Fakta-Fakta Seputar Influenza

Posted on
  • Wednesday, January 29, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • fakta influenza
    Flu atau influenza merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza yang selain menyerang manusia juga  unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari flu  adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, juga batuk. Berikut adalah fakta-fakta seputar influenza:

    Flu bisa mematikan. Ternyata flu bisa menjadi  pandemi yang mengerikan. Pada tahun 1918 - 1920, merebak flu Spanyol di negara Eropa dan Amerika Serikat. Wabah flu yang terjadi pada masa Perang Dunia I itu bahkan telah menewaskan sekitar 50 – 100 juta penduduk dunia, atau sekitar 3 – 5 % dari populasi penduduk dunia saat itu. 

    Virus flu dapat menyebar hingga 6 kaki. Karena dapat dengan cepat menular sebaiknya kita menjaga jarak saat teman atau kekuarga menderita influenza. Di sampung itu menggunakan masker atau penutup hidung ketika kita sedang menderita flu sangat dianjurkan untuk mengurangi penularan kepada orang lain atau menghambar virus flu berkelana ke sekeliling. 

    Mencuci tangan dapat mengurangi flu. Menurut WHO, ada sekitar 90% penyakit yang datang dari anggota badan kita yang tidak bersih, yaitu tangan. Penyakit flu dapat berasal dari virus yang masuk melalui perantara tangan yang menyentuh mulut dan hidung. Untuk mencegah virus flu masuk ke dalam tubuh sangat dianjurkan selalu mencuci tangan yang meliputi telapak dan punggung tangan, jari-jari dan sela-selanya.

    Mencegah flu dengan olah raga. Olahraga secara teratur berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga olah raga dapat mencegah kita terserang flu atau setidaknya bisa mempercepat proses recovery. Saat terserang flu, kita masih bisa melakukan olahraga ringan, misalnya jalan-jalan di pagi hari.

    Makanan untuk meredakan flu. Beberapa makanan bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala flu. Seperti buah nanas yang mengandung enzim yang dapat mencerna protein, bersifat anti peradangan, dan mengurangi lendir. Juga ada bawang putih yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur yang bisa mencegah infeksi dan menaikkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu sup ayam yang disajikan hangat juga bisa untuk menghangatkan tubuh serta mencegah infeksi saluran pernapasan. (ref: bestlife/ill: morrisonhealth)

    33 comments:

    Mohammad Robih said...

    Wow ternyata flu bisa mematikan. Naudzubilahimindzalik

    Beranda Kata said...

    He he.. selamat pagi Mas

    Dimy Corner said...

    Flu bisa mematikan juga
    padahal katanya ga ada obatnya, cuma bisa di cegah.

    Ysalma said...

    Mengerikan juga efek Flu,
    padahal dianggap penyakit umum aja.

    Achmad Fazri said...

    Menakutkan ya penyakitnya, kebanyakan orang menganggap enteng sama penyakit ini. padahal bisa mematikan ya
    mencegah saja deh, terimakasih infonya mas

    paridah said...

    penyakit apapun yg dihidapi jgn diremehkan n perlu dirawat..kan mcik pun sdg flu ni...

    Yulita Widya.N said...

    penyakit sepele tapi fatal juga ya mas..
    oya maaf ya baru sempat berkunuung kembali :)

    baho punya said...

    saya mencegahnya melalui makanan ajah lebih mudah sepertinya menerapkannya
    :)

    Marnes Kliker said...

    kalo saya punya cara tersendiri untuk mengatas penyakit flu ini mas, saya biasanya kalo dah ada gejala mau flu saya langsung hajar pake obat flu trus begadang semaleman, anehnya suka gak jadi tuh flunya...apa mungkin cuma kebetulan aja ya hehehe...

    Heri Assidiqi said...

    Kadang influenza ini suka disepelekan, ternyata bisa mematikan juga ya kalo gak segera di tangani :)

    Fajar said...

    flu meskipun dianggap ringan.. ternyata di badan..juga kagak enak betul..pueegel semua..

    Dwi Alfina said...

    ternyata flu bisa menyebabkan kematian juga yak :( naudzubillah

    comtel cell said...

    wah... kalau saya jarang banget terkena flu, hehehe...

    irpan sah said...

    yang penting jaga daya tahan tubuh aja biar ga mudah terserang flu.. ^^

    Intan Sudibjo said...

    saya merasa flu kalo pagi hari aja karena kedinginan, selanjutnya biasa biasa saja.

    mudah2an bukan berita buruk

    adshuda.com said...

    mungkin dengan olah raga kesehatan terjaga dan terhindar dari penyakit

    Arif Rahman said...

    Harus banyak olahraga nih..
    apalagi musim hujan gini.. :)

    ririn said...

    wah ternyata dibalik penyakit flue ada sebuah treatment tertentu ya mas :)

    oyo sukarya said...

    kalau sy suka bersin-bersin mungkin dibilang pilek biasa, sehari dua hari sembuh, kalau dengar kata flu rasanya ngeri juga, seperti flu burung, apakah pilek termasuk juga flu mas, jadi berolah raga dan selalu mencuci tangan bisa atasi flu, luar biasa yuk kita berolahraga dan selalu mencuci tangan

    iskandar said...

    wah saya bru tahu mas kalau nanas juga berguna untuk mencegah flu. tambahan juga dari saya, agar tidak kena flu jangan sering main hujan-hujanan :D

    Kisah Foto said...

    Wah horror juga tuh bisa mematikan, hehehehe... Untungya, saya lumayan sering olahraga, hehehe

    mbah koeng said...

    flu itu menyebalkan sekali jo

    MaYa KayLa said...

    banyak minum air putih katanya bisa mengurangi flu mas

    Mas Onqi said...

    coment atas saya benar sekali
    banyak-banyak minum air putih saja

    Arif Abdurahman said...

    Setuju sama yg atas.
    Emang ketika flu harus perbanyak konsumsi air putih, ditambah sekitar 10% dibanding kebutuhan harian.

    Anthonie Eka said...

    wah penting juga yah sob kita menjaga kesehatan dan kebersihan supaya kita bisa terhindar dari penyakit influenza ini, makasih sharingnya sob :)

    obat kanker tuba fallopi said...

    saya sering terkena flu, terus sembuhnya suka lama

    Berita Unik Seru said...

    walaupun lagi musim dingin, saya belum kena filk nih, alhamdulillah lagi... :-)

    de eka Sas said...

    memang sangat enak kalau tetap sehat, hehehe..

    Jual token listrik online said...

    Kalau sering bersin itu termasuk influenza enggak ya?

    Agen pulsa all operator said...

    makasih infonya sobat :D

    bandartogelterpercaya said...

    terima kasih gan infonya

    beritaeceran said...

    Terimakasih banyak sangat membantu saya yang kebetulan lagi flu

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger