Tanda-Tanda Anda Sedang Tidak Bahagia

Posted on
  • Friday, January 17, 2014
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Ada yang bilang bahwa kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang, tapi ada juga pendapat bahwa uang bisa membeli kebahagiaan. Tapi apakah saat ini kita sedang bahagia? Berikut adalah tanda-tanda bahwa kita sedang tidak bahagia:

    Tak bisa tidur. Jika di malam hari kita sulit memejamkan mata, atau sering terjaga di tengah tidur itu adalah salah satu ciri atas ketidakbahagiaan kita. Seorang profesor psikologi di University of Michigan menghitung bahwa kebahagiaan orang yang mendapatkan tambahan tidur satu jam setiap malam setara dengan menerima $ 60.000 kenaikan gaji tahunan. Hubungan antara tidur dan kebahagiaan menimbulkan pertanyaan korelasi terhadap sebab-akibat. Apakah kurang tidur membuat kita tidak bahagia, atau ketidakbahagiaan menghambat tidur? Hal ini mungkin tergantung pada situasi individu.


    Tak bisa mengontrol stress. Menurut psikologi positif lingkungan memainkan peran penting dalam pencarian orang terhadap  kebahagiaan. Merasa aman dan nyaman akan menghasilkan kepuasan. Sebaliknya, lingkungan yang terlalu stres akan memicu kecemasan dan ketidakamanan. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang membandingkan antara stres yang terkendali dan tidak terkendali menemukan bahwa yang terakhir menyebabkan ketidakbahagiaan yang lebih besar serta  ketegangan.
    Menurunnya nafsu makan. Penurunan berat badan menunjukkan bagaimana efek dari ketidakbahagiaan dan depresi dapat menunjukkan diri melalui turunnya nafsu makan. Selama ini kita berasumsi bahwa kelebihan berat badan dapat membuat Anda lebih tertekan, tapi  juga ada beberapa bukti bahwa depresi membuat kita kehilangan berat badan
    Mudah marah. Jika kita mudah uring-uringan karena sesuatu hal yang tidak sesuai dengan kehendak itu adalah ciri bahwa kita tidak sedang bahagia. Orang yang sedang tidak bahagia biasanya akan lebih tidak toleran terhadap hal-hal yang mengganggu pikiran, berbeda pendapat dengan teman sekerja, tidak mendapatkan pelayanan yang baik di bank ataupun sekedar mencari sesuatu yang tidak segera ketemu.
    Dorongan sex menurun. Orang yang sedan stress atau depresi atau punya masalah biasanya akan berimbas pada sex drive-nya. Orang-orang yang sedang bermasalah tersebut cenderung turun dorongan sex-nya meski ada beberapa yang malah mencari hiburan dengan berhubungan sex.
    Terlalu banyak di depan TV. Kadang-kadang menyenangkan juga menghabiskan malam-malam atau akhir pekan di depan tv. Tapi jika ini adalah kegiatan rutin setiap malam, mungkin bijaksana juga untuk meninggalkan tv itu untuk sementara waktu. Menurut sebuah penelitian di tahun 2008, berlebihan di depan tv adalah tanda ketidakbahagiaan. Sejak tahun 1972, para peneliti di University of Chicago telah melakukan Survei Sosial Umum untuk mengevaluasi iklim sosial di Amerika Serikat. Ternyata orang yang lebih bahagia menyaksikan sekitar 30 persen lebih sedikit televisi setiap minggu dibandingkan orang yang tidak bahagia. Maka daripada di depan tv terus waktu senggang lebih baik digunakan untuk terlibat bergaul dengan teman-teman, relawan atau berpartisipasi dalam kegiatan organisasi. (reff: stuffmomnevertoldyou/ill: wallpaper4me)

    62 comments:

    oomguru said...

    ada 1 lagi oom tanda kalo kita ngga bahagia.. yaitu : kalo berak rada mencret
    (ooh itu mah gue doank kali yak? ..hwekekekee)

    Etika Maria said...

    Bahagia kan subjektif, kadang orang menilai kita tidak bahagia padahal aman2 saja :)

    iya kah? Hehehe

    sarofudin uzumaki said...

    saya orang yang sedang bahagia dong bang jarang di depan tv tapi sering di depan blog hehehe

    Mang Yono said...

    orang bahagia itu orang yang jarang nonton sinetron di tv hehehe... kan sinetron bawaanya sedih terus ya hehehe

    ronal said...

    Bahagia itu kalo di dompet ada uang segepok walau ngak digunakan buat macam2..tapi minimal setiap kemana-mana merasa aman dan tentram hehehe

    Tewe said...

    bener banget mas...apalagi yg marah2 itu..pasti kurang bahagia dan butuh refreshing :D

    Marnes Kliker said...

    saya termasuk orang yang bahagia gak ya? soalnya kadang-kadang suka rada-rada konslet otak saya hehehe....

    Intan Sudibjo said...

    yah itu benar, yang bertulis tebal semuanya di atas akan terjadi bila orang kurang bahagia :)

    Della said...

    Alhamdulillah Mas, berarti sampai detik ini aku masih dalam taraf bahagia :D

    duniaely said...

    nggak mau bergerak termasuk juga ya bro ? :)

    de eka Sas said...

    betul gan.. televisi memang bisa membuat lupa waktu, sehingga bisa menonton sampai larut malam. tidur jadi kurang dan akhirnya di esok pagi jadi kurang fit. aktivitaspun jadi kurang nyaman.. sebaiknya tv itu tidak diletakkan di kamar tidur..

    rhey bond said...

    Lumayan bahagia kekx smua msh ok, kcuali prkra ntn tv. Tiap mlm kudu s4tin nntn tv soalnya :D

    Ainnul Yaqin said...

    Wahhh Kebetulan Sekali tuh gan Saya Suka Terjaga Dimalam Hari Tapi Kalo saya Sihh Bukan Sedang Tidak Bahagia Tapi Nonton Bola :D hehe

    Mus Djono said...

    paragraf keenam ga berlaku pada saya kayaknya hahaha..
    Saya sih sebaliknya bawaanya kalau pas stres hahhaha..

    Ucu Nurodin said...

    nambahin ya gan
    lagi makan keselek ga ada air.

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    saya jika tidak bahagia pasti makannya berselera.. makan terapi kepada stress..

    Abi Sabila said...

    Alhamdulillah, berarti saya sedang bahagia :)

    paridah said...

    bersyukur dgn hidup seadanya pasti berbahagia...

    Agung Rangga said...

    semoga kita selalu bahagia~ :)

    Auntie Dazzling said...

    Tapi kadang orang gak bisa tidur juga bukan berarti Ia tidak bahagia loh, karena siapa tau Ia tidak bisa tidur karena lagi jatuh cinta dan kepikiran terus sang kekasih jadinya malah gak ngantuk tuh ... hehe :)

    Mukhamad Sholikudin said...

    sepertinya saya kurang bahagia ya mas, gak bisa tidur cepat kalau malam hari

    Nandar said...

    Wah aku kebanyakan nonton TV nih.. Bisa jadi aku kurang bahagia juga ya

    Pri Enamsatutujuh said...

    nambahin oomguru, ada pula dampak dr stress itu batuk darah.

    tp yg paling dikhawatirkan itu poin yg no. 4, wh-hee...

    Markus Kono said...

    berkunjung :) wah banyak tipsnya :) saya baca dulu gan ...

    Bang Dayat said...

    Obat stress adalah dekat-dekat sama tuhan.

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    iya bener banget apa yang dijelaskan dalam artikel tersebut hehe :)

    Idah Ceris said...

    Kalau didepan tivi, saya lebih cenderung ke males, Mas. :D
    BTW, itu kalau bibir bunga matahari madep atas jadi cantik bangettt!

    Valentino Febrian said...

    ada tanda2nya juga ya gan

    Mobil Sedan Corolla said...

    Nafsu makan lagi kurang ni, wah gak bahagia. gawat. semangat ah makannya hehe..trims udah berbagi. bookmark ah

    Anthonie Eka said...

    tidak bahagia terlalu lama dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan yah sob, harus selalu bahagia nih :)

    Mohammad Robih said...

    Hehe bener mas :)

    Aan Apk said...

    hampir tiap hari ane susah tidur sob, apa gara" saya ini kurang bahagia ya...

    Mei Wulandari said...

    satu lagi, "malas mandi" adl tanda2 org kurang bahagia hehee

    Mohammad Robih said...

    dateng lagi mas. salam

    aldino.sya said...

    wah....! kena semua ane ini Jo...!

    kecuali satu.. koq malah ada peningkatan gairah seks...hehehhehe becanda Joe..

    Ranii Saputra said...

    Alhamsulillah,, gak lagi mengidap tanda2 diatas :D

    Sabda Awal said...

    kalau aku sedih, biasanya diam, ngegalau, dan ngga mood

    Grace Siantari Septiani Aden said...

    wahhh saya bnyk kerja di dpn laptop krn sering kerja tugas kuliah, dan saya sdng tdk bahagia juga hikss...

    Munawir Alfikri said...

    Jadi kalo terlalu banyak didpan Tivi kita nggak bahagia ya mas,,

    Ucu Nurodin said...

    wah jadi tau nih tanda tandanya mas makasih udh share mas

    Game Begog said...

    Kalau sayamah tidak ada komputer itu baru tidak bahagia hehe

    Einid Shandy said...

    Syukurlah aku orang bahagia. Hhehe... :)

    Bner, tdur terlalu larut tanda2 orang nggag bahagia. Contohny nih, lagi ngerjaen tugas sampe tengah malem. Bner2 gag bahagia bgt kan?!

    @tukangcolong said...

    jika terindikasi tidak bahagia, gimana caranya agar bahagia..?

    Didi Wirawan said...

    Juga yang paling umum terlalu banyak sakit hati sih menurut saya

    Ferry Nurse said...

    Padahal saya juga senang d depan tivi kalau malam...wah ternyata juga salah satu dari tanda sedang tidak bahagia rupanya yah

    Valentino Febrian Blogspot.com said...

    kunjungan perdana gan...

    MasMaoe said...

    saya merasa nggak bahagia kalo lagi laper :D

    Dyah Ayu Rahmawati said...

    manusia memiliki kesamaan, yaitu sifat manusiawi :) pada keadaan tertentu mereka merasa sama

    Eka Soepadmo said...

    saya kalau didepan TV malah lebih bahagia soalnya bisa langsung tidur dengan pulas

    Himawan AW said...

    jadi selama ini...
    ane kaga pernah bahagia... -_-

    Informasi Perumahan Yogyakarta said...

    hampir semua yang gan katakan persis sama yang pernah saya alami, kayanya yg nulis juga pernah ngalamin nggak bahagia juga nih.. hehe

    Informasi Perumahan Yogyakarta said...

    follower 221 sukses, follow sini

    Achmad Fazri said...

    Waduh saya malah sering insomnia tuh. berarti itu termasuk ke poin 1 ya. kalau untuk asupan makan saya juga kurang terkontrol tuh. wah bahaya nih...
    Thanks ya infonya

    ana sriwahyuni said...

    bener juga ya
    jangan-jangan ini pengalaman pribadi ya mas? :)

    Gustian said...

    Kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan bukanlah untuk orang yang banyak alasan menghindari belajar dan bekerja. Itu!

    Alexander Barus said...

    berarti saya tidak bahagia donk mas
    baru sadar saya :(

    soal nya saya sering tidak bisa tidur

    mbah koeng said...

    kalo aku malah terlalu banyak tidur Jo

    Ahmad Kali Akbar said...

    poin no 3 yang saya alami sekarang....jadi tambah kurus deh :D

    RB said...

    wah betul sekali itu pak...

    Menulislah.Com said...

    televisi,,,,,bener2 keterlaluan :-)

    Informasi Perumahan Yogyakarta said...

    yg no satu sama no 3, nggak msuk dlm dftr ku kalo lagi galau, malah jdi cpet tdrnya hehe sama nfsu mkan bertambah
    follback sob

    Berita Unik Seru said...

    mengharukan :-(

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger