Inilah Fobia-Fobia yang Aneh!

Posted on
  • Wednesday, February 12, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Fobia adalah suatu perasaan ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau pada suatu kondisi tertentu. Pada sebagian orang, perasaan takut yang dimiliki oleh seorang pengidap fobia terkadang sulit dimengerti dan tidak masuk akal, misalnya takut bila berada di dalam ruangan sempit yang tertutup atau takut pada kegelapan. Namun demikian fobia-fobia tersebut masih termasuk jenis fobia yang umum. Dan berikut adalah jenis-jenis fobia lain yang terasa aneh:

    1.       Agyrophobia: takut menyeberangi jalan. Agyrophobia adalah suatu perasaan takut pada jalan-jalan persimpangan, jalan besar atau jalan yang ramai. Kata Agyrophobia berasal dari bahasa Yunani gyrus yang berarti memutar atau berputar-putar. Fobia ini meliputi beberapa kategori, di mana penderita mungkin takut pada jalan yang memiliki persimpangan juga dapat mencakup takut menyeberang jalan atau persimpangan jalan di mana saja.

    2.       Mageirocophobia: takut memasak. Mageirocophobia yang berasal dari kata Yunani yang berarti mageirokos yaitu orang yang terampil dalam memasak. Penderita mageirokos dapat merasa sangat terintimidasi oleh orang-orang dengan keahlian mumpuni dalam memasak.

    3.       Pediophobia: takut pada boneka. Penderita fobia jenis ini tidak hanya takut pada boneka yang berwujud menyeramkan tapi pada semua boneka. Sebenarnya rasa takut ini adalah ketakutan dari "representasi makhluk hidup palsu " sehingga juga biasanya mencakup pada robot dan boneka yaitu semua mirip dengan manusia.

    4.       Eisoptrophobia: takut pada cermin. Penderita fobia ini mengalami kecemasan yang tidak semestinya meskipun mereka menyadari ketakutan mereka adalah irasional. Karena ketakutan mereka sering didasarkan pada takhayul, mereka mungkin khawatir bahwa melihat cermin akan membawa nasib buruk atau yang melihat ke cermin akan menempatkan mereka dalam kontak dengan dunia supranatural di dalam kaca.

    5.       Pentheraphobia: takut pada ibu mertua. Ketakutan ini adalah salah satu yang begitu umum dalam masyarakat barat yang sering muncul dalam film dan bentuk hiburan lainnya. Dari sekian banyak terapi yang tersedia untuk penyakit ini, perceraian tampaknya menjadi yang paling populer. Fobia yang berkaitan ini adalah novercaphobia yaitu takut pada ibu tiri Anda danpenderita yang paling terkenal di antaranya adalah Cinderella.

    6.       Cathisophobia: takut duduk. Kelainan ini dapat dipicu oleh kasus misalnya wasir, tetapi dalam beberapa kasus serius dapat disebabkan oleh kekerasan fisik yang berkaitan dengan pernah menduduki benda tajam atau menyakitkan. Terkadang mungkin merupakan indikasi dari beberapa fobia lainnya seperti duduk di depan orang-orang elit dan berpengaruh. Cathisophobia ditandai dengan badan berkeringat, bernapas berat atau pendek dan cemas. (ref: listverse/ill: wikihow).

    47 comments:

    Valentino Febrian said...

    aneh banget ya mas, tkut pada cermin.. aneh jg smuanya

    Uda Awak said...

    Ada juga katanya phobia yang takut berada pada tempat ketinggian mas. Tapi saya lupa namanya...hehehe...

    ione said...

    Ahhh, takut duduk? Jadi dalam hidupnya gak ada duduk dong?

    Pakde Cholik said...

    Wah,takut memasak,duduk, dan takut ibu mertua itu yang parah. Padahal biasanya kalau sudah duduk lupa berdiri je
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    Marnes Kliker said...

    selamat pagi dan selamat beraktifitas sobat...
    kembali hadir disini untuk menyimak artikel tentang fobia-fobia yang aneh ini, ternyata banyak juga ya jenis-jenis fobia itu :)

    Della said...

    Yaampun, fobia nomer lima, kesian banget pengidapnya. Harus diterapi sampe sembuh, tuh :)

    baho punya said...

    fobia ini susah sekali menghilangkannya yaa mas,
    yang nomor 4 itu gak pernah ngaca yaa mas kalau cewek gimana tuh yaa
    :D

    Mas Onqi said...

    yang lucu itu numb 6 menurut saya
    masak takut duduk

    tiap harinya berdiri aja donk gak duduk2
    hehehe

    Goiq said...

    saya tahu sih fobia itu macam ragamnya, tapi yang ini saya baru tahu semua... kalau saya pernah sih ngalamin fobia sama bos, sampai resign dari kantor.. hahahahaha

    fitri anita said...

    takut ibu mertua..walah aneh banget ya

    muhamad riduan said...

    kalau saya fobia angsa mas, dari kecil sampai besar nggak ilang2

    Informasi Perumahan Yogyakarta said...

    fobia2nya pada aneh ya.. tp aneh lg tman saya ada yg fobia ma nasi & mie nah loh tmbh aneh kan.. ?
    follback ya jng lpa

    Muhammad Luthfi said...

    Aku phobia nomer 4 takut banget lihat cermin :'(

    Ini Aku Kak Joe said...

    hihihi... takut pada cermin pernah, dan kadang-kadang muncul kalau pas sendiri.... ntar wajahku jadi beda... dan satu lagi takut nengok lemari terbuka kalau pas malem.... ntar ada yang keluar dari lemari bawa2 bantal... hihi kebanyakan nonton pelem bangeet

    Arya Zulfikar Rohmawan said...

    fobia yang benar-benar sangat aneh.. untung aku tidak punya fobia seperti itu...
    http://theyouthofindonesia.blogspot.com/

    comtel cell said...

    nama fobianya juga aneh2, saya malah baru tau, hehehe...

    Dedaunan said...

    saya juga phobia, tapi tidak ada di daftar hehe
    takut orang cakep

    Mohammad Robih said...

    Kalo takut duduk malah berdiri terus haha

    Abu Zaini said...

    Hmhmh dulu sy sekolah gax ada pelajaran itu....

    Wisata Murah said...

    yang takut pada boneka itu yang paling tergolong aneh,, karena menurut riwayat hadis,boneka atau mainan anak anak itu tidak bisa disusupi sesuwatu kecuali yang dispesialkan untuk itu

    Etika Maria said...

    Wuih, bener2 aneh yah.. Beneran ada yg kena phobia gitu? Penasaran kayak apa hehehe :)

    Boku no Blog said...

    Alhamdulillaah,..Boku nggak termasuk pada phobia aneh tersebut diatas sobat..

    Happy blogging..!!

    Purnomo Jr said...

    Ternyata fobia banyak macam ya mas joe
    Jd tau nih saya sekarang..

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah kok bisa aneh-aneh getu ya mas fobia nya. untung saja saya nggak fobia hehehe :D

    Eka Soepadmo said...

    wah kalau takut sama mertua kapan dapat jodoh ya

    post view said...

    kalo menurut ane mah orang yang phobia cuma dibuat2 aslinya kalo dipaksa pasti bakal hilang.. :)

    mekanik komputer said...

    untung ane kagak pernah ngendus yang namaya phobia.. takut jadi melekat seumur hidup... padahal dunia ini tak seburuk yang mereka pobiain

    wongcrewchild said...

    aneh2 pobianya..
    saya paling pobia kalo lagi nggak punya uang, hehe :)

    jenx indah said...

    saya sih fobia cermin mas takut lihat wajah jelek saya

    Dhicomp said...

    Kami takut pada ketinggian teman. kalau ditempat tinggi rasa-rasanya jantung mau copot aja Tuh

    Yobert Parai said...

    ada phobia jomlo gk sob...??? heehehehe, jaman sekarang tambah banyak phobia yang bermunculan :D

    Baskoro Suryandriyo said...

    Takut duduk wah saya baru tahu itu hehehe. Mungkin ada lagi takut miskin wkwkwkwkw kabur..........

    Yazid System said...

    alhamdulilah ane ga punya fobia gan.. :D

    Ichsan Afriadi said...

    Teman saya terkena mageirocophobia, seperti pengaruh trauma masa kecil.

    irpan sah said...

    kwakwakwkwa.. takut pada ibu mertua.. banyak hutang kali gan..

    Topics said...

    wew takut masak.. terus ga pernah makan mie ayam yang lihat orangnya memasak donk hehe

    Indra Kusuma Sejati said...

    Fobia yang aneh, tapi unik,

    Salam

    rhey bond said...

    wah ada juga ya takut2 aneh bgini. kalau saya mah bukan phobia cermin tp keknya doyan cermin mas joe.. narsis hehehhehe

    mariyanto widodo said...

    Kalau saya fobia pada ketinggian.

    Yusuf Desktop said...

    wah.. bener-bener aneh gan.. apalagi yang Eisoptrophobia ... pasti kagak kenal wajah tuh

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah ngeri juga ya mas kalau kita terkena fobia, semoga aja nggak ya :)

    Aisyah As-Salafiyah said...

    baru tau ada fobia aneh2 gitu, temenku paling fobia sama api atau ketinggian.. ^__^

    Munawir Alfikri said...

    Waduh , pada poin terkhir itu gimana ya..
    kok takut duduk .... hehehe

    handri setiawan said...

    penyakit fobia itu sangat merugikan mas nice pos

    1mmanuel'Z-Note5 said...

    Aku juga kadang suka takut lihat bayangan sendiri di cermin. LOL

    Dian AnaR-chyta said...

    Phobia tehadap jarum suntik..

    solusi menambah berat badan said...

    fobia yang aneh :)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger