Inilah Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

Posted on
  • Tuesday, February 11, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Berbahagialah jika Anda termasuk orang yang suka memelihara hewan peliharaan di rumah. Sebab ternyata hewan-hewan ini tidak hanya sekedar merepotkan karena kita harus memberi makan setiap hari, memandikan, membawa ke dokter hewan atau membuang kotorannya. Sebab binatang-binatang itu ternyata memiliki manfaat lebih bagi tuannya. Inilah manfaat memiliki hewan peliharaan:

    1.       Menurunkan stress. Mungkin kita pernah sesekali mengalami stress, mungkin karena pekerjaan atau yang laonnya. Jangan khawatir karena obatnya mudah saja. Dalam sebuah studi tahun 2002 di Universitas Negeri New York di Buffalo, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengalami stres akan berkurang ketika dekat dan beraktifitas dengen hewan peliharaan. Dan hal itu rupanya tidak didaparkan ketika berada dengan pasangan, anggota keluarga atau teman dekat.

    2.       Menurunkan tekanan darah. Beberapa studi telah menemukan hubungan yang lebih kuat bahwa memiliki hewan peliharaan memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah. Terutama pada penderita hipertensi atau pasien berisiko tinggi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) jika Anda memiliki anjing di sekitar, tekanan darah Anda lebih rendah. Sebab hewan-hewan itu bias mengurangi stres. Sebab mungkin Anda bias kehilangan pekerjaan, rumah Anda, atau pasangan tetapi Anda tidak akan pernah kehilangan cinta tanpa syarat dari hewan peliharaan.

    3.       Meringankan sakit. Percaya atau tidak, binatang peliharaan dapat menjadi obat terbaik. Terutama ketika seseorang berurusan dengan nyeri kronis: seperti migrain atau arthritis. Sama seperti Valium, hewan peliharaan bisa mengurangi kecemasan. Semakin sedikit kecemasan, maka akan semakin berkurang rasa sakit. Satu penelitian dari Loyola University menemukan orang yang menggunakan terapi dengan hewan peliharaan bisa lebih cepat pulih dari operasi daripada yang tidak.

    4.       Meningkatkan mood. Banyak manfaat kesehatan dari memiliki hewan peliharaan, mungkin berasal dari manfaat mental dan manfaat emosional. Orang-orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung tidak terburu-buru, serta mudah tertawa dalam kehidupan mereka. Ini adalah alasan utama hewan peliharaan yang digunakan dalam berbagai bentuk terapi. Di Walter Reed Army Medical Center, mereka menggunakan anjing untuk membantu tentara yang mengalami gangguan stres pasca-trauma.

    5.       Membantu pertumbuhan anak. Anak-anak yang tumbuh dalam rumah tangga dengan hewan peliharaan memperoleh manfaat dalam berbagai cara, terutama dalam perkembangan emosional mereka. Ketika seorang anak dekat dengan anjing atau kucing, mereka belajar mengekspresikan diri dengan cara yang lebih dan belajar untuk berhubungan dengan lebih baik. Selain itu hewan sangat bermanfaat bagi anak-anak yang menderita autisme dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Untuk anak-anak dengan ADHD, mengurus hewan peliharaan dapat mendorong mereka untuk fokus pada respon mereka melalui rutinitas diprediksi. Sedangkan pengalaman indrawi saat memegang dan membelai binatang dapat menenangkan pada anak-anak dengan autisme. (ref: womansday/ill: joe).

    50 comments:

    ione said...

    Oh gitu...tapi sampai sekarang gak tahu kenapa, gak suka pelihara hewan*LohKokJadiCurhat?

    Valentino Febrian said...

    kbetulan saya pelihara kucing mas.. stiap tdur slalu dtmenin sy kcing..

    Friska Lee said...

    saya juga pelihara 2 kucing tapi masih kecil jadi masih pada nakal - nakal

    Pakde Cholik said...

    Saya memiliki beberapa kucing di rumah. Dulu juga punya buru8ng,sayangnya mati.
    Kucing memang nakal, suka makan seenaknya dan juga beol seenaknya.
    Terima kasih artikelnya yang bermakna
    Salam hangat dari Surabaya

    paridah said...

    joe pilih apa sbg pets yg disenangi...mcik suka kucing..

    Beranda Kata said...

    kalau aku suka kucing mcik...

    Munawir Alfikri said...

    Iya juga sih ...
    hehe.. Tapi kalo misalkan kiita punya kucing .
    dia buang anu sembarang .. bukan nya malah menghilangkan Stress wkwkwkwkwkwk

    Arif Rahman said...

    Klo saya, yang sy rasakan manfaat dari memelihara binatang yaitu mengurangi stress, itung-itung refreshing..:)
    tks artikelnya..

    Marnes Kliker said...

    Lah itu gambarnya mirip kucing saya mas hehehe....
    ternyata banyak juga ya manfaat dari memelihara hewan peliharaan :)

    Beranda Kata said...

    foto itu adalah kucingku, tapi kini telah mati...

    ON VS OFF said...

    benar sekali ni, hewan bisa membuat kita lebih lepas dari rasa jenuh, bisa membuat kita tersenyum juga :D

    Hariyanti Sukma said...

    oh ternyata manfaatnya banyak sekali, makasih ya akhirnya saya jadi tahu deh sekarang,
    Alhamdulillah saya punya Snowy yg sangat saya sayangi.... http://hariyantisukma.blogspot.com/2013/12/snowy-dan-kebiasaanya.html

    Catatan Kang WS said...

    iya saya setuju sekali dengan uraian diatas, saya juga mempunyai kucing di rumah, dan itu sanagat efektif untuk membuat diri saya tenag kembali ketika mengalami stres dengan melihat tingkah lucunya. Saya follow blognya ya sob

    rhey bond said...

    saya suka kucing tp alergi sm bulunya hikz....
    kalau buat ngilangin stress sy biasa merawat tanaman.. :)

    Mohammad Isnaeni said...

    Entah kenapa saya kurang suka pelihara hewan, barangkali karena gak telaten ngurusnya, tapi kalau lagi bosen di rumah, saya suka ke tetangga yang pelihara burung sekedar mendengar kicauannya ...

    Mas Onqi said...

    Saya gak telaten gan dalam memelihara hewan
    tapi kalau banyak keuntungannya gitu jadi ..........

    zasachi said...

    Bener banget... hewan2 peliharaan juga bs jadi sahabat yg setia loh.. :)

    Pri Enamsatutujuh said...

    Kl ternyata menurunkan tekanan darah, brt saya gak cocok punya piaraan, mas.. Lha saya sdh darah rendah'e...

    electric car said...

    Menurut saya yang paling berpengaruh adalah point pertama. Menurunkan stress. Saya pelihara ikan dalam akuarium, setiap kali nongkrong di depan akuarium rasanya tenang...

    muhamad riduan said...

    ada satu lagi mas keuntungannya, yaitu ada pemburu tikus hahaha

    Arie Gond3s said...

    wah, malah baru tau saya mas kalau hewan peliharaan memiliki banyak manfaat, setau saya tadinya hanya sekedar untuk koleksi semata

    fitri anita said...

    gak telaten pelihara hewan..kasian kalau pada mati...

    yuniarinukti said...

    Sampai sekarang saya belum ingin memelihara binatang Mas. Rasanya gak sabar aja kalau tiap hari harus bersihin kandang dan ngasih makan ke mereka.. dari pada gak keurus dan mereka malah yang stress mendingan nggak deh :D

    Apk Gratis said...

    wah, klo saya mas termasuk orang yang gk suka memelihara hewan mas..hehe

    de nif said...

    Iya mas, hewan peliharaan bisa membuat saya fres ketika pulang kerja. khususnya Burung kicau...

    Muroi El-Barezy said...

    wah saya setuju tuh sob, kalo kita punya hewan peliharaan ini bisa juga untuk menghilangkan stress kita

    cecep yudi arifin said...

    cari lagi ah hewan piaraannya, dulu saya punya kucing, cuma dianya mati kena jebakan tikus.. :(

    Mawan Cradlez said...

    saya cuma punya kucing sama ayam saja :D hehe

    tipsaneh said...

    Meow. itu suara kucing saya sob. hehe. ^_^

    yusuf habibillah said...

    kalo yang menghilangkan stres itu ane setuju banget gan, ngelihat tingkah lakunya yang ngegemesin itu lho... btw follow balik ya http://lzmodern.blogspot.com/

    klasmen said...

    sesungguhnya kita semua memang saling membutuhkan...

    Andi Lutfi Hidayat said...

    wah gimana kalau hewan peliharaan kita itu nyebelin yah

    catatan kecilku said...

    Aku sih kurang suka dengan binatang peliharaan... tapi Shasa dan suamiku suka :D

    mahfud ti-c said...

    ternyata ada mamfaatnya ya,,,kbetulan saya suka kucing,,, ehehehhe

    Ibrahim Lubis said...

    yang terakhir itu saya masih bertanya-tanya mas, emang bisa ya jika kita memelihara hewan peliharaan membantu pertumbuhan anak, kalau benar mantap juga tips ini :D

    Mukhamad Sholikudin said...

    yang meningkatkan mood memang mas, ketika badmood eh liat si kucing kita yang lucu jadi mood lagi, di ajak main main tapi kalau yang alergi atau phobia kucing gimana?

    oyo sukarya said...

    repot mas memelihara hewan di rumah, yg ditakutin itu penyakitnya ntar menular

    Eka Soepadmo said...

    betul sekali jika aku sedang bermain dengan kucingku rasa lelah jadi hilang

    comtel cell said...

    kayaknya bermanfaatnya kalo kita merawatnya dengan benar dan bersih yia bos, hehehe...

    Selladrt said...

    wah bermanfaat sekali sob. trmksih dah berbagi sob.

    Valentino Febrian said...

    rata2 pada pelihra kucing kayaknya

    wongcrewchild said...

    banyak manfaat, memang ada kesenangan sendiri dg hewan peliharaan, klo saya lebih suka ayam, klo besar bisa dipotong :)

    Evi Sri Rezeki said...

    Saya punya kucing. Dan memang bikin hepi punya kucing :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    saya suka pelihara kucing, bisa buat ngusir tikus dan menemani saat kesepian. Tapi kesel juga kalau dia pipis sembarangan hehehe ;D

    handri setiawan said...

    saya cuma ayam mas punya nya salam sukses selalu

    irpan sah said...

    hhehe... saya punya dua gan.. kucing... kitten semua... :)

    mas aryta said...

    kalau diingat-ingat ternyata bener juga, memiliki hewan peliharaan terasa banyak gunanya

    Indah Dewi said...

    emmm...dulunya sih suka kucing, tp pas lagi seneng2nya ma kucing malah mati kucingnya..males lg pelihara kucing

    Cilembu thea said...

    saya kurang suka hewan peliharaan...repot dan kata pak ustad mah ngga boleh, soalnya hak kebebasan hewan bisa terbelenggu oleh kita...makanya saya mah sukanya tanaman/bunga gituh masa.....;o).

    Yaumil Akbar Firdaus said...

    iya benar bang pkonya serulah ...

    ane dari dulu suka pelihara Merpati sama Burung Eksotis

    klo kucing dilarang gak tau kenapa hehe

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger