Fakta-Fakta Tentang Slank

Posted on
  • Friday, December 13, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Menyambut 30 tahun grup band Slank, inilah fakta-fakta seputar Slank:

    Sebelum berdiri Slank ada sebuah grup rock bernama Cikini Stones Complex (CSC) yang dibentuk oleh Bimbim pada awal tahun 80-an yang biasa memainkan lagu-lagu Rolling Stones. Band inilah yang diyakini sebagai cikal bakal Slank. Bimbim kemudian membuat grup baru lagi bernama Red Evil.

    Nama Slank yang dibaca sleng, berasal dari kata slengekan untuk menggambarkan kepribadian mereka yang cuek. Setelah gonta ganti personil akhirnya terbentuklah formasi ke-13, Bimbim, Kaka, Bongky, Pay dan Indra

    Sempat mengalami berbagai penolakan, akhirnya tahun 1990 demo lagu-lagu Slank diterima pihak rekaman dan mulai rekaman debut album perdana berjudul  Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy). Album ini mengandalkan lagu Memang dan Maafkan itu meledak di pasaran sehingga mereka pun diganjar BASF Award kategori pendatang baru terbaik. Album-album berikutnya juga sukses dan Slank mulai mendapat tempat khusus di hati pecinta musik Indonesia.

    Pada saat menyiapkan album keenam mereka, Slank dilanda perpecahan, yang berbuntut keluarnya tiga personel mereka Bongky, Indra dan Pay yang kemudian mereka membentuk band baru bernama BIP. Pada saat itulah kemudian Abdee, Ridho, dan Ivanka masuk.

    Karena perpecahan tersebut Bimbim sebagai leader band sempat berniat untuk membubarkan Slank, namun seorang penggemar fanatik mengancam untuk membunuh mereka jika Slank benar-benar dibubarkan.

    Hampir semua personel Slank saat itu terlibat dalam narkoba. Dalam album ke tujuh yang berjudul Tujuh yang dirilis Januari 1997 ada single berjudul Balikin yang menceritakan ketergantungan mereka pada narkoba dan ingin sehat kembali.

    Pada tahun 1999 Slank mengeluarkan double album berjudul 999+09 yang terdiri 27 lagu yang dibuat dalam dua versi. Konon, karena banyaknya lagu yang akan dijadikan single, Slank meminta pendapat kepada fans di Potlot dan kepada pendengar untuk dimintai pendapatnya tentang lagu mana yang akan dijadikan single.

    Tahun 2004 Slank tampil mewakili Indonesia di acara MTV Asia Aid di Thailand bersama musisi lain seperti Simple Plan, Rain, Siti Nurhaliza, Namie Amuro, Jay Chou, Hoobastank

    Tahun 2009, Slank bermain film berjudul Generasi Biru dengan sutradara Garin Nugroho. Filmnya menceritakan tentang perjalanan karir Slank. 

    Slank banyak memperoleh penghargaan di antaranya BASF Award, Anugerah Musik Indonesia, MTV Indonesia Awards, dan bahkan MURI sebagai Group Musik Indonesia Pertama yang Merilis Album melalui Handphone. (berbagai sumber)

    23 comments:

    mekanik komputer said...

    salah satu band legend di indonesia

    diakuin said...

    legend!!!

    Marnes Kliker said...

    Wuiiih ini mah band legendaris Indonesia, salut buat group band papan atas yang satu ini hingga sekarang masih tetap eksis dalam bermusik.. ijin follow blognya ya sob :)

    Budy Shinichi said...

    aku suka lagu mereka yg judulnya kupu liarku itu lho.. sama foto dalam dompetmu

    #moga-moga nggak salah nulis judul

    dadang hidayat said...

    Legend musik Indonesia !
    Slank salah satu group band yang mempunyai fans fanatik dan dimana - mana ada. setiap ada konser, meskipun slank tidak ikut tampil dalam konser tersebut bendera slank selalu berkibar di tengah kerumunan penonton :)

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    Suka bgt sama slank lagu2nya oke bangett gak ada matinya :D

    Ngampus Indo said...

    kunjungan perdana pak, ijin nyimak

    untuk menjalin silaturahmi antar blogger, saya ijin follow blognya dan jika berkenaan follback blog saya ya pak

    mbah koeng said...

    suarane yang falseto khas banget

    rahmat arifin said...

    Jadi tau gan fakta" mengenai slank terimakasih...
    Oh iya follow sukses medarat :D

    Susi Susindra said...

    aku suka slang... sekedar suka lagunya pake banget..... tp ga terlalu suka sama personilnya. :)

    Pudan Lubis said...

    siapa fans slank disini?? could hands up in the air. .:)

    Muya Devoteeshonesty said...

    Oohh begini ternyata asal udul slank.. Tapi fans yang panatik menguntungkan juga yaaa

    jenx indah said...

    slankers sejati deh pokonya...an met ultah buat band slank ya

    IrmaSenja said...

    udah lama gak jalan-jalan ke sini, apa kabar beranda kata ?
    Slank....bukan fans fanatik tapi beberapa lagunya saya suka...

    joe said...

    IrmaSenja: kabar baik memang selama setahun gak ngeblog dan kini semangat lagi...

    Muroi El-Barezy said...

    Wah ini nih group band yang perlu dicontoh, ampe 30 tahun ga ada matinya, ga seperti kebanyakan band sekarang, baru tenar eh udah pada bubar...

    Index Apk said...

    wah, nice infonya sob,,
    jadi tambah tahu..hehe

    Noval.web.id said...

    oalah ane baru tau gan

    Mas Nady said...

    wah mas joe slankers ya rupanya heheh. salank adalah salah satu grup band indonesia yang awet dan tetep berjaya sampai sekarang ya mas

    TUKANG CoLoNG said...

    band legenda indonesia

    Buku Baru said...

    Wow! Kamu harus cepat pulang ... jangan terlambat sampai di rumaaah *itu saja yg diingat oleh benak ini *trims sdh share fakta tentang slank **** PISS :)

    Agri Ahyar Prasetya said...

    Band slank adalah band terbaik menurut saya.. lagunya asyik.. yg dngr pasti suka.. :)

    aldino.sya said...

    kunjungan perdana.

    slanker.. yeaaaaaa.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger