Letusan Gunung Api Terdahsyat Sepanjang Masa

Posted on
  • Friday, October 29, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Gunung Merapi yang baru saja meletus dan mengakibatkan korban jiwa beberapa waktu lalu, disebut-sebut sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Namun ternyata letusannya tidak seberapa bila dibandingkan dengan beberapa gunung yang pernah meletus di masa lampau.

    Gunung api dengan letusan terdahsyat menurut famousvolcanoes.net adalah gunung Vesuvius yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Pada tahun 79 Masehi, gunung ini meletus hebat dan menghancurkan kota Pompeii dan itu menewaskan 10.000 hingga 25.000 orang. Dalam letusan selama 20 jam tersebut debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dan menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali.

    Letusan gunung api terdahsyat selanjutnya adalah dari Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa, Indonesia. Letusan gunung ini pada tahun 1815 terdengar hingga Sumatra yang berjarak 2.000 km, dan abunya jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Akibat letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 orang.

    Selain itu letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim global. Hingga tahun 1816 atau satu tahun setelahnya, terjadi perubahan drastic cuaca di Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini. Akibatnya adalah banyak panen yang gagal dan kematian ternak yang menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19.

    Gunung Krakatau di Selat Sunda juga merupakan gunung api terhebat sepanjang masa. Gunung api yang terletak di dasar laut ini meletus dahsyat pada 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 km kubik. Debunya menyembur hingga mencapai Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru. Suara letusannya terdengar sampai ke Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika yang berjarak 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki. Gelombang Tsunami yang ditimbulkan bahkan merambat hingga ke pantai Hawaii, pantai barat Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7 ribu kilometer. Korban tewas akibat letusan ini mencapai 36.417 orang.

    Selanjutnya adalah Gunung St. Helens yang terletak di Skamania County, Washington, Amerika Serikat. Gunung ini meletus pada 18 Mei 1980. Akibatnya abu menyebar sampai 10 ribu kaki dengan kecepatan 650 mil per jam. Sungai Toutte sepanjang 14 mil terkubur di bawah reruntuhan sedalam 150 kaki. Magma yang bersuhu 1.300° fahrenheit mengalir bermil-mil.

    Gunung Mauna Loa yang terletak di Hawaii juga termasuk kategori gunung api terdahsyat. Mempunyai ketinggan 13.700 kaki di atas permukaan laut, Gunung Mauna Loa meletus dengan dampak letusan hingga 60 mil. Gunung Mauna Loa telah meletus sebanyak 33 kali dan gunung ini masih aktif. (ref: famousvolcanoes.net; Wikipedia.com ill: wartakota.co.id)

    36 comments:

    juliet said...

    disik dewe, yess..!

    Belantara Indonesia said...

    besar ataupun kecil itulah kuasa Tuhan....hmm...dan resikonya juga tak jauh beda...menyingkap nyawa dan harta jika tak waspada....kesedihan yg pasti menghujam keluarga...Insya Allah dinaikkan derajatnya oleh Allah Swt jika ikhlas dan sabar..amin..( komentar sedikit berguna lebih baik daripada sekedar pertamax..)

    Muza elbanaf said...

    Itulah KuasaNya. Gunung yang jadi sorotan dunia justru meletusnya lebih "ramah" dibanding yang lainnya.

    Semoga bencana ini membawa hikmah kita semua dan diberi ketabahan buat saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.

    ChugyGogog said...

    Memang kuasa tuhan yang menentukan..Tapi melihat gambar dan tulisannya sangat mengerikan sekali letusan gunaung api ini.

    Helmysuperstudent said...

    ini masih merapi mas, belum krakatau...

    Tomo said...

    benar-benar dahsyat

    uswah islam said...

    perubahan iklim langsung dapat dirasakan di pemjuru Indonesia

    hikmah teladan said...

    ikutan baca kawan
    met malam

    Ella said...

    Subhanallah, semoga semua fakta sejarah tentang besarnya letusan gunung berapi akan semakin mengingatkan kita untuk lebih introspeksi diri dan bertobat akan segala dosa-dosa kita. karena itu semua hanya bentuk-bentuk kiamat kecil sebelum datangnya kiamat yang sesungguhnya.

    yobert said...

    bersyukurlah kita yang tidak tinggal sekitar pegunungan tapi semuanya pasti ada hikmahnya :)

    genksukasuka said...

    salam genksukasuka

    wien said...

    ngeri jg liat korban2nya yg begitu banyak...
    semoga Merapi di jogja gak membawa banyak korban.

    tiket pesawat said...

    di kala merapi meletus dan meluapkan awan panasnya yg dimana telah memakan korban, tak disangka gunung krakatau yang terkenal sedang aktif dan dinyatakan dalam status waspada.

    Sukadi Brotoadmojo said...

    betapa dahsyat letusan gunung itu, tak terbayangkan seandainya itu terjadi sekarang.. :(

    Lina said...

    Di indonesia juga pernah ada beberapa gunung yang letusannya terdahsyat ya...

    cucuharis said...

    Banyak gunung berapi bertebaran di Indonesia. Dan diantaranya adalah gunung2 yang potensi ledakannya sangat dahsyat. :)

    Anton wijaya said...

    Tsunami dan gunung api mengancam indonesia, ada apa ini?

    Piacerre Sinyorin ☺ said...

    wiw serem banget ya bisa bikin korban jiwa sampe puluhan ribu orang. merapi jogja yang dua puluhan aja udah bikin nangis apalagi kalo sampe 70ribu. ga bisa bayangin :O

    Febriyanto(フェブリヤント) said...

    ngeri juga kalo letusany sedahsyat itu..... semoga ga kejadian lg dh.......

    Artta said...

    DAHSYAT NIH. MANTAB GUNUNG APINYA.

    SALAM.

    Hantu Facebook said...

    gunung krakatau tuh yg paling hebat letupannya....

    salam kenal.

    Phinisi Boat said...

    gunung yg ada di Indonesia neh yg paling aktif, apa lagi kalo soal letusannya, tekenal tuh tambora ma krakatau

    Catatan Kecil said...

    ngeri kalo gunung meletus apa lg kalo krakatau yg dah lama istirahat.

    Fir'aun NgebLoG said...

    kunjungan pagi sob...
    bis giliran ronda nich :D hehehe....

    ngeri dech klo sampe kejadian lagi :'(

    TuSuda said...

    Wah..bisa dibayangkan bagaimana dampak dahsyatnya letusan gunung berapi itu, terutama yang ada di kawasan nusantara.

    putrifajar said...

    yang pernah saya dengar ceritanya dari orangtua saya adalah letusan gunung krakatau..
    dahsyat sangat katanya,,

    hmm,,
    semoga ujian ini bisa kita hadapi dengan sabar dan bijak (terutama untuk saudara-saudara kita di sana)

    Tip Trik Blogger said...

    Berarti di Indonesia ini masih banyak Gunung berapi yang aktif ya mas joy

    mas-tony said...

    semoga kita tetep sabar dengan hal ini, do'akan saya juga ya! saya diradius 30 km dan baru merasakan hujan abu tadi pagi sampe sekarang.

    bolehngeblog said...

    manakala gunung meletus (dimanapun di indonesia ini) seharusnya tidak menimbulkan korban jiwa meninggal. Mengapa ? karena teknologi yang dimiliki oleh bangsa ini sudah cukup untuk menghindari jatuhnya korban jiwa meninggal. Menilik kasus merapi pun seharusnya tidak ada korban jiwa meninggal, jika masyarakat "Percaya" pada teknologi (baca : pemerintah melalui BMKG atau BPPTK) bukan pada seorang "kuncen"..

    download film gratis said...

    Indonesia berduka dan berkabung, mari kita satukan hati, tundukkan kepala ikut mendoakan para korban bencana baik merapi maupun mentawai moga mereka diberi kekuatan dan kesabaran. amin.

    Masbro said...

    Yang paling sering saya baca kedahsyatannya (letusannya), ya gunung krakatau itu..

    brotoadmojo said...

    semoga tak adalagi peristiwa-peristiwa yang mengerikan ini, betapa menakutkannya letusan gunung tersebut, mendengar saja sudah merinding... :)

    unifikasi said...

    grooar....
    dia marah. ngamuknya menghancurkan segaalanya.

    M. Faizi said...

    Yngwie Malmsteen mengabadikannya dalam "Krakatau"

    Newbie said...

    Ruar biasa dahsyatnya sob.., weh.., moga2 nggk ada lagi ya merapi yang letusanya hingga mnjtuhkan ribuan korban... nice info...

    IQROZEN said...

    Subhanallah maha Pencitanya

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger