David Foster Si Raja Midas

Posted on
  • Thursday, October 28, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Dalam mitologi Yunani kuno terkenal Raja Midas karena setiap benda yang disentuhnya akan berubah menjadi emas. Tapi kancah musik internasional rasanya sangat tidak berlebihan jika menyebut David Foster juga sebagai Raja Midas, karena hampir semua lagu yang ditulis, dan penyanyi atau grup yang diproduserinya menjadi sukses. Tak berlebihan sebab dia meraih 15 kali Grammy Award dengan 44 nominasi, juga 7 kali gelar Canadian Juno Awards, satu kali Emmy Awards, dan 3 kali nominasi Oscar !

    Terlahir di Kanada sebagai David Walter Foster, dia mengawali karirnya sebagai keyboardist bagi grup band pop Skylark yang menghasilkan hits “Wildflower” pada tahun 1972. Tapi kemudian Foster justru lebih tenar dari bandnya karena sering tampil mengiringi penyanyi-penyanyi tenar dunia. Seperti John Lennon, Diana Ross, George Harrison, dan Rod Stewart. Akhir tahun 1970, ia mulai beralih untuk menulis lagu dan menjadi produser seperti saat bekerja sama dengan Earth, Wind and Fire yang menghasilkan lagu “After The Love Has Gone” dan “Got To Be Real”

    Menginjak tahun 1980-an Foster mulai diperhitungkan setelah dia menghasilkan karya-karya luar biasa seperti seperti “Hard To Say I’m Sorry” bagi Chicago yang ditulisnya bersama Dianne Warren, “Man in Motion” John Parr atau “The Glory of Love” Peter Cetera. Simak saja lirik lagu Glory of Love yang romantic ini: I’am a man who will fight for your honor…

    Tahun 1985, majalah music berpengaruh Rolling Stone menjuluki Foster sebagai "master of ... bombastic pop kitsch. Foster menulis lagu untuk beberapa film seperti Ghostbusters, Footloose, St. Elmo's Fire, dan termasuk di dalamnya "Love Theme from St. Elmo's Fire". Dia juga berkerja sama dengan istrinya Linda Thompson pada lagu "I Have Nothing", yang dinyanyikan Whitney Houston yang merupakan soundtrack film The Bodyguard. David juga ia masih memproduseri dan menulis lagu untuk Alice Cooper, Al Jarreau, Hall and Oates, Kenny Rogers, Kenny Loggins, Boz Scaggs, dan Olivia Newton-John.

    Sementara pada 1990 Foster menghasilkan “The Power of Love” sebuah hits dari Celine Dion, “Unforgettable” Natalie Cole, “Have You Ever” Brandy, “Music of My Heart” Gloria Estefan dan N’Sync, serta single “Somewhere” juga album “Back To Broadway” dari Barbara Streisand. Tahun 1993 Foster dianugerahi Billboard Magazine’s “Top Singles Producer”, “Top R&B Producer,” dan Top Grammy Nominee dengan 7 nominasi.

    Tahun 1994 – 1997 Foster melanjutkan kiprahnya dengan beberapa hits seperti “Unbreak My Heart”-nya Toni Braxton, “I Will Always Love You” Whitney Houston, “I Swear” All-4-One dan “Because You Loved Me” Celine Dion. Semua hits tersebut menjadi nomor satu pada tangga lagu Billboard Pop Singles dan berhasil memecahkan rekor dengan bertahan selama 42 minggu.

    Menjelang akhir tahun 1990-an Foster juga menjadi produser bagi kelompok music dari Irlandia The Corrs, penyanyi seriosa Josh Groban, Michael Buble, juga Andrea Bocelli, Amore. (ref: davidfoster.com; Wikipedia.com ill: artistopia.com)

    30 comments:

    tomo said...

    hebat sekali dia kang

    uswah islam said...

    dia produser kawakan

    hikmah teladan said...

    berkunjung kawand

    kisah abu nawas said...

    sudah ganteng pintar lagi

    Teras Info said...

    waduh...hebat sekali ya Mas...
    kalau aja beneran tuh Mas, setiap benda yang di sentuh bisa jadi Emas beneran ....wah...pasti cepet kaya tuh..he..he..he...

    dennybudiawan said...

    one of my favorite piano player..

    david foster, a golden man..

    joe said...

    my favorite song writer too...

    inge / cyber dreamer said...

    selalu suka dengan David Foster dan setiap karyanya ^^

    inge / cyber dreamer said...

    selalu suka dengan David Foster dan setiap karyanya ^^

    fb said...

    Musiknya enak enak

    jack said...

    yang barusan konser di Indonesia kan...

    Mas Mot said...

    Nggak nyangka sehebat itu ditengah rimba musik Amerika bisa berkuasa.

    jangkrik said...

    iya nich,yang tampil ditipi itu kan?
    memang karyanya mantap mas,nggak sembarang bisa bermusik seperti dia :D

    Sisi Lain said...

    sungguh mengagumkan sang produser ini. sayang saya kurang tau profil David Foster

    Masbro said...

    Jempol untuk David Foster...

    achmad taher said...

    semakin midas aja mas David, 4 jempol untuk anda...

    pelintas batas said...

    waw..., karyanya sunguh luar biasa semunya ya....

    beritaku said...

    sungguh mengagumkan memang orang yang stu ini

    alief said...

    krya karyanya memang sungguh sangat mengagumkan semuanya

    TuSuda said...

    Lewat tangan dinginnya telah terwujud para musisi dunia dengan talenta luar biasa...

    juliet said...

    kemarin baru saja konser di Indonesia ya...

    Tip Trik Blogger said...

    Dia memang benar-benar hebat kawan.

    z4nx said...

    ni orang prestasinya mantep ya..

    ReBorn said...

    dia memang musisi yang cerdas. banyak karyanya yang diakui sebagai karya emas. sayang konsernya dia kemaren harga tiketnya mahal betul. :p

    ysalma said...

    David Foster memang luar biasa..

    debhoy said...

    uh, kapan saya bisa d buatin lagu ya sama David biar terkenal :D

    salam kenal ;)

    Ashree said...

    pengen kolaborasi ama kang Dapid

    Afrianti said...

    Kang DaVid tuh sopo yoo?....

    Agus Supriatna said...

    Inspiratif sekali...

    bolehngeblog said...

    kemarin david foster main di jakarta dan tak lupa mengucapkan belasungkawa atas bencana yang terjadi di indonesia. Sukses selalu buat david foster...

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger