Minum Susu, Sudah Dikenal Sejak Sebelum Masehi

Posted on
  • Wednesday, January 12, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Tentu kita sudah tidak asing dengan slogan Empat Sehat Lima Sempurna, dengan minum susu sebagai elemen penyempurna hidangan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa tradisi minum susu sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun lalu.

    Bahkan dalam mitologi Yunani kuno pun, istilah susu sudah tidak asing lagi. Misalnya diceritakan bagaimana Dewi Hera yang menumpahkan susu saat menyusui Heracles sehingga konon pada akhirnya terbentuklah Galaksi Bima Sakti.

    Namun demikian, konon tradisi minum susu awal mulanya dikenalkan oleh bangsa Timur Tengah pada 9000 – 8000 Sebelum Masehi. Pada waktu ini mereka sudah memanfaatkan susu domba dan kambing yang mengalami domestifikasi dari hewan-hewan liar. Dari wilayah-wilayah yang semula dikenal sebagai Iran dan Afganistan tersebut pada 7000 SM kebiasaan sehat tersebut menular ke wilayah Turki sebelum kemudian menjalar juga ke benua Eropa.

    Di Amerika susu bahkan menjadi tradisi kemenangan yang dulu dilakukan para juara lomba balap mobil di Indianapolis. Tradisi tersebut berawal saat Louis Meyer, juara balap Indianapolis 500 pada tahun 1936 yang tidak sengaja tertangkap kamera saat sedang meminum buttermilk kegemarannya sesaat setelah dia memenangi lomba. Ketika foto itu sampai ke tangan seorang eksekutif di Milk Fondation, naluri bisnisnya segera bangkit dengan memastikan bahwa setiap juara balap Indianapolis 500 harus menerima sebotol susu untuk diminum.

    Di Indonesia sendiri diperkirakan tradisi minum susu diperkenalkan oleh Belanda saat mereka menjajah Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1950-an Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poorwo Soedarmo memperkenalkan Empat Sehat Lima Sempurna sebagai kampanya meningkatkan kegemaran minum susu.

    Meski begitu, pada kenyataannya kegemaran masyarakat kita minum susu masih tergolong rendah. Diperkirakan tingkat konsumsi susu di Indonesia baru 6,5 l per individu setiap tahunnya dan jauh dibawah negara tetangga Malaysia dan Thailand (ref: Intisari/ill: shita-kesmasblog.blogspot.com)

    17 comments:

    Denuzz BURUNG HANTU said...

    Pokoknya Denuzz suka susu... :D
    Kan sehat tuh... daripada minum yang lain...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    catatan kecilku said...

    Shasa suka sekali minum susu... makanya tubuhnya sehat (baca : gendut) hehehe

    the other said...

    Jadi ingin minum susu juga deh... apalagi susu coklat hangat... wah enak sekali diminum saat dingin spt sekarang ini...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    kalo susu coklat sih suka.

    TuSuda said...

    Kebiasaan ini perlu dilatih sejak anak-anak di masa pertumbuhan.

    PusKel said...

    Kalau dibiasakan sejak usia dini, maka pertumbuhan anak lebih sehat dan segar.
    Penting juga membiasakan hanya ASI eksklusif, usia 0-6 bulan khusus pada bayi.

    Coretan Hidup said...

    Bangsa timur tengah memang merupakan bangsa yang peradabannya telah maju dan akhirnya menjadi referensi bagi bangsa eropa untuk mencapai kegemilangan

    Muhammad A Vip said...

    masyarakat kita paling seneng minum kopi kayaknya, ngantukan soalnya.

    Masbro said...

    Saya sukanya kopi susu Mas, hehe..

    Lily Kasim Personal Blog said...

    wahhh...masih doyan ama yogurtnya...susu mah masih susah masuk...

    Tomo said...

    balasan...
    wah berarti sudah ada sejak nenek kita belum lahir ta ini kang

    John Terro said...

    sayangnya kau lahir sesudah Masehi, aku ga tahu kebenaran ini .. heheh

    Rawins said...

    minum susu..? duh belom bisa rutin neh. berati kurang sehat ya

    Anonymous said...

    paling enak ya supra, susu prawan

    oki said...

    gak suka minum susu

    obat herbal kanker payudara said...

    terima kasih atas infonya

    Ahmad Kali Akbar said...

    Makassih banyak infonya,,,sepulang dari Qatar kayaknya saya tambah gemuk, rajin minum susu sih disini :-)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger