Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan?

Posted on
  • Wednesday, December 18, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Karena sejak semua jarum jam berputar ke arah kanan sehingga jika ada istilah ‘memutar searah jarum jam’ maka artinya adalah berputar ke kanan, sebaliknya jika ‘memutar berlawanan dengan arah jarum jam’ artinya adalah ke arah kiri. Tapi mengapa sejak pertama kali ditemukan jam jarumnya berputar ke kanan dan bukan arah kiri?

    Asal mula arah perputaran jarum jam terkait dengan penemuan jam itu sendiri. Pada jaman dahulu bangsa-bangsa peradaban besar seperti Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia dan Cina sudah mengenal penunjuk waktu dengan menggunakan jam. Tentu bukan seperti jam mekanik layaknya jaman sekarang tapi menggunakan jam matahari atau sundial. 

    Di Mesir sundial pada awalnya adalah terdiri dari dua bagian yakni papan berbentuk lingkaran persegi yang ditulisi dengan angka-angka serta sebuah tiang segi tiga (gnomon) yang diletakkan berdiri tegak lurus terhadap papan. Ketika matahari menyorotkan sinarnya maka bayangan gnomon tersebut akan menimpa papan dan menunjukkan waktu saat itu.

    Mengingat bangsa-bangsa peradaban kuno tersebut berada di belahan bumi utara sementara matahari berada di belahan selatan maka bayangan penunjuk waktu itu akan bergerak memutar ke kanan. Lain ceritanya kalau jam itu berada di bumi selatan sehingga jarum akan bergerak ke kiri. Sementara kalau berada tepat di daerah katulistiwa maka bayangannya akan bergerak lurus dari barat ke selatan

    Saat kemudian jam mekanik mulai ditemukan oleh bangsa-bangsa barat, rupanya para pabrikan jam melanjutkan kebiasaan jarum jam yang memutar ke arah kanan. Meski jam diletakkan di arah manapun jarum jam akan tetap memutar ke kanan dan hal itu menjadi seperti sebuah keharusan. (ill:joe)

    37 comments:

    bayang said...

    iku jammu dewe yo kang

    21inchs said...

    mungkin juga karena arah kanan itu cenderung terdefinisikan sebagai suatu bentuk kebaikan kali yaa..

    Fahrizal Mukhdar said...

    Hm... karena, karena kebiasaanya memang kayak gittu ... heheh kalau dirubah kata searah jarum jam akan hilang ... hehe. Sekarang kan juga ada jam digital ... hehe

    Djangkaru Bumi said...

    peradapan mesir berarti lebih canggih ya ?

    Aditya-Web.com said...

    Baru tau saya sejarahnya, padahal tiap hari make :D

    Dwi Alfina said...

    baru tau nih sejarahnya, padahal tiap hari make dan tiap hari liat . hmmm

    Boku no Blog said...

    Sepele, namun ternyata ada sejarahnya ya Mas joe..:)
    terima kasih sharenya..

    Al Fikry said...

    waduh, berarti cuman jam tangan saya yang berputar kekiri nih :D
    kudu distel lagi deh .. hehehe

    Rawins said...

    coba kalo jam matahari dulu sudah digital
    ga bakalan ada istilah searah jarum jam :D

    anisayu said...

    Ga kepikiran mengapa jarum jam ke kanan
    ternyata telah jadi keharusan

    Arif Subroto said...

    oh... Ternyata alasanya itu to...

    Payz0 said...

    hmmm.. klo menurut saya mo kekiri atau kenanan yang penting angkanya di balik kan sama aja... hehehehe

    budi os 19 said...

    iya juga ya....jadi tau sekarang..hehehe :)

    cara mengobati radang bronkitis said...

    seiring berjalannya waktu sekarang jam tangan sudah pakai digital ya, tapi masih banyak yang tetap menggunakan jam tangan dengan jarum berputar karena lebih indah dilihat ^^

    Marnes Kliker said...

    Saya gak kepikiran sampe ke arah situ, artikelnya mantap bisa menambah pengetahuan dan wawasan baru nie....

    mbah koeng said...

    lha jamku tidak berputar ke kanan jo, soale jam digita wkwk

    Candra Rudi said...

    Pusing mas kalau bahas masalah mutar memutar
    yang penting Artikelnya Bagus Mas :)
    Kunjungan dari BlogCandra.com

    Yuni Astutik, atau lo bisa pangggil gue Nia said...

    tulisan yang simpel tapi "ngena". salam kenal joe :)

    Anthonie Eka said...

    saya baru tahu alasannya sekarang ternyata dipengaruhi oleh bayangan matahari yah mas, makasih infonya sangat bermanfaat :)

    Mezi Aris Apronny said...

    Aku ngebayangin kalo jam berputar kekiri gimana ya, hehehe

    dadang hidayat said...

    Jam, sebuah alat yang penting dalam berpergian.
    ternyata ada sejarahnya juga tentang kenapa arahnya kekanan, hehe
    Terimakasih infonya :) Salam sukses

    Abed Saragih said...

    Sekilas dilihat memang berputar dari kiri ke kanan jadi arahnya kearah kanan mas :)

    jenx indah said...

    Untung juga ya para pembuat jam semua setuju jam memutar kearah kanan coba kalau beda pendapat

    Arif Abdurahman said...

    Oh emang berawal dari jam sundial ya.

    Leony Li said...

    jangankan jarum jam berjalan ke arah kanan, memakan dengan memegang sendok atau makan dengan tangan terlanjang saja sudah pakai tangan kanan, berarti semua serba kanan mas hehehe...

    zan P O P said...

    jam ku ga muter sob, tapi kedap-kedip.. :D

    Nais info...

    Ngampus Indo said...

    wah tambah ilmu nih dari mas Mail tentang jarum jam berputar ke kanan

    SAWALI TUHUSETYA said...

    bisa jadi ini juga persoalan konvensi ya. mungkin persoalannya akan menjadi lain ketika dulu orang sepakat utk menghitung perjalanan waktu (jam) berputar ke arah kiri, bisa jadi akan dianut hingga sekarang.

    Blogs Of Hariyanto said...

    ternyata asal muasalnya begitu ya, meskipun pergerakan matahari tidak semua tempat terlihat ke kanan...luarbiasa :-)

    Muya Devoteeshonesty said...

    Yang kelihatanya sepele ternyata ada kisah nya juga..
    Kita tidak pernah memikirkan hal ini... Jarum jam berputar ke kanan

    fiu choppie said...

    nyari angak 13 nggak ketemu2 jadi terus muter2 arah kanan .... hehehe

    Khai♥Rin : anies said...

    ooo baru tahu

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    menarik informasi ini.. belum pernah terfikir kenapa jam berputar ke kanan.. menambah ilmu saya lagi..

    Prisma Try Laksana said...

    Agak bingung tapi, :D

    Wahyu Alfiansyah said...

    Owh kayak gitu ya gan ceritanya baru tahu ane, baru kunjung juga langsung follow, pollbek ya.. ^^

    Berita Unik Seru said...

    komengnya lucu2,,,,btw makasih infonya

    jualpulsa.net said...

    sesuatu yang menarik dari jaman dahulu sampai jaman modern (sekarang)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger