Fakta-Fakta Seputar Tulang

Posted on
  • Thursday, January 16, 2014
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Dalam struktur anatomi tubuh, tulang memegang peranan untuk menegakkan bentuk tubuh serta untuk melindungi bagian-bagian tubuh yang rawan. Berikut adalah fakta-fakta seputar tulang:

    Tulang bayi lebih banyak daripada dewasa. Bayi ketika lahir memiliki tulang sekitar 300 buah sementara orang dewasa sebanyak 206 tulang. Mengapa demikian? Sebab ketika bayi tumbuh menjadi dewasa beberapa tulang akan menyambung menjadi satu. Dan beberapa tulang yang lunak dan fleksible secara perlahan akan digantikan oleh tulang yang kuat ketika bayi tumbuh besar.

    Tulang berhenti tumbuh di usia 20. Tulang biasanya akan berhenti tumbuh saat manusia memasuki usia 20 tahun. Dan seiring pertumbuhan usia tulang akan kehilangan kepadatannya dan menjadi lebih tipis dan lebih mudah patah. Tapi kita dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara memberi asupan kalsium serta vitamin D, juga olahraga khususnya kaki.

    Tulang yang paling sering patah. Klavikula atau lebih dikenal dengan tulang selangka adalah tulang yang paling mudah patah. Tulang selangka dapat patah karena benturan pada bahu atau jatuh pada tangan. Patah pada tangan juga umum terjadi karena kita sering menggunakannya saat menahan jatuh.

    Hanya satu tulang yang tidak saling terhubung. Ada sebuah tulang bernama hyoid yang terletak di bawah lidah. Tulang itu adalah satu-satunya tulang yang tidak terhubung dengan tulang lain.

    Merokok buruk untuk kesehatan tulang. Adalah suatu hal yang sering diketahui bahwa merokok sangat buurk untuk paru-paru, jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun ternyata merokok juga tidak baik untuk tulang. Nikotin dan kandungan kimia lainnya dalam rokok akan membuat tubuh lebih sulit menyerap kalsium ke dalam tulang untuk memperkuat tulang. Selain itu rokok juga mengurangi kadar vitamin D.

    Kuping adalah tulang terkecil. Sebuah tulang kecil di belakang gendang telinga adalah tulang terkecil di tubuh manusia. Tulang itu disebut stirrup dan panjangnya hanya 2,5 – 33 mm. sementara tulang terpanjang dan terkuat adalah tulang femur yang terletak antara pinggul hingga lutut. (reff: Webmd.com/ill: hkphonetech.en.made-in-china.com ).

    46 comments:

    paridah said...

    sedang menderita sakit tulang kaki yg patah...n belum lagi sembuh sepenuhnya...

    Muroi El-Barezy said...

    wah berarti setelah 20 tahun tulang kita stagnan ya sob, malah kena tulang keropos setelah itu..

    makasih infonya

    Intan Sudibjo said...

    ternyata tulang nya bukan berkurang tetapi menyatu yah :) saya kira hilang menjadi daging hehe

    Nucky P.N said...

    jadi kalau orang yang pendek apakah tidak bisa lagi mas tumbuh tulangnya .. saya punya teman yang pengen tinggi tapi dia sudah 21 tahun umurnya :D saya sering menyarankan main basket saja atau main voly tapi dia gak mau :D

    Cah Dabloeng said...

    Tulang tulang dan tulang hewhee itu bagian untuk mahluk hidup bisa hidup

    sarofudin uzumaki said...

    untuk tulang yang tidak menyatu baru denger sekarang deh mas

    catatan kecilku said...

    Aku baru tahu kalau jumlah tulang pada anak2 lebih banyak drpd orang dewasa. Thanks utk sharingnya.

    Marnes Kliker said...

    wah artikelnya informatif banget nie mas, jadi menambah pengetahuan tentang fakta-fakta seputar tulang :)

    Ficri Pebriyana said...

    wah makasih mas, artikelnya sangat bermanfaat.
    jadi nambah wawasan

    Dede Thea said...

    tambah lagi nih pengetahuan seputar tilang,Terimakaish mas untuk artikelnya,,,,

    roel batu said...

    alhamdulillah, nambah wawasan lagi. thanks sob

    Abdur rahman said...

    Nambah wawasan baru nih, thanks sob. Saya baru tau ternyata banyak juga ya fakta-fakta di balik tulang

    Beby Rischka said...

    Berarti pada usia lebih dari 20 tahun ada kemungkinan ngga bisa tinggi lagi ya? Padahal tiap hari minum susu, cuma males olahraga. Jadinya badannya pendek deh. Heheh.. Btw, nice info, gan :)

    Muhammad Iqbal Azhari said...

    terimakasih artikel nya sangat bermanfaat :(

    Muya Devoteeshonesty said...

    wuuuhhh ternyata tulanv bayi lebih banyak daripada orang dewasa.. baru tahu
    thAnks infonya..
    yeah janganlah pada merokok.. karena rokok juga tidak baik untuk tulang

    Mohammad Robih said...

    Aku waktu SD pernah patah tulang mas.

    salam, BLogwalking ::)

    ana sriwahyuni said...

    artikelnya bagus banget nih, cocok juga buat yang sedang kuliah keperawatan atau kedokteran..

    Mas Nady said...

    Wah saya malah baru tau mas kalau tulang bayi lebih banyak di banding tulang orang dewasa. Hehehe terimakasih info nya mas. Wawasan saya jadi tambah lagi nih mas hehehehe

    Nuansa Pena said...

    Subhanallah, Betapa rumitnya susunan tulang kita, tetapi semua bisa digerakkan dengan adanya daging yang membungkusnya dan dilengkapi otot dan syaraf.

    Yazid System said...

    ternyata Tulang berhenti tumbuh di usia 20 ya ..
    baru tahu saya mas.. thanks info'a

    MaYa KayLa said...

    baru tahu mas tulang hyoid di bwah lidah yang tidak trhubung dengan tulang yang lain

    diansunday said...

    info yang menarik gan

    Tommy May said...

    wah saya harus terus olah raga nih biar gk kena osteoporosis

    Purnomo Jr said...

    Trima ksh mas buat infonya jd nambah wawasan

    Abi Sabila said...

    Alhamdulillah, dapat tambahan ilmu.
    Salam

    Valentino Febrian said...

    Ternyata merokok juga buruk ya untuk kesehatan tulang ...kebetulan saya gak ngerokok gan..thanks ya infonya

    wawan said...

    fakta selanjutnya: di medan tulang bisa berjalan dan bicara

    Rohis Facebook said...

    makasih infox sob!
    untunglah lidah tdk bertulang, andaikan bertulang pasti susah ngomongx hehe...

    Arya Devi said...

    bisa dipertimbangkan untuk efek merokok....hm......pelan-pelan menguranginya...........
    ...................ok.

    Jiah said...

    OOO~ Kuping adalah tulang terkecil, jadi tahu deh

    Mukhamad Sholikudin said...

    Makasih infonya saya baru tahu kalau tulang bayi itu lebih banyak.

    Cilembu thea said...

    walau udah ngga bayi lagi...tulang saya masih numbuh deh...;o)

    jadi merokok yidak menyehatkan tulang ya.....hmmm...

    Mohammad Isnaeni said...

    wah ternyata tulang setelah dewasa jadi sambung menyambung ya.., barangkali kayak indonesia ya .. sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia .. hehehe

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah tambah ilmu baru nih. Thanks mas joe atas share nya tentang tulang :)

    Hari FDay said...

    Dapat info baru nih tentang tulang :)

    Blog Orng said...

    Makasih infonya sob sangat bermanfaat

    Elang Wicakso said...

    infonya keren, salam kenal :)

    Ranii Saputra said...

    fakta yang jaraaang diketahui orang nih (y) top

    Artikel Hancur said...

    Kalau lidah itu gak ada tulangnya ya gan

    Properti Niaga said...

    Begitu ya sob, nambah nih pengetahuan tentang tulang,

    Mitra bibit said...

    ternyata beberapa tulang yang lunak dan fleksible secara perlahan akan digantikan oleh tulang yang kuat ketika bayi tumbuh besar yah,.?
    .

    rhey bond said...

    ternyata tulang bayi lebih banyak ya,, baru tau... :D

    sinta said...

    Thanks mas joe atas share nya tentang tulang :)

    bocah petualang said...

    Untung saya ga merokok

    Menulislah.Com said...

    di negara kutub utara, karena terlalu dingin, warna kuping bisa berubah jadi hitam akhirnya di pegang hancur, serem ga?

    Berita Unik Seru said...

    saya suka tulang sumsum..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger