Tips Mencegah Serangan Jantung

Posted on
  • Saturday, December 21, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Hingga saat ini penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Di AS satu dari lima orang meninggal karena serangan jantung. Belakangan ini angka kejadian penyakit serangan jantung ini meningkat di negara berkembang tak terkecuali di Indonesia. 


    Gejala serangan jantung adalah nyeri di dada, terutama di bagian kiri yang dapat menjalar ke pundah kiri, kemudian sesak napas, mual, muntah dan keringat dingin. Untuk menghindari serangan jantung pencegahannnya sebenarnya mudah, antara lain adalah dengan:


    Menjaga berat badan ideal. Umumnya berat badan berlebih disebabkan oleh pola makan tidak ideal, makanan yang tinggi lemak ataupun karbohidrat. Penderita serangan jantung atau orang yang beresiko serangan jantung disarankan untuk menghitung jumlah kalori harian agar berat badan dapat dijaga dengan baik. Kondisi badan yang gemuk tidak hanya sedap dipandang mata tapi juga kurang sehat.


    Berhenti merokok. Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor resiko pemicu serangan jantung. Karena rokok membantu pembentukan formasi plak lemak pada dinding pembuluh darah terutama pada arteria koronaria di jantung. Rokok membuat proses penebalan pembuluh darah menjadi lebih cepat, itulah sebabnya perokok memiliki resiko lima kali lebih besar daripada yang bukan perokok. 


    Olah raga dan latihan fisik. Orang-orang yang banyak duduk saat bekerja termasuk mereka yang beresiko penyakit jantung koroner. Kebanyakan duduk artinya tidak banyak kalori yang terbakar, kelebihan kalori inilah yang menjadi sumber kegemukan dan lemak tinggi. Selain mengurangi lemak tubuh, olahraga minimal 30 menit selama sehari dapat memperlancar aliran darah sehingga resiko penyakit jantung turun.


    Diet gizi seimbang. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah yang bernutrisi seimbang, tinggi serat, tidak terlalu tinggi lemak. Makanan berlemak boleh saja dikonsumsi asalkan tidak dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain itu ikan laun yang mengandung omega 3 terbukti mampu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. 


    Mengelola stres. Bagi penderita penyakit jantung koroner, stres dapat memungkinkan terjadinya serangan jantung. Stres merupakan faktor yang sangat penting dan sering diabaikan. Tuntutan hidup dan pekerjaan kadang membuat stres dan tak dapat dihindari, maka mengelola stres dengan baik adalah salah satu cara untuk mencegah serangan jantung. (ref: Intisari/ill: synergyworldwideblog.com)

    28 comments:

    Ricky Aldiyansyah said...

    terimakasih tipsnya sob , emang kudu dijaga nih jantung tuh :)

    Ngampus Indo said...

    makasih sob sudah mengingatkan, postingan yang sangat bermanfaat

    Marnes Kliker said...

    Artikel yang bermanfaat sob, berarti harus menerapkan pola hidup sehat ya mas...
    Sampai saat ini saya masih belum bisa untuk berhenti merokok, susah memang kalo didasari dengan niat yang sungguh-sungguh....selain itu harus pandai mengelola stress juga ya mas, saya orang stress bukan ya? hehehe.........

    surya laroz said...

    kunjungan perdana sob,
    salam kenal

    untuk menjalin silaturahmi antar blogger, saya follow blog sobat,
    dan jika berkenan follow blog saya juga ya

    salam blogger,

    center60.com said...

    Wah Makasih tips nya .. Visit back :)

    Al Fikry said...

    makasih mas info nya , jadi nambah ilmu deh kalo ksini trus hehe

    paridah said...

    selagi jantung berdenyut kita masih bernafas...in sya Allah..

    Nedi Arwandi said...

    Info yang sangat bermanfaat, terima kasih mas Joe

    Bang Ancis said...

    Mengelola stres... ini yg berat buat saya...

    Intan Sudibjo said...

    kalo udah ngomongin rokok, nasehati orang yang merokok kaya menasehati patung :D

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    harus jaga kesehatan dan kondisi psikis ya mas agar bisa terhindar dari serangan jantung :)

    Purnomo Jr said...

    mencegah memang lebih baik ketimbang mengobati :)

    Cah Dabloeng said...

    Biasakan hidup sehat... biar ga penyakitan gan :D

    Mezi Aris Apronny said...

    Wah makasih mbak, soalnya saya dulu sering dada sakit, tpi syukurnya skrang tidak lagi, makasih mbak atas informasinya, ini sangat berharga mbk :)

    Muslimedical.com said...

    nuhun tipsnya kang

    dedekusn said...

    Tipsnya keren. Diantara semuanya yang jarang dilakukan adalah olah raga & latihan fisik.
    Terima kasih sudah berbagi & diingatkan.
    Salam!

    Fahrizal Mukhdar said...

    ya-ya ya ... terima kasih informasinya kang ... kalau berat badan gak seimbang tapi lebih kurus dari berat badan ideal itu gimana kang ...

    tomo said...

    alhamdulillah aku wis leren olehku ngrokok bang, sak joke gering suwi meniko

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    yg penting pola hidup sehat ya :D

    Ikerenki said...

    Benar sekali sob olahraga dan berhenti merokok.

    Agri Ahyar Prasetya said...

    ini yg paling saya takuti.. tapi dngn tips ini mudah2an tidak menyerang saya dan kwn2.. aminn..

    Rinoto Rin said...

    Wah ternyata merokok juga dapat mengakibatkan serangan jantung ya mas joe, berarti saya harus berhenti merokok ya. makasih infonya, sangat bermanfaat

    yudi said...

    Wah... harus rajin-rajin olahraga, nih... *ngelirik timbangan

    santy said...

    wah bermanfaat bgt mas,, makasih y..

    Kang Zeer El-Watsi said...

    olahraga yg agak males nih :)

    catatanbundafirzha.com said...

    jantung adalah organ tubuh yang sangat penting sekali, dan memang butuh perawatan yang baik agar selalu sehat

    juragantekno.com said...

    kita cegah sejak dini ;)

    Berita Unik Seru said...

    bermanfaat sekali infonya, makasih banyak mas

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger