Letusan Gunung Merapi Dinginkan Dunia

Posted on
  • Friday, November 5, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Tak pelak lagi letusan dahsyat dari Gunung Merapi telah menimbulkan bencana bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Puluhan penduduk meninggal dan ribuan lainnya menjadi pengungsi, dan tak terhitung kerugian material yang ditimbulkan, mulai dari rumah dan fasilitas umum yang rusak dan belum lagi ternak dan pertanian yang binasa.

    Namun ternyata di balik semua itu, letusan Gunung Merapi tersebut juga membawa manfaat bagi umat manusia secara global. Para ilmuwan telah lama menyelidiki bahwa ledakan besar gunung berapi bisa mempengaruhi cuaca global dengan cara memuntahkan partikel-partikel ke udara bebas yang dapat menghalangi energy panas matahari dan dapat mendinginkan suhu udara. Ini tentu sebuah kabar yang baik, mengingat akhir-akhir ini suhu udara terasa panas yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga mencapai puncaknya pada tahun 2012.

    Para peneliti juga meyakini bahwa letusan gunung berapi juga akan berpengaruh terhadap curah hujan di kawasan Asia. Para peneliti dari Columbia University's Lamont-Doherty Earth Observatory menyatakan bahwa letusan besar akan cenderung menyebabkan beberapa kawasan di Asia tengah mengalami kekeringan, namun akan menyebabkan banyak hujan di negara-negara Asia Tenggara dan termasuk Vietnam, Laos, Cambodia, Thailand dan Myanmar .

    Sebuah letusan besar akan memuntahkan unsur-unsur belerang yang akan berubah menjadi partikel kecil di dalam atmosfer yang akan menghalangi radiasi matahari. Dan akibatnya hal itu akan menurunkan suhu pada permukaan bumi selama berbulan-bulan, dan bahkan hingga bertahun-tahun.

    Seperti yang sudah terjadi adalah letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa pada 1815, yang berdampak atas membekunya tanaman-tanaman pertanian di wilayah hingga sejauh New England. Juga letusan Gunung Pinatubo pada tahun 1991, di Filipina yang mampu menurunkan suhu gobal sebesar 0,7 oFahrenheit, sehingga mampu untuk menutupi efek gas rumah kaca selama sekitar setahun.(ref: sciencedily.com/ill: blog.indahnesia.com)

    55 comments:

    juliet said...

    subhanallah, ternyata letusan Gunung Merapi mencegah pemanasan global...

    lanover said...

    ternyata ada juga juga dampak dibalik itu semua... sungguh besar kuasa tuhan....

    lanover said...

    maaf salah kata2, ralat...!! maksudnya ada juga maknanya dibalik itu semua... whehehe....

    joe said...

    ralat diterima dengan demikian sudah dibetulkan he he...

    muhamaze said...

    di setiap musibah pasti ada hikmah yang bisa diambil, tapi kalo bisa mengind jangan ada musibah dan bencana lagi deh..
    manusia jg jangan merusak alam, biar alam jg bisa bersahabat baik dengan manusia..

    inge / cyber dreamer said...

    selalu ada hikmah dibalik semua yang terjadi, dan ini merupakan salah satunya...

    yah... bencana itu karena ALLAH masih sayank pada manusia ^^

    Muza elbanaf said...

    dibalik kesulitan ada kemudahan, termasuk untuk perbaikan alam itu sendiri. Konon setelah gunung meletus maka tanah pegunungan akan makin subur.
    Yach semacam relokasi besar-besar dan penggantian kondisi secara global.
    Nah prediksi 2012 apa masih berlaku ya? Inilah rahasia Tuhan selalu saja ada kejutan. Wallohu a'lam...

    Tukang Gosip said...

    wow...tukang gosip baru tau ada juga manfaat lain dari letusan gunung berapi, selain membuat tanah jadi subur... bener2 ketinggalan gosip...
    tapi kasian juga orang2 korban bencana ya mas
    yaa..

    fanny said...

    jadi dibalik musibah terdapat anugerah kalo memang spt itu.

    Qori Reader said...

    kan udah ada kata mutiara, dibalik bencana pasti ada rahasia.

    Selain mendinginkan dunia tentu menyuburkan tanah disekitar merapi juga. Yah, kita berdoa saja semoga yang mnenjadi korban bisa sabar menjani cobaan...Amin.

    wien said...

    ternyata ada manfaatnya jg ya dibalik letusan gunung berapi...subhanallah, sungguh indah rencana Tuhan..

    fai said...

    tuhan selalu punya rencana dibalik semua bencana yang dibuatnya di bumi, thanks good

    om thanks buat advicenya di postingan saya yah

    bintangair said...

    tapi masih ngeri mas lihat di tipi
    merapi masih aktif mbeleduk terus.. korban berjatuhan. duh semoga segera berakhir ya...

    Belantara Indonesia said...

    yg jelas pasir kelas 1 A Merapi membuat kaya penambangnya dan tanah subur berguna bagi petani di kaki Merapi..

    Artta said...

    Ternyata kepedihan pengungsi tak sia sia. Ada gunanya juga merapi meletus.


    Salam.

    TuSuda said...

    hikmahnya, dibalik setelah kejadian musibah selalu ada berkah berlimpah...

    Putu Sudayasa said...

    itulah keajaiban dan kemurahan alam semesta yang telah memberikan anugerah bagi keselamatan dan kesejahteraan mahluk hidup di bumu ini...

    Tomo said...

    langsung turun udan dimana mana setelah gunung meletus.

    aldy said...

    Dibalik bencana ada hikmah.

    Dan pertanyaan menggelantung tentang kebesaran Nya, hawa panas dari perut bumi, ternyata bisa mendinginkan suhu dunia...bagaimana proses alamiahnya berlangsung?

    Keping Hidup said...

    Wah postingan ini sungguh bagus.. menyejukkan hati.. sekarang tinggal dipikirkan bagaimana jangan sampai bertambah korban - salam

    Tip Trik Blogger said...

    salam sahabat...
    berkunjung pagi sekalian silaturrahim.
    izin tuker link
    linknya dah tak pasang bisa dicek di TKP
    terima kasih sebelumnya

    joe said...

    linknya mas bro sudah ada di dalam daftar top komeng. thanks...

    juliet said...

    mungkin itulah cara alam menetralisir cuaca panas akhir-akhir ini

    r10 said...

    kalo menyebabkan hujan berarti jakarta siap2 kebanjiran lagi dong

    *setiap hujan jakarta banjir

    Fir'aun NgebLoG said...

    owh... ternyata gunung kita sedang menyembuhkan dunia! semoga udah cukup penyembuhannya, jangan tambah lagi, kasian warga setempat :D

    ekopras said...

    dibalik musibah, ternyata masih banyak hikmah yang dipetik

    cah sragen said...

    memang di balik semua bencana pasti ada hikmah kebaikan.Tuhan selalu menberikan yng terbaik buat umatnya walaupun ada yang jadi korbanya....

    Bunglon Blog Indonesia said...

    semua selalu ada hikmah dibalik semua ya mas, tuhan maha adil dan bijaksana

    TUKANG CoLoNG said...

    selalu ada hikmah..

    btw, ganti gambar profil pake gambar telor di post kemaren ya brader?

    Masbro said...

    Hikmah yang tak terhingga..
    Selain itu semua, hikmaknya juga buat yang tidak tertimpa musibah, jadi ikut berpikir tentang manfaat mencintai lingkungan;

    PRofijo said...

    Ada hikmah di balik suatu peristiwa...

    hudaesce said...

    satu Pelajaran berharga lagi tuk kita semua bahwasanya tu emang berimbang dan saling melengkapi. bahwa disetiap hal buruk pasti akan ada hal baiknya.

    syamsul rijal said...

    ternyata letusan gunung merapi ada keuntungannya ya , pantesan di tempat saya tiap hari hujan ....

    Sebuah Tips said...

    Sesungguhnya Dibalik setiap Musibah pasti ada Hikmah :)

    Ella said...

    begitulah cara alam untuk menyeimbangkan diri, Subhanallah...

    bonk AVA said...

    di balik musibah yang di berikan di atas ternyata ada hikmahnya di balik peristiwa tersebut....

    itu tanda yang di atas masih sayang sama umatnya....sungguh indah rencanaNya...

    Tamba Budiarsana said...

    Ini membuktikan bahwa disetiap musibah pasti ada hikmahnya. Sebuah musibah di Indonesia bisa mengurangi/mencegah musibah(seperti contoh diatas :kekeringan) di belahan dunia lainnya.

    Hantu Facebook said...

    semoga saja dengan letusan gunung merapi yg berupa petaka bagi warga sekitar bisa mengurangi pemanasan global saat ini, meskipun tidak berlangsung lama.

    cucuharis said...

    Ternyata ada manfaatnya juga
    Allah memang adil

    Huda Tula said...

    wow...
    katanya sih, bencana alam sejatinya adalah mekanisme dari alam itu sendiri dalam memperbaiki dirinya.(setelah dirusak oleh manusia tentunya).

    emang kita saja yang menyebutnya bencana.

    Ferdinand said...

    Dibalikm bencana tetep ada hikmah buat ilmu pengetahuan ya Sob.... tapi aku harap bencana in segera berakhir SOb..... kasian warag lereng merapi....

    Anton wijaya said...

    Wow dibalik musibah juga ada mamfaatnya.

    mamah Aline said...

    ini yang disebut ada hikmah dibalik bencana, selain kerusakan diwilayah sekitar juga ada manfaat untuk mencegah pemanasan global

    alamendah said...

    Ternyata alam selalu mencari jalan untuk menyeimbangkan diri

    sedjatee said...

    semoga itu menjadi sisi positifnya
    namun lebih baik jika tak ada bencana
    terlalu banyak saudara kita menjadi korban
    salam sukses... nice info, Bro..

    sedj

    Tip Trik Blogger said...

    Ada hikmahnya juga ya....

    bolehngeblog said...

    memiliki hikmah yang besar buat orang lain, tapi buat penduduk di sekitar bencana gunung meletus, musibah...hehehhee

    unifikasi said...

    untung jadi nggak sepanas dulu

    winterwing said...

    udara jadi sejuk dikit. buat yang jauh dari area hujan abu boleh lega.

    Kakaakin said...

    Aku juga pernah dengar tentang pendinginan suhu bumi ini dari tv.

    attayaya mobil keluarga said...

    letusan gunung jelas mengurangi tekanan magma dalam perut bumi

    hany said...

    waduh gaswat niccchhhh

    bolehngeblog said...

    Saya sedih sekaligus marah dengan kelakuan beberapa orang yang menjadikan musibah gunung meletus di merapi dan bencana gempa di mentawai sebagai sarana "wisata". hal ini terungkap pada saat wartawan PR mewawancarai masyarakat di sekitar merapi, yang menyatakan bahwa banyak sekali masyarakat dari luar kota yang sengaja datang dengan kendaraan ke merapi untuk berwisata saja...tega banget ya mereka...

    Anonymous said...

    yang paling bejat adalah..., ketika saudara-saudari korban berusaha untuk menyelamatkan diri dan bertahan hidup dari bahaya maut. Ada orang yang kesempatan untuk menjarah barang dan ternak warga pengungsi...

    Anonymous said...

    bagemana kita tuk meyikapi cemua ini.ni semua dah ter jdi...presiden ri lihatlah rakyatmu mereka sungguh tak berdaya dengan cemua ini...pa mereka trs kan merasakan kepedihan dan tempat yg g yaman,,???

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger