Fakta-Fakta Seputar Cokelat

Posted on
  • Thursday, February 17, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Masih seputar makanan para dewa, yaitu cokelat, berikut adalah fakta-fakta yang berhubungan dengan cokelat:

    Mengkonsumsi cokelat ternyata bisa merangsang otak menghasilkan dophamine. Dophamine tersebut dapat menyebabkan rasa senang serta suasana hati menjadi fresh. Suatu perasaan yang hampir mirip dengan apa yang dialami ketika sedang jatuh cinta.

    Benarkah cokelat dapat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang? Studi mengenai hal ini telah dilakukan di Universitas Harvard pada tahun 1916-1950, dengan metode food frequency questionnaire, yang dikumpulkan dengan menggunakan responden di kalangan mahasiswa Harvard. Kandungan cokelat yaitu antioksidan fenol yang diperkirakan menjadi penyebab utama memperpanjang umur manusia. Fenol tersebut dikenal baik untuk kesehatan jantung.

    Sepertiga lemak yang terdapat dalam cokelat adalah asam oleat, yang juga ditemukan pada minyak zaitun. Studi pada penduduk Mediterania yang mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyebutkan efek positif bagi kesehatan jantung.

    Cokelat tidak menimbulkan efek kecanduan bagi pengkonsumsinya. Namun bila seseorang menjadi sangat gemar dengan makanan itu maka hal tersebut disebut sebagai chocolate craving. Yaitu rasa rindu pada cokelat karena aroma, tekstur dan rasanya.

    Cokelat juga mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL). Serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga mencegah resiko penyakit jantung koroner dan kanker.

    Mengkonsumsi cokelat juga baik untuk mencegah penuaan dini karena polusi ataupun radiasi. Hal ini karena kandungan antioksidan kuat yaitu katekin di dalam cokelat. Kandungan katekin ini juga dapat ditemukan di dalam teh, meski jumlahnya tidak sebanyak kandungan pada cokelat.

    Berapa harga cokelat termahal di dunia? Cokelat Noka merupakan kombinasi terbaik cokelat hitam dari perkebunan khusus di Venezuela, Pantai Gading, Trinidad dan Ekuador. Cokelat ini terbuat dari 75 % kakao murni dengan campuran lain, seperti mentega dan gula kakao. Cokelat ini berasal dari Dallas, Amerika Serikat. Harganya? Kurang lebih Rp 8,5 juta setiap 450 gram-nya. (ref: Jawa Pos/ill: kertaskajanganum.blogspot).

    25 comments:

    DenBaGas said...

    Salam

    Mungkin telat menyimak makanan para dewa yg sebelumnya tapi jadi tau nih kawan Joe. Saya suka cokelat tapi ngga terlalu. Nice info kawan

    Salam kawan

    Gaphe said...

    makan cokelat sehitu mahal selain bikin gigi ngilu pastinya bikin kepala juga ngelu. hahaha

    tapi saya juga seneng banget ama cokelat, apapun bentuknya (minum, chocolate bar, atau cake)

    TUKANG CoLoNG said...

    coklat bikin mood baik terus.. :q

    Masbro said...

    Saya sukanya makan biji coklat (langsung). Biasanya kalo pas jalan2 melewati perkebunan coklat.sensasinya lebih wow..
    Salam jreeeeng...

    saka hero said...

    Ternyata dewa juga makan to sob wekeke

    saya suka coklat Jowo (jenang) :D

    Irawan said...

    sudah jelas, saya termasuk orang yang mengalami chocolate craving. karena setiap hari saya minum cokelat (bukan susu cokelat) atau makan cokelat.

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    baus juga fakta coklat ini sayangnya sayua tidak begitu coklat hehehe

    Puspita said...

    Saya tidak suka coklat ...

    cahyanugraha said...

    waa bagus banget ya coklat
    kalau aku pas stres mau makan coklat aja
    biar flying hha

    k.o.s/Komunitas Online Sragen said...

    baru tau aku mas joe..tanks ya jadi tau juga

    Qori Reader said...

    saya sih suka coklat top 500an,, suka ngeborong banyak dan gak usah nunggu valentine.

    Senja said...

    jadi pengen makan coklat ^^

    kadang gak berani makan coklat banyak2 krn tinggi gula nya :)

    mksh udh mampir ya :)

    archer said...

    KALO lagi agak stress biasanya saya makan coklat, jadi lebif rilex.

    UP Tekno said...

    Pantesan tiap kali ane ngemil coklat pasti minta nambah, jadi ini toh jawabannya, bikin candu...

    kamal said...

    wah... ternyata coklat selain enak , juga ngerusak mata ya sob..(ngerusak mata pencarian ) hehehehe but nice info

    Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

    jadi pengen makan coklat....huhuhuhu

    John Terro said...

    siapa sih yang ga mau cokelat?

    cucuharis said...

    Nongol lagi nih daku
    Salam persohiblogan :)

    Saya suka coklat
    Tapi gak nyandu :D

    Muhammad A Vip said...

    saya mending pake baju coklat saja lah, kalo makan coklat duitnya bro

    puchsukahujan said...

    untung saya hobby makan choki-choki, hehehehe...
    :D
    (cukup murah, 500 rupiah sebungkus)

    adecheeruna said...

    ingat cokelat jadi ingat Kikan.... Halah

    wow, 'cokelat' ada hubungan saudara sama 'teh' ... :D

    attayaya_bond said...

    waaaah bisa mencegah penuaan dini
    ngeblog sambil nguyah coklat asiiiik juga ya

    News Blog said...

    wah kalau saya suka banget coklat tapi kalau ngemil coklat terus aku bisa kayak apa ya gemuknya

    r10 said...

    kalau pusing sakit kepala, makan coklat :D

    Kang Sun said...

    Kebetulan sekali, aku juga suka coklat, he he....thanks infonya!

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger