Pada beberapa perusahaan kadang melakukan repositioning
terhadap target pasar juga akan diikuti dengan rebranding atau pergantian logo.
Beberapa perusahaan besar membuat logo yang sederhana dan tidak pernah berganti
sebab logo itu memiliki arti sendiri bagi perusahaan itu. Berikut adalah
beberapa logo perusahaan terkenal dengan makna yang tersimpan di balik logo dan
simbol yang digunakan:
Amazon
Di bawah tulisan Amazon terdapat garis lengkung berwarna kuning yang hampir tampak seperti emotion berbentuk smiley. Rupanya emotion senyum itu dimaksudkan untuk mencerminkan wajah puas kustomer terhadap pelayanan Amazon. Tetapi rupanya hal itu juga bermakna lain: yaitu Amazon memiliki segalanya mulai dari a-to-z.
Di bawah tulisan Amazon terdapat garis lengkung berwarna kuning yang hampir tampak seperti emotion berbentuk smiley. Rupanya emotion senyum itu dimaksudkan untuk mencerminkan wajah puas kustomer terhadap pelayanan Amazon. Tetapi rupanya hal itu juga bermakna lain: yaitu Amazon memiliki segalanya mulai dari a-to-z.
Baskin-Robbins
Sebagai salah satu pelopor produse es krim Baskin-Robbins telah menawarkan 31 ragam rasa es krim sejak 1953. Menurut Baskin-Robbins, mereka memilih 31 varian sehingga pelanggan bisa mencoba rasa yang berbeda setiap hari dalam satu bulan. Jika kita perhatikan logo BR memang huruf-huruf berwarna merah muda pada logo itu dapat terlihat dengan jelas angka 31.
Sebagai salah satu pelopor produse es krim Baskin-Robbins telah menawarkan 31 ragam rasa es krim sejak 1953. Menurut Baskin-Robbins, mereka memilih 31 varian sehingga pelanggan bisa mencoba rasa yang berbeda setiap hari dalam satu bulan. Jika kita perhatikan logo BR memang huruf-huruf berwarna merah muda pada logo itu dapat terlihat dengan jelas angka 31.
NBC
Jika diperhatikan dengan seksama, di balik symbol NBC yang merupakan salah satu jaringan televisi terbesar di Amerika Serikat di balik kipas pelangi tersebut terdapat bentuk burung merak. Burung merak yang menghadap ke kanan, menunjukkan bahwa perusahaan sedang melihat ke arah masa depan. Burung warna-warni pertama kali itu digunakan pada tahun 1956 untuk mengiklankan set TV warna untuk RCA, pemilik NBC pada waktu itu.
Jika diperhatikan dengan seksama, di balik symbol NBC yang merupakan salah satu jaringan televisi terbesar di Amerika Serikat di balik kipas pelangi tersebut terdapat bentuk burung merak. Burung merak yang menghadap ke kanan, menunjukkan bahwa perusahaan sedang melihat ke arah masa depan. Burung warna-warni pertama kali itu digunakan pada tahun 1956 untuk mengiklankan set TV warna untuk RCA, pemilik NBC pada waktu itu.
FedEx
Anda mungkin tidak menyadarinya bahwa terletak di antara ruang kosong antara "E" dan "x" terdapat sebuah panah menunjuk ke arah kanan. Simbol bersahaja dalam logo diciptakan untuk menempatkan pesan subliminal di benak konsumen: panah menandakan kecepatan dan ketepatan, keduanya merupakan nilai penting bagi bisnis FedEx.
Anda mungkin tidak menyadarinya bahwa terletak di antara ruang kosong antara "E" dan "x" terdapat sebuah panah menunjuk ke arah kanan. Simbol bersahaja dalam logo diciptakan untuk menempatkan pesan subliminal di benak konsumen: panah menandakan kecepatan dan ketepatan, keduanya merupakan nilai penting bagi bisnis FedEx.
Berikut
ini mungkin adalah ilusi optik untuk Anda. Meski mungkin tidak begitu jelas tapi ada seorang pengendara sepeda tersembunyi dalam logo. Ketika Anda menggabungkan huruf O, U, R, dan lingkaran kuning, Anda dapat menemukan
bentuk sepeda sepeda ke garis finish. R adalah pengendara sedangkan O, U dan lingkaran berwarna kuning menggambarkan sepeda.
Mercedes-Benz
logo Mercedes-Benz hampir tampak seperti tanda perdamaian. Pada kenyataannya di balik logo itu ada sebuah cerita yang kaya sejarah pasca-perang. Mercedes-Benz merupakan produk hasil merger antara Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dan Benz Patent Motorwagen setelah Perang Dunia I. Logo baru hasil merger adalah bintang segi tiga DMG dan lingkaran Benz. Bintang segi tiga diciptakan oleh pendiri DMG Daimler untuk menandakan kemakmuran.
logo Mercedes-Benz hampir tampak seperti tanda perdamaian. Pada kenyataannya di balik logo itu ada sebuah cerita yang kaya sejarah pasca-perang. Mercedes-Benz merupakan produk hasil merger antara Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dan Benz Patent Motorwagen setelah Perang Dunia I. Logo baru hasil merger adalah bintang segi tiga DMG dan lingkaran Benz. Bintang segi tiga diciptakan oleh pendiri DMG Daimler untuk menandakan kemakmuran.
Apple
Logo Apple pertama kali adalah sketsa Sir Isaac Newton duduk di bawah pohon apel. Tahun 1979 logo diganti buah apel dengan bekas gigitan. Banyak yang percaya bahwa logo adalah sebuah ode untuk Alan Turing, yang dikenal sebagai bapak komputer, yang melakukan bunuh diri dengan memakan apel yang beracun. Namun, pencipta logo, Rob Janoff, menyatakan bahwa apel melambangkan pengetahuan. (ref: grandparents)
Logo Apple pertama kali adalah sketsa Sir Isaac Newton duduk di bawah pohon apel. Tahun 1979 logo diganti buah apel dengan bekas gigitan. Banyak yang percaya bahwa logo adalah sebuah ode untuk Alan Turing, yang dikenal sebagai bapak komputer, yang melakukan bunuh diri dengan memakan apel yang beracun. Namun, pencipta logo, Rob Janoff, menyatakan bahwa apel melambangkan pengetahuan. (ref: grandparents)
44 comments:
wow...keren lambang amazon ya? selain seyum ternyata juga mengandung makna lain, yaitu Amazon memiliki segalanya mulai dari a-to-z. Salut
Dulunya logo Apple berwarna pelangi. Apel sebagai lambang ilmu pengetahuan uda umum sih, apalagi dia melawan logo jendela yang sebenernya mau merujuk ke ilmu pengetahuan juga.
klu gini kan jadi tahu maksudnya...sebuah logo/symbol biasanya mengandung makna sesuatu yang disampaikan entah apa saja. nice sharing mas
Setiap logo ternyata memang dibuat tidak sembarangan.. HArus ada arti dan maksud penggambaran logonya. Biasanya yang membuat logo juga dibayar mahal untuk itu.
"Apel melambangkan pengetahuan"
Menambah wawasan para pengguna iDevice. :))
logo memang memegang peranan penting ya. bahkan terkadang sebuah perusahaan yg sebelumnya gak sukses, bisa menjadi sukses hanya karena mengganti logo perusahaannya
Hoo...hoo... Muantap dah artikelnya. Memang setiap perusahaan membuat logo tidak dengan sembarangan.
Tidak terpikirkan sebelumnya haha
Jadi emang ada arti khusus di tiap logo yg di buat ya mas
wah... ternyata ada maknanya yia bos, kalo bisa di update lagi bos,hehehe.........
logo terkesan sederhana namun ada makna harganya berjuta-juta hehe
wah baru tahu nih mas :D makasih banyak buat infonya :P
OOOO, baru tahu aku, ternyata dibalik sebuah logo terdapat bermacam makna...
satu kata yang bikinnya super kreatif
baru ngeh sy fedex ada tanda panahnya
Ternyata banyak menimban makna dari setiap lambang logo perusahaan yang ada ya Sob.
Salam
thanks infonya sob.. jadi tambah tau :)
Wah-wah bisa2 aja postingan ini... Nambah ilmu gue dweh...
hehe baru sadar ya, terutama Tour de France itu, jika diperhatikan baik-baik ada ternyata ada gambar orang yang sedang mengendarai sepeda :D
baru ngeh kalo di simbol tour de France ada orang naik sepeda,,
Widh, asik banget coy.
Kebanyakan dari kita hanya mengabaikan nya saja
terima kasih infonya.
saya baru tau arti logo tersebut. ^^
Widih keren gan. . Nambah bahan bacaan nih. .
ternyata mereka dalam membuat logo usaha nggak sembarangan ya mas
Nambah lagi pengetahuan saya,sebelum nya ga pernah tau makna yang terkandung dalam logo perusahan2 di atas.trims
sebelumnya aku sudah baca tentang ini di suatu situs, dan memang menarik sekali ya :) terutama soal baskin and robin. ada orang (dia usianya hampir 50) yang selalu bilang kalau kalau dia suka es krim 31 rasa. aku gak ngerti apaan, eh ternyata dia bilang baskin robin aku baru ngerti, hehehe. nah, waktu aku liat logonya baru ngeh kalau BR itu emang mirip angka 31. jenius! :D
Wah saya suka banget liat logo Apple, sayangnya gadget Apple mahal pooolll :D
baru tau ane ini sob...!, klo diliat dari luar nampak gak ada makna sama sekali...padal semuanya mempunyai arti2 yg mendalam y..!
wah ada maknanya juga to...keren keren :)
izin sy follow y :)
Unik unik ya, ternyata dibalik logo tersirat arti dan makna yang tersembunyi :)
nicee post
Logo-logonya sederhana, mudah diingat, & memiliki arti yang keren. Asli baru tau. Terima kasih telah berbagi.
Baru ngeh ada tanda panah di logo FedEx
Logo itu ibarat sebuah identitas sob... sangat penting sekali..
seperti blog ini, aku suka logonya... ^_^ keren
aku suka tuh arti logonya amazon dan fedex, ternyata byk yg tersembunyi ya..
dari sini aku jd tau
Yang tour de france baru nyadar, huru 'r'-nya mirip orang... hahahaha
baru sdar makna logona, jadi pengen buat logo:D
trims share nya kang...
wah baru tahu nie ternyata setiap logo ada artinya. thanks
Ternyata terdapat banyak cerita dan makna tertentu dari setiap logo ya, terus bagaimana dengan logo toko saya ya? Apa ada cerita dibaliknya juga? Silahkan diterjemahkan juga ya, hehehe....
Jadi teringat nove-novel karya Dan Brown—banyak kode-kode rahasia dalam sebuah simbol. Menarik, Mas Joe.
Logo Tour france paling ajaib, bener2 ilusi..
Untuk setiap teman yang menggunakan Sribu (99designs Versi Indonesia),
Anda akan mendapatkan sampai dengan Rp. 600.000 CASH
dan teman Anda akan mendapatkan voucher Sribu sebesar Rp. 250.000
bagi mahir/hobby desain grafis
Join dan Pedaftaran
http://klik.web.id/34e9
Saya suka makna dari logo amazon dan tour de france
ternyata logo apple masih tanda tanya
Post a Comment
Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.