Barbie, Boneka Sepanjang Masa

Posted on
  • Friday, February 18, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Suatu hari Ruth Handler menyaksikan putrinya, Barbara bermain dengan boneka kertas. Saat itulah Handler menyadari bahwa saat itu boneka mainan anak-anak yang ada merupakan representasi dari sesosok bayi. Saat itu terpikir olehnya untuk menciptakan sebuah boneka yang bersosok orang dewasa.

    Dan dalam sebuah perjalanan ke Jerman Ruth Handler menemukan sebuah boneka mainan Jerman bernama Bild Lilli. Sekembalinya ke Amerika Serikat, Handler mendesain ulang boneka Lilli tersebut dengan bantuan dari insinyur Jack Ryan, dan boneka tersebut diberi nama, Barbie, yang diambil dari nama sang putri Barbara Handler. Barbie diperkenalkan pertama kali di American International Toy Fair di New York pada tanggal 9 Maret 1959. Dan selanjutnya tanggal tersebut digunakan sebagai hari ulang tahun resmi Barbie.

    Boneka Barbie pertama yang diproduksi di Jepang, dengan pakaian yang dijahit tangan. Sekitar 350.000 boneka Barbie diperkirakan telah terjual selama tahun pertama produksi. Ruth Handler percaya bahwa adalah penting bagi Barbie untuk memiliki penampilan dewasa, meski dari riset pasar awalnya menunjukkan bahwa beberapa orang tua tidak senang tentang ukuran buah dada Barbie.

    Dan penampilan Barbie juga telah berubah berkali-kali, terutama pada tahun 1971 ketika mata boneka itu disesuaikan dengan melihat ke depan dan bukan lagi melirik seperti modelnya yang pertama. . Diperkirakan lebih dari satu miliar boneka Barbie telah terjual di seluruh dunia di lebih dari 150 negara, dengan perusahaan mengklaim bahwa tiga Barbie boneka yang dijual setiap detik.

    Dan seperti sesosok figure yang bernyawa Barbie juga mempunyai kekasih bernama Ken (Ken Carson), yang pertama kali diperkenalkan pada public pada tahun 1961. Namun pada February 2004 pasangan Barbie dan Ken berpisah dan pada February 2006 mereka bersatu kembali. Barbie juga mempunyai 5 saudara yaitu Skipper yang diperkenalkan pada tahun 1964, Tutti saudara kembarnya dirilis pada tahun 1966, serta Stacie, Kelly and Krissy masing-masing pada 1992, 1995 dan 1999.

    Barbie juga diciptakan dengan lebih dari 80 karir yang berbeda, mulai dari bintang rock, paleontologist hingga kandidat presiden. Selain itu boneka Barbie juga memiliki lebih dari 43 hewan peliharaan mulai dari anjing, kuda, hingga jerapah dan singa.

    Namun tak ayal kepopuleran Barbie di seluruh dunia juga menyulut sejumlah kontroversi. Dan yang paling umum adalah kritikan terhadap Barbie karena memamerkan bentuk tubuh yang tidak masuk akal sehingga yang cenderung ke anoreksia, sehingga dikhawatirkan banyak anak-anak gadis yang meniru bentuk tubuh Barbie tersebut. Sebuah boneka Barbie standar mempunyai tinggi 11,5 inci dan diperkirakan memiliki ukuran vital dada 36 inchi, pingganh 18 inci dan pinggul 33 inci. (ref: Wikipedia/ill:vivientos.blogspot.com )

    59 comments:

    nia said...

    gak suka barbie nih, sukanya boneka yang lucu-lucu

    Rawins said...

    ga nyangka sejarahnya begitu panjang. kirain cuma mainan anak biasa. hhehe

    ChugyGogog said...

    Ponakan saya suka banget ma boneka barbie ini...ternyata penciptanya orang yg sayang anak ya hehehehe...

    Irawan said...

    wah... ternyata boneka barbie terlalu seksi untuk anak-anak....

    Rizky2009 said...

    berbie boneka sepanjang masa, sungguh sebuah pencapaian yang sangat luar bisa, bahkan sampi dibik filmnya

    Tomo said...

    kunjungan balasan.
    boneka barbie ini wah banyak juga penggemarnya maz.
    caem-caem bonekanya serta lucu

    Uswah Islam said...

    kalau anak gadis kecil meniru kayak barbie ini ya jangan sampai maz.
    Barbie kan hanya sebuah boneka buatan manusia yang banyak kekurangannya dan tidak masuk akal juga

    Hikmah Teladan said...

    Di seluruh dunia kenal yang namanya Barbie.
    Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk membelinya hanya untuk koleksi pribadi.

    Opo ra rugi to jane
    Yah yang namanya hobi ya apapun akan dilakukan untuk memenuhi hobinya itu

    fb said...

    MArketing barbie cerdas juga ya sampai sampai boneka ini tetap bertahan sampai sekarang

    Blog Corner said...

    Berbie sudah terlanjur jadi icon dan menghegemoni, tapi yang bikin takut kalo sampe buat anak-anak menderita anoreksia yang bisa buat orang mati kurus kering gara-gara diet.

    Rubiyanto Sutrisno said...

    he he he, jadi inget sama tetangga ku waktu kecil dulu, seneng banget mainan boneka yang satu ini .....

    Brigadir Kopi said...

    wah mas sejarahnya panjang..gak pernah terlintas di kepala saya buat cari tahu barbie ...

    makasih ya mas .. saya kasih tau artikel ini ke keponakan saya biar gak buta sejarah dan cuma jadi konsumen boneka barbie saja ...

    nice nice ...

    Telah berpulang said...

    salam sahabat
    bagus juga ya barbie memang unik maaf telat

    rezKY p-RA-tama said...

    adekq yang cewek demen ni maen ginian waktu kecil
    hehe :D
    berkunjung dengan senyuman

    qbonk said...

    Dan ini mungkin akan terus ada sepenjang masa

    bundadontworry said...

    pantas saja boneka ini melegenda ya Joe, dgn perjalanan sejarahnya yg lumayan panjang.
    namun, sayang harganya hanya terjangkau bagi kalangan atas saja...... :(
    salam

    attayaya_alam said...

    cuma mahalnya minta ampuuuuuun.......

    pendarbintang said...

    Wajar kalau menuai kontroversi....kalau kita lihat dari sisi ukuran barbie yang perfect banget....tapi kalau dilihat segi yang menciptakannya....Barbie ini adalah sosok (tubuh ideal)diimajinasinya...namanya juga inajinasi...boelh apa saja lah...

    Sya said...

    Kalau menurut saya anak-anak yang bermain Barbie seperti dipaksa cepat untuk dewasa. Masa di umur yang masih muda mereka sudah memainkan Barbie yang memiliki kekasih. Lebih baik main boneka beruang aja.

    yuni cute said...

    Sampe sekarang aku masih seneng dan pengen punya boneka Barbie, tapi harganya boo.. mahal... secara di Indo sendiri banyak mainan mirip boneka Barbie yang harganya lebih murah jauh....

    masyhury said...

    Wah.. setujuh deh sama kontroversinya..
    sekarang kan ada boneka yg pakai jilbab, lebih baik dan lucu tentunya.. :D

    yayack said...

    boneka barbie? Kualitas atau bedanya apa sih dengan boneka2 lain... Ko begitu mendunia ya hehe

    TuSuda said...

    saat membeli mainan buat putri tersayang, pasti tidak lupa membelikan boneka Barbie ini... :)

    M A Vip said...

    boneka si unyil juga rasanya bakal jadi boneka sepanjang masa. coba si unyil diproduksi massal dan dijual di toko-toko, rasanya bagus untuk menunjukkan bahwa kita juga punya sesuatu yang layak untuk ditunjukkan pada dunia.

    John Terro said...

    memang saya akui hal itu sampai sekarang berlaku :)
    malah banyak varian barbie yang dijual di pasaran :)

    bangauputih said...

    saya darin kecil nggak suka barbie ataupun boneka lain berbentuk manusia. sukanya yang berbentuk hewan aja :-)
    dan itu menular pada putri saya yang baru berumur 5 tahun.

    Gaphe said...

    walaupun sengetrend apapun barbie dan seterkenal apapun, sampe saya gede sekarang ini belom pernah punya tuh!. hehehe..

    Rizal said...

    Wah sejarahnya panjang,,,, jadi inget mainan kakak jaman kecil dulu,,, kalau berantem mesti tak patahin barbie nya *maaf kakak,,,,

    Rose said...

    Baru tau sejarah barbie nie..

    r10 said...

    dulu waktu kecil aku naksir barbie

    * aib :p

    anugrha13 said...

    tapi sy ga suka barbie...klo sy suka ntar dikira banci hehhheehhe
    piss bang

    ndop said...

    lucu juga ya, Barbie sampai putus nyambung juga sama Ken, whahahahah

    Ferdinand said...

    Bener juga ya Sob.. kayanya Bonek Barbie emank boneka sepanjang msa deh haha.. terbukti dari 1959 sampe skrg boneka barbie masih dicari2 hhe... :D

    Hem.. yg repot ya orang tuanya Sob.. soalnya klo udah punya barbie pasti si anak minta rumah2annya haha.. :D

    Met libur akhir pekan Sob..

    sawali tuhusetya said...

    wah, anak sulung saya juga suka banget tuh sama si barby. bahkan, kini masih terssimpan, mas joe, meski sudah kuliah, hiks.

    Rubiyanto Sutrisno said...

    Bukan nyepam nih, tapi kunjungan rutin .....

    julianusginting said...

    saya kurang suka barbie sob..hehe

    MJ said...

    Waktu kecil suka ngerayu2 bunda minta dibeliin :P bahaya jg yach kalo anak jd mu ikut anrxia,, kudu bimbingan ortu juga tuh belinya. atau perlu dicap stempel di barbienya; BO (Bimbingan Orangtua :P)

    Place to Study said...

    Shasa suka banget Barbie... dan suka nonton filmnya ^_^

    catatan kecilku said...

    Ternyata Barbie sudah 'tua' juga ya? Aku baru tahu nih. :)

    the other said...

    Untung aja Shasa cukup puas dg boneka2 yg mirip Barbie.., soalnya kalau Barbie asli kan mahal... belum lagi asesoris dllnya... hahaha

    Popi said...

    saya kok ga gitu suka boneka ini ya? terlalu borju dan kebarat2an! apalagi ada pasangan/pacar nya gitu! Jasmine nanti kubeliin dakocan aja deh! atau boneka botak yang kalo dicabut dot-nya langsung nagis! :D

    Popi said...

    catatan: harap maklum mas, komentar saya di atas adalah komentar orang frustasi..karena kudu mikir lama kalo mo beli! muahalll nya itu loh! hehe..

    julie said...

    wah keren ini infonya
    aku suka barbie
    dan aku punya hehee

    wits said...

    dulu waktu kecil, aku jg punya itu boneka barbie. Barbie emg fenomenal. Ternyata tak hanya manusia yang bisa jadi sosok fenomenal, boneka jg ya:)

    etha said...

    etha, sii ga begitu suka barbie but i like it.. barbie luchuu gtu, pa lagii baju"nyahh.. hhiihih

    allezetha said...

    siii, barbie lucu yaa.. ;)

    eL Ro said...

    haddoh, ngga nyangka ribet gitu ceritanya..,,
    tapi sekarang ada banyak rupa barbie ntu, klihatannya ngga mengenal ras, tapi bentuk tubuhnya emang kebanyakan seksi gitu ea....,,

    joe said...

    Popi: gak apa-apa kan, yang penting si dedek suka he he...

    Er'end said...

    Sebelumnya saya tak pernah terlintas ingin tahu masalah barbie,namun ketika teman saya anaknya mau ultah,minta dihadiahi boneka berbie terbagus.Hehehe....,saya kalang-kabut waktu itu mas!
    Sekarang sejarahnya saya tahu dari mas,makasih banyak untuk info dan kunjungannya di blog saya.
    Izinkan saya follow,dan bila berkenan folback di sana.Salam kenal kembali, sukses sll tuk mas!

    Masbro said...

    Oh jadi dulunya mata boneka ini melirik ya? Hmm, baru tau sekarang. Maklum bukan pencinta boneka, hehe. Makasih infonya Mas joe;

    oki said...

    lagi kena demo sama greenpeace tuh

    selai kacang said...

    yang sekarang malahan pada musim orang2 beneran pada mau jadi kaya barbie @_@

    tricajus said...

    baru tau nih...

    CARA PENGOBATAN said...

    eumz,., bg2 yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!

    JANTUNG BOCOR said...

    ok gan,. makasih atas infornya.,.

    REFI ALIYEFI said...

    informasi yang sangat membantu sekali.,.,.,.

    KISTA said...

    info yang sangat bagus sekali gan,.,.

    CARA DAFTAR said...

    makasih atas infonya...

    REFAND said...

    nice infonya gan, ane sangat suka..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger