Bahaya Dalam Kuning Telur

Posted on
  • Thursday, November 4, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bisa jadi telur adalah bahan makanan yang paling popular. Hal ini karena ketersediannya dan harganya yang mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Selain dijadikan lauk dengan berbagai variannya, telur juga dibutuhkan sebagai campuran pada berbagai produk mulai kue hingga sayuran. Beberapa kalangan juga mempercayai bahwa mengkonsumsi telur mentah dengan campuran tertentu dapat meningkatkan energy dan stamina.

    Pada bagian kuning telur banyak terkandung protein dan vitamin A. Dalam satu kuning telur ayam mengandung vitamin A setara dengan hampir setengah vitamin A wortel ukuran sedang. Sudah pasti si kuning ini sangat baik untuk kesehatan mata. Namun kabar buruknya adalah kuning telur juga memiliki kandungan kolesterol tinggi. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan manusia.

    Kolesterol satu kuning telur ayam besar setara dengan kolesterol dalam 75 gram hati jeroan sapi., Dan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol dalam darahnya, itu sudah melebihi batas yang diizinkan, 200 mg. Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun asupannya tetap harus dibatasi.

    Dalam penelitian di Canadian Journal of Cardiology, para dokter memperingatkan adanya bahaya kolesterol dari makanan bagi mereka yang berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Mereka meningatkan mengenai bahayanya telur, karena memiliki kandungan kolesterol 215-275 miligram, bergantung pada ukurannya. Adapun beberapa jenis makanan siap saji dapat mengandung kolesterol hingga 150 miligram. Sehingga pasien yang berisiko penyakit kardiovaskuler disarankan agar membatasi asupan kolesterol di bawah 200 miligrm per hari.

    Penelitian dilakukan oleh Dr David Spence dari University of Western Ontario, Dr David Jenkins dari Risk Factor Modification Center di Rumah Sakit St. Michael's di Toronto, serta Dr Jean Davignon dari Clinique de nutrition métabolisme et athérosclérose di Montreal. Research juga mengkaji perbedaan antara kadar kolesterol saat puasa dan setelah makan. Ketiga pakar ini menunjukkan, dalam penelitian tersebut, penderita diabetes yang terbiasa mengkonsumsi sebutir telur setap harinya akan melipatgandakan risiko terkena penyakit kardiovaskuler jika dibandingkan dengan orang yang makan kurang dari sebutir telur seminggu. Penelitian itu juga memperlihatkan adanya kenaikan tajam jumlah penderita diabetes baru yang mengkonsumsi telur secara reguler.

    Tak dapat disangsikan lagi bahwa putih telur diklasifikasikan sebagai sumber protein kualitas tinggi yang amat bernilai. Namun kuning telur bukan sesuatu yang dapat dikonsumsi orang dewasa tanpa memperhatikan risiko kardiovaskuler serta kerentanan genetik terhadap serangan jantung.(ref: sciencedily.com/ill: marlerblog.com)

    32 comments:

    syamsul rijal said...

    sob...kalo sy yang komsumsi kuning telor yang masih berumur 30 tahun kira - kira ada pengaruhnya ya .....

    Belantara Indonesia said...

    wah dari kecil aku pengkonsumsi telur tuh....lalu gmn? ga ada keluhan apa2 soalnya mas bro..

    joe said...

    selama kita sehat2 saja sebenarnya tidak apa-apa, tapi memang sebaiknya dibatasi konsumsinya

    inge / cyber dreamer said...

    baru tau nie, yang selama ini tau hanya nggak baik mengkonsumsi kuningnya saja >.<

    berarti nggak boleh terlalu sering mam telur yah ^^

    syamsul rijal said...

    kalo menurut saya komsumsi kuning telur jangan terlalu berlebihan sebab berpengaruh juga pada perkembangan tubuh kita .....apalagi di usia 40 tahun keatas ....

    joe said...

    betul bro, asalkan tidak berlebihan tentu tidak berbahaya

    marsudiyanto said...

    Yang enak2 kadang tersembunyi sebuah bahaya...
    Makasih sharingnya
    Salam!

    Belantara Indonesia said...

    jawab: hypothermia terjadi ketika suhu tubuh inti menurun hingga 35°c. Disebut hipotermia berat bila suhu tubuh kurang dari 320C.

    ChugyGogog said...

    Ternyata ada sisi negatife-y ya kuning telur ini ... dulu saya hampir tiap hari mengkonsumsi kuning telur ini hehehe...Jadi tahu ni di balik manfaatnya ternyata ada juga sisi negatipnya...

    Qori Reader said...

    bingung mau komen apa,...
    setiap pagi kalau gak ada lauk ikan. Ya pasti bikin telur, juga kalau tengah malam. Makan telur sama Indomie pasti enak banget dah sambil online.

    Sukadi Brotoadmojo said...

    Saya sebenarnya kurang begitu suka dengan telor, dulu waktu kecil malah suka makan kuning telornya daripada bagian luarnya he.he
    Terimakasih infonya

    uswah islam said...

    suwun kang info peringatan akan kandungan kuning telur ini.
    selama ini aku tidak mengetahuinya

    joe said...

    salam juga pak guru...

    fitr4y said...

    qu gak suka kuning telur,, qu suka puth nya ..

    NURA said...

    salam sobat
    saya paling suka telur.
    kuning telur berprotein tinggi,agar seimbang kolesterolnya , makan sayur dan buah juga.

    asepsaiba said...

    Seha;a hal yang berlebihan memang berbahaya kang...

    fb said...

    Padahal aku suka kuning telor :(

    windflowers said...

    waduh...jd asupan telur harus dibatasi ya...aku suka banget sih soalnya...hehehe...

    Ferdinand said...

    Klo aku sih malah jarang makan telur Sob..... keseringan makan tempe haha.. klo tempe bahaya gak Sob????

    Lusi said...

    Silaturrahmi jha

    zee said...

    Hmmm padahal kuning telur itu enakkkk sekali.
    Pantes teman saya yg kolesterol tinggi selalu tidak mau memakan kuning telurnya.

    Kakang Prabu said...

    padahal kebanyakan orang suka kuning telurnya..

    Bangauputih said...

    apapun itu kalau berlebihan yah jelas tidak baik malah dilarang karena psti ada dampak buruknya.......bukan cuma soal kuning telur, bukan cuma soal makanan. tapi tulisan ini menambah informasi yang lebih detail yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya...

    salam hangat, bangauputih

    TUKANG CoLoNG said...

    padahal saya suka banget puyung hai..:3

    TuSuda said...

    saya konsumsi telur kadang-kadang saja dibuat omlet

    Putu Sudayasa said...

    padahal telah banyak sekali jenis makanan maupun jajanan yang diolah dengan bahan dasar telur...

    bintangair said...

    yang penting jangan kebanyakan aja

    Masbro said...

    Oalah, ternyata ada bahayanya juga toh..

    Popi said...

    saya ingat. saat abis sembuh dari sakit Typus, ibu menjejali saya rebusan kuning telur kampung 1/2 matang! katanya untuk pemulihan dan stamina kembali..sepertinya benar, karena saya rasakan sendiri jadi cepat bugar.

    Rozaq said...

    Hello....

    Read this Bro!
    http://www.truthaboutabs.com/whole-eggs-or-egg-whites.html

    jane twinzz said...

    owh.....

    Anonymous said...

    kok gak ada yg bahas...berapa idealnya asupan kuning telur tsbt yah...misalkan dari Berat badan pengguna itu amannya makan brp butir dalam 1 minggu atau dalam beberapa jam dan berapa lama kholesterol tsbt bertahan ditubuh...atau kapan dan bagaimana agar kholesterol keluar dari tubuh...

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger