Berbahayakah Mie Instan?

Posted on
  • Thursday, December 19, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Ada yang mengatakan bahwa mie instan adalah sebagai salah satu penemuan terbesar abad ini. Karena sifatnya yang paktis, murah dan mudah penyajiannya, mie instan sering kali dijadikan menu wajib bagi anak-anak kost. 

    Sebenarnya bisa jadi mie instan bisa menjadi makanan dengan gizi yang seimbang bila dikonsumsi dengan tambahan, misalnya telur, dan sayuran. Dan tentu saja tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebab kalau dimakan secara wajar mie instan ini tidak berbahaya.

    Secara umum kandungan utama dari mis instan adalah karbohidrat yang berasal dari tepung terigu. Kandungan lain adalah serat dan protein dalam jumlah kecil, serat 2 – 3 gram dan protein 7 – 9 gram per kemasan. Kandungan lain yang cukup dominan adalah natrium, dalam kadar yang cukup tinggi yaitu mencapai 700 – 1.000 mg. Selain itu masih ada garam dan penguat rasa monosodium glutamat (MSG). 

    Natrium bila terlalu banyak dikonsumsi bisa merugikan kesehatan sebab bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah, memicu hipertensi, gangguan denyut jantung, hingga akumulasi cairan yang bisa menyebabkan bengkak pada organ-organ vital, salah satunya otak. 

    Kandungan dalam mie instan yang tidak boleh dilupakan adalah adanya zat aditif yaitu bahan pengawet, pewarna, perasa, pengental dan sejenisnya. Bahan-bahan inilah yang bila dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan manusia. Efek buruknya adalah menyebabkan gangguan sistem syaraf, sistem pencernaan dan bahkan tumor. Pada anak kecil bisa menyebabkan berkurangnya atensi serta hiperaktifitas (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder, ADHD).

    Ada cara untuk mengurangi kandungan natrium dan zat aditif ini yaitu dengan cara merebus mie instan lalu membuang air rebusannya. Dengan cara itu bisa mengurangi kadar natrium, zat pengawet dan yang lainnya dan ikut terbuang bersama air rendaman.(ill: joe)

    43 comments:

    paridah said...

    makanan segera ni boleh menyebabkan mati pun segera kot...hih...hih..

    Intan Sudibjo said...

    sebenarnya memang harus begitu, membuang air bekas rendaman rebusannya, tapi kan kebanyakan orang malas dan tak mau repot :D

    Friska Lee said...

    nah ini dia akhirnya diulas .. saya kebetulan sekali penyuka mie instan biasanya saya rebus 2 kali airnya ..

    Titi Esti said...

    oh, jadi dibuang air rebusannya yah ? baiklaah..

    Cah Dabloeng said...

    Yang penting jangan berlebihan gan :D

    deva (sabri familie) said...

    sesekali kalo lagi kangen saya makan mie instant... setahun belakangan barutau cara masaknya , direbus 2x, airnya dibuang hehehe,,,

    Mohammad Isnaeni said...

    Selain dibuang air rebusannya, apakah ada jumlah yang aman dikonsumsi, misalnya dalam seminggu minimal berapa ?

    fiu choppie said...

    jangan ketinggalan cara penyajiannya sob .... :)

    Yulita Widya.N said...

    saya suka mie,,tapi memang sewajarnya saja. paling dekat jarak makannya stelah 3 hari.. :)

    taharonqi said...

    jadi tahu nich bahaya makan mie instan secara berlebihan
    thanks da berbagi sob

    MaYa KayLa said...

    mau jga mie instannya

    saya jrang buang air rebusannya,,, :-D

    Khai♥Rin : anies said...

    suka makan tapi awal2 lagi dah pasang niat, jangan makan selalu

    Albeit Suryahsyah said...

    kabar itu memang pernah denger saya dari berita reportasi transtv, sejak itu saya ngebuangin terus air bekas rebusan mi instan

    Yobert Parai said...

    Saya juga pencinta mie instant khususnya mie goreng :D tapi konsumsinya juga gk terlalu sering sih :D

    Al Fikry said...

    Ohh harus dibuang dulu ya air rebusan nya :D
    baru tau nih saya gan

    Aldino Akmel said...

    wah ternyata mie instan itu berbahaya juga ya...

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    perlu dihindari mee instant begini.. atau boleh dimakan sekali sekala sahaja..

    encikarman.com said...

    jgn selalu mkn, plg kurang 3 hari selang

    Elfrida Chania said...

    Waduh, saya sering makan mie instan nih. Setelah baca, jadi nyadar untuk mengurangi makan mie instan -_-

    Mezi Aris Apronny said...

    Dibuang air rebusannya ya,, saya sih gak terlalu sering makan mie instan, paling sekali-sekali :)

    Ngampus Indo said...

    kalo misalnya mienya setelah direbus trus dibuang airnya kemudian mienya dicuci lagi mungkin lebih aman ya? tapi rasanya udah tidak hangat

    Hany said...

    kira-kira kita boleh makan mie instan itu seminggu berapa kali yak?? :D

    Camera.co.id Toko Kamera Murah di Indonesia said...

    makasih infonya gan... jarang ada yang tahu info kaya gini

    Saud Karrysta said...

    Selamat Malam Mas Joe simak artikelnya nya nih
    Menarik keterangan tentang Mie Instant yang sering saya makan
    Tapi jujur lho saya kalau terlalu makan mie instan perut saya jadi
    Sakit. seperti gak support pencernaan saya gitu Mas. makasih infonya :)

    Djangkaru Bumi said...

    aku paling doyan dengan mie instan, sekali rebus tiga pack plus telur dua. mantap kan ? air rebusan aku buang dan di ganti dengan air baru biar zat berbahayanya bisa berkurang . seperti saran dari artikel ini. terimakasih.

    wongcrewchild said...

    mungkin yg penting jngan dijadikan makan utama, skali watu aja, sya kalo masak mie sllu dibuang dulu air rebusannya, spti saran sobat,

    pilihan dalam kondisi kepepet, namanya aja instant :)

    Rawins said...

    kayaknya ga terbatas mie instan atau msg deh, om
    apapun itu kalo berlebihan tetap ga baik
    *termasuk kelebihan duit kali ya..?

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kalau menurut saya sih nggak berbahaya asalkan kita mengkonsumsinya tidak berlebihan, dalam artian sewajarnya aja. Pasti tidak memengaruhi kesehatan kita jika makan mie instan ini :)

    Agri Ahyar Prasetya said...

    kalau saya, setiap kali mau makan mie instan memang saya rebus dulu tu mie sama buang airnya.. :)

    Indri Lidiawati said...

    jadi takut nih saya makan mie instant, padahal itu makanan kesukaan saya loh mas, hmmm :(

    Wu Hand Blog said...

    kalo mie goreng?
    itu gimana om

    Muya Devoteeshonesty said...

    Ini makanan kesukaanku dan mudah penyajiannya..
    Yaa untunglah kalau tidak berbahaya kalau mengonsumsinta tidak terus menerus

    Saud Karrysta said...

    Datang lagi Mas Joe nyimak tentang Mie untuk kesehatan
    Wah sangat ramai yah Mas sahabat blogging semua pada
    Anthosias juga dengan Mie Instant salam sukses deh Mas :)

    Dede Thea said...

    yaaa apapun yang berlebihan sudah bisa dipastikan " tidak bagus " bukan hanya menurut ahli kesehatan,agamapun melarang untuk berlebihan,apalgi mie ninstan ini kadar Natrium cukup tinggi bila terlalu banyak dikonsumsi bisa merugikan kesehatan,jadi ya secukupnya sajalah,ok kawan info bagus sekali nih,semoga bermanfaat bagi yang baca,,,,

    Indra Kusuma Sejati said...

    Lebih baik kalau mau membauta mei instan air rebusan pertamanya di buang dan tidak perlu ikutkan dalam konsumsi makanan ini Sob.

    Salam

    kang haris said...

    Ia, saya juga suka membuang air rebusan mie instan, dan mengurangi penggunaan bumbunya. Tapi syukurlah sekarang ada Mie Janda, jadi hobi makan mie saya bisa disalurkan dan lebih sehat :)

    tiket said...

    untung selama ini kalau bkin mie instan air rendamannya d buang...
    :)

    Bali Tours said...

    makanan yg mengandung pengawet & pewarna kalau d konsumsi scra berlebihan memang berbahaya..!!!

    Dihas Enrico said...

    bagaimana cara masaknya adalah kunci dari kelezatannya....
    ingat buang air bekas rendamannya....
    :)

    Rinoto Rin said...

    Wah gitu ya, baru tahu saya, ternyata kebanyakan makan mi instan berbahaya, padahal jika lembur blogging, saya sering makan mi instan, habis mudah sih dan cepat, makasih infonya, bagus banget

    Berita Unik Seru said...

    hobi saya kalo hujan2 :-)

    Miss Rochma said...

    Saya dulu pernah diberi tahu bapak kalau disuruh membuang air rebusannya. ternyata untuk mengurangi beberapa kandungan berbahaya ya :)

    Arieon said...

    Mee instant memang bahaya. Jangan korbankan kesihatan kerana ingin cepat.

    Ikhlas, arieon.my

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger