Fakta-Fakta Seputar Nelson Mandela

Posted on
  • Friday, December 6, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, meninggal dunia dalam usia 95 tahun setelah menjalani perawatan karena infeksi paru-paru selama tiga bulan belakangan. Berikut adalah fakta-fakta seputar Nelson Mandela:

    Mandela lahir pada 18 July 1918, Qunu, South Africa dengan nama asli Rolihlahla Mandela. Rolihlahla dalam bahasa setempat berarti ‘menarik cabang pohon’ atau juga ‘pembuat onar’. Nama Nelson kemudian diberikan oleh seorang gurunya. PBB mendeklarasikan hari ulang tahunnya sebagai Hari Internasional Nelson Mandela, ini adalah kali pertamanya PBB mendedikasikan hari tertentu untuk seseorang.

    Mendela menikah dengan Graca (Machel) Mandela pada 18 July  1998, sebelumnya menikah dengan "Winnie" (Madikizela) Mandela (1958-1996, bercerai dan Evelyn (Ntoko) Mandela (1944-1958, bercerai) dan dari pernikahannya dikaruniai 6 orang anak.

    Dia tidak hanya sebagai komandan pertama dalam kepala sayap militer ANC, African National Congress, tetapi juga, bersama-sama dengan Oliver Tambo, sebagai co-founder dari perusahaan negara kulit hitam pertama hukum, Mandela & Tambo, yang banyak membela orang yang terkena hukum apartheid.

    Pada tahun 1962, ia meninggalkan negara itu untuk menggalang dukungan bagi perjuangan bersenjata. Selama waktu itu ia menerima pelatihan gerilya di Maroko dan Ethiopia. Tapi kemudian dia ditangkap dan dihukum karena tuduhan sabotase dan berusaha menggulingkan pemerintah. Selama di penjara, Mandela dibatasi dalam sel 2 x 2,5 m, dengan hanya sebuah kasur gulung di lantai dan ember untuk sanitasi di dalamnya. Ia juga diasingkan dalam sebuah kerja paksa di sebuah tambang kapur untuk waktu itu dan, pada awalnya, hanya diperbolehkan menerima satu pengunjung dan sebuah surat setiap enam bulan.

    Mandela menolak pembebasan bersyarat dengan menghentikan perjuangan bersenjata pada Februari 1985, Mandela tinggal di penjara sampai dibebaskan pada 11 Februari 1990 atas perintah Presiden Frederik Willem de Klerk setelah mendapat tekanan dari seluruh dunia. Mandela dan de Klerk mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada 1993.

    Nelson Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dalam masa sekitar 5 tahun (Mei 1994 - Juni 1999) setelah memenangkan Pemilu dan menjadi presiden kulit hitam pertama dengan de Klerk sebagai Deputi presiden. Masalah AIDS menjadi sumber kekecewaan orang-orang dan penyesalan Mandela karena dalam masa pemerintahannya, ia kurang memperhatikan masalah ini. Anaknya, Makgatho Mandela, meninggal karena AIDS pada 6 Januari 2005.

    Selama hidupnya ratusan penghargaan dan kehormatan telah diberikan pada Mandela. Antara lain, ia adalah seorang warga kehormatan Kanada, anggota kehormatan dari Partai Buruh Inggris, dan anggota kehormatan dari Manchester United. (ill: thedurban.co.za)

    6 comments:

    Anonymous said...

    #RIPmandela

    Pengobatan.Net said...

    Faktanya sangat banyak sekali ya ? Salam saya min

    Alya Zahra said...

    sangat di sayangkan dunia kehilangan sosok pejuang seperti Mandela ini gan...
    btw, saya sudah follow gan, follback yah... salam kenal...

    catatan-r10.com said...

    mandela pahlawannya afrika selatan dan penyuka batik

    Cara Ririn said...

    wah hebat sekali ya nelson mandela itu, benar-benar amazing mas, salut saya :)

    Not4speed said...

    mantap gan :D
    salam kenal mampir balik ye

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger