Bayi Lahir Caesar Rentan Sakit?

Posted on
  • Saturday, January 15, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Belakangan ini trend bayi melahirkan secara caesar seperti menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, terutama bagi ibu-ibu di perkotaan. Alasannya tentu beraneka ragam mulai dari alasan medis, untuk mengurangi rasa sakit dan bahkan kadang hanya untuk sesuatu yang sepele, misalnya untuk mengepaskan tanggal hari si bayi pada tanggal-tanggal cantik.

    Bahkan kini di Jerman jumlah bayi yang lahir melalui proses caesar ini mencapai hampir sepertiga dari jumlah kelahiran di negara Hitler tersebut. Tapi benarkan bayi yang lahir melalui operasi ini mempunyai kecenderungan untuk terkena sakit?.

    Menurut penelitian yang dilakukan Maria Domininguez-Bella dari Universitas Puerto Rico di San Juan, disebutkan bahwa bayi yang lahir secara alami mengandung bakteri seperti yang ada di vagina ibunya, di antaranya adalah asam laktat. Mikroorganisme ini yang berguna untuk melindungi si kecil dari infeksi kuman berbahaya dan mencegah si kuman ini berkembang biak.

    Sementara pada bayi yang lahir lewat caesar di kulitnya mengandung beberapa kuman di antaranya adalah staphylococcus. Kuman ini yang kadang menyebabkan bayi lebih rentan terhadap gangguan kulit dibanding dengan bayi yang lahir normal.

    Diperkirakan kuman tersebur terpapar dari orang-orang dewasa yang ada di sekitar, baik itu dokter atau paramedic yang melakukan kontak pertama, atau bahkan dari kedua orang tuanya. Atau juga berasal dari lingkungan di sekitar, terbawa bersama udara.

    Masih menurut penelitian tersebut pada proses kelahiran secara alami, flora yang ada di vagina ibunya yang dibawa secara alami oleh si bayi bias berfungsi sebagai pelindung terhadap si kuman jahat. Secara alami vagina memang menjadi tempat yang subur bagi sejumlah bakteri khususnya yang mampu mencegah pertumbuhan penyakit. Selain itu bakteri dari si ibu juga berperan dalam membantu pertumbuhan flora usus pada si kecil, yang baik untuk saluran pencernaan. (ref: Intisari/ill: mencari-solusi.blogspot.com)

    30 comments:

    cucuharis said...

    Jd, jangan di caesar jk gak benar2 harus ya
    Banyak orang caesar karena gak mau sakit dan biar tetap rapet :)

    thisisrizka said...

    wah, sama kayak kupu-kupu yang keluar dari cangkang kepompongnya dong? jadi inget kisah kupu-kupu yang nggak keluar dari lubang kepompongnya secara alami, dia juga jadi nggak bisa terbang.

    kumpulan hot threads kaskus said...

    ane lahir sesar bos. tapi alhamdulillah sampai detik ini gak ada kelainan apa2:)

    kunjugan pertama ya bos:)
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    Masbro said...

    Bagaimanapun, alami memang lebih baik. Tapi kalau memang bener2 dibutuhkan, caesar gak ada masalah. Itu kan solusi. Salam hangat Mas joe;

    mey said...

    aplg kodratnya wanita adlh mlahirkan. jd g mau sakit mlahirkan brarti ngingkarin kodrat. s7 g'mas?

    salam sy,
    alhamdulillah, tlh dirilis http://pedulisausan.blogspot.com. tetap mhon do'anya

    Nyayu Amibae said...

    hmm... perkembangan jaman kadang memang kebablasan ya sob.. klo jaman dulu, setahuku operasi caesar itu ya alternatif jalan terakhir untuk menyelamatkan nyawa dan ibu dalam persalinan, nah... klo sekarang malah mau ngepasin dengan tanggal2 cantik.. ck ck ck.. kayak beli nomor perdana pulsa saja ya...hahahaha

    Ladyonthemirror said...

    Caesar itu kalo keadaan darurat dan ada sesuatu yg sangat riskan apabila melahirkan normal baru dilakukan tindakan itu, kalo tidak ada apa-apa bayi sehat ibu sehat, kenapa harus Caesar sih...sakit itu memang sakit, dengan begitu kita lebih menghargai perjuangan ibu kita dulu melahirkan kita,lagi pula dari segi pemulihan lebih cepat melahirkan normal dibanding caesar. Ayo Bapak-Bapak pilih yg mana...he..he..

    itempoeti said...

    selama bisa dilakukan secara natural, kenapa harus caesar?

    catatan kecilku said...

    Alhamdulillah... dulu aku bisa melahirkan secara normal dan tak perlu operasi caesar.

    the others.... said...

    Memang sekarang ini operasi caesar menjadi pilihan banyak wanita... karena prosesnya yg dianggap lebih mudah. Hanya saja memang masa pemulihannya lebih lama daripada yang melahirkan secara normal.

    auraman said...

    postingan yang beramanfaat,. saya baru tau apa efek dari cesar dan normal... terima kasih.

    Salam persohiblogan

    Tomo said...

    pagi...
    aku itu heran kang
    kenapa jaman sekarang ini kok mesti harus cesar segala.

    apa tidak bisa alami ta sebernarnya.
    aku kira semuanya bisa alami la wong sudah diatur oleh Alloh kok jalan keluarnya.

    orang jaman sekarang penginnya cepet ae mungkin yo jadi yo cesar saja.
    dukun bayi tak lagi dipakai.

    Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

    belakangan ini memang banyak para medis yg seringkali mudah memutuskan untuk mengcaesar kelahiran, padahal sebenarnya masih bisa diusahakan secara normal dan hemat biaya!

    PRofijo said...

    Cesar merupakan pilihan terakhir jika cara normal berpotensi membahayakan sang ibu maupun janin

    koeshariatmo said...

    syukur anak saya lahir normal
    mudah2an kesehatannya terjaga..amin

    btw saya mohon ijin pasang link blog ini di blog saya.. terimkasih

    r10 said...

    tidak perlu caesar, ngelahirin lewat air saja, untuk mengurangi rasa sakit (waterbirth)

    Fajar said...

    cesar..lebih baik jangan..kalau memang ..tidak terpaksa...karena.proses penyembuhannya juga lama...dari pada lahir normal....

    Tip Trik said...

    POSTINGAN BAGUS MAS

    Imtikhan said...

    berkunjung silaturrahmi kawan

    julie said...

    anakku lahirnya caesar karena tak ada kontraksi sampai akhir dan air ketuban sudah mencukupi waktu untuk lahir hehe
    tapi memang agak sedikit rentan jadinya dan apalagi dia cuma dapat asi 3 hari :( padahal rasanya pengen banget bisa menyusui anak

    Muhammad A Vip said...

    yang alami jelas lebih baik, tapi manusia memang seneng ngakal-akalin sesuatu biar dianggap hebat.

    place to study said...

    Itu bayi siapa Om...? Lucu sekaliiii...

    acer said...

    saling follow dunk
    kalu mw http://easyonlinex.blogspot.com/ follow
    nanti q balik follow

    sedjatee said...

    alhamdulillah, 3 anakku tidak lahir sesar
    insyaAllah sehat-sehat selalu ya..
    salam sukses..

    sedj

    Tip Trik said...

    berkunjung lagi kawan

    joanna said...

    bagaimanapun emang sudah takdirnya melahirkan secara normal, kok pake caesar sgl ya mas..Tuhan tau yg terbaik lho..nice artikel..

    Anonymous said...

    Anak ku lahir di caesar nih mudah2an di jauhkan segala penyakitnya Amin

    DIDIK USA said...

    YG PENTING DIKASIH ASI INSYA ALLAH SEHAT....NORMAL ATAU CAESAR SAMA AJA.....

    adi pradana | Info Kesehatan Kita said...

    semoga istri saya normal persalinannya. amin

    obat herbal kanker payudara said...

    terima kasih atas infonya

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger