Fakta-Fakta Seputar SMS

Posted on
  • Thursday, December 5, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Kini setelah bermunculan berbagai macam instant messaging yang menawarkan berbagai kelebihan masing-masing, namun keberadaannya ternyata tidak mampu mengalahkan SMS. SMS yang kini umurnya melebihi usia Justin Bieber itu tetap menjadi favorit banyak orang. Berikut ini adalah fakta-fakta seputar SMS:  

    SMS pertama. SMS pertama dikirim oleh seorang karyawan sebuah proyek mobile messaging untuk Vodafone, Neil Papworth kepada Direktur
    Vodafone, Richard Jarvis dari komputer menggunakan jaringan seluler operator tersebut. Waktu itu tanggal 3 Desember 1992 dan isinya hanya dua kata: "Merry Christmas"

    Di Malaysia syah digunakan untuk menceraikan istri. Sebab SMS hanyalah bentuk lain dari tulisan, kata seorang pejabat pemerintahan membenarkan penggunaan SMS untuk menceraikan istri. Selain itu talak lewat SMS juga berlaku di Tajikistan sebelum kemudian, pada tahun 2011 dilarang oleh pemerintah.

    Batas 160 karakter berasal dari mesin ketik. Adalah seorang bernama Friedhelm Hillebrand yang bekerja di sebuah perusahaan selular. Di tahun itu bandwith sangat terbatas dan mulai dipikirkan bagaimana untuk menggunakan data sesedikit mungkin. Kemudian dia mulai menulis kalimat menggunakan mesin ketik dan mulai menghitung-hitung berapa karakter yang kira-kira bisa menghemat bandwith, sampai kemudian ditemukanlah 160 karakter itu dan berlaku hingga sekarang.

    Menjadi inspirasi Twitter. Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey dan sering dijuluki dengan pesan singkat dari Internet. Kenyataannya Twitter memang terinspirasi dari SMS dan bedanya Twitter memangkas jumlah karakternya sehingga berkurang menjadi hanya sejumlah 140.

    Tidak dipatenkan. Menurut wawancara dengan BBC sang penemu SMS yaitu Matti Makkonen tidak mematenkan penemuannya tersebut karena waktu itu dia menganggap bahwa penemuannya tersebut tidak dapat untuk didaftarkan hak ciptanya. Akibatnya hingga kini dia tidak pernah menerima satu dollar pun untuk karya hebatnya itu.

    Aplikasi yang paling banyak digunakan. Menurut Business2Community diperkirakan 3.7 milyar pengguna ponsel di seluruh dunia saling kirim dan menerima SMS. Menurut Experian, pengguna smartphone berusia 18 hingga 24 tahun rata-rata mengirimkan 2.022 pesan teks per bulan, atau sekitar 67 SMS setiap hari.

    Mulai ditinggalkan? The New York Times melaporkan bahwa penggunaan SMS mulai digantikan oleh Twitter, Facebook dan instant messaging lain. Volume pengiriman SMS mulai menurun, tahun 2012 dari 39,7 miliar pada kuartal empat 2011 menjadi 38,5 miliar pada kuartal kedua tahun 2012. Hal ini dimugkinkan karena instant messaging ini jauh lebih menarik, karena bisa mengirimkan tidak hanya sekedar teks 160 karakter, dan yang lebih penting seringkali gratis. Namun demikian sang penemu SMS tidak khawatir dengan hal itu. Dia percaya bahwa SMS akan tetap selalu dipakai sampai kapanpun. (Reff: Huffington Post/ill: )

    12 comments:

    Rawins said...

    lebih enak sms, om...
    sinyal mepet ga perlu koneksi data masih bisa komunikasi dengan wuus wuss...

    joe said...

    dan bisa dipakai pada hp paling jadul sekalipun hehe

    post view said...

    iya sih media sosial manapun kalo udah menyangkut pesan... asalnya dari asal muasal sms.. apapun bentuknya sms tetap terbaik :D

    tips jitu said...

    sampai kapanpun namanya smsm kagak bakalan pudar gan walaupun si hp sendiri ada yang smartphone atau gk

    Muroi El-Barezy said...

    Harusnya ada penemuan baru biar karakternya bisa ditambah jangan 160, kan puas tuh SMS-nya hehe...nais inpoh..

    Andrekocak Blog said...

    haha bener tuh fakta"nya :D

    TUKANG CoLoNG said...

    wah dari ga tau jadi tau saya.. coba fakta tentang aplikasi perpesanan yang lain mas hehe

    Susindra said...

    Menceraikan istri melalui sms disyahkan? ckckck.. betapa mudahnya.

    WannabeSmartMom said...

    Mungkinkah twitter dan facebook akan menggantikan peran sms? Bisa jadi ya mas. mungkin karena gratisnya. Meski ga gratis2 amat sih . tetep bayar kan...

    APKPRIMe.com said...

    wah boleh jg mas.

    Abed Saragih said...

    Sekarang zaman dan teknologi semakin canggih sms sudah mulai ditinggalkan karena adanya jejaring sosial yang mudah digunakan.

    Cara Ririn said...

    Saya malah lebih suka smsan mas daripada facebookan dan bbman hehe :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger