Fakta-Fakta Seputar Albert Einstein

Posted on
  • Friday, March 18, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bersama-sama dengan Thomas Alva Edisson, Albert Einstein disebut-sebut sebagai ilmuwan terbesar. Einstein menemukan teori relativitas dan juga banyak menyumbangkan fikirannya bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Ilmuwan yang terkenal nyentrik tersebut dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan pengabdiannya bagi Fisika Teoretis. Pada tahun 1999 majalah Time memberinya gelar Tokoh Abad Ini. Berikut adalah fakta-fakta seputar Albert Einstein:

    Albert Einstein lahir di Ulm, Jerman, pada 14 Maret 1879 dari seorang ayah yang insinyur listrik dan pendiri Elektrotechnische Fabrik J. Einstein & Cie. Einstein lahir dalam keadaan tidak normal, yaitu dengan kepala besar melebihi anak-anak pada umumnya. Begitu besarnya sehingga dokter khawatir dia mungkin akan menjadi cacat atau menghadapi masalah mental. Mungkin inilah yang membuat sehingga dia berbicara perlahan-lahan sampai sekitar usia sembilan dan ada isu yang menyebutkan Einstein tidak berbicara sama sekali sampai usia empat tahun.

    Einstein adalah seorang keturunan Yahudi, sehingga ketika presiden pertama Israel, Chaim Weizmann, meninggal pada tahun 1952, Einstein ditawari untuk memegang jabatan sebagai presiden Israel yang kedua. Tapi dia akhirnya menolak posisi itu dengan menyebutnya sebagai sesuatu yang tidak berbakat secara alami dan tidak bisa menangani orang dengan baik atau menjalankan fungsinya secara resmi.

    Bisa jadi karena penampilannya yang selalu eksentrik atau mungkin karena aksen atau rambut dan rasa humornya, Einstein cukup digilai wanita. Pada tahun 1896, Einstein berteman dengan Mileva Mari, salah satu wanita yang mempelajari fisika. Hubungan itu segera berkembang menjadi semakin intim dan pada 1901, Mari mengandung anak Einstein. Sang putri yang diberi nama Lieserl, lahir tahun 1902, setahun sebelum keduanya menikah. Tapi tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada putrinya apakah diadopsi orang lain atau meninggal pada tahun 1903.

    Sementara itu sebuah rumor juga menyebutkan bahwa Einstein juga dihubung-hubungkan denganartis legendaris Marilyn Monroe. Disebutkan bahwa Monroe ingin mempunyai anak dari Einstein yang diharapkan sempurna dengan penampilan seperti Monroe serta otak jenius seperti Einstein. Namun Einstein menjawabnya dengan: bagaimana jika penampilannya seperti saya dan dengan otak sepertimu?

    Anda tentu tahu salah satu Einstein yang paling terkenal, yaitu saat dia menjulurkan lidahnya. Foto itu diambil pada tahun 1951, saat ulang tahun ke 72 oleh Arthur Sasse. Saat itu dia sedang kesal terhadap wartawan yang terus memburunya.

    Einstein meninggal pada tahun 1955 pada usia 76. Ia menolak untuk dioperasi operasi dan tujuh jam setelah kematiannya, otak ilmuwan itu dipindahkan untuk diawetkan oleh Thomas Harvery dengan tanpa persetujuan dari keluarga. Harvey kemudian melarikan diri bersama otak Einstein, membawanya saat pindah ke Wichita, Kansas, lalu membawanya lagi saat perjalanan kembali ke Princeton, New Jersey. Pada tahun 1997, Harvey kembali ke California untuk menyerahkan otak itu ke cucu Einstein. Namun, cucu Einstein menolaknya dan Harvey sengaja meninggalkannya di rumah itu. Akhirnya otak itu kembali lagi ke laboratorium Princeton di mana ia pertama kali dikeluarkan dari tengkorak ilmuwan besar tersebut. (einsteinatoz; PCMAG/ill: fineartamerica.com)

    35 comments:

    Ferdinand said...

    Waduh untung aku ndak sepinter Einstan Sob, klo gak bisa2 setelah mati otaQ-ku diawetin kaya Einsten haha.... tanpa persetujuan keluarga lagi hhe... :P

    Tapi kayanya klo gak ada dia gak ada juga rumus2 dasar untuk Fisika :P

    tapi aku baru tau kehidupan Cintanya penuh kontroversi juga ya ternyata wkwkw...

    semangat n Happy blogging Sob...

    Rose said...

    wah nice info..sekarang otaknya udah jadi milik siapa?

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    wah sangat memberikan wahana baru bagi saya dengan fakta seputar albert ini mas Joe terima kasih banyak ya

    Sang Cerpenis bercerita said...

    wah, si Monroe gila juga kalo memang pernah berniat nikah dg Einstein cuma lantaran biar anaknya genius. ada2 aja

    Popi said...

    saya baru tau kalo Einstein digilai banyak wanita dan ditawari Marlyn Monroe..sayangnya kenapa ga jadi ya? sapa tau anaknya cantik/ganteng dan jenius! btw..anaknya einstein dari Mileva Mari gimana tuh? jenius juga kah?

    catatan kecilku said...

    beneran Monroe sempat naksir Einstein? masak sih..? #tercengang

    the other said...

    ya ampun... otaknya sampai dibawa kemana-mana gitu? buat apa coba..? toh tidak dilakukan penelitian atas otak itu?

    Place to Study said...

    shasa tahunya foto Einstein yg menjulurkan lidah itu... lucu sih.

    jejak langkahku said...

    bagaimana kabar otak Einstein sekarang?

    Gaphe said...

    foto melet einstein itu emang terkenal bangeet.. kalo nggak salah film beautiful mind juga terinspirasi dari einstein yah?.. jenius banget sih emang si kakek

    joe said...

    Film A Beautiful Mind mengisahkan seorang matematikawan John Nash peraih nobel dalam bidang ilmu ekonomi pada tahun 1994 dan menderita skizofrenia di mana penderitanya tidak bisa membedakan antara halusinasi dan kenyataan. Film ini dibintangi oleh dibintangi Russell Crowe, Ed Harris, Jennifer Connelly, Christopher Plummer, dan Paul Bettany serta memenangkan empat Piala Oscar

    Geafry Necolsen said...

    otak manusia hanya digunakan 1 %. Sedangkan jenius seperti Albert Einstein, konon hanya menggunakan 5 % dari seluruh kapasitas otak kita.

    giewahyudi said...

    Kasihan ya..
    Udah mati tapi otaknya dibawa kabur. Bisa gentayangan tuh..

    Djangan Pakies said...

    wah sampe segitu teganya yang membedah dan membawa kemana-mana otak orang lain. Mungkin dikiranya bisa dijual ato di kloning kali ya

    cho said...

    gimana ya reaksi einstein kalo ngerti otaknya ditenteng kemana-mana kayak gitu? ga sopan amat c si harvey. :B

    ysalma said...

    digilai wanita,, benar-benar lelaki ilmuwan nih si einstein..
    btw dari observasi otaknya itu, ilmuwan lain sudah tau belum ya, rahasianya einstein jadi jenius begitu :)

    Bintang said...

    Banyak informasi baru yang saya temukan di posting ini, hehe...ketuker otak dan wajah dengan Marlyn Monroe itu bikin saya ketawa, Joe... :D

    Daris Firzan said...

    salut deh buat einstein,, :)

    marsudiyanto said...

    Tokok atau ilmuwan legendaris kok susah muncul lagi dimasa kini ya...
    Saking banyaknya atau memang nggak ada?

    joe said...

    kalau ilmuwan jaman sekarang mungkin Stephen Hawking yang menemukan teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking, tapi entahlah apakah dia bisa disejajarkan dengan einstein

    primeedges said...

    Ada filmnya gak ya si einstein ini... :) pasti seru tuh!

    joe said...

    stephen hawking seorang fisikawan kuantum asal inggris, sementara stephen king seorang penulis amerika spesial horror, suspense, science fiction dan fantasy fiction, beberapa karyanya telah difilmkan.

    tumben mampir nih?

    joe said...

    ada beberapa film tentang einstein, di antaranya 'Einstein and Eddington' (2008), juga film seri yang ditayangkan di stasiun teve PBS, Amerika,'NOVA: Einstein's Big Idea', juga yang akan datang film yang akan mengisahkan kisah perjalanan hidup Einstein, segera dibuuat dengan sutradara Wayne Wang

    ☺☺☺ said...

    wakakakakaa iya ya kalo badannya kaya einstein dan otaknya kaya monroe bakal jadi apa tuh *,*

    yanuar catur rastafara said...

    kenapa ya orang ini paling legendaris??huehehehe

    Ipin's cool said...

    waalupun einsten sudah tiada tapi buah karya nyya masih di kenang sepanjang masa..!

    intan rawit said...

    duh kasihan ya mbah einstein..otaknya sampai dibawa kabur sama orang..hmm digerayangin ma arwah einstein tu orang...hehe

    Rawins said...

    aku juga digilai-gilain banyak cewek. jangan jangan aku pinter ya..? apa emang gila beneran..? hehe
    biar kata ilmuwan terbesar, tapi tetap saja dia tak bisa sebesar itu tanpa pondasi dari newton. buatku newton tetap yang terbesar tuh..

    Elsa said...

    ngeri banget yaaa
    sampe otak pun dicuri???
    wuiih, gimana perasaan einstein ya?

    Baby Dija said...

    Dija baru ngerti Einstein nih Om....
    terima kasih yaaa

    Masbro said...

    Apa karena kepalanya yang sedikit lebih besar dari yang lain maka Einstein menjadi imajinatif dan pandai ya?

    need-gadget said...

    berarti otaknya Einstein masih ada di Laboratorium sekarang, :)
    bisa dipinjem ga' ya?? :D

    Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

    masih ada gak otak Einstein sekarang mas?

    arif said...

    baru tau klo pernah ditawari jd presiden israel

    Orin said...

    Iya ya, bakal seru bgt kalo ada filmnya :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger