehhe

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    saya jadi penasaran nih sama bitcoin :)

    nimda pns said...

    Baru tau saya tentang bitcoin ini..

    Irowati said...

    Sering dengar tp br ngeh skrg...trimakasih infonya bang...

    Andre Kocak said...

    Nice Post ! , Postingan Berkualitas Keren Gan ^_^

    Blogwalking From Andrekocak Blog - SilverQueen,Cerita Bukan Dewasa
    Visit Back ~

    Rizkyzone.com said...

    awalnya saya sangat penasaran dengan bitcoin ini, tapi setelah saya pikir2, saya jadi teringat sama kejadian dlu yang namanya goldquest

    ketty husnia said...

    butuh konsentrasi penuh nih baca masalah bitcoin..:) but di-bookmark saja dulu .pasti artikel ini berguna!

    Anonymous said...

    tambang bitcoin d situs gratis aja, biar gak takut klo rugi.. kita internetan jg biar gk buaang duit, klo bs ngasilin duit

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger