Benarkah Nama Kita Berpengaruh Terhadap Nasib?

Posted on
  • Tuesday, April 5, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Sebuah ungkapan dari pujangga besar asal Inggris William Shakespeare: Apalah arti sebuah nama? tampaknya tidak berlaku lagi. Setidaknya mungkin itu yang akan diungkapkan oleh seorang peneliti asal University of Pennsylvania, Uri Simonsohn, yang baru-baru ini merilis penelitiannya mengenai hubungan antara nama dengan nasib seseorang.

    Studi itu dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, dengan melibatkan 438.000 responden di Amerika Serikat. Para responden tersebut adalah mereka yang memberikan sumbangan dalam kampanye politik 2004. Penelitian itu hampir mirip dengan sebuah studi yang sama di Belgia, yang melibatkan hampir sepertiga dari populasi negara itu, dan mendapatkan hasil yang menarik: tiga huruf pertama dari nama 13 persen responden sama dengan tiga huruf pertama dari nama perusahaan tempat mereka bekerja!

    Simohnson juga menemukan bahwa dalam perusahaan yang diberi nama sama dengan nama pemiliknya, misalnya sebuah firma hukum, hubungan antara nama dengan nama perusahaan akan menghilang. Dalam perusahaan yang sama dengan nama pemiliknya, mereka menemukan hubungan yang bertolak belakang, kebalikan dari daya tarik bawah sadar yang menghubungkan nama-nama yang sama dengan nama Anda.

    Namun Jean Twenge, professor psikologi di San Diego State University, tidak sepakat akan penelitian Simohnson yang menyatakan bahwa orang tidak tertarik dengan perusahaan yang sama dengan nama mereka sendiri. Sebab menurutnya, sampel itu, yakni mereka yang menyumbang untuk kampanye politik adalah orang-orang kaya dan tampaknya mempunyai usaha sendiri.

    Penelitian sebelumnya juga menemukan daya tarik antara nama-nama yang sama pada beberapa wilayah. Misalnya mengapa kebanyakan dentist (dokter gigi) yang bernama Dennis. Dalam penelitian sebelumnya Simohnson mengkritik beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa orang memilih pasangan hidup mereka menurut kesamaan nama.

    Studi dari Simohnson itu menunjukkan bahwa kesamaan nama dalam memilih pasangan hidup terjadi karena faktor etnis. Pemilihan pasangan hidup yang mempunyai kemiripan nama dipengaruhi oleh factor kesamaan etnis dan latar belakang. Misalnya adalah di antara mereka yang mempunyai kesamaan nama dalam satu etnis yang sama, cenderung akan menikah.

    Namun Simohnson tidak menyangkal adanya hubungan antara nama dengan pilihan hidup. Hal ini mengacu pada penelitian tahun 2008 dari University of Michigan yang menunjukkan bahwa orang menyumbang untuk bencana angin ribut ternyata karena ia mempunyai kesamaan inisial dengan nama topan itu. Dan penelitian tersebut bermula dari sebuah cerita tentang seorang wanita bernama Katrina yang menjual lemon untuk menggalang dana bagi bencana yaitu badai Katrina. (dailymail.co.uk/ill: istockphoto.com ).

    34 comments:

    Mr TM said...

    Ad2 ajja ya, saya jd inget iklan TV, yg bintangnya para normal "Kamu lahir selasa kliwon, kamu ga cocok jd blogger, cocoknya jd twittereer" jiehheheeheee...


    Wallaahu'alam, saya tdk terlalu percaya itu...

    Rawins said...

    orang jawa bilang asmo kinaryo jopo
    nama adalah doa
    nah, doa kan harus disertai tindakan
    disitu nasib kita ditentukan...

    fizer0 said...

    saya setuju dengan atas saya,, nama adalah doa yang diberikan oleh orang tua kita....

    Ferdinand said...

    Ra enek hubungan'e blas menurutku Sob... Nasib ya ditentukan sama Tuhan dan tindakan atau usaha yg kita lakukan sebelumnya... hhe... :P

    klo aku sih jujur aja gak percaya gitu2an... hari2 baik lah, shio lah, ramalan zodiak lah hhe.. mending juga berusaha lakukan yg terbaik aja :P

    ceritabudi said...

    Setiap nama memberikan arti dan pengharapan ya mas Joe

    marsudiyanto said...

    Bagi yg percaya, nanti disananya kita juga pakai nama pemberian orang tua.
    Berarti nama itu amat penting.
    Saya juga sependapat bahwa nama itu doa

    Teras Info said...

    Adalah arti dibalik sebuah nama...^_^

    Susindra said...

    Bisa saja sih kita terenyuh karena merasa memiliki "hubungan" hingga lebih, seperti Katrina yang berjualan jeruk demi menggalang dana korban badai Katrina. :D

    TuSuda said...

    Dalam beberapa budaya dan tradisi, biasanya pemberian sebuah nama diyakini mempunyai makna keberuntungan tersendiri...

    Gaphe said...

    ternyata nama pun berpengaruh dalam bannyak aspek yak.. minimal memiliki sifat/karakter sesuai dengan apa yang dinamai mirip dengannya

    makanlagilagimakan said...

    Nama bisa berarti bisa tak berarti.
    Yang paling penting maukah kita menjadi seseorang yang hidupnya bermakna bagi diri sendiri dan orang disekitar kita ..

    Saslasm

    Sukadi said...

    Menurut saya nama adalah doa, banyak harapan yang tersimpan dibalik sebuah nama, walau tidak semua orang meyakini hal tersebut.

    Fajar said...

    pemberian nama dengan nama yang baik memang diharapkan orang berperilaku baik... namun..hal tersebut kadang nggak berlaku juga...dalam realitanya...

    Nova Miladyarti said...

    Yang pasti nama itu adalah doa yang dipanjatkan orang tua agar menjadi penyejuk mata mereka.

    Masalah nasib, ya tergantung kerja keras dan usaha.

    masyhury said...

    Hohoho...
    pokoknya kalo mau buat nama pake yang bagus-bagus saja lah.. :D

    Irly said...

    Setuju dengan "nama adalah doa
    nah, doa kan harus disertai tindakan
    disitu nasib kita ditentukan..."

    banyak juga kan yang namanya bagus tapi kelakuan bikin kita ngelus dada..Intinya adalah pengendalaian diri*lho??

    Senja said...

    gak setuju apalah arti sebuah nama, bagiku nama itu juga doa dan harapan :)

    jadi berikan lah nama seindah mnngkn :)

    ferdivolutions said...

    yap... aku setuju sama @senja, kalau nama yang diberikan oleh orang tua kita pasti ada arti dan terselip doa untuk kita... aku bsk pgn kasi nama yg bagus dan indah untuk anakku di masa depan. hehehe...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    tapi nama itu penting juga sih. karena bisa membangkitkan image perusahaan dan seseorang. makanya artis banyak yg ganti nama

    Muhammad A Vip said...

    saya juga belakangan memikirkan nama saya sendiri, dan sepertinya nama yang saya miliki memang menjadi pribadi. meski belum sampai yakin

    Lyliana Setianingsih said...

    aku setuju dengan pendapat sebagian besar komentator diatas... nama adalah do'a... orang yang bernama "Ribut" (beneran ada loh), pasti sifatnya nggak sama dengan orang yang bernama "Alim".. hehe... dan klo 3 huruf pertama dijadiin patokan, lalu J-O-E berarti dia kerja dimana? hehehe...

    advertiyha said...

    Yang jelas, nama itu doa mas.. :)
    syukuri aja nama pemberian orang tua, nasib baik atau tidak ada ditangan kita, heheh.. :)

    joe said...

    Lyliana Setianingsih=

    saya punya dua penjelasan : 1. Kantor tempat bekerja tidak menggunakan bahasa inggris, dan 2. joe hanyalah nick name saya :-)

    (ngeles he he...)

    Batavusqu said...

    Salam Takzim
    Masih percaya dengan makna sebuah nama, yang akan berprilaku. Hanya orangtua juga harus mendidik anaknya agar namanya bisa sesuai
    Salam Takzim Batavusqu

    the others.... said...

    Yang jelas... nama yang diberikan ortu pada anaknya kan mengandung doa dan harapan... mungkin saja harapan dan doa itu terwujud bukan?

    catatan kecilku said...

    Adikku namanya Patriani dan suaminya bernama.... Patria. Hehehe...

    place to study said...

    Apakah nama Shasa bisa membawaku jadi Chef terkenal tingkat dunia..? hahaha #siapatahu

    jejak langkahku said...

    Kayaknya enggak deh...

    Arief Bayoe Sapoetra said...

    Sebuah nama adalah doa yang baik untuk harapan kedepan.... soal nasib mah Allah yang nentukan..... maaf gan baru bisa mampir kesini sekarang...

    TUKANG CoLoNG said...

    wuih! info bagus nih. *mulai meramal nama*

    uci cigrey said...

    hmmm :D percaya ngga percaya.

    r10 said...

    kalau bikin perusahaan dgn nama sendiri ok

    kalau melamar bekerja di perusahaan yg memiliki nama yg sama dgn nama sendiri, rasanya aneh... :D

    Masbro said...

    Nama selain doa juga biasanya berpengaruh pada kekuatan pikiran. Semakin sreg seseorang menyandang namanya, semakin percaya dirinya bertumbuh..

    Fiction's World said...

    iyaa ... bener loh saya ngerasa terkadang saya harus memimpin karena nama saya berarti sesuatu yang dipakai dikepala sebagai lambang kekuasaan dan kemegahana *curhat hhehhe*

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger