Apakah Fungsi Kantung Kecil di Celana Jeans?

Posted on
  • Monday, December 16, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Jika kita memperhatikan celana jeans kita, dari merk apapun pasti mempunyai suatu kesamaan. Yaitu memiliki kantung kecil di depan saku depan. Lalu apakah fungsi kantung kecil itu?

    Mungkin saat ini bisa dipergunakan untuk menyimpan uang logam, kunci, karcis parkis atau benda kecil lainnya, tapi fungsi semula ternyata bukan untuk itu. Fungsi kantung kecil di depan tersebut berkaitan dengan sejarah penemuan celana jeans itu sendiri. 

    Pada tahun 1850-an di California, Amerika Serikat dilanda demam emas, sehingga tidak sedikit kaum imigran dari berbagai bangsa di Eropa, Cina maupun Afrika yang mencoba mengadu nasib untuk mencari emas di sana. Salah satu dari imigran itu adalah seorang warga Jerman berusia 24 tahun, Levi Strauss.

    Di saat yang lain sibuk berburu emas Strauss malah kepikiran untuk membuat pakaian yang terbuat dari bahan yang kuat bagi para pemburu emas itu. Awalnya dia membuat celana berbahan kanvas untuk tenda, tapi belakangan Strauss menggunakan bahan dari Genoa Italia, yang dinamai bleu de Genes yang kemudian dilavalkan dengan blue jeans.

    Celana itu memang terbukti sangat kuat dan awet selain karena bahannya juga karena memakai semacam paku yang saat ini masih terdapat pada semua celana jeans model klasik. Strauss dan rekannya Jacob Davis juga melengkapi celana ciptaannya dengan semacam kantung kecil yang berada di atas saku depan, gunanya adalah untuk menyimpan butiran-butiran emas yang mungkin ditemukan oleh para pemburu emas. Berada di sebelah kanan karena untuk mempermudah mereka menaruh emas itu.

    Kini ratusan tahun setelah penemuan pertama itu, bisa jadi karena bentuknya yang unik, ternyata para pabrikan jeans masih tetap mempertahankan saku itu, meski memang sekarang fungsinya tidak untuk menyimpan butiran emas lagi. (ill: joe)

    49 comments:

    mbah koeng said...

    tak kiro nggo nyimpan k*****m joe

    post view said...

    ane baru tau nih kalo ternyata kantung kecil ada manfaatnya .. ane kira biar makin keren aja :)

    Yulita Widya.N said...

    waw,,butiran emas toh.. klo di kita mungkin recehan ya..hehehe

    mekanik komputer said...

    saku kecil.. manfaatnya besar,,, mantabb

    catatan-r10.com said...

    sekarang fungsinya buat naruh koin uang logam he he

    Nuel said...

    butiran debu bisa masuh nggak yah? :P

    the others said...

    Oalah... ternyata :D

    Dwi Alfina said...

    klo aku biasanya tempat masukin simcard ;)

    Ngampus Indo said...

    kalo saya buat nyimpen uang receh sob, buat bayar parkir, hehe

    Cilembu thea said...

    hadeuh...seumur-umur baru tau guna dan fungsi kantong kecil itu deh....makasih ilmunya bro...

    Pudan Lubis said...

    Jadi itu ea kegunaaan kantong kecil tersebut. .
    Keren juga ya, tempat nyimpan emas. .
    apa gak takut hilang???

    dadang hidayat said...

    Oh jadi begitu toh, hehe
    Baru tahu, kirain cuma variasi doang gan :D

    budi os 19 said...

    ta kira..kusus buat nyimpen uang koin ato recehan mas :)

    Anime Subtitle Indonesia said...

    itu tempat nyimpen laptop bisa kok

    Marnes Kliker said...

    Wah artikelnya keren banget, cukup jeli banget sampe kantung kecil dicelana pun ada pembahasannya. Kirain saya fungsi daru saku kecil itu buat naro duit logam, ternyata bukan ya?

    ell ibnu said...

    hehe,,baru tau nih . .biasanya nyimpen bolpoin , ,
    ditunggu kunjungn baliknya ya

    Etika Maria said...

    Udah pernah baca nih, sayangnya saya gak pakai jeans hehehe :)

    Leony Li said...

    keren ya, oh ya mas, saya menemukan javascript ini terbaca virus.

    http://makingdifferent.github.io/blogger-widgets/Most-commented-posts.js

    silahkan js ini diperbaiki.

    joe said...

    thanks sudah saya ganti

    Yobert Parai said...

    Ohh gara-gara emas ya rupanya, kirain emang designnya gitu :D

    Abdul Kholiq Hasan said...

    wah kalau saya tidak mengerti hal tersebut, lagipula saya jarang pake celana jeans

    MaYa KayLa said...

    baru tahu sejarah manfaat saku kecil pada celana jeans

    Saud Karrysta said...

    Selamat Malam Mas Joe. sebelumnya saya kenal belum yah
    Yah salam kenal aja yah Mas. kunjungan perdana dan sekalian blogwalking
    Ternyata ada gunanya yah kantung kecil pada celana makasih Mas atas infonya
    Jika tidak keberatan saling Follow blog dan G+ Mas makasih :)

    jenx indah said...

    Begitu ya ceritanya ...terkadang saya juga bertanya kenapa selalu ada kantong kecil dalam setiap celana jeans..jadi seperti ini ya

    Karrysta said...

    Oh yah sampai Lupa gak terima kasih dan gak nyapa
    Sahabat semua salam buat Mbak Maya Mas Admin dan sahabat lainya

    Dudul Hendrik said...

    Asyik Bang, baru tahu nie ceritanya seperti itu. hehe. Terkadang saku kecil itu juga saya gunakan untuk menyimpan emas Mas, Mas-masan...(he3x)

    wongcrewchild said...

    rupanya begitu toh, paling receh biasanya

    fb said...

    ternyata kantung kecil itu buat ngantungin emas ya..

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    wah.. menarik sekali sejarahnya.. sayangnya kini emas sudah tiada untuk disimpan di situ.. hehe..

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    wah.. menarik sekali sejarahnya.. sayangnya kini emas sudah tiada untuk disimpan di situ.. hehe..

    Fazri said...

    Kirain buat naro pulpen gan. tapi trnyata bukan

    Anthonie Eka said...

    salau saya sih biasa buat naro kunci soalnya kalau di saku lainnya takut hilang :)

    Muya Devoteeshonesty said...

    Hmmm bagus banget baca artikel ini.. Memang dari jaman dulu banyak penemu" hebat..
    Salut buat mereka semua..

    Semua ternyata ada fungsinya...aku tidak pernah memperhatikan kegunaan kantong kecil itu.
    Kupikir itu hanya buat tampilan agar menjadi lebih keren saja

    seomob said...

    baru tahu ane

    vera astanti said...

    owalah, tak kira cuma sebagai hiasan fashion aja. Lah wong kantonge kecil begitu.. susah ngambil barang yang ada di situ. :D

    rhey bond said...

    baru tau saya...:D

    Arif Subroto said...

    Ane baru tahu gan!
    nice info:)

    paridah said...

    sejarah levisse strauss ni...penggemar jean patut ambil tahu...

    Eka Soepadmo said...

    saya baru tahu kalau ternyata fungsinya untuk menyimpan butiran emas

    Andrekocak Blog said...

    wah wah baru tau ane gan :D

    Rawins said...

    aku pake buat nyakuin koin, om...
    mau nyakuin mas adanya mas bejo juga... :D

    melissa nath said...

    wah baru tau hhehee, kirain gda fungsi

    Hany said...

    oh..buat naruh emas...:) keren yah..sekarang jranag orang punya emas sih..:D

    Mezi Aris Apronny said...

    baru tau ane hehee :)

    Kang Sun said...

    Jeans adalah Celana favoriteku, tapi baru tahu sejarahnya setelah membaca artikel ini, he he...

    mutia ohorella said...

    Ooh..gitu ya?! Hehehe...Anak saya menggunakannya untuk Ipot Shuffle. :)

    Oyo Sukarya said...

    hehe baru tahu mas...ternyataa kantong kecil di saku celana jean ada sejarahnya

    Agus Supriyono said...

    nyimak, pengetahuan baru ni ternyata ada ceritanya, dulu sempat berpikir kantung kecil ini apa gunanya

    vicky said...

    Ealah...ternyata ada gunanya toh.....disangkain gaya-gayaan doang......he he he......
    salam kenal mas/mbak.....makasih ya....

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger